Perpisahan

Saat pertemuan ada kesembuhan. Saat perpisahan ada inar harapan baik.

86150Akhir program Ikatan Orang Tua Asuh (IOTA) dan SSEAYP (the Ship for Sout East Asia Youth Program), saya menghantar anak angkat : Chen (dari Vietnam), Miyachi (dari Jepang), Adi (dari Brunei), dan Sam (dari Cambodia) menuju kapal MV Fuji Maru yang akan bertolak menuju Brunei terus ke Yokohama (End program).
Tadi malam setelah keliling Monas dan Taman Mini, kami menikmati Shabu-Shabu di Central Park dan sempat mencoba Durian Musang King (the best durian from Malaysia). Tadi pagi setelah sarapan Mie Acang, kami menuju Tanjung Priok, walaupun macet parah akhirnya sempat juga anak-anak sempat mendapat souvenir khusus berupa :

– Baju batik
– Sepede miniatur
– Becak Miniatur
– Catur khas Bali
– Patung burung bangau
– sabun susu khas Bali
– payung dan pin

Kami sendiri juga menerima banyak sekali souvenir dan kenang-kenangan dari anak-anak asuh ini dan itu akan menjadi koleksi kami sepanjang masa.
Mereka sangat menikmati pertemuan 3 hari ini sebagai ikatan kekeluargaan dan persahabatan. Kini tibalah acara perpisahan yang dirayakan dalam farewell party nan anggun di Tanjung Priok. Lebih dari 120 orang tua asuh, keluarga dan undangan hadir di bawah teriknya matahari Jakarta International Terminal Container.
Ada pertemuan, ada perpisahan. Saat pertemuan kita belum saling kenal, lalu meraba-raba dan akhirnya timbul cinta, sehingga walau hanya 3 hari air mata mengalir saat berpisah.
Tuhan mengirim anak-anak ini mengunjungi kami, bukan saja menghibur kami dalam canda ria, tetapi juga mengajari kami tentang cinta. Kita bisa bercerita tentang kebudayaan, tradisi, sopan santun, cara makan dan lain sebagainya.
Sebelumnya kita tidak tahu bagaimana seorang Jepang harus menawarkan makanan.
Pada malam pertama kami menikmati Sunset di Restoran Segara Ancol. Myachi bercerita bahwa tradisi Jepang tuan rumah selalu menemani tamu makan, tapi mereka hanya menyaksikan saja setengah jalan baru tuan rumah menikmati. Katanya kalau makanan kurang, maka tuan rumah mengalah tidak makan (itu dulu kalee). Padahal di restoran mereka belum makan aku sudah selesai santap.
Kapal MV Fuji Maru sumbangan Kaisar Jepang untuk anak muda Asia Tenggara (luar biasa) untuk menjalin persahabatan Jepang dan bangsa-bangsa Asia Tenggara. Sungguh luar biasa program ini. Program ini bukan saja mendidik anak-anak selama 60 hari, tetapi sebelum dan sesudahnya mereka juga dilatih agar kelak menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara, termasuk juga buat keluarganya. Kelak saat mereka menjadi pemimpin bangsa, mereka mengerti apa itu arti persahabatan (Saya menamakan program ini Sinar Harapan baik)
Kini, tiba waktunya perpisahan. Perpisahan dalam arti baik adalah Sinar Harapan baik. Di mana terjalinnya persahabatan ini akan abadi baik kami, anak-anakku, juga cucu cucuku.
Terima kasih khusus buat Ibu Lusia Soetanto, Ketua Umum IOTA yang telah bekerja keras bagi program ke-39 SSEAYP, yang memberi kesempatan mata hati dan jiwaku melihat CINTA dan menyaksikan terangnya KARYA Agung keselamatan bangsa-bangsa di Asia tenggara. Berkat bantuan Kaisar Jepang yang sangat baik hati dan mulia.
Semoga Tuhan memberkati kita semua dan juga mau memberikan kesempatan buat membuat masa depan bangsa dalam Sinar Harapan Baik.

106 responses to this post.

  1. adanya suatu pertemuan pasti ada perpisahan . perpisahan tidak selamanya sangat sedih untuk diingat , tetapi ambil hal yang lebih berarti didalam perpisahan itu .

    Reply

  2. setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan,saya setuju dengan kata kata erika sufito chandra, menurut saya hukum alam di dunia ini memang seperti itu apabila ada pertemuan pasti ada perpisahan.

    Reply

  3. Pertemuan yang awalnya indah memang sangat sulit untuk dilupakan.Apalagi kita tahu bahwa seringkali yang membuat kita sedih bukanlah kenangan buruk,tapi kenangan indah yang takkan terulang kembali.

    Reply

  4. Posted by Dewi Jayanti on December 11, 2012 at 5:09 pm

    Datangnya Pertemuan pasti akan berakhir pada Perpisahan. Perpisahan memang menyakitkan , berpisah dari seseorang yang sudah mulai kita kenal dan mengenal kita namun tidak selamanya perpisahan itu berakhir pada kesedihan karna sebelum terjadinya perpisahan kita sudah mempunyai banyak moment” kebahagian bersama orang tersebut yang dapat kita kenang selama-lamanya dikehidupan kita.

    Reply

  5. pertemuan adalah awal dari pertualangan menuju kehidupan yang sebenarnya,tapi di setiap pertemuan pasti akan ada perpisahan,tetapi perpisahan bukan akhir dari segalanya,pertemuan menimbulkan kenangan dan kenangan akan selalu berada di hati

    Reply

  6. pertemuan akan selalu berujung pada perpisahan dan perpisahan adalah awal yang baru untuk menjalani kehidupan…kita harus selalu mencintai semua orang yang menjadi sahabat teman dan orang tua sebelum kita berpisah dengan mereka…sehingga kita tidak menyesal di akhir hari~

    Reply

  7. dimana ada pertemuan,,disitu pasti ada perpisahan
    tetapi pertemuan yang hangat walaupun sesingkat mungkin waktunya, itu dapat menjadi sebuah momentum yg sangat berarti dan tidak mudah untuk di lupakan

    Reply

  8. Posted by Elia Cristin on December 13, 2012 at 3:09 am

    Dalam artikel tersebut saya diingatkan kembali tentang pepatah “Ada sebuah pertemuan, pasti ada sebuah perpisahan ” begitupun sebaliknya. dalam artikel tersebut menceritakan tentang persahabatan yang tidak memandang dia jauh atau dekat tetapi memandang tentang keabadian dari persahabatan tersebut. dalam artikel di atas juga di jelaskan bahwa persahabatan adalah suatu hal yang takkan terpisahkan walaupun kita tidak tahu dimana keberadaan sahabat tersebut tetapi sahabat itu selalu ada di dalam hati kita.

    Reply

  9. Posted by chelmizjel on December 13, 2012 at 2:17 pm

    sebuah pertemuan pasti ada perpisahan,sehingga kita sering memikir kenapa harus adanya perpisahan? orang yang bijak pasti bisa mengatasi perpisahan dengan dewasa tapi pasti juga ada orang yang tidak dewasa sehingga menurutnya perpisahan itu adalah hal yang menyakitkan,memang sih perpisahan adalah hal yang sangat sulit kita terima sehingga kita akan merasa sedih dan terpikir terus dengan hal perpisahan itu. ingatlah perpisahan itu bukan akhir segalanya tapi perpisahan itu mengajarkan kita menjadi orang yang dewasa untuk mengatasi kesedihan,mengajarkan kita bersikap,kesabaran dan banyak hal lainnya lagi. maka jangan takut akan perpisahan tersebut.

    Reply

  10. pertemuan erat kaitannya dengan perpisahan… sebab ada berteu pasti ada berpisah. disaat kita berpisah dengan seseorang pasti ada hal yang yang terasa hilang, apalagi harus berpisah dengan orang yang sangat kita cintai. oleh karena itu cukup jadikan sebuah pembelajan sekaligus kenangan.

    Reply

  11. hukum alam mengenai “di setiap pertemuan pasti ada perpisahan” ini pasti masi berlaku sampai kapanpun. pertemuan pertama pasti akan menjadi hal yang terindah, hal yang pasti akan selalu di ingat-ingat. hari-hari yang di lewati bersama pun pasti juga akan menjadi memori yang indah selama kita boleh bertemu dan mengenal satu sama lain. ketika suatu perpisahan datang, hal inilah yang paling tidak di inginkan kalau bisa tidak ada kata perpisahan. saat perpisahan pasti ada air mata yang keluar, karna diri kita tidak siap untuk melakukan perpisahan ini. meskipun jarak memisahkan kita, janganlah biarkan hati ini ikut berpisah.. 🙂

    Reply

  12. Posted by Eliriani on December 15, 2012 at 11:35 am

    ada pepatah yang mengatakan bahwa ada pertemuan pasti pula ada perpisahan. tetapi ada sebuah perpisahan yang menyedihkan kadang kala ada pertemuan yang tidak menyedihkan atau pertemuan yang tidak di sangka. persahabatan tidak memandang dia berasal dari daerah mana dan dari suku apa,tetapi persahabatan memandang kesetiaan dimana kita masih mengingat bahwa orang itu adalah sahabat meski dia tidak ada di dunia ini ataupun di daerah yang dulu pernah bertemu. maka takdir lah yang akan mempertemukan kita.

    Reply

  13. Setiap ada pertemuaan atau perawalan maka di situ ada perpisahan juga. Tidak selamanya kita dapat hidup bersama sampai selamanya. Meskipun kita tahu kata “perpisahan” merupakan kata yang menyakitkan apalagi jika kita sudah lama saling mengenal satu sama lain. Namun, perlu kita ketahui, perpisahan bukan merupakan akhir dari segalanya.

    Reply

  14. Posted by steffanus sasteradinata on December 17, 2012 at 4:29 pm

    setiap ada pertemuan selalu ada perpisahaan. pada akhirnya ketika masa/waktu seseorang dengan kita akan pergi meninggalkan kita. cepat atau lambat. perpisahaan pasti terjadi..

    Reply

  15. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan . kita harus bisa menghadapi perpisahan terusebut krn kita pasti akan berpisah 1 sama lain . jangan sia2an sesuatu hal yang berharga .

    Reply

  16. memang setiap orang mengalami perpisahan dengan orang-orang terdekat seperti keluarga, teman dll. ada pertemuan ada perpisahan itulah yang akan kita alami. perpisahan merupakan kata yang menyedihkan karena kita akan berpisah dengan orang-orang yang kita kasihi dan mungkin akan bertemu dalam waktu yang lama dan mungkin tidak akan pernah bertemu lagi

    Reply

  17. semua orang bertemu dan berpisah, waktu yang berbicara tetapi kita bertemu dan mempunyai relasi baik sekali dengan orang lain dan ketika berpisah ia akan senantiasa ingat kita dan kelak ia dapat membawa berkah yang tak terduga kepada kita, itulah hidup, hidup harus penuh dengan relasi yang menjadikan kita tak takut untuk bertemu dan sedih ketika berpisah

    Reply

  18. Perpisahan bukanlah sebuah kesedihan tetapi sebuah harapan baik yang akan mendatangkan kekuatan kepada kita. karena melalui perpisahan kita dapat menjalani hidup yang lebih mandiri. terutama perpisahan bersama orang tua. itu akan membuat ita lebih dewasa, mandiri, dan tegar dalam mengahadapi hidup kita ini.

    Reply

  19. setiap ada pertemuan, pasti akan ada perpisahan pula. suatu perpisahan dengan orang yang kita sayang pasti akan membuat suatu kesedihan. namun, itu semua tetap bisa diatasi dengan tetap terjalinnya komunikasi yang baik antar 2 pihak dan saling memberi feed back yang positif satu sama lain.

    Reply

  20. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 3:29 pm

    Setiap manusia pasti pernah mengalami yang nama Perpisahan dikarenakan Ada Pertemuan pasti ada perpisahan karena keduanya sangat perkesinambungan,

    Reply

  21. Setiap manusia pasti pernah mengalami yang nama Perpisahan dikarenakan Ada Pertemuan pasti ada perpisahan karena keduanya sangat perkesinambungan, dalam Puisi Perpisahan dibawah ini terdiri dari berbagai macam Puisi Perpisahan diantarannya Puisi Perpisahan dengan Sahabat dan Puisi Perpisahan. contoh : Kini, hatiku tergores kesedihan
    Ketika terucap salam perpisahan
    Walau air mataku tak berlinang
    Bukan berarti suatu kerelaan
    Saat-saat langkah terayun
    Jarak kita-pun semakin membentang
    Akankah semuanya jadi terkenang
    Atau hanyut terbawa gelombang
    Bahkan mungkin terkubur oleh waktu dan keadaan

    Sobat, dalam hatiku ini
    Akan tetap membekas suatu kenangan
    Kau sungguh baik, supel dan komunikatif
    Siapapun mengenalmu pasti akan merindu
    Namun untukku, janganlah kau biarkan
    Aku terkulai lemas dalam kehampaan
    Karena rasa kangenku yang tidak kau harapkan

    Reply

  22. Pertemuan dan perpisahan adalah hal yang mengharukan tetapi juga tidak bisa di hindarkan. Di saat pertemuan banyak hal yang sudah sangat di nanti tetapi di saat perpisahan adalah hal yang sulit untuk di lepas.

    Reply

  23. setiap ada pertemuan pasti ada perpiahan, tetapi di balik perpiahan yang sedih pasti ada kenangan yang manis dan slalu ingin di ingat terus

    Reply

  24. Pertemuan dan perpisahan merupakan hal yg pasti akan terjadi karena dunia ini tidak kekal dan dengan ada pertemuan dan perpisahan akan menciptakan sesuatu kenangan.

    Reply

  25. antara pertemuan dan perpisahan adalah hal yang tak bisa diganggu gugat karena hal tersebut saling berhubungan, perpisahan memang hal yang terberat tapi bisa saja kita akan bertemu dilain hari kemudian

    Reply

  26. Bertemu dan berpisah merupakan hal yang sudah sangat akrab dalam kehidupan kita sehari – hari. Perpisahan merupakan awal dari rasa sayang itu sendiri, jika sebelumnya kita tidak mengenal seseorang dengan baik dan merasa asing, maka melalui perpisahan kita dapat mengetahui seberapa berartinya orang – orang yang berada disamping kita. Menyayangi dan mengasihi tanpa pamrih merupakan wujud dari cermin diri. Perpisahan bukan merupakan akhir dari suatu persahabatan, namun perpisahan menguji seberapa tangguh kita dalam menjaga jalinan persahabatan itu sendiri.

    Reply

  27. saya pernah mendengar pepatah
    setiap kali ada pertemuan pasti ada perpisahan
    dan itu adalah suatu pepatah yang nyata , dan selalu terjadi dalam diri manusia
    kedua hal ini tidak bisa di pisahkan , namun jangan larut dalam perpisahan
    karena dari perpisahan pasti memilikii suatu arti 🙂

    Reply

  28. Posted by Melisa / 02PNM / 1601232166 on June 13, 2013 at 4:13 pm

    Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan dan setiap perpisahan pasti menyisakan luka dan kepedihan. Perpisahan mampu membuat seseorang bangkit menjalani hidup, karena perpisahan itu sebuah kepastian sehingga sebelum perpisahan itu datang maka gunakanlah masa bersamamu itu dengan penuh kenangan bahagia. Perpisahan akan membawa kebahagian jika kita menganggapnya sebagai pelajaran hidup, tapi dia akan menjadi perusak pribadi jika perpisahan diartikan menjadi kemurungan dan kesedihan.

    Reply

  29. Dari dulu, saya selalu benci yang namanya perpisahan. Saya selalu ingin dapat bersama dengan mereka semua. Tapi, karena studi untuk menuntut ilmu ini, memaksa kami untuk berpisah. Terkadang dengan adanya perpisahan, barulah saya menyadari betapa pentingnya arti orang tersebut bagi diri saya

    Reply

  30. Perpisahan adalah bagian yang paling tidak diinginkan oleh setiap manusia. Apalagi perpisahan dengan orang-orang terdekat. Akan tetapi setiap adanya pertemuan pasti ada perpisahan. Perpisahan seharusnya bukan dijadikan acara yang paling tidak diinginkan. Dari perpisahan yang terjadi, kita ambil sisi positifnya saja.

    Reply

  31. Posted by cindy on June 15, 2013 at 8:18 am

    setiap ada pertemuan selalu ada perpisahaan. pada akhirnya ketika masa/waktu seseorang dengan kita akan pergi meninggalkan kita. cepat atau lambat. perpisahaan pasti terjadi.

    Reply

  32. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 9:13 am

    Setiap pertemuaan pasti adanya perpisahan dengan cepat atau lambatnya waktu berputar..

    Reply

  33. Posted by cheri meirani on June 15, 2013 at 11:01 am

    tidak ada yang abadi di dunia ini, setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan tetapi itu bukanlah akhir dari segalanya, segala sesuatu ada tujuannya.

    Reply

  34. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 12:11 pm

    saat bertemu pasti ada pula saat berpisah.itu sudah menjadi hukum alam,tapi jangan maknai perpisahan dengan kesedihan.jika dipisahkan karna tidak berjodoh dengan pasangan kita,ingat jodoh tuhan yang atur.jika terpisahkan oleh kematian,maka yakinlah kita akan di pertemukan kembali di surganya yang indah.

    Reply

  35. Posted by Justman Tan - 1601266186 on June 16, 2013 at 11:54 am

    Justman Tan /02PNT / 1601266186

    Perpisahan memang merupakan hal paling tidak diingini oleh setiap orang. Tidak ada satupun yang ingin terjadi perpisahan dalam hidupnya. Saat terjadi perpisahan, tentu kesedihan akan menyelemuti hidup kita. Rasa sedih dan kangen pun terjadi, sehingga kita ingin waktu cepat berlalu, sehingga kita bisa bertemu dengan teman kita lagi.

    Reply

  36. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 11:10 am

    Perpisahan memang menyakitkan , akan tetapi ada suatu momen dalam hidup ketika kita harus tabah dalam perpisahan. Seperti kisah atlit bulutangkis peraih 2 medali emas Lin Dan , saat berusia sekitar 9 tahun sudah harus berpisah dengan ibunya untuk mengikuti training camp timnas. Saya sangat inget quote dari ibunya lindan yaitu “Success meant letting him go”

    Reply

  37. Posted by yugi p5 ubm on June 21, 2013 at 3:42 pm

    Perpisahan bkn akhir dri sgla nya , tpi sbuah awal yg indah , apa age kalo perpisahn krna dpngil Tuhan

    Reply

  38. Posted by daniel dwidjayanto on December 5, 2013 at 10:31 am

    Perpisahan memang sungguh berat untuk kita jalani, namun bukan itu merupakan akhir dari segala – galanya. Semuanya telah diatur oleh Tuhan sehingga kita tidak patut bersedih dan harus menerimanya dengan pasrah dan penuh kebesaran hati. Namun, kita pasti akan bertemu kembali dengan orang – orang yang telah berpisah dengan kita untuk waktu yang lama di surga nantinya

    Reply

  39. Posted by Zunvindri on December 5, 2013 at 12:44 pm

    Perpisahan bukanlah akhir dari segalanya, tapi sebuah awal yang baru. Jadikanlah pertemuan dan perpisahan itu sebagai sebuah kenangan sehingga pada saat kita membuka kembali kenangan tersebut, kita dapat tersenyum dan bersyukur pernah dipertemukan dan sama-sama membuat memori indah bersama – sama.

    Reply

  40. Sudah hukum mutlak bahwa setiap pertemuan akan diakhiri dengan perpisahan. namun perpisahan bukan segalanya. Kita harus memaknai perpisahan sebagai hal yang membangun dan positif.

    Reply

  41. Dalam sebuah pertemuan, akan selalu ada perpisahan.
    Jika tidak ingin berpisah dengan siapapun, maka janganlah bertemu dengan siapapun.

    Reply

  42. Dimana ada pertemuan disitu ada perpisahan yakinlah bahwa setiap kebaikan yang kita lakukan pasti akan dibalas oleh –Nya suatu saat nanti jadi tunggu apa lagi dalam berbuat kebaikan ladang dakwah tersebar luas tergantung kita sendiri apakah akan mengambilnya atau tidak 
    Tugas kampus

    Reply

  43. ini berbicara mengenai soal waktu, bagaimana kita menghargai waktu dan memakainya secara efektif sehingga tidak timbul kesedihan yang berlebihan di akhirnya

    Reply

  44. Perpisahan adalah suatu hal yang pasti akan terjadi didalam hidup kita baik cepat maupun lambat.

    Reply

  45. Perpisahan adalah bagian yang paling tidak diinginkan oleh setiap manusia.

    Reply

  46. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Perpisahan dimana-mana pasti akan terasa menyakitkan. Apalagi berpisah dengan sesuatu yang meninggalkan kesan baik di dalam hidup kita. Tetapi jadikan perpisahan tersebut menjadi kenangan dalam diri kita yang akan selalu kita simpan dalam hati dan pikiran kita.

    Reply

  47. Posted by Henricko Randy Setiawan on January 16, 2014 at 7:38 am

    Perpisahan adalah hal yang pasti akan kita hadapi selama kita hidup, tetapi janganlah menjadikan perpisahan tersebut akhir dari segalanya. Kita harus berusaha untuk mencoba mengaggap bahwa perpisana tersebut adalah hal yang positif.

    Reply

  48. 1701342220 anggraini

    perpisahan merupakan hal yang wajar didalam kehidupan. dimana ada pertemuan pasti ada perpisahan, entah itu maut atau putusnya silaturahmi dan lain lain. namun perpisahan bukanlah segalanya, perpisahan harus bisa disikapi dengan dewasa dan hati yang ikhlas.

    Reply

  49. Posted by AllyaBerthaNofriani 1601277681 04PHO on March 22, 2014 at 3:45 pm

    Perpisahan sudah menjadi bagian dari kehidupan, dalam sebuah kehidupan kita akan mengalami perpisahan apabila telah mengalami pertemuan. Perpisahan bukan menjadi suatu hal yang ditakuti karena perpisahan akan memberikan pelajaran tentang ikhlas dan belajar betapa berharganya saat bersama.

    Reply

  50. Posted by Putri Shinta on March 24, 2014 at 11:59 am

    Perpisahan adalah di saat orang akan meninggalkan kita. Seperti kata pepatah “Ada pertemuan, pasti ada perpisahan”. Saya setuju dengan apa yang dibilang dalam artikel ini, perpisahan dalam arti baik adalah Sinar Harapan baik. Karena perpisahan adalah awal dari sebuah perjalanan yang baru. Perpisahan memang hal yang paling terburuk dalam sebuah pertemuan. Tetapi ini bukanlah akhir melainkan awal menuju masa depan yang cerah hingga kelak kita akan dipertemukan kembali. Perpisahan memang akan selalu meneteskan air mata, karena kenangan-kenangan yang baik maupun buruk akan selalu ada di dalam pikiran kita. Dengan itu kita akan berpikir bagaimana jika kita dapat bertemu dengan mereka atau dia atau siapa pun orang yang berpisah dengan kita. Seperti kata pepatah lainnya “kalau jodoh tak akan lari kemana”, jika kita memang berjodoh untuk bertemu kembali, maka kita akan dipertemukan kembali.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: