Disiplin

Salah satu pencipta kesuksesaan adalah disiplin.

Teladan-Disiplin-dari-BossDalam training HRD di perusahaan kami, pada awal pembicaraan selalu dimulai dengan mengingat 3 landasan utama yang mendukung kekuatannya yakni :

1. Disiplin diri
2. Rasa memiliki
3. Kerja sama

Tanpa ketiga hal di atas jangan harap suatu roda organisasi bisa berputar, yang ada akan berputar di tempat saja. Sehingga setiap insan harus terlatih baik untuk memperbaiki kondisi dirinya sendiri dan dalam kebersamaan bisa lebih berkemampuan untuk meningkatkan kinerja kerja dan motivasi untuk maju.
Apakah disiplin diri itu? Disiplin berarti melatih batin dan watak supaya perbuatannya menaati tata tertib. Disiplin diri berarti melatih diri melakukan segala sesuatu dengan tertib dan teratur secara berkesinambungan untuk meraih impian dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup.
Mengapa kita perlu disiplin? Disiplin diri akan terasa manfaatnya jika kita memiliki suatu impian dan cita–cita yang ingin dicapai. Kita harus mendisiplinkan (melatih) diri untuk mengerjakan hal–hal yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, di dunia ini dibuat peraturan– peraturan yang disertai hukuman yang setimpal. Hal ini tidak lain agar setiap manusia mau belajar hidup disiplin dan menaati aturan yang ada sehingga dunia tidak kacau balau dan seseorang tidak dapat berbuat sekehendak hatinya.
Sebetulnya sejak awal mula adalah Firman dan Firman itu secara jelas mengajarkan kita tentang disiplin, sehingga bagaimanapun kita setiap mulai apapun juga harus dimulai dengan disiplin.
Indahnya Mazmur 119 : 105 FirmanMU, pelita bagi kakiku dan Terang bagi Jalanku. Mengapa perlu pelita? Supaya kita dituntun teliti dan mau melihat jalan yang terang. Di sini nyata sekali bahwa terang itu adalah disiplin. Jadi, suka atau tidak suka kita hidup harus disiplin, demikian juga aturan aturan terutama dalam gereja. Semoga kita bisa belajar disiplin mulai dari Firman Tuhan dan tekun melaksanakan.

7 responses to this post.

  1. Posted by Linda on March 14, 2013 at 6:40 am

    Setuju banget dengan artikel ini.
    Disiplin dapat melatih diri kita untuk melakukan segala sesuatu dengan tertib.

    Reply

  2. Disiplin merupakan upaya untuk membuat orang berada pada jalur sikap dan perilaku yang sudah ditetapkan pada individu oleh orang tua. Pendidikan disiplin merupakan suatu proses bimbingan yang bertujuan untuk menanamkan pola perilaku tertentu, kebiasaan-kebiasaan tertentu, atau membentuk manusia dengan ciri-ciri tertentu, terutama untuk meningkatkan kualitas mental dan moral

    Reply

  3. Salah satu pencipta kesuksesaan adalah disiplin.
    saya sangat setuju dengan tulisan di artikel ini.
    karena dapat perkejaan pun kita harus disiplin
    jika kita tidak disiplin kita akan di pecat ,
    dalam suatu usaha pun kita harus disiplin
    contoh
    jika kita kerja dijadwalkan masuk jam 7 pagi
    namun ktia datang jam 8?
    karena kita kesiangan
    apa bos kita akan memperkejakan kita ?
    saya kira akan di pecat.
    begitu juga jika kita membuat usaha
    namun kita seenak-enaknya buka dan tutup
    ini jg tidak akan sukses
    makan kesuksesan itu juga di tentukan sekali dengan disiplin .

    Reply

  4. Menurut saya disiplin adalah sesuatu yang harus kita terapkan dalam setiap aspek kehidupan karena kedisiplinan merupakan bentuk tanggung jawab kita terhadap pekerjaan maupun tindakkan yang kita lakukan.

    01PA2-Ivan Hermawan

    Reply

  5. Disiplin tak bisa dipungkiri adalah hal yang membuat kita tetap berjalan dengan teguh di dalam setiap hal. jiak kita tidak disiplin maka kita bisa bertindak seenaknya, tetapi dengan disiplin semuanya menjadi berjalan dengan baik. itulah mengapa kita dididik sejak kecil untuk disiplin dalam apapun yang kita lakukan. artinya tuangkan semua dedikasi kita untuk menjalankan segala hal dengan sepenuh hati, tentu buahnya akan manis dan bisa kita rasakan nanti pada akhirnya. terima kasih.

    Reply

  6. disiplin adalah sesuatu yang butuh proses yang serius saat dijalani nya agar dapat membentuk karakter diri kita menjadi seseorang yang lebih baik, dan dipercaya

    Reply

  7. Posted by Restu P Matondang on March 26, 2014 at 11:01 am

    1601287796_Restu P Matondang: Disiplin ialah suatu kebiasaan dalam melakukan suatu tindakan tertentu. Disiplin adalah latihan yang menghasilkan pola perilaku yang diinginkan, kebiasaan yang diharapkan, dan sikap yang membawa pada keberhasilan dalam kehidupan. Oleh sebab itu, disiplin adalah sesuatu yang kita perlukan untuk membawa kita sampai kepada tujuan yang kita harapkan.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: