Penampilan

Orang pintar tidak pernah menyebut dirinya pintar, dia cukup tampil dengan penampilannya.

appearanceTerang itu tidak mungkin disembunyikan, pelita pun ditaruh di atas kaki dian supaya cahayanya bisa dinikmati. Ungkapan perumpamaan dan banyak kondisi menganjurkan manusia agar tidak statis melainkan harus dinamis dan gerakannya harus tampil agar cahayanya bisa dilihat orang. Kamu harus menjadi garam dunia, kalau garam sudah tawar apa yang terjadi? Paling dibuang dan diinjak-injak orang. Karena kita diibaratkan garam, maka harus bisa tampil sehingga bisa dinikmati rasanya oleh sesama kita. Dimana saja dan kapan saja sebenarnya kita dibutuhkan. Siapa yang merasa tidak dibutuhkan ini yang perlu menjadi pertanyaan.
Penampilan menjadi penting dimulai dari hal terkecil, yaitu cara berpakaian, make up (dandan atau berias untuk wanita), lalu meningkat ciri kepribadian, sopan santun, kewibawaan sampai kepada maju menjadi seorang pemimpin.
Kalau kita lihat orang-orang sukses dalam catatannya adalah orang yang berani tampil ke depan sekaligus merebut peluang yang lewat di sisinya.
Bagi para orang muda seperti kutipan kata Bung Karno
“1000 orang tua hanya mimpi, tapi 1 orang muda bisa membangun negara”, tapi dengan catatan dia harus mau tampil dan tentu saja penampilannya baik.
Bagaimana OMK bisa maju dan tampil kalau Gereja sedang bermuram durja menanti penampilanmu untuk membangun Gereja, membangun umat, dan membangun lingkungan untuk kita semua, termasuk untuk bangsa dan negara dan untuk Kerajaan Allah di atas bumi.
Sebuah organisasi apa saja, misalnya, sebuah perusahaan pasti memerlukan sumber daya manusia, yang bisa tampil ke depan apalagi menjadi pemimpin. Dalam hal ini saya setuju bahwa terang itu tidak bisa ditutup-tutupi.
Ada seorang sahabat saya orangnya pintar dan rajin, tetapi diantara kawan-kawan saya, dia paling tidak sukses. Setiap kali kalau ketemu saya dia selalu mengeluh katanya teman-teman lain itu bodoh karena tidak mau pakai tenaga dia. Dia mampu membangun perusahaan dan mampu memimpin perusahaan.
Termasuk saya pun dianggapnya kurang pintar (“bodoh”) tidak bisa atau tidak mau memakai dia dan memanfaatkan keahliannya.
Dalam hati, saya tertawa bahkan bertanya, siapa yang tidak bisa membaca apakah ini dia atau saya. Tapi saya tidak mau mencela dia, cuma saya bilang
“orang pintar tidak pernah menyebut dirinya pintar, dia cukup tampil dengan penampilannya”
Tadi saya nonton cuplikan Kick Andi. Terus ada tulisan begini :
“Telor busuk itu terapung, tapi telor bagus itu tenggelam”, tapi ibu saya cukup memegang telur dan dia tahu mana telor baik atau busuk. Tukang telor harus melihat di cahaya matahari atau lampu, tapi ada orang yang memecahnya lalu diciumnya apakah baik atau busuk. Menurut Anda apakah orang ini orang pintar?
Selamat kepada sahabat-sahabat saya, kita semua dinanti penampilannya bukan saja oleh sesama tetapi juga oleh Tuhan. Semakin terang cahaya Anda, Tuhan semakin memberkati.

28 responses to this post.

  1. Mempunyai Penampilan yang bagus itu sangat penting bagi siapapun. pertama kali kita bertemu sama orang lain lihat nya dari penampilan. baik dari segi cara berbicara, berpakaian, make up , maupun sopan santun. jika ke empat ini kita bisa mencapai maka kita sudah punya penampilan yang sangat bagus…

    Reply

  2. Dalam hal ini penampilan yang bagus selalu dikaitkam dengan orang yang berpendidikan sedangkan yang berpenampilan jelek selalu dianggap seseorang yang tidak berpendidikan. Padahal dalam hal ini sangat berbeda karena berpenampilan itu tidak harus selalu menggunakan pakaian, make up dan lain lain yang bagus tetapi penampila itu hanya itu – itu saja dan mengikuti jaman . seharusnya yang dilihat yaitu pendidikan, cara berpikir dan lain – lain. Seharusnya kita juga tidak harus selalu berpenampilan baik dan mengikuti model saat ini, tetapi seharusnya kita harus JUST BE YOUR SELF. Karena penampilan itu sudah berasal dan merupakan karunia dari TUHAN, dan kita harusnya bersyukur. Karena setiap manusia itu pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Saat pertama kali kita melihat orang pasti yang dilihat itu dari penampilan terlebih dahulu, baik dari sisi berbicara, pakaian, make up dan lain – lain.

    Reply

  3. Penampilan yang bagus selalu dikaitkam dengan orang yang berpendidikan sedangkan yang berpenampilan jelek selalu dianggap seseorang yang tidak berpendidikan. Padahal dalam hal ini sangat berbeda karena berpenampilan itu tidak harus selalu menggunakan pakaian, make up dan lain lain yang bagus tetapi penampila itu hanya itu – itu saja dan mengikuti jaman . seharusnya yang dilihat yaitu pendidikan, cara berpikir dan lain – lain. Seharusnya kita juga tidak harus selalu berpenampilan baik dan mengikuti model saat ini, tetapi seharusnya kita harus JUST BE YOUR SELF. Karena penampilan itu sudah berasal dan merupakan karunia dari TUHAN, dan kita harusnya bersyukur. Karena setiap manusia itu pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Saat pertama kali kita melihat orang pasti yang dilihat itu dari penampilan terlebih dahulu, baik dari sisi berbicara, pakaian, make up dan lain – lain.

    Reply

  4. penampilan memang hal yang penting bagi seluruh orang, karena penampilan yang baik / bagus orang-orang akan melihat pribadi kita yang baik juga

    Reply

  5. Posted by Maorel on May 24, 2013 at 6:44 am

    Artikel yang bagus, Ayat yang selalu saya ingat tentang perumpamaan bahwa kita harus menjadi terang dan garam di dunia ini.

    Reply

  6. Tampil sempurna dihadapan orang banyak merupakan impian semua orang. Maka sudah sewajarnya jika orang lebih menomor satukan penampilan (luar), bukan begitu? Setidaknya itulah yang saya amati di keseharian masyarakat modern sekarang ini.
    Dorongan untuk tampil tampil cantik, cakep, keren, cool atau apa lah anda menyebutnya bukan hanya timbul dari dalam diri pribady aja. Melainkan sudah merupakan sebuah tuntutan ketika seseorang memasuki dunia baru. Dunia baru yang saya maksud disini adalah ketika kita beranjak remaja.

    Reply

  7. penampilan merupakan suatu unsur yang terdapat dalam hidup. setiap orang ingin berpenampilan yang sangat bagus dan dipuji orang. kita harus menjaga penampilan kita dengan baik, bukan melihat dari luarnya saja tetapi kita harus melihat bagian dalam yaitu kebaikannya.
    oleh karena itu lah, penampilan dalam hidup sangat penting bagi kita. jagalah penampilan anda, karena anda akan dihormati oleh orang.

    Reply

  8. penampilan adalah hal yang sangat berpengaruh bagi manusia. dengan berpenampilan menarik maka banyak orang yang ingin mengenalnya. apabila berpenampilan kurang menarik maka tidak ada lah yang ingin mengenalnya.

    Reply

  9. penampilan menurut saya kepribadian yang dapat di nilai siapapun , jadi kita harus menjaga dan selalu bersyukur apa yang ada di kita

    Reply

  10. tidak perlu berdandan menor untuk mendapat pujian cantik darii banyak orang. cantik yang sebenarnya ada dalam diri kita sendiri. cantik yang kita peroleh yaitu dari berguna atau tidaknya diri kita ini. semakin berguna makin bersinar kebaikan kita. sebaiknya perpenampilan apa adanya dan sesederhana mungkin membuat orang tertarik melihat anda.

    Reply

  11. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 8:58 am

    Penampilan luar yang bagus belum tentu mencerminkan hatinya..

    Reply

  12. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 12:41 pm

    penampilan itu sangat penting.
    orang menilai kita dari penampilan,jika penampilan kita berantakan otomatis orang akan menilai buruk terhadap kita,begitu juga sebaliknya.

    Reply

  13. penampilan itu penting tetapi jika penampilan tersebut kita tidak nyaman percuma saja,karena sebuah penampilan bisa mencerminkan sikap seseorang

    Reply

  14. Penampilan memang penting, karena kita menarik seseorang dari penampilan yang kita tampilkan. namun, tanpa kita perlu ber dandan, penampilan rapih pun akan memberika kesan yang menarik. dan itu dapat di miliki tergantung dari bagaimana aura kita, bagaimana keadaan hati kita. misalnya, cantik bukanlah sesuatu yg hanya di lihat dari luar. melainkan dari dalam juga.
    04PIF_Lydia

    Reply

  15. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 12:34 pm

    penampilan memang penting untuk first impression, akan tetapi inner beauty jauh lebih penting. Seperti kisah yg diatas yaitu teman yang pintar dan rajin tetapi tidak sukses, barangkali EQ teman tersebut kurang diasah . Bisa dilihat ia hanya selalu merendahkan temannya dan sangat membanggakan dirinya

    Reply

  16. 170129351_Andre Jonathan : orang yang pintar memang tidak perlu mengaku dirinya pintar. kita bisa melihat dan menebak seseorang pintar atau tidak dari penampilan dan sifatnya. penampilan menjadi faktor penting yang membuat kita melihat kesan pertama terhadap seseorang misalnya berpenampilan rapi dan sopan, kita bisa menebak bahwa orang tersebut memanglah pintar dan memiliki wibawa, sehingga kita menghormatinya. agar pintar itu bukan hanya sekedar pendapat, orang tersebut bisa membuktikan melalui skills dan pengetahuan serta yang terutama adalah attitude yang dia tunjukkan kepada kita.

    Reply

  17. Posted by daniel dwidjayanto on December 5, 2013 at 10:40 am

    Penampilan itu sangat mencerminkan diri kita kepada orang lain. Jika penampilan acak – acakan maka orang akan beranggapan bahwa diri kita tidak teratur,jorok,dsb. Tetapi kita juga tidak hanya melihat penampilan dari orang tersebut, kita harus melihat pribadi dan karakternya juga.

    Reply

  18. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 1:41 pm

    Semua manusia pasti memandang penampilan ketika pertama kali bertemu, padahal penampilan orang hanya sedikit menggambarkan apa sebenarnya diri orang itu,tidak seperti Tuhan,Tuhan tidak pernah memandang penampilan ,Tuhan melihat hati

    Reply

  19. Menurut saya, penampilan itu menggambarkan bagaimana sebenarnya kita. Namun untuk masalah penampilan, sejelek apapun orang menilai kita, tetaplah bersikap percaya diri dalam berpenampilan. Tak perlu risaukan kata orang lain. Ketika tampil didepan orang banyak, bersikaplah apa adanya kita, tak perlu dibuat-buat.

    Reply

  20. Orang pintar tidak akan pernah menyebut dirinya pintar ,, pepatah itu sangat cocok karena sepintar apapun seseorang jika tidak diimbangi attitude dan soft skill yang mumpuni maka akan tergerus oleh orang orang yang memiliki kemampuan lebih walaupun tidak terlalu pintar jadi jadilah diri sendiri dan maksimalkan potensi dalam diri
    Tugas kampus

    Reply

  21. Penampilan bukanlah segalanya, jangan mau terlena oleh kepuasaan duniawi.
    Fisik ini tidaklah kekal, kita pasti menjadi tua, menjadi jelek.
    Jangan berharap untuk selalu tampil menarik, kita hanya akan mendapat kekecewaan.

    Reply

  22. penampilan sering dikaitkan dengan pendidikan orang tersebut. jika penampilan mereka rapih maka dia orang berpendidikan. dan jika penampilan mereka buruk maka dia orang yang tidak berpendidikan.
    hal ini sangat membuat saya muak. karena mereka hanya berpura-pura sedang menjadi orang lain. jadilah diri sendiri walaupun itu buruk.

    Reply

  23. Posted by Henricko Randy Setiawan on January 16, 2014 at 7:35 am

    Penampilan biasanya menggambarkan bagaimana sifat seseorang. Biasanya jika penampilannya rapih, maka orang tersebut sopan ramah, tetapi jika acak – acakan, maka orang tersebut tidak sopan, kasar, dsb.

    Reply

  24. 01pmo anggraini 1701342220

    Banyak sekali orang yang menilai orang lain hanya dari penampilan luarnya saja. Entah karena persepsi atau memang terbiasa melihat orang dari luar. Kadang kita sendiri pun seperti itu, yang diperhatikan hanyalah bagaimana membuat badan lebih langsing dan terlihat bagus, bagaimana agar tampil lebih cantik dan gagah, atau sebagainya yang berhubungan dengan penampilan luar. Saya setuju dengan orang yang mau tampil rapi, dan berusaha memperbaiki penampilannya karena takut dinilai jelek oleh orang lain. Penampilan kita adalah cermin bagaimana sosok yang tergambar didalam diri kita. Coba datang saja keperusahaan dan melamar dengan menggunakan kaos dan jeans, maka tidak ada yang mau menerima kita sebagai pegawainya karena dilihat kita tidak sigap dan tidak rapi. Wajar jika orang ingin terlihat menarik dipenampilannya, karena penampilan sangat berpengaruh terhadap persepsi orang lain. Namun jangan sampai melupakan apa yang ada adidalam diri kita sesungguhnya. Hati dan pikiran yang bersih juga akan membawa pengaruh baik terhadap penampilan.

    Reply

  25. Posted by Eirene caroline on March 22, 2014 at 4:40 pm

    Ada kalimat “dont judge book by cover” saya sangat setuju dengan kalimat itu , karna tidak semua apa yang kita lihat sama dengan apa yang kita tidak ketahui sebenarnya.maka belajarlah untuk tdk cepat menilai orang dari bagaimana cari dia berpenampilan ,namun belajar untuk mengenalnya dulu baru menilainya .

    Reply

  26. Posted by 04PKF_Bayu Prabowo_1601267232 on March 26, 2014 at 12:11 pm

    Penampilan segala sesuatu yang berhubungan dengan penampilan luar seseorang yang mudah diamati dan dinilai oleh orang sekelilingnya. Penampilan fisik secara disadari atau tidak, dapat menimbulkan respon atau tanggapan tertentu dari orang lain. penampilan yang seharusnya adalah bagaimana orang itu berbuat, dari situ kita bisa melihatnya.

    Reply

  27. Posted by SusY on March 26, 2014 at 1:09 pm

    saya setuju sekali dengan pendapat anda🙂
    Benar sekali telur yang baik akan tenggelam dan telur yang busuk akan terapung.
    Kita tidak perlu sombong dan mengatakan orang lain, cukup dengan penampilan kita.🙂

    Reply

  28. Posted by Rinaldy Zulkarnain / 04 PJT / 1601277044 on March 27, 2014 at 1:54 pm

    Dalam kehidupan sehari-hari, penampilan sangat berpengaruh menentukan pribadi. Orang yang berpakaian rapi, maka ia adalah orang yang cukup memperhatikan penampilannya. Tetapi penampilan tidak selalu menentukan pribadi seseorang, karena sebenarnya “Penampilan” bukan hanya sekedar berpakaian, tapi bagaimana cara seseorang berbicara, mengambil sikap, dan tampil. Ketika seseorang dapat tampil di depan orang banyak dan dapat mengendalikannya, itulah yang namanya “Penampilan” terbaik.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: