Usia

Usia lanjut tidak ditentukan putihnya rambut, tetapi hidup bijaksana.

Masa-Periodisasi-AnakTren kehidupan saat ini di Jakarta adalah munculnya klinik untuk membuat orang energik, bertambah muda dan penuh dengan kebahagiaan. Rayuan salesgirl, promosi obat awet muda, kulit bertambah kencang, dan macam-macam janji bahwa anda akan bertambah usia, bahkan dengan beraninya promosi mengatakan usia anda bertambah 10 sampai 20 tahun jika hadir di klinik TONG FANG. Kalau masih kurang promosi lagi, diberikan janji bahwa uang kembali kalau tidak tambah muda. Yang paling banyak di klinik ini adalah ibu-ibu separoh baya. Saya rasa sebagian besar ibu-ibu sahabat saya juga mengunjungi klinik ini walaupun diam-diam.
Alasannya biar lebih disayang suami. Sedangkan buat yang single mungkin buat pemikat untuk lekas dapat jodoh, padahal belum tua atau lanjut usia sudah mau memperpanjang usia, aneh juga.
Beberapa teman saya membuka klinik kebugaran, klinik kecantikan atau klinik anti aging, dan promosinya luar biasa. Kadang-kadang melanggar kode etik kedokteran dan klinik yang tidak boleh promosi berlebihan dan belum tentu kebenarannya. Yang tergoda tidak sungkan-sungkan dan ragu untuk mengeluarkan jutaan rupiah untuk ke klinik tersebut.
Iklannya lebih baik menjaga daripada mengobati, atau kesehatan itu mahal. Apa lagi ya ? Bahkan ada yg menawarkan menikmati makan gratis setiap hari dan segala macam cara memikat pelanggan.
Seorang sahabat saya dari Malaysia dan Cina tiada lelah-lelahnya menawarkan kepada saya obat-obat awet muda dan menambah vitalitas, tetapi dengan senyum hangat selalu saya tolak. Saking serunya sampai sedikit mengancam nanti kena stroke baru nyesel lho. Busyet!
Usia memang bukan tanggung jawab sepenuhnya kita, tapi resep umur panjang sebenarnya hanya satu, yaitu Suka Cita dalam Cinta yang bisa menimbulkan kebahagiaan, damai sejahtera sampai kehangatan dalam persahabatan.
Betapapun juga usia ini memang ingin diperpanjang sepanjang mungkin dengan segala cara (Panjang umurnya serta mulia, serta mulia, serta mulia sebagai lagu sekaligus doa untuk ulang tahun). Di sisi lain masih banyak orang yang mau supaya hidupnya diperpendek, karena penuh kekecewaan, disakiti, merasa ditinggal Tuhan, tidak ada sahabat dan banyak alasan lain untuk memperpendek usia.
Banyak nasehat umur panjang dalam Alkitab atau Kitab Suci antara lain : harus menghormati orang tua agar usiamu lanjut, hidup saling mencintai dalam rumah tangga, banyak senyum dan beramal itu mengganda usia, banyak beramal banyak menambah usia, menjaga kesehatan, makanan dan hidup teratur. Bebas stress memang bisa membantu memperpanjang usia termasuk penuh hati-hati dalam bekerja, di jalan raya atau dalam tugas. Memang benar bahwa usaha apapun dari kita akan sia-sia kalau Tuhan menentukan lain, kata kakak saya, iku wis wayae (itu sudah waktunya)
Memang kalau bisa di usia yang singkat, yang katanya seperti es batu, dipakai cair tidak dipakai juga cair. Jadi, memang benar usia lanjut itu bukan karena rambut putih, tetapi kebijaksanaan menjadi ukurannya. Oleh karena itu, kita perlu memanfaat sisa usia kita dengan penuh kebaikan untuk membahagiakan orang lain, menyelamatkan jiwa-jiwa yang tersesat, dan menuntun saudara kita yang kurang beruntung, menolong orang susah, menghibur orang sakit dan menghapus air mata orang berduka. Tidak ada salahnya juga dengan merenung, refleksi kehidupan kita untuk bertobat, mengaku dosa, saling memaafkan dan selalu tidur dalam dekapan doa. Semoga kita semua bisa membuka mata melihat bahwa sisa usia kita sangat singkat, berilah kesempatan Tuhan berkarya dalam hatimu.Damai sejahtera, damai dalam kehangatan persahabatan dan cinta.

One response to this post.

  1. tidak ada yang tau berapa lama usia seseorang, itu adalah rahasia tuhan namun tidak salah jika kita sebagai manusia menjaga nikmat tuhan itu dengan merawat dan menjaga kesehatan agar dapat memperpanjang usia hidup kita sehingga kita bisa banyak melakukan kebaikan dengan banyak orang.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: