Percobaan

Percobaan akan berhasil jika dilakukan dengan teliti.

Selama sekolah menengah sampai selesai kuliah, percobaan praktikum adalah kegiatan yang menurut saya sangat membosankan, misalnya, di sekolah menengah kami harus membedah kodok, kelinci dan ikan, serta pernah kucing. Bagi saya ini membuatku tidak bisa makan kodok atau swieke sampai sekarang. Semasa mahasiswa teknik sipil, hampir setiap hari berhubungan dengan percobaan yang menyangkut teori dan praktek. Walaupun menjenuhkan, tapi pelajaran praktikumku selalu bernilai baik, bahkan hasil percobaan pun baik selalu, sehingga kadang membuat teman-temanku iri hati dengan nilaiku semua. Praktikum bagian dari percobaan dan ternyata mendidik aku menjadi seorang peneliti. Apapun yang kukerjakan biasanya harus lolos simulasi eksperimen atau percobaan, sampai kadang harus menggunakan pengalaman manusia sebagai obyek percobaan. Misalnya, ada pekerjaan yang aku sendiri nilai susah biasanya aku mengadakan test dengan meminta seseorang melakukannya. Tetapi sejauh ini hasilnya boleh dibilang baik walaupun belum bisa dikatakaan sempurna, khususnya masalah manusia membuatku sungguh pusing kepala.
Percobaan atau eksperimen ada juga yang berbahaya banyak menelan korban, baik orang lain maupun dirinya sendiri seperti Marie Currie namun hasil percobaan para ahli menghasilkan hukum hukum, fisika, kedokteran, atom, senjata dan kimiawi.
Percobaan itu sendiri memerlukan biaya dan pikiran serta tenaga, namun hasilnya menguntungkan manusia dan bisa dipercaya.
Seperti halnya kita mempercayai seorang dokter yang mengobati kita, memberi obat dan merawat kita. Kenapa? Karena dokter sudah melakukan banyak sekali percobaan, bahkan pengalaman, yakni jam terbang prakteknya. Intinya apapun diucapkan kita langsung percaya.
Ganjalan dalam pikiranku adalah dimana kita tahu persis apa sebuah kepercayaan yang kita anut, tetapi kita sendiri tidak percaya? Seperti kita percaya bahwa perbuatan baik, membuat orang senang, membahagiakan orang itu masuk surga, tetapi kita lebih suka membuat orang menangis, apa lagi saat kita berkuasa, lalu kita sewenang-wenang membuat orang susah. Apapun hasilnya kita tetap tega melakukannya, dan neraka menanti.
Kita percaya penuh bahwa Dia adalah jalan, kebenaran dan hidup, tapi kita lebih suka memilih jalan yang lain. Kita percaya bahwa apa yang dipersatukan Allah jangan diceraikan manusia, tetapi kita lakukan dan menganggap itu hal biasa. Padahal percobaan dengan pengorbanan terbesar dan telah menghasilkan hukum cinta kasih dibayar dengan darah dan penderitaan.
Bagi kita yang belum percaya boleh saja melakukan percobaan, mulai dari percobaan alam terkecil. Misalnya, ambil lilin lalu taruhlah diatas air dipiring lalu tutuplah dengan gelas. Api lilin mati dan air naik mengisi oksigen yang habis dibakar! Luar biasa, pasti ada sesuatu yang mengaturnya carilah tahu! Dan membuat kita percaya bahwa begitu besar kuasa-Nya. Semakin Anda melakukan percobaan apapun, semakin terbuka mata anda melihat kebesaran Tuhan.
Semoga Cinta Tuhan bisa memberikan kita pengertian, bahwa semuanya adalah milik dan kuasa-Nya.

One response to this post.

  1. Posted by Justman Tan - 1601266186 on May 22, 2013 at 5:50 pm

    Percobaan sangat bermanfaat dalam hidup kita,
    Dengan melakukan suatu tindakan, kita dapat belajar berbagai hal, kita akan mendapat kan pengalaman dari tindakan tersebut.
    Misalnya saja dilakukan suatu percobaan tentang manfaat daun mangga,
    Setelah melakukan percobaan itu kita menjadi tau bahwa ternyata daun mangga bermanfaat untuk pengobatan diabetes, pengobatan asam urat dan obat kumur.
    Banyak melakukan percobaan berarti mempunyai banyak pengalaman, semakin banyak pengalaman semakin banyak kita belajar hal baru.
    Tapi perlu kita ketahui jangan sampai percobaan kita itu dapat merugikan orang lain.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: