Laptop

Sebagai bagian dari kehidupan, Laptop itu menjanjikan komunikasi tercepat.

Selamat menikmati Tahun baru
Sahabat-Sahabat dimanapun anda berada,
Selamat Tahun Baru 2013, semoga berkat berlimpah menaungi anda semua.

toshiba-qosmio-x300-16c-17-inch-gamer-laptop-006Saya menyelesaikan studi di bidang Teknik Sipil Universitas Trisakti tahun 1982, saat itu di tanganku ada sebuah laptop kecil merk CASIO type PB 1000 dengan kapasitas memori 1000 KB dan RAM 128 KB, tapi saat itu serasa sudah paling top dalam jenis laptop. Waktu berjalan begitu cepat melalui suatu evolusi yang bagaikan terbang, kini menggunakan IPAD 64 GB, dengan RAM 2 GB, ditambah dengan turbo operation. Kalau dulu melakukan perhitungan matrix bisa 3 hari lamanya sekarang bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari sedetik. Demikian cepatnya perkembangan teknologi komputer membuat kita tercengang dan terpesona. Di sini membuktikan bahwa manusia itu memiliki kemampuan yang luar biasa sekali. Bukan saja di bidang teknologi tetapi juga dalam bidang ekonomi sosial dan politik.
Tahun 2003, saat memperingati 40 tahun Konstitusi Liturgi saya mengajak seluruh komponen gereja dan umat, bagaimana mengaplikasikan penggunaan komputer bagi pengembangan pengabaran Injil sebagai kabar gembira dengan menggunakan teknologi informasi.
Memasuki tahun 2013, sepuluh tahun berlalu, sekarang kita sudah bisa menikmati Alkitab Elektronik, Puji Syukur dan kitab-kitab lain dalam bentuk elektronik.
Berbicara tentang teknologi informasi yang begitu cepat, apa untung ruginya. Kalau untungnya saya rasa kita semua sudah tahu dan jelas apa lagi yang menggunakan hardware canggih, tentu semuanya jadi serba cepat.
Di sini saya akan mengajak sahabat, dalam rangka memasuki tahun baru 2013, untuk mempersiapakn diri kita agar berjalan bergandengan tangan dengan teknologi komputer.

1) Menurunnya daya ingat :
Saat sepuluh tahun lalu saya bisa menghafal seluruh nomor telepon para sahabat di luar kepala, begitu ingat namanya, langsung aku bisa menyebut nomor telepon, alamat rumahnya sekarang semua sudah masuk dalam kontak dan just klik langsung kita dial nomor orang yang dituju, bisa juga kita pakai voice call just sebut nama saja maka telepon kta akan menghubungi orang yang kita cari. Untuk mengatasinya tidak susah, kita harus kembali belajar menghafal nomor telepon sehari cukup 2 atau 3 nomor sahabat kita.

2) Kehilangan CINTA
Percaya tidak bahwa kalau suami istri sekarang jarang omong atau bicara, lebih suka pakai BB, sampai ada istilah yang diberikan kepada BB bahwa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.
Sebenarnya Komunikasi merupakan sumber suka cita dan dasar-dasar cinta. Demikian lajunya teknologi komunikasi maka cinta dengan sendirinya akan ditinggalkan. Semuanya akan berbicara di dunia maya saja dan CINTA akan berubah menjadi bahasa binari, senyum berubah menjadi🙂 dst. Satu-satunya jalan kita harus mengembalikan cinta sejalan dengan komunikasi. Biarkan komunikasi tatap muka menjadi harapan kita kembali.

3) Bosan berbicara
Rasanya malas kalau mau telepon cukup bb atau sms saja, karena komunikasi verbal sudah sangat membosankan dan jenuh untuk dilaksanakn. Kalau berbicara saja sudah malas bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan baik. Untuk mengatasinya kita coba belajar mau saling berbicara, menelepon dan biar kasih kesempatan untuk orang bisa curhat

Sekali lagi selamat memasuki Tahun Baru 2013, berjuta sms dan BBM saling melintas di udara, sudah tidak ada telepon untuk bicara, tidak ada kartu natal, tetapi saya yakin bahwa kita semua mau belajar, bagaimana bertemu dan bertelepon mengucap salam.

5 responses to this post.

  1. saya sudah merasakan sendiri dampak dari menggunakan laptop dalam kehidupan sehari hari. setiap hari saya menggunakan laptop sebagai sarana untuk terhubung dengan internet sekedar untuk membuka media sosial atau mengerjakan tugas dan mencari informasi. saya merasa dengan menggunakan laptop pekerjaan menjadi lebih mudah,tapi disisi lain saya merasa kewalahan apabila tidak ada laptop.

    Reply

  2. Komputer jinjing alias laptop kini bukan lagi dianggap sebagai barang mewah. Di kalangan mahasiswa, laptop bahkan tak ubahnya seperti telepon genggam. Hal itu terlihat dengan semakin maraknya mahasiswa memanfaatkan si mesin canggih itu disudut-sudut ruang kampus. Apakah sekadar tren, ataukah kebutuhan?
    Pasalnya, komputer jinjing itu bukan saja termasuk barang mewah tapi juga belum banyaknya mahasiswa yang melek teknologi informasi, termasuk pemanfaatan akses internet untuk kepentingan belajar. Kini, setelah kebutuhan terhadap akses internet tinggi, ditambah kian banyaknya lembaga yang menyediakan fasilitas hotspot (wi-fi), mahasiswa pun mulai sadar bahwa laptop menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hal itu terlihat misalnya dari sejumlah mahasiswa yang “nongkrong” seraya menghadapi laptop di hampir setiap sudut kampus

    Reply

  3. setiap orang ingin dan sudah mempunyai laptop . karena betapa banyaknya hal hal yang kita dapat dan belum yang kita tau di dunia ini . banyak kegunaannya , apalagi dijaman seperti ini . dari kecil sudah harus ditanamkan bagaimana cara menggunakan laptop ini agar kita mendapatkan banyak ilmu , intinya laptop haruslah tersambung ke dunia maya(internet).

    Reply

  4. Posted by Zunvindri on January 16, 2014 at 9:55 am

    Pada zaman sekarang ini, globalisasi telah merubah segala aspek kehidupan termasuk teknologi yang terus berkembang dengan pesat. Perkembangan teknologi ini akhirnya memberikan pengaruh buruk bagi masyarakat yang menggunakan teknologi itu terutama bagi mereka yang menggunakan teknologi itu secara berlebihan.

    Reply

  5. laptop memang teknologi penting pada jaman sekarang, dengan model dan fitur canggih baru yang terus keluar orang-orangpun tertarik membeli laptop dan pengguna laptop berkembang pesat. memang bagus, tapi adapula dampak buruk dari menggunakan laptop, laptop memang suatu perantara untuk menghubungkan kita ke dunia maya, namun jangan sampai hubungan sosial di kehidupan nyata kita terganggu.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: