Curiga

Untuk menghilangkan rasa curiga terhadap pasangan kita adalah dengan bersama-sama membangun kepercayaan, dan kepercayaan itu hanya bisa dibangun dengan cara sederhana, yakni kita menjadi orang yang sama di manapun kita berada, kita juga perlu menjaga agar apa yang kita pikirkan sama dengan apa yang kita katakan dan kita lakukan.

Suspicious-MindsDari hasil penelitian para ahli bahwa dari bangun di pagi hari hingga kita tidur malam hari, lebih dari sebagian besar kita berhubungan dengan komunikasi, baik dengan istri, anak, teman mulai dari SMS, telepon, BBM sampai bicara langsung. Distorsi yang paling dominan adalah curiga.
Komunikasi antara suami-istri, baik melalui kemampuan interpersonal untuk mengekspresikan suatu keinginan, baik verbal atau non verbal, memang harus diikuti rasa cinta dengan demikian kepercayaan akan dibangun dengan dasar yang kuat, bukan berdasarkan unsur keterpaksaan atau dipaksa.
Suatu Organisasi juga demikian harus dibangun dengan dasar kepercayaan, sehingga jika ada ganjalan curiga, maka pemimpinnya harus jeli dan peka. Jangan sampai curiga meluas dan membangkitkan gosip meluas dan akhirnya merusak organisasi itu sendiri.
Semoga kita semua bisa diberikan suatu dasar kemampuan untuk membangun kekuatan komunikasi, yang membangkitkan kepercayaan agar dapat menghilangkan rasa saling curiga. Tuhan melindungi, menyayangi dan memberkati kita semua.

50 responses to this post.

  1. Saling percaya memang suatu hal yg dibangun susah payah..sekali kepercayaan itu hancur..maka tidak mudah mengembalikan kepercayaan seperti semula

    Reply

  2. Semua pasangan memiliki rasa curiga antara pasangannya.
    rasa curiga itu timbul karena diri kita sendiri yang membuat yah atau rasa takut kehilangan yang luar biasa sehingga tidak mau kehilangan pasangannya.
    Rasa curiga bisa kita hindari dengan cara saling percaya antara pasangan.
    rasa kepercayaan harus kita pupuk sendiri sehingga bisa percaya … dan tidak ada kecurigan lagi antara pasangannya.

    Reply

  3. Rasa curiga berasal dari ketidakpercayaan dan ketidaknyamanan hati terhadap orang lain. dan terasa selalu was-was dan takut dalam segala hal. maka untuk menghilangkan rasa curiga itu kita arus mencoba percaya terhadap diri sendiri dan orang lain, selain itu kita juga harus saling dukung, saling silang rasa, kerjasama, dan saling berkomunikasi antar sesama dengan baik.

    Reply

  4. Jika ada curiga didalam hubungan pasangan maupun organisasi itu karena tidak didasari kepercayaan dan kejujuran dan melakukan komunikasi / pengertian satu sama lain itu salah satu cara membangun sebuah keutuhan suatu kepercayaan.

    Reply

  5. curiga itu adalah memikirkan sesuatu yang belum terjadi atau mungkin bahkan tidak akan terjadi. sebaiknya rasa curiga itu harus kita buang jauh-jauh dari pikiran kita, kita harus bisa bersifat positive thinking. curiga hanya membuat hubungan menjadi tidak harmonis🙂

    Reply

  6. Curiga merupakan sikap negative yang bisa merusak suatu hubungan, baik antara keluarga, teman, dan partner kita.
    Curiga bisa disebabkan karena pengalaman menyakitkan sehingga membuat seseorang menjadi trauma dan sulit percaya kepada orang lain.
    Oleh karena itu, diperlukan keberanian untuk memulai mempercayai orang lain sehingga tidak ada lagi kecurigaan didalam dirinya.

    Reply

  7. curiga merupakan hal yg negatif pada pasagan karena adanya rasa kecurigaan makan rasa kepercayaan akan hilang makan akan menimbulkan pertengkaran karena sudah tidak ada rasa kejujuran dan kepercayaan yg di lakukan

    Reply

  8. curiga itu memang sebuah hal yang sangat tidak baik karena orang lain bisa membenci kita,dalam suatu hubungan, jadi alangkah baiknya bila ke-curiga-an tersebut tidak terlalu kita bawa dikehidupan sehari-hari

    Reply

  9. Posted by Maorel on May 24, 2013 at 6:46 am

    Ibarat kaca yang sudah pecah tidak akan bisa kembali utuh semula, demikian juga dengan kepercayaan jika sekali sudah hilang maka akan sulit membangun kepercayaan kembali seperti semula.

    Reply

  10. curiga merupakan hal yang sangat wajar dalam suatu hubungan sehingga kita bisa mengetahui lebih jauh dan kita bisa menanyakan hal tersebut dengan sebuah keberanian yang harus kita lakukan.
    kepercayaan sangat diperlukan dalam berhubungan dgn psangannya,tmn dan keluarga akan membuat lebih harmonis.

    Reply

  11. rasa curiga mungkin hasil dari kesalah presepsi yang muncul karena kurangnya rasa saling percaya. memang untuk saling percaya itu sulit, apalagi jika kita sudah pernah merasa dihianati. rasa curiga dalam kadar sediki itu berguna untuk lebih fokus, tetapi jika sudah menjadi sesuatu yang lumrah maka kita sendiri yang akan rugi karenanya.

    Reply

  12. Kalau menurut saya, justru hubungan tanpa rasa curiga belum sempurna seutuhnya. Akan fair-fair saja apabila dalam hubungan seseorang menaruh curiga terhadap pasangannya. Rasa curiga menjadi tanda rasa kepedulian seseorang terhadap pasangannya masih ada. Namun, rasa curiga akan menjadi tidak sehat jika ditanggapi secara berlebihan. Hanya bagaimana kita menyikapi rasa kecurigaan yang mulai muncul.

    Reply

  13. curiga merupakan sifat yang paling buruk dalam hidup. dapat merusak semua hubungan-hubungan. hubungan antara orang-orang di sekitar kita.
    curiga dapat mengakibatkan orang susah dalam mempercayai orang lain, dan sifat inilah yang dapat merugikan diri sendiri.
    maka itu, kita tumbuh mempunyai rasa percaya pada orang yang kita kenal. butuh suatu keberanian agar kita tidak atau menghilangkan rasa curiga dalam diri kita.

    Reply

  14. setiap orang pasti memiliki sifat curiga karena manusia mempunyai kepercayaan yang sangat kuat apabila kepercayaan itu hilang maka curiga lah yang keluar

    Reply

  15. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 7:37 am

    menurut saya rasa curiga hanya dapat menghancurkan diri kita sendiri,karna segala hal yang kita curigai belum tentu benar adanya,terkadang memang mencurigai sesuatu itu perlu tapi tidak untuk selalu mencurigai.karna kepercayaan juga sangat penting di terapkan dalam kehidupan kita sehari hari.

    Reply

  16. curiga menurut saya hal buruk dalam kehidupan kita , karena curiga lebih ke arah Negatifnya dibanding sisi Positifnya

    Reply

  17. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 8:44 am

    menurut saya rasa curiga hanya dapat menghancurkan diri kita sendiri,karna segala hal yang kita curigai belum tentu benar adanya,terkadang memang mencurigai sesuatu itu perlu tapi tidak untuk selalu mencurigai.karna kepercayaan juga sangat penting di terapkan dalam kehidupan kita sehari hari

    Reply

  18. rasa curiga hal yang wajar terdapat pada setiap manusia. karena manusia yang penuh dengan hal negatif sehingga menyebabkan itu semua, curiga tidak lah akan menyelesaikan permasalahan dan lebih baik kita berterus terang dan apa adanya. tetapi lebih bagus lagi kita harus membangun suatu kepercayaan kepada orang lain dan membuang rasa kecurigaan terhadap seseorang. memang rasa kepercayaan sangan sulit untuk dibangun karena manusia penuh dengan pikiran negatif. sekali kepercayaan seseorang terhadap kita menjadi hancur maka sampai akhir pun dia menjadi tidak mempercayai kita.

    Reply

  19. Setiap manusia pasti mempunyai sifat curiga terhadap setiap orang. Kecurigaan ini sebenarnya berasal dari ketidakpercayaan terhadap seseorang, bisa melalui kebohongan yang pernah terjadi dimasa lalu atau karena perilaku seseorang yang kurang meyakinkan. Akibat daripada ini adalah individu tersebut susah akan mempercayai orang orang meskipun sudah sangat dia kenal. Cara untuk mengatasinya adalah dengan berpikir positif dan percaya bahwa orang tersebut tidak melakukan apa apa yang negatif.

    Reply

  20. selalu berpikir positif
    untuk tidak terjadinya salah paham
    atau perselihan dalam suatu hubungan , pertemenan atau di organisasi
    saling mempercayai adalah hal yang terbaik🙂

    Reply

  21. Curiga adalah sikap yang sangat manusiawi sebagai manusia. sikap ini harus kita minimalkan sebisa mungkin agar tidak ada yang sakit hati dalam hidup ini. kita dapat memulainya dengan berpikir postif. melihat masalah dari sudut pandang yang tepat.

    Reply

  22. Curiga merupakan pikiran yang negatif yang ada dalam diri manusia. Dimana orang akan berpikiran buruk terhadap tindakan ataupun perkataan orang lain. Dalam suatu hubungan tentunya akan ada rasa curiga satu sama lain. Dan menurut saya, untuk menghapus rasa curiga yang berlebihan seharusnya dalam satu hubungan dibangun rasa saling percaya dan komunikasi yang baik.

    Reply

  23. Posted by cindy on June 15, 2013 at 8:17 am

    curiga itu memang sebuah hal yang sangat tidak baik karena orang lain bisa membenci kita,dalam suatu hubungan, jadi alangkah baiknya bila ke-curiga-an tersebut tidak terlalu kita bawa dikehidupan sehari-hari

    Reply

  24. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 8:55 am

    Curiga mungkin selalu menghampiri kita.. Tetapi kita harus berusaha untuk percaya kepada orang lain.. Tetapi apabila kepercayaan yang diberikan telah dirusak, akan sangat sulit untuk mempercayakannya kembali..

    Reply

  25. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 11:54 am

    mencurigai hal yang wajar yang penting tidak menuduh.

    Reply

  26. rasa curiga kebanyakan di alami oleh seseorang yang tidak mau kehilangan sesuatu mereka lebih cenderung berfikiran negatif terhadap semua hal yang mereka sayangi,karena saking tidak mau kehilangan seseorang. sebenarnya jika saling mempercayai satu sama lain dan tidak berpikiran negatif tidak akan memunculkan rasa curiga itu sendiri

    Reply

  27. Perasaan curiga yang kita rasakan terhadap pasangan dapat di akibatkan oleh karena kita sendiri berlaku sebagai pelaku yang patut di curigai. biasanya kita sendiri yang menempatkan posisi kita dimana seharusnya pasangan kita mencurigai kita, namun ia malah baik2 saja tanpa memikirkan kita melakkukan hal yang mencurigakan di belakangnya. selain itu, kita membayangkan pula apabila pasangan kita sedang melakukan hal yang sama seperti yg kita lakukan, sehingga ia tidak perlu mencurigai kita dan tidak peduli atas apa yg kita lakukan.
    04PIF_Lydia

    Reply

  28. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 12:10 pm

    Kecurigaan merupakan hal yang bisa mengalir dari orang ke orang secara cepat. Seperti misalnya ketika banyak barang yang hilang di kelas , masing-masing murid pasti akan saling curiga satu sama yg lain. Tugas seorang guru yaitu membangun kembali kepercayaan antar murid agar suasana belajar kembali kondusif

    Reply

  29. Posted by yugi p10 ubm on June 21, 2013 at 3:59 pm

    Sebenernya dalam suatu hubungan kita harus saling percaya satu sama lain. Rasa curiga membuat pasangan kita risih, karena rasa curiga merupakan awal ketidakpercayaan satu sama lain dalam suatu hubungan. Milikilah rasa kepercayaan satu sama lain demi tidak terjadinya rasa curiga terhadap satu sama lain…

    Reply

  30. Posted by Henricko Randy Setiawan on December 5, 2013 at 7:59 am

    Kecurigaan merupakan hal yang negatif. Semakin kita curiga dengan seseorang, maka semakin sedikit juga kepercayaan kita kepada orang tersebut. Biasanya rasa curiga ini akan muncul saat kita pertama kali kenal dengan orang lain.

    Reply

  31. 1701293351_Andre Jonathan : kecurigaan muncul akibat rasa ketakutan kita terhadap sesuatu yang mungkin bisa terjadi. misalnyam dalam suatu hubungan kita curiga kalau-kalau pasangan kita selingkuh namun ternyata setelah kita ketahui dia tidak selingkuh ternyata kecurigaan kita salah. kecurigaan menurut saya merupakan suatu hal yang negatif dalam hal ini. dalam membina suatu hubungan maupun persahabatan, kita membutuhkan suatu kepercayaan satu sama lain agar terjalin relasi yang baik.

    Reply

  32. Rasa curiga harus kita hindari karena dapat merusak hubungan persahabatan bahkan keluarga. Akan lebih baik berbicara terus terang dengan baik dan benar.

    Reply

  33. Rasa curiga berawal dari ketidakpercayaan dan ketidaknyamanan hati terhadap orang lain. dan curiga itu menyebabkan perasaan yang tidak enak. maka untuk menghilangkan rasa curiga itu cobalah untuk percaya terhadap diri sendiri dan orang lain, selain itu kita juga harus saling berkomunikasi antar sesama dengan baik.

    Reply

  34. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 1:36 pm

    Curiga itu sesuatu hal yang buruk,karena tidak adany kepercayaan satu sama lain dalam sebuah relasi,Sebaikny segera perbaiki masalah masing-masing karena hubungan yang penuh kecurigaan tidak akan bahagia dan bertahan lama

    Reply

  35. Kejujuran dan rasa saling percaya dalam suatu organisasi merupakan factor penting dan “nyawa” dari organisasi itu jadi tanamkan rasa saling percaya antar anggota dan kejujuran dalam menjalankan tugas kita yang diemban insyaAllah semuanya akan baik 
    Tugas kampus

    Reply

  36. Menaruh curiga pada orang lain itu sah saja, asalkan dalam batas wajar.

    Reply

  37. Dalam membina suatu hubungan,kepercayaan merupakan hal yang penting. Kecurigaan tentu dapat merusak sebuah kepercayaan. Maka dari itu sebisa mungkin kita harus menghindari perbuatan yang membuat orang curiga. Supaya selalu ada rasa saling percaya dan juga rasa damai sejahtera dalam berhubungan dengan orang lain.

    Reply

  38. janganlah mudah curiga. curiga tanpa bukti yang jelas dapat menyinggung perasaan orang lain. so be positive and stay positive.

    Reply

  39. 1701342220 anggraini 01pmo
    curiga sebenarnya tidak dilarang, tetapi tidak boleh berlebihan. Curiga yang berlebihan dapat menyebabkan kerugian pada diri sendiri dan orang lain. Hal-hal yang patut dicurigai itu semestinya ketika kita sadar hal itu tidak wajar. Jika kita curiga disaat yang tenang atau tidak ada angin pastinya akan membuat kita berpikiran negatif terhadap sesuatu yang kita curigai tersebut.kunci untuk menghilangkan kecurigaan adalah memupuk kepercayaan.

    Reply

  40. Posted by Zunvindri on January 16, 2014 at 9:47 am

    Komunikasi itu sangatlah penting. Dengan adanya komunikasi, kita dapat membangun kedekatan dengan pasangan kita. Melalui kedekatan itulah akan mengurangi kecurigaan kita terhadap pasangan.

    Reply

  41. Posted by Eirene caroline on March 22, 2014 at 4:36 pm

    Terkadang dalam suatu hubungan curiga itu biasa .namun alangkah lebih baik untuk saling menanamkan kepercayaan satu sama lain ,dibanding saling berprasangka buruk terhadap pasangan yg nantinya akan menimbulkan masalah sendiri pada hubungan itu .

    Reply

  42. Posted by Ryo Hadinata on March 24, 2014 at 4:19 pm

    Curiga hanya dapat dihilangkan dengan mengomunikasikan hal yang kita ragukan tersebut, maka dari itu, komunikasi adalah hal penting bagi manusia untuk menjalankan kehidupan sehari-hari😀

    Reply

  43. Posted by 04PKF_Bayu Prabowo_1601267232 on March 26, 2014 at 11:48 am

    kepercaan dengan pasangan itu sangat penting tetapi menurut saya kepercaan tumbuh dari sifat kejujuran, dengan ada nya kejujuran diri kita orang lain atau pasangan bisa mempercayai apa yang kita lakukan. saling berkomunikasi antar pasangan itu juga sangat lah berguna jadi diantara kedua nya ada ketebukaan sehingga tidak timbul rasa curiga.

    Reply

  44. dengan percaya kita bisa saling mengerti, dengan percaya satu sama lain kita bisa menghilangkan kecurigaan kita terhadap seseorang.

    Reply

  45. Posted by Imam Ferdiyansyah on March 26, 2014 at 4:28 pm

    Saya setuju dengan menjadi diri kalian sendiri di mana kalian berada. Dengan begitu tidak aka nada rasa curiga dari siapapun dengan tingkah laku yang ada di diri kalian sendiri. Curiga mungkin rasa yang tidak enak karena ada hal yang diingin tahukan dari orang lain tersebut karena perubahan sikap dari diri mereka. Tetapi menjadi orang yang dicurigai itu lebih tidak enak. Orang yang dicurigai menganggap bahwa tidak ada hal yang membuat mereka berubah, mereka hanya ingin mencoba ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan perubahan sikapnya. Tetapi terkadang bahwa menjadi diri sendiri adalah hal yang lebih baik dibandingkan berubah yang belum tahu akan menjadi lebih baik atau tidak.

    Reply

  46. Posted by Juliastina_04PKF on March 26, 2014 at 4:39 pm

    Memang benar sekali curiga ini sering muncul karena kurangnya komunikasi. Terkadang curiga ini dapat muncul dan berakhir menjadi prasangka buruk. Sebaiknya dalam sebuah rumah tangga itu, harus membangun komunikasi yang baik supaya dapat saling memberi kepercayaan kepada pasangannya.

    Reply

  47. Posted by Agung Nugroho on March 27, 2014 at 1:02 pm

    curiga kadang dapat menjadi batu sandungan dalam hubungan, maka seharusnya setiap pasangan harus saling membangun kepercayaan dan saling berkomitmen terhadap pasangannya

    Reply

  48. Posted by Rinaldy Zulkarnain / 04 PJT / 1601277044 on March 27, 2014 at 1:46 pm

    Kecurigaan memang sangat rentan muncul ketika kita berkomunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu memang diperlukan kejujuran untuk memupuk kepercayaan. Dengan terpupuknya kepercayaan, rasa curiga tentu berkurang. Hal ini dapat mencegah kecurigaan timbul dan menjangkit.

    Reply

  49. Posted by Bill Shidin on March 27, 2014 at 3:19 pm

    komunikasi adalah faktor yang sangat penting dalam membina suatu hubungan dengan adanya komunikasi yang baik akan menimbulkan kedekatan dengan orang itu tetapi ketika kita telah berhubungan dan melakukan komunikasi tetapi minimbulkan suatu perasaan curiga, besar kemungkinan orang yang berkomunikasi itu memiliki suatu perasaan yang berbeda dengan orang lain . yaitu perasaan suka.dengan demikian perasaan curiga itu belum tentu dapat dikatakan sesuatu yang buruk,

    Reply

  50. Posted by rafli maulana on March 27, 2014 at 4:52 pm

    membangkitkan kepercayaan agar dapat menghilangkan rasa saling curiga. Curiga membuat kita selalu berpikiran negative terhadap org yang kita curigai. Curiga dapet menghilangkan rasa kepercayaan diri.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: