Srikandi

Sesungguhnya perjuangan kebangsaan kita dimulai dari Srikandi-srikandi kita (QL Sung)

srikandiKisah Srikandi cukup magis dan misterius. Dia dikisahkan lahir karena keinginan kedua orangtuanya, yaitu Prabu Drupada dan Dewi Gandawati. Mereka menginginkan kelahiran seorang anak dengan normal. Kedua kakaknya, Dewi Dropadi dan Drestadyumna, dilahirkan melalui puja semadi. Dropadi dilahirkan dari bara api pemujaan, sementara asap api itu menjelma menjadi Drestadyumna.
Kepandaian memanahnya didapatnya ketika ia berguru pada Arjuna, yang kemudian menjadi suaminya. Dalam perkawinan tersebut ia tidak memperoleh keturunan (Diakhir kisahnya, Srikandi sangat sakti dan merobah dirinya menjadi seorang pria).
Dalam Pidato Kenegaraan 17 Februari 1956 Bung Karno mengatakan bahwa Pemuda harus bangkit ikuti semangat Srikandi, tidak peduli perempuan atau lelaki (karena Srikandi itu double gender ya, wanita juga pria). Lanjut beliau bahwa 1000 orang tua hanya bermimpi, tapi 1 orang muda bisa membangun dunia (Pidato ini sangat terkenal di seluruh dunia)
Kita semua mengharapkan munculnya Srikandi di Gereja. Seperti kita ketahui bahwa Orang Muda Katolik (OMK) sangat lemah dan kurang berkemampuan. Lemahnya OMK tidak terlepas dari kurang didukungnya kegiatan mereka. Leadership (LTC) mereka pun kurang sekali. Motivasi kebangkitan gerakan juga kurang. Saya ingin mengajak seluruh komponen OMK di Gereja, mari kita bangun masa depan Gereja, seperti kata Bung Karno 1000 orang tua hanya mimpi, 1 Srikandi (OMK) bisa membangun dunia
Semoga kisah keperkasaan Srikandi bisa kita contoh untuk membangun Gereja masa depan.

50 thoughts on “Srikandi

  1. Elia Cristin

    srikandi adalah seseorang yang bukan pria dan juga wanita akan tetapi dia sangat dikagumi karena dia adalah orang yang bersemangat dalam menjalani kehidupannya. kita harus tahu bahwa kita harus dapat membangun dunia yaitu mampu untuk membangkitkan dan memberikan semangat kepada orang disekitarnya agar bangkit dari gerakan yang kurang mampu

    Reply
  2. melinda fransiska

    menurut saya artikel ini mengajarkan kita untuk tidak gampang putus asa dalam situasi dan kondisi apapun.
    serta juga dalam gereja kita diajarkan bukan menjadi orang yang sombong karena memiliki kemampuan tapi,bagaimana kita membagi kemampuan kita kepada para jemaat supaya dapat membuat gereja tersebut lebih maju dan memiliki keunikan tersendiri.

    Reply
  3. Erni Diana

    Melalui artikel ini, kita dapat melihat sosok srikandi yang sangat dikagumi oleh orang-orang dengan sifatnya yang selalu mau berusaha dan tidak pantang menyerah.
    Artikel ini bertujuan agar kita dapat mencontoh sifat srikandi yang positif yang selalu memiliki semangat yang tinggi dalam menjalani hari-harinya, karena dengan adanya semangat, maka orang-orang dapat ikut bangkit membangun gereja masa depan seperti halnya yang dituliskan pada artikel diatas.

    Reply
  4. hendiasim

    Para pemuda-pemudi bangsa ini diharapkan bisa menjadikan Srikandi sebagai salah satu sumber inspirasi mereka supaya generasi berikutnya mampu menjadi generasi yang lebih baik dalam berbagai aspek.Karena kaum pemuda adalah generasi penerus dari generasi sebelumnya.Jikalau kaum pemuda tidak memiliki nilai-nilai kehidupan yang baik,mau dibawa kemana bangsa ini di mata dunia.

    Reply
  5. daniel

    Srikandi adalah tokoh yang patut untuk di contoh, jadi kita sebagai pemuda bangsa ini kita harus memiliki semangat dan perjuangan seperti srikandi untuk membuat atau memajukan bangsa ini untuk menjadi lebih baik di masa depannya

    Reply
  6. erika sufito

    artikel ini mengharapkan kita sebagai generasi muda bisa seperti srikandi yang tidak mudah menyerah , memiliki semangat juang yang tinggi , agar generasi muda bisa membawa bangsa menjadi lbh baik dalam hal duniawi dan rohani dalam gereja .

    Reply
  7. Eka Prillia

    banyak orang yang menilai bahwa perempuan itu lebih lemah dari laki-laki, tapi menurut saya wanita sama saja dengan laki-laki,wanita masa kini banyak yang bekerja banting tulang untuk keluarganya,pada masa-masa dulu perempuan banyak yang tidak mengecap bangku sekolah namun langsung menjadi ibu rumah tangga. perempuan itu kuat. hidup perempuan!

    Reply
  8. aryaniyunitaarifin

    semangat srikandri dan juga pikiran positifnya membuat kita para kaum wanita juga bersemangat dalam menjalani hidup, artikel diatas membuat kaum wanita dapat semangat menjalani hidup dan selalu berjuang terus.

    Reply
  9. edwin stanly

    menurut artikel ini Srikandi adalah salah satu puteri Raja Drpada dengan Dewi Gandawati dari Kerajaan Panchala yang muncul dalam kisah wiracarita dari India, yaitu Mahabharata. Ia merupakan penitisan Dewi Amba yang tewas karena panah Bisma. Dalam kitab Mahabharata ia diceritakan lahir sebagai seorang wanita, namun karena sabda dewata, ia diasuh sebagai seorang pria, atau kadangkala berjenis kelamin netral (waria). Dalam versi pewayangan Jawa terjadi hal yang hampir sama, namun dalam pewayangan jawa ia dikisahkan menikahi Arjuna dan ini merupakan perbedaan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan kisah Mahabharata versi India.Dalam perkawinan tersebut ia tidak memperoleh keturunan (Diakhir kisahnya, Srikandi sangat sakti dan merobah dirinya menjadi seorang pria).
    Dalam Pidato Kenegaraan 17 Februari 1956 Bung Karno mengatakan bahwa Pemuda harus bangkit ikuti semangat Srikandi, tidak peduli perempuan atau lelaki (karena Srikandi itu double gender ya, wanita juga pria). Lanjut beliau bahwa 1000 orang tua hanya bermimpi, tapi 1 orang muda bisa membangun dunia (Pidato ini sangat terkenal di seluruh dunia)
    Kita semua mengharapkan munculnya Srikandi di Gereja. Seperti kita ketahui bahwa Orang Muda Katolik (OMK) sangat lemah dan kurang berkemampuan. Lemahnya OMK tidak terlepas dari kurang didukungnya kegiatan mereka. Leadership (LTC) mereka pun kurang sekali. Motivasi kebangkitan gerakan juga kurang. Saya ingin mengajak seluruh komponen OMK di Gereja, mari kita bangun masa depan Gereja, seperti kata Bung Karno 1000 orang tua hanya mimpi, 1 Srikandi (OMK) bisa membangun dunia

    Reply
  10. lily

    semoga generasi-generasi pemuda dapat mengikuti jejak srikandi yang selalu bersemanagat, sehingga dapat membangun dan menciptakan gereja-gereja yang lebih berkualitas lagi dimasa depan .

    Reply
  11. debihendrikaM

    saya sangat suka dengan kata-kata dari Bung Karno yaitu, “1000 orang tua hanya mimpi, 1 Srikandi (OMK) bisa membangun dunia”
    sebagai generasi muda marilah kita mulai mencontoh semangat dari srikandi, agar kita nantinya dapat menjadi srikandi-srikandi masa depan dan bisa membangun dunia 🙂

    Reply
  12. erwinwiryanto18

    artikel ini menunjukkan kita harus memiliki semangat juang yang tinggi untuk menjalani hidup karena kita adalah generasi muda,jadi harus memiliki semangat yang lebih besar daripada generasi tua.

    Reply
  13. vieolyvia

    artikel ini sangat bermanfaat
    di sini bisa terlihat bahwa perempuan dan laki-laki itu sama aja
    kita sama-sama kuat, jadi tidak usah putus asa karena jika putus asa kita tidak bisa maju

    Reply
  14. Sylvia

    Pada artikel ini kita sebagai pemuda pemudi harus bisa mencontoh tokoh srikandi, dimana tokoh srikandi ini mempunyai semangat yang tinggi dan pantang menyerah dalam hidupnya. Maka dari itu sebagai generasi muda dan penerus kita dapat mencontoh tokoh srikandi dengan cara memajukan negara agar lebih baik dan mengharumkan nama bangsa di mata dunia.

    Reply
  15. esternovalin

    saya setuju dengan artikel ini bahwa tidak ada perbedaan antara lelaki dan perempuan. yang membedakn nya hanyalah bentuk fisik. terkandang pua fisik perempuan bisa lebih kuat dari lakilaki

    Reply
  16. lina

    menurut saya srikandi adalah suatu sosok yang hebat dan kuat.dari artikel diatas kita haruslah memiliki semangat dan tekat seperti srikandi,baik seorang pria maupun wanita saat ini kita memiliki derajat yang sama dan dapat menunjukkan kemampuan kita demi kemajuan bangsa.

    Reply
  17. dessy nineces

    artikel ini mengajarkan kepada kita untuk selalu berusaha , tidak mudah putus asa dalam mengatasi persoalan hidup. banyak orang beranggapan bahwa wanita itu lebah ,tetapi pada dasar nya wanita dan laki-laki itu sama , hanya cara mereka berbeda dalam menyelesaikan masalah saja

    Reply
  18. officialmevina

    gak jelas dan gak nyambung, kenapa OMK dihina di postingan ini? , terus keberhasilan gereja itu perlu ada pendukung dari umat dan pengurusnya, kalau iman karena terpaksa hasil nya sia-sia, perlu ada kesadaran sendiri.

    Reply
  19. nemishi

    Menurut saya pidato dari Soekarno sangatlah berarti dan menginspirasi kita sebagai kaum muda, kita harus bisa mengubah dunia sesuai dengan harapan para orang tua. Karena 1000 orang tua mungkin sudah tidak bisa, namun 1 orang pemuda sangatlah mungkin dan berpengaruh untuk membangun dunia. Namun sekarang semangat yang diartikan seperti srikandi itu sudah tidak ada lagi, sekarang para kaum muda kebanyakan hanya berdemo, demonya pun tidak sehat, yaitu dengan anarkis. Banyak juga pelajar-pelajar SMP/SMA yang kerjanya hanya tawuran saja. Padalal apalah untung dari tawuran terserbut.

    Reply
  20. dewi susanti

    srikandi merupakan tokoh lengendaris di zaman dulu. namun karena kekuatan yang ia miliki kita harus menjadikannya contoh di zaman sekarang, seperti pantang menyerah dan berusaha sekuat tenaga. saya setuju dengan artikel diatas bahwa 1000 orang tua hanya mampu bermimpi sedangkan 1 orang muda mampu membangun negeri bahkan dunia. mari kita sebagai penerus bangsa ambil tindakan untuk membangun negeri tercinta Indonesia.

    Reply
  21. dewina sari

    srikandi adalah tokoh yang sangat patut untuk di contoh, karena srikandi menunjukan sikap yang tidak mudah putus asa, lebih baik pemuda atau pemudi sekarang bersikap seperti srikandi.

    Reply
  22. Weny Kurnia Dewi

    dari artikel diatas kita dapat belajar dari sosok seorang srikandi.. kita sebagi Pemuda harus bangkit ikuti semangat Srikandi.. memiliki semangat yang yang pantang menyerah.. terutama semangat kepemimpinan..

    Reply
  23. willy chrisanto

    srikandi merupakan contoh yang baik buat kita. karena dia telah menunjukkan ke kita sikap yang tidak mudah putus asa. di masa depan kehidupan kita harus mempunyai sikap ini, karena jika kita mudah mengalah kepada seseorang maupun sesuatu hal maka kita akan susah sukses dalam sesuatu pekerjaan.

    Reply
  24. agnesvinansia23

    Kita memang patut mengikuti contoh seperti tokoh Srikandi , karena dia tidak pernah menyerah , tidak mudah putus asa , percaya pada diri sendiri dan kemampuan diri sendiri walaupun kemampuan yang kita miliki tidak sebanding dengan yang lain tetapi tetap harus percaya juga akan diri kita ini yang masih mempunyai kelebihan dalam diri kita ini dan kelebihan tersebut harus kita asah terus agar kita dapat mengembangkan diri kita dengan kelebihan yang dimiliki… 🙂

    Reply
  25. Suriia

    kita sebagai anak muda harus memiliki semangat yang luar biasa seperti srikandi yang tidak pernah mengenal kata menyerah.. tidak peduli kita sebagai anak laki-laki ataupun perempuan.

    Reply
  26. steffanus sasteradinata

    mantap… semangat seperti ini harus di tanamkan dalam diri kita sejak dini agar kita menjadi pribadi yang kuat dan penuh semangat

    Reply
  27. mariani purnama

    artikel yang sangat menginspirasi, kita sebagi generasi muda layaknya memiliki semangat juang yang tinggi ya…

    Reply
  28. Dessy Kristanti

    Watak srikandi merupakan contoh bagi perempuan untuk selalu tegar dan semangat dalam menjalani hidup sehari2,,

    Reply
  29. Sylvia

    Kita yang sebagai pemuda pemudi harus bisa mencontoh tokoh srikandi, dimana tokoh ini mempunyai semangat yang tinggi dan pantang menyerah dalam hidupnya. Sebagai generasi penerus kita bisa mencontoh tokoh srikandi dengan cara memajukan negara agar lebih baik dan mengharumkan nama bangsa dimata dunia internasional.

    Reply
  30. yohanesxgunawan

    orang-orang muda adalah calon dari generasi masa depan..kita harus bisa belajar sebagai generasi muda untuk kreatif dan tidak hanya meniru orang lain dalam hal positif…kita juga harus belajar untuk memiliki karakter dan kepribadian supaya tidak hilang di tengah dunia..

    Reply
  31. meriana

    Setuju, kita sebagai pemuda bangsa Indonesia harus bangkit dan patut kita teladani sikap – sikap perjuangan dan semangat tokoh Srikandi . Pemuda merupakan generasi penerus bangsa di masa depan

    Reply
  32. anthoni

    sebaiknya kita sebagai pemuda atau pemudi harus lebih giat lagi dalam menjalankan kepemimpinan yang lebih bagus dan tegas agar bangsa dan negara kita menjadi maju juga

    Reply
  33. lisda

    jadi kesimpulannya….artikel ini menceritakan bahwa wanita juga tidak kalah saing dengan pria
    walau pun drajat pria lebih yinggi,,,v wanita juga bisa mengerjakan yg biasa pria lakukan

    Reply
  34. Stefina Angga

    Diskriminasi gender perlu dihapuskan di jaman yang serba modern seperti sekarang ini. Karena baik pria ataupun wanita memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan diri ke arah positif, yang pada akhirnya juga berpengaruh terhadap pembangunan kesejahteraan bangsa.

    Reply
  35. cynthia aileen

    Srikandi. Tak peduli dia mau perempuan atau laki – laki tapi ia mampu membawa perubahan. Kita sebagai perempuan atau laki – laki jangan saling meremehkan, karena kita semua berkesempatan membawa perubahan besar. Perubahan ditunjukkan dengan perbuatan bukan omongan. Maka dari itu jangan hanya bermimpi saja, tunjukkan kemampuan dan tindakan kita

    Reply
  36. brian sisyadi

    menurut saya memang benar kita harus hidup sepertinya (srikandi) tegas dan perkasa membawa kedamaian dalam dunia tak peduli gender dan religion tetapi tetap kuat dengan akar yang kuat, dengan adanya orang orang berjiwa srikandi saya yakin gereja akan menjadi lebih kuat dan baik tanpa adanya konflik yang bisa menghadang

    Reply
  37. Veronica

    ya benar sekali apa yang dikatakan bung karno , kita harus menjadi sriandi untuk membangun dunia ada baiknya semua prang muda baik katolik ataupun beragama lain mengikuti teladan srikandi , kalau satu saja dapat membangun dunia , berarti banyak srikandi akan mengubah dan membangun dunia yang sangatlah baru

    Reply
  38. Cynthia Sonialyta

    artikel tersebut, mengajrkan kita untuk menjadi pribadi yang tidak mudah putus asa dalam menggapai tujuan kita. untuk mencapai tujuan itu, kita perlu menjadi pribadi seperti pemimpin yang paling tidak dapat memimpin dirinya sendiri. gagal merupakan hal yang biasa dalam mencapai tujuan kita. kegagalan hanyalah salah satu proses dari sekian banyak proses yang harus kita lalui untuk menjadi sukses. sesungguhnya melalui kegagalanlah kita dapat mempelajari banyak hal.

    Reply
  39. nindyastyan

    Menurut saya srikandi itu, se-sosok tokoh wanita tangguh, berkarakter kuat, arif dan tak pantang menyerah. Gemulai, namun juga tegas dan berwibawa [karena dia adalah tokoh pejuang tangguh]. Jadi hendaknya kita meniru sifat positif yang terdapat pada srikandi.

    Reply
  40. Herlina_1501177822_04PHJ

    Artikel ini mengajarkan kita bahwa kita sebagai wanita, jangan cepat menyerah atau putus asa.. Apabila kita cepat menyerah, maka kita tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan bagi kita..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s