Friend

Friend in need is a friend in deed (Teman sejati, itu ada saat dibutuhkan)

One friend with no hope is too much (Seorang sahabat tanpa harapan, cukuplah sudah)

Sambil menikmati makan malam di waktu yang singkat di Fish and Co Emporium Pluit, saya bersama anak-anak saya Pandu dan Aditya, menemani Jimmy seorang sahabat lama dari Medan. Kami sudah 25 tahun tidak jumpa juga bersama Pastor Dr. Bernadus Boli Ujan SVD, yang jam 10 malam nanti akan terbang menuju Merauke via Makasar dan Jayapura.
Dalam pembicaraan singkat dengan Pastor Boli, kita bercerita panjang lebar, dan saya juga sampaikan bahwa hari ini saya kehilangan seorang sahabat karena ia mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Seharusnya saya bisa menolongnya, tapi sayang Tuhan menentukan lain. Suatu kehidupan berat menekannya dan di luar kemampuannya untuk bertahan.
Beberapa motif memutuskan untuk mengakhiri hidup sendiri (bukan Euthanasia) :
1. Dilanda keputusasaan
2. Tekanan hidup yang berat
3. Gangguan kejiwaan
4. Kemiskinan
5. Penyakit panjang

Kalau secara sosiologis, penyebab bunuh diri :
1. Egoistic Suicide, karena urusan pribadi
2. Althrustic suicide, untuk perjuangan orang lain
3. Anomic suicide, karena kebingungan

Pandangan Gereja
Kehidupan kita adalah milik Allah. Apa yang diberikan Tuhan biasanya ditolak oleh Manusia. Dalam sejarah gereja banyak terjadi bunuh diri karena tidak tahan siksaan fisik. Pandangan gereja sendiri menolak kondisi ini dan cenderung memberikan keselamatan dengan proses penambahan kekuatan batin.
Hidup ini memang penuh dengan suka duka. Bagaimana kita menyikapi dengan bijaksana agar kita bisa memahami makna kehidupan?
Menelusuri suatu proses putus asa, saya pribadi melihat bahwa pentingnya arti persahabatan dan saling menguatkan, baik dengan doa dan sharing dalam keluarga maupun dalam lingkungan dan gereja. Dengan membuat seseorang bahagia kita sudah terlibat dalam karya keselamatan. Sehingga ibadah kita harus melibatkan diri kita dan diri orang lain dan harus ada suka cita. Menyenangkan hati orang lain adalah ibadah yang murni.
Tuhan kasihanilah kami. Hanya inilah Bapa persembahan hatiku. Kiranya Engkau berkenan mendampingi, menjaga dan melindungi semua sahabatku.

95 thoughts on “Friend

  1. richardagustian

    jangan suka mengambil jalan pintas karena itu hanya menyia-yiakan hidup karena itu perbautan yang bodoh. sebenarnya itu bisa di selesaikan secara kekeluargaan atau sama orang yang bersangkutan.

    Reply
  2. Vicaris Wen

    menurut saya , sebaiknya bila ada masalah dibicarakan saja kepada keluarga atau sahabat , karena baik dari pihak keluarga atau sahabat pasti akan dengan sukarela membantu anda dalam memecahkan masalah.

    Reply
  3. Dewi Susanti

    saya sangat setuju dengan pernyataan “Friend in need is a friend in deed”, karena menurut saya teman yang baik itu selalu ada saat kita senang maupun sedih, membantu untuk memecahkan masalah, mau mendengarkan setiap keluhan kita, menegur apabila kita berbuat salah dan peduli terhadap kita. menjalin sebuah pertemanan itu mudah namun untuk mencari seorang sahabat yang benar-benar peduli dan yang nyaman dengan kita itu sangat sulit, untuk menjalin hubungan persahabatan tetap bertahan itu juga susah namun asalkan komunikasi kita dengan sahabat tetap terjalin maka hubungan persahabatan tidak akan putus. selain menjalin persahabatan kita juga harus memiliki teman yang banyak, di jaman modern ini banyak fasilitas yang dapat digunakan untuk memperluas hubungan pertemanan. kegunaan dari hubungan pertemanan yang luas adalah agar kita dapat belajar dan memperluas wawasan kita.

    namun kita juga tidak boleh lupa ada Tuhan yang dapat menjadi sahabat kita setiap waktu,Tuhan selain menjadi Allah yang kita sembah dapat juga menjadi sahabat kita. melalui doa kita dapat menceritakan kejadian yang kita alami pada Tuhan. semangkin sering kita berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa maka iman kita juga akan semakin kuat.

    Reply
  4. Felisia

    Sahabat (teman sejati) berbeda dengan teman yang biasa kita panggil ketika kita mengenal seseorang. Arti sahabat lebih spesifik kepada seseorang yang ada dalam setiap situasi apapun yang kita hadapi, suka maupun duka. Menerima kita apa adanya serta muncul disaat kita membutuhkan dia. Menjadi seorang sahabat bukanlah hal yang mudah, karena terkadang adanya konflik di hidup masing- masing. Entah disaat dia melakukan sesuatu yang kita anggap salah maupun perbedaan komitmen. Namun, itu adalah hal yang tidak dapat kita hindari. Itulah sifat manusia yang diciptakan Tuhan, berbeda satu sama lain sehingga setiap manusia itu dikatakan “unik”. Hal yang terpenting adalah kita sudah membantu mereka dalam batas kemampuan kita. Apapun hal yang terjadi, itu bukanlah kehendak kita atau sahabat kita, melainkan Dia-lah yang menentukan. Percayalah bahwa setiap kesulitan yang ada akan membuat diri kita semakin kuat dan dekat dengan-Nya.
    Jadi, berusaha hidup dengan bijaksana adalah hal terbaik. Mengerti bahwa suatu ikatan pertemanan yang murni tidak melihat apapun dalam hal negatif. Menyenangkan hati orang lain, beribadah, mencoba bersyukur dalam setiap keadaan ialah hal yang dapat kita coba untuk mendekatkan diri dengan-Nya.

    Reply
  5. Vicaris Wen

    menurut saya , sebaiknya bila ada masalah dibicarakan saja kepada keluarga atau sahabat , karena baik dari pihak keluarga atau sahabat pasti akan dengan sukarela membantu anda dalam memecahkan masalah yang anda alami.

    Reply
  6. mei lina

    manusia sebagai makhluk yang harus bersosialisasi harusnya kita menceritakan suatu kejadian yang kita tidak mempu untuk menjalaninya sendiri kepada orang terdekat. Sapa tau orang tersebut bisa meringankan beban kita. Jangan terlalu dipendam sendiri, yang pada akhirnya menyebabkan bunuh diri. Atau bisa berdoa kepada Tuhan.

    Reply
  7. Novi Andryani

    Teman yang baik adalah teman yang tidak akan meninggalkan temannya yang kesusahan sendirian.
    Teman yang baik tidak hanya dikala kita senang saja, tetapi juga dikala kita sedih. Teman mendukung kita saat kita melakukan hal yang benar dan juga mengatakan kalau kita salah dalam melakukan hal yang salah.
    Apabila kita mempunyai masalah yang tak dapat diselesaikan, jangan kita berpikir untuk bunuh diri. Kita harus mengingat kembali, orang tua yang membesarkan kita penuh kasih sayang, malah hanya mati sia-sia.
    Cobalah untuk bercerita pada teman dekat, orang tua maupun Tuhan, agar beban yang berat dapat menjadi ringan.
    Masalah jangan dipendam sendiri, cobalah untuk sedikit berbagi cerita.
    Semoga mereka dapat menyelesaikan masalah kita 😀

    Reply
  8. melinda fransiska

    Menurut saya..
    teman sejati adalah keluarga kedua kita
    teman sejati ada sewaktu kita senang ataupun sedih
    teman sejati adalah orang yang berani mengatakan bahwa apa yang kita lakukan itu benar atau salah serta mereka selalu mendukung apa pun perbuatan baik yang kita lakukan serta mereka yang selalu punya waktu untuk mendengarkan masalah-masalah kita.
    maka jangan pernah melakukan hal yang bodoh seperti bunuh diri karena jika kita memiliki masalah sebaiknya pikirkan dan cobalah berdoa, menceritakan kepada keluarga jika memungkinkan dan ceritalah kepada sahabat kita karena saya percaya bahwa apapun masalahnya pasti selalu ada solusinya biarpun solusi itu datang dari orang yang kita tidak duga.
    maka janganlah menyimpan masalah sendiri tapi, coba untuk menceritakannya kepada orang yang ada disekitar kita dan juga jangan lupa berdoa kepada TUHAN..

    Reply
  9. Desmonda lienardi

    saya juga merasa pernyataan di atas benar, sahabat itu selalu ada untuk kita dalam suka maupun duka, dia selalu ada waktu kita membutuhkannya. meski kita sering bertengkar, marahan dan bahkan bikin kesal satu sama lain, sahabat tidak pernah membenci kita dan jika kita berbuat kesalahan sebesar apapun maupun itu kesalahan kecil atau besar dan kita minta maaf, maka sahabat akan selalu memaafkan semua kesalahan kita karena dia menyayangi kita, dan jika kita putus asa, sahabat sifatnya itu saling menguatkan dan menghibur.
    di sahabat kita bisa share kan semua masalah kita,dan sahabat akan berusaha membantu kita.
    dan selain itu kita tidak boleh lupa untuk bersyukur pada tuhan karena dialah yang memberikan kita teman sejati/sahabat yang selalu ada untuk kita

    Teman sejati itu selalu bersama dan tak pernah terpisahkan itulah namanya sahabat.
    (real friend stick together, they don”t grow apart)

    Reply
  10. Mega Aprilia

    Ungkapan di awal artikel ini, “Teman sejati ada saat di butuhkan” saya sangat setuju. Karna teman, dapat kita temui dengan mudah. Tapi teman sejati sulit menemukan nya.

    Banyak teman di luar sana yang muncul hanya di saat-saat bahagia kita. Di saat kita susah, saat kita membutuhkan seseorang, dia tidak ada.

    Teman sejati ada di saat di butuhkan, berarti di saat susah atau bahagia, dia ada. Itu yang kita perlukan. Karna dengan ada nya teman, kita bisa berbagi. Banyak kasus bunuh diri di luar sana, akibat stress. Keadaan di mana saat kita punya masalah, tetapi tidak ada seseorang yang bisa kita ajak bicara. Akibat nya, “bisikan-bisikan setan” dengan mudah masuk ke pikiran kita.

    Padahal, untuk ada di saat di butuhkan, tidak perlu kita ada di hadapan nya. Dengan kita mau mendengarkan cerita, keluh kesah nya (lewat telpon, sms, bbm, dan lain-lain), itu sudah membantu teman kita.

    Reply
  11. Lia Damita Sari

    saya sangat setuju dengan ungkapan “saya pribadi melihat bahwa pentingnya arti persahabatan dan saling menguatkan, baik dengan doa dan sharing dalam keluarga maupun dalam lingkungan dan gereja.”

    menurut saya jarang ada teman sejati yang menemani kita di saat kesusahan, karna dengan adanya sahabat kita bisa saling sharing info, saling membantu jika ada kesusahan, cobalah berpikir untuk tidak bunuh diri, karna bunuh diri itu dilarang oleh agama, apabila kita mempunyai masalah dan tidak bisa menyelesaikan sendiri, hendaknya mencoba untuk menceritakannya kepada sahabatnya, untuk apa kita punya sahabat yang selalu ada di samping kita dia selalu membantu kita kalau ada kesusahan, tapi jalan yang diambil adalah bunuh diri. bunuh diri itu menurut saya tidak menyelesaikan masalah. atau jika tidak ingin menceritakan kepada temannya, cobalah mengadu kepada tuhan, tuhan tidak akan pernah membiarkan umatnya kesusahan, agar kita lega tidak ada beban pikiran.
    Masalah jangan dipendam sendiri, cobalah untuk sedikit berbagi cerita kepada orang yang disekeliling kita sayangi 🙂

    Reply
  12. officialmevina

    saya pribadi sering membaca dikoran tentang kasus bunuh diri dan rata – rata merupakan orang yg umur nya seusia saya atau mendekati lebih atau kurang. jujur saya juga sering merasa stres frustasi akibat berbagai hal dari masalah kuliah sampai keluarga. tapi saya bersyukur saya bukan orang yg terus berlarut larut dalam stress saya, saya biasa nya lebih memilih untuk berhenti dan menghibur diri karena saya juga org dengan tipe cuek. sehingga saya kurang bisa paham tentang orang orang yg bunuh diri namun saya cukup prihatin dan teman2 saya puji Tuhan juga semua nya yg tipe tipe saya jadi kalau ada masalah kami lebih sering menghibur satu sama lain dan melupakan dengan cepat masalah di hati dan pikiran.

    Reply
  13. mariani purnama

    sebagai teman pun kadang kita tidak bisa berbuat banyak bila dihapkan kasus seperti di atas. kita sebagai manusia memang harus mendekatkan diri kepada Tuhan agar saat kita dalam kesulitan kita tidak mengambil jalan pintas seperti cerita tadi.

    Reply
  14. olyvia Angdreas

    saya sangat suka kata-kata
    Friend in need is a friend in deed
    (Teman sejati, itu ada saat dibutuhkan)

    One friend with no hope is too much
    (Seorang sahabat tanpa harapan, cukuplah sudah)

    sebagai sahabat yang baik kita masih di berikan kesempatan untuk menyadarkan teman-teman kita yang ingin mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan suatu masalah. Mendekatkan diri pada tuhan adalah jalan terbaik dalam setiap masalah yang ada

    Reply
  15. Lianeu Suci Francizca

    menurut saya teman dan sahabat memiliki arti yang berbeda. teman biasanya datang hanya saat ia memerlukan bantuan kita, tapi sahabat ada di setiap waktu.
    sahabat dapat menolong kita mengatasi suatu masalah. mungkin ia tidak bertindak apapun untuk kita, tapi hanya dengan mendengarkan cerita dan keluh kesah kita, dia sudah membantu kita secara tidak langsung. jadi kita setidaknya harus memiliki seorang sahabat yang baik, yang mampu menemani kita di setiap keadaan.

    Reply
  16. linda

    menurut saya setelah membaca artikel di atas adalah kita harus menjadi teman sejati atau teman yang sesungguh nya bagi teman sekitar kita . Kita tahu bahwa hidup yang kita jalani ini sulit dan penuh rintangan oleh karena itu, kita harus bisa menjadi teman yang sejati yang bisa menguatkan teman kita agar bisa menjalani kesulitan hidup yang harus di jalani, dan jadilah teman yang sejati bukan teman terbaik karena tidak semua teman baik itu sejati.

    Reply
  17. susanti_9411

    saya setuju dengan artikel ini jika kita memiliki masalah sebaiknya kita bisa sharing pada teman jika itu tidak membantu sharinglah kepada Allah karena Allah yang memberikan kita masalah dan Ia juga yang akan selalu menguatkan kita saat kita tidak kuat menghadapi masalah tersebut Allah akan selalu menopang kita, menurut saya secara pribadi Allah adalah sahabat terbaik saya yang siap mendengarkan suara hati saya dan memberikan pertolongan kepada saya

    Reply
  18. Eka Prillia

    Bahagia, siapa yang yang tidak menginginkannya? setiap orang pasti menginginkan itu, bahagia terkadang mudah tuk mendapatkannya, namun tidak juga semudah yang di pikirkan. dengan memiliki relasi atau teman yang banyak, juga dapat membuat kita bahagia namun itu tergantung dari pergaulan yang kita jalani, sebaiknya jika terjadi suatu masalah ataupun beberapa masalah dalam satu waktu patutnya kita mencari solusi yang tepat jangan berfikir pendek, berfikirlah maju. dengan bunuh diri bukanlah suatu penyelesaian masalah yang tepat menurut saya. apakah gunanya teman jika tidak di manfaatkan, maksutnya di manfaatkan dalam hal yang positif.

    Reply
  19. Jeffry Hanafi

    Dari yang saya lihat di berita/atau cerita orang lain memang banyak yang mengambil jalan pintas jika kita tidak bisa menghadapi masalah kita sendiri. Mungkin yang terpikirkan orang itu adalah dengan cara mengambil jalan cepatnya masalahnya akan segera berakhir tetapi ada orang yang diluar sana yang merasa kehilangan dirinya. Apa harus dengan mengambil jalan cepat (bunuh diri)? Cobalah jika kita menghadapi masalah sebaiknya kita bercerita kepada teman baik kita, pasti dia akan memberikan kita bantuan, dan bersabarlah karena Tuhan memberikan kita cobaan agar kita belajar bersabar. Dan bukan hanya kita yang mengalami masalah yang berat, tetapi pasti ada orang diluar sana yang menghadapinya juga tetapi dia tetap bersyukur kepada Tuhan dan berdoa untuk diberi jalan keluarnya.

    Reply
  20. liayanti

    menurut saya teman sejati adalah teman yang tidak akan meninggalkan kita dikala senang,sedih maupun susah,teman yang selalu menemani kita,teman yang ada saat dibutuhkan.dari artikel diatas dikatakan bahwa masih ada cara untuk menyelesaikan masalah dengan cara lain tetapi bukan dengan jalan pintas seperti yang di ceritakan diatas,dan sebaiknya kita lebih mendekatkan diri kepada tuhan.

    Reply
  21. daniel

    Menurut saya teman yang baik adalah teman yang selalu ada di saat kita sedang dalam masalah dan teman tersebut akan membantu dalam setiap kesulitan yang dihadapi.

    Jalan pintas tidak selalu dapat menyelesai kan permasalahan,ljika ada permasalahan lebih baik di selesai kan secara baik baik atau jika kita tidak bisa menghadapinya sendiri lebih baik minta pertolongan keluarga atau kerabat dekat untuk meminta solusi dari masalah yang dihadapi .

    Reply
  22. evielsianah

    teman dan persahabatan memiliki perbedaan tersendiri. bagi saya, dengan kita dalam 1 populasi masih berada di lingkungan kita maka kita tetap bilang teman. tetapi kalo sahabat, sahabatlah yang selalu berada di samping kita baik suka maupun duka. terkadang kita tidak sadar begitu berartinya seorang sahabat. dan ketika sahabat kita pergi meninggalkan kita untuk selamanya kita baru tahu pentinya dan berartinya seorang sahabat, yang tertinggal hanyalah kenangan yang indah saat bersamanya. walaupun seorang sahabat sudah pergi untuk selamanya, sehingga mempunyai sahabat yang baru tetapi sosok seorang sahabat lama tak kan terlupakan karena sudah merasa bersatu dengan jiwanya. hubungan persahabatan sangat kuat bila adanya cinta satu dengan yang lain, pengorbanan pun pasti ada untuk menyelamatkan dan menghibur sahabat itu sangat berarti.

    Reply
  23. lina

    Sebaiknya kita harus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan karena hanya Tuhan yang mengerti tentang masalah yang kita hadapi,dan kadang kala kita memerlukan sahabat yang mau mendengar keluh kesah kita.Sebaiknya kita jangan berputus asa dengan masalah yang kita hadapi.

    Reply
  24. Elia Cristin

    Teman sejati, teman yang ada sangat dibutuhkan di dalam Artikel tersebut menceritakan bahwa ada seorang teman yang tidak dapat ada disaat temannya membutuhkan dan dengan perasaan sedih menyesalinya… sebaiknya kita harus berpikir bahwa hidup itu harus selalu bersyukur di setiap waktu karena kita harus bersyukur kepada Tuhan karena kita masih diberikan kesempatan untuk bernafas dan di beri kesehatan serta bagian tubuh yang utuh dang lengkap. Tuhan selalu memperhatikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan..

    Reply
  25. esternovalin

    menurut saya, jika kita mempunyai maslah seharusnya kita terbuka dengan teman dekat kita. kita pun harus share kepada tean ekat kita yang benar-benar mengerti kita dan mengenal kita.

    Reply
  26. dessy nineces

    teman merupakan seseorang yang bisa mendengarkan kita , tetapi tidak banyak teman yang menjerumuskan kita ke hal hal yang tidak baik. seharusnya ketika kita mempunyai masalah atau koflik kita sebaiknya menceritakan kepada orang tua dan keluarga supaya bisa mencari jalan keluar yang terbaik.

    Reply
  27. cathchand

    Seseorang yang mengambil jalan pintas dalam hidupnya merupakan sesuatu Hal yang sangat disayangkan. Betapa sedihnya seseorang apabila jika dalam setiap persoalan yang dihadapinya orang itu sudah mencapai titik keputus asaannya Dan ia mengambil jalan pintas. Seharusnya ia dapat menceritakan persoalan yg dihadapinya kpd teman atau kerabat terdekatnya sehingga itu dapat membantu mengurangi stress / depresi Dari tekanan” yg ia hadapii

    Reply
  28. cynthia aileen

    Seorang sahabat atau teman sejati akan selalu menemani kita di saat suka dan duka, dan berada disisi kita saat kita membutuhkannya.Dalam artikel diatas, seharusnya dia menceritakan masalahnya atau terbuka kepada sahabat, Karena mereka akan memberikan solusi dan pendapatnya untuk mencari jalan keluar yang terbaik untuk kita. Jangan mencoba mencari jalan pintas, karena semua rintangan pasti punya jalan keluarnya.Tuhan memberikan cobaan pasti sesuai dengan kemampuan kita. Hidup itu milik Tuhan, jadi Dialah yang berhak mengambilnya kembali, bukannya kita yang mengakhirinya

    Reply
  29. Julio Hansen

    SIkap terbuka memang sangat dibutuhkan. Masalah yang kita hadapi adakalanya tidak mungkin dapat kita selesaikan sendiri melainkan perlu bantuan orang lain. Siapa kiranya orang yang dapat membantu kita memecahkan masalah kita ? itu hanyalah keluarga maupun para sahabat yang dapat melakukannya, karena sahabat maupun keluarga merupakan tempat kita bersender dalam suka maupun duka. JIka kita memendam masalah itu sendiri dan terlalu berusaha keras untuk menyelesaikannya maka otak akan terpacu sangat agresif dan membuat kita streess, setelah itu kita tidak akan dapat berpikir jernih sehingga akhirnya hanya akan mengambil jalan pintas.

    Reply
  30. Erni Diana

    Saya sangat setuju dengan pernyataan “teman sejati, itu ada saat dibutuhkan”, seorang teman sejati tidak akan meninggalkan kita disaat kita mengalami kesulitan, untuk itu jika kita mengalami masalah, seharusnya kita menceritakan masalah kita kepada sahabat kita, seorang sahabat pasti dapat membantu kita memikirkan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah kita. Janganlah kita mencontoh orang yang diceritakan pada artikel diatas yang mengakhiri hidupnya karena masalah yang dihadapinya. Apabila kita tidak punya sahabat sekalipun, kita dapat menceritakan semua masalah kita kepada Tuhan melalui berdoa, saya yakin Tuhan pasti akan selalu mendengarkan setiap doa-doa yang kita hanturkan kepada-Nya..

    Reply
  31. Desy Dahlia

    sahabat sejati adalah seseorang yang selalu berada disisi kita disaat suka dan duka. dia akan memberikan pendapat dan saran yang baik kepada kita disaat kita membutuhkan. Mencari seorang sahabat sejati sangatlah susah, oleh karena itu hargai dan sayangilah sahabat yang sekarang berada disisi kita, jangan pernah menyakiti dan mengkhianatinya,

    Reply
  32. Darwin Wijaya

    seorang sahabat biasanya akan tau bagaimana kondisinya, sifatnya, kelebihannya, kekurangannya, keburukannya, dsb dari sahabatnya sendiri. biasanya sahabat akan terbuka dengan sahabatnya sendiri karena dia sadar kalau sahabatnya bukanlah sebuah ancaman, dalam segala permasalah seorang sahabat akan selalu membantu agar sahabatnya dapat keluar dari segala permasalahan yang di hadapinya.

    saya ingat, teman saya pernah cerita kalau memiliki seorang sahabat, saat itu teman saya sedang tertimpa musibah dan hanya memiliki sedikit uang, dan sahabatnya mengetahuinya lalu berkata “apa yang bisa saya bantu selain doa??”
    bisa dilihat bukan, seorang sahabat sejati tidak mau melihat sahabatnya hidup dalam permasalahan bahkan membantunya keluar dari segala permasalahannya.

    Reply
  33. Steward

    Sahabat merupakan sosok yang bisa menjadi panduan atau panutan bagi diri kita. Sahabat yang baik pasti mau mendengarkan masalah yang kita hadapi dan memberikan solusi yang baik, hal ini sesuai dengan sub judul artikel ini. Jika kita sedang menghadapi masalah yang tidak dapat kita atasi, sebaiknya kita mencari teman baik kita, untuk membantu memutuskan tindakan yang harus kita lakukan, bukan dengan jalan pintas/mengakhiri diri sendiri. Orang-orang ingin bunuh diri biasanya berpikir bahwa bunuh diri akan menyelesaikan semua masalah. Namun hal itu sebenarnya tidak benar, karena malah akan menimbulkan masalah baru dalam hidup masyarakat disekitar kita seperti keluarga, sahabat, dan lingkungan. Oleh karena itu kita sebaiknya selalu bercerita kepada orang lain akan masalah yang sedang kita hadapi, setidaknya kita akan merasa lebih tenang jika ada sahabat/orang lain yang mendengarkan.

    Reply
  34. Raisa Tamara Himawan

    Mengambil jalan pintas dalam menyelesaikan masalah bukan merupakan jalan yang tepat. Dengan mengambil jalan pintas kita tidak menyelesaikan masalah, namun kita menghindari masalah yang ada. Berbagi dengan teman merupakan salah satu cara untuk mengurangi beban dan perasaan tertekan yang kita alami, jangan berpikir pendek untuk menyelesaikan masalah, tapi berpikirlah bagaimana suatu masalah dapat menjadi berarti dan memberi semangat baru bagi kita. Hendaknya kita tidak mendahului Tuhan dengan mengambil jalan pintas, banyak cara untuk menyelesaikan masalah, salah satunya dengan berbagi dengan teman dan berdoa meminta petunjuk dari Tuhan.

    Reply
  35. Renaldi Noerdjaja

    teman sejati, adalah teman yang ada disaat kita membutuhkan. saya sangat setuju dengan artikel ini, teman bisa menjadi pendamping hidup kita, dan juga bisa menjadi motivator hidup kita. namun tidak mengherankan kalau jaman sekarang banyak orang berkawan karena ada maunya. sahabat yang rela berkorban, itulah yang paling diinginkan setiap orang termasuk saya. saya teringat saya memiliki sahabat sejak SMP, hingga sekarang saya masih contact dengannya bahkan satu universitas, itulah pendorong saya untuk lebih maju kedepannya, sebuah semangat yang bermakna dan memotivasi saya 🙂
    Tuhan Yesus berkati 😀

    Reply
  36. meldawati

    Teman yang baik adalah teman yang tidak pernah meninggalkan temannya yang sedang mengalami kesusahan ataupun kesedihan tetapi teman yang baik itu adalah teman yang mau berteman dalam keadaan susah maupun senang.
    Dengan mempunyai teman baik kita bisa curhat menceritakan sesuatu hal yang baik atau buruknya kepada teman kita supaya dapat meringankan beban yang kita alami. Jadi jangan sia-siakan teman baik yang kita punya.

    Reply
  37. agnesvinansia23

    seorang teman dapat membuat kita merubah sikap dan sifat kita jika teman yang kita temanin itu baik /jahat / dari teman kita sendiri mendapatkan pergaulan yang tidak benar atau dllnya , tanpa adanya seorang teman hidup ini tidak berarti apa pun dan tidak mampu untuk hidup sendirian ,karena teman dapat menolong kita disaat susah disaat kita mengalami kesulitan , dll. maka carilah teman yang dapat membuat kita hidup untuk lebih baik , dan juga carilah teman yang bukan untuk dimanfaatkan disaat kita mempunyai materi yang lebih darinya . carilah teman yang benar-benar ingin berteman dengan kita bukan dari segala hal yang tidak membuat kita hidup dengan tenang . 🙂

    Reply
  38. chara kitti

    kita membutuhkan orang yang membantu kita, membimbing kita dan menuntun kejalan yang benar dan orang itu adalah teman. kita tidak bisa hidup sendiri karena bila kita kerjakan sendiri akan berdampak kehancuranyang cukup parah. kita manusia hrus hidup berdampingan, bergantungan dan ecomonicus. maka dari itu banyaknya teman

    Reply
  39. deviyurika

    teman menurut saya teman adalah sosok yang ada saat kita senang dan susah, kita akan tahu dia teman kita atau bukan saat kita sedang susah karena teman sejati tidak akan meninggalkan kita, memang sulit kita mendapatkan teman, sebab itu jangan sia – siakan ya 😀

    Reply
  40. Verdy Saputra

    Sahabat selalu memberikan support bahkan rela berkorban demi sahabatnya,
    tetapi ada juga orang yang pada awalnya ingin membentuk sebuah persahabatan tetapi, pada lawan interaksinya dia mengeluarkan respon atau tanggapan yang tidak memberikan untuk menjadi suatu peningkatan dari seorang teman untuk menjadi sahabat yang karib.

    Itu menjadikan hal yang menyakitkan bagi yang ingin meningkatkan dari pertemanan untuk menjadi sahabat.

    Sahabat tidak akan pernah sama dengan teman.
    God Bless all my Friends

    Reply
  41. Michelle Elizabeth Jocom

    Disaat depresi ada baiknya jika kamu menelpon seorang teman, karena itu akan meringankan beban hatimu. Kita memang tak boleh takut akan kematian, tapi kita tidak boleh bunuh diri karena bunuh diri itu dosa. Apapun yang kamu hadapi, jangan pernah putus asa, jangan pernah mengambil jalan pintas, karena apapun yang kamu hadapi semuanya mempunyai jalan keluar. Tuhan tidak pernah mencobai manusia lebih dari kemampuannya, hanya bagaimana cara kita untuk menanggapi masalah itu. Sesulit apapun masalah yang kamu hadapi janganlah kamu mengambil jalan pintas. Jalan pintas bisa menyelesaikan masalahnya didunia, tapi tidak bisa menyelesaikan masalah di akhirat. Persahabatan itu memang sangat diperlukan dalam kehidupan karena jika kamu mempunyai sahabat, kamu mempunyai tempat untuk bersandar dan meluapkan emosi. Kesedihan kamu pun akan terbagi, kamu tidak akan merasa kesepian. Sahabat itu adalah kebutuhan dalam hidup. Karena kesepian itu adalah bisnis kematian.

    Reply
  42. Dyah Indah Pratiwi

    Menurut saya teman adalah seseorang yang mucul secara tiba-tiba kepada kita . Terkadang teman bisa juga menyesatkan kita atau memberi hal-hal yang buruk . Teman dengan sahabat itu berbeda . Teman hanya muncul di saat kita sedang gembira tetapi di saat sedih terkadang teman menghilang tetapi kalau sahabat selalu ada di saat kita senang dan sedih 🙂

    Reply
  43. cremonaliadylova

    Kita adalah makhluk sosial yang diciptakan oleh Tuhan untuk saling menghargai, mengasihi, menguasai, dan melengkapi. Kita tanpa orang lain tidak ada gunanya. Salah satunya teman. Tipe teman ada yang menyesatkan dan ada yang mendukung. Teman sangat berharga bagi kita untuk memotivasi dan mengajarkan kita menghadapi hidup. Sekarang jadikanlah seseorang yang ada di sekitar kita berharga dan jangan kecewakan orang yang ada di sekitar kita

    Reply
  44. hendry8940

    Cukup aneh, berjudul “Friend” tapi lebih membahas “Suicide”. Well, hidup memang berat dan kita tidak boleh menyerah. Kita harus melakukan yang terbaik dalam hidup ini, sambil berusaha dan berdoa, saya yakin suatu saat kebahagiaan akan menghampiri. Dan suicide bukanlah solusi untuk problem anda. Bodoh bukan? Hanya karena suatu masalah, bunuh diri. Kita harus menghadapi masalah, bukankah itu yang namanya kehidupan?

    Reply
  45. yohanesxgunawan

    terkadang memang sebuah masalah sangat sulit untuk dihadapi tetapi bersama teman dan sahabat kita bisa menshare akan permasalahan kita dan kita juga bisa terbantu dan juga membantu teman atau sahabat kita yang susah

    Reply
  46. vicky chandra

    Teman atau sahabat yang baik sangatlah mendukung untuk kita menyelesaikan suatu masalah yang ada, karena sahabat atau teman yang baik itu siap membantu kita dalam menyelesaikan suatu masalah di saat kita membutuhkannya.

    Reply
  47. julyandri

    Untuk menyelesaikan masalah,Janganlah kita mengambil jalan pintas dengan bunuh diri.Kita pasti mempunyai teman sejati yang mungkin bisa membantu menyelesaikan persoalan dan jangan lupa berdoa meminta bantuan kepada Tuhan.Selain itu banyaklah berbuat baik dengan teman sendiri alhasil mereka juga akan berbuat baik kepada kita

    Reply
  48. dewina sari

    sebaik nya apabila kita sedang terkena masalah , sebaiknya kita membicarakan masalah tersebut kepada sahabat, baik dengan telfon , sms, ataupunbertemu langsung walaupun terkadang sahabat itu tidak bisa membantu kita terlalu jauh Tetapi alangkah baiknya apabila engaku bersahabat dengan Tuhan karena Tuhan pasti bisa menyelesaikan segala masalah terberatpun asalkan kita tetap berusaha dan percaya KepadaNya. GB

    Reply
  49. serrasepti

    Teman atau sahabat merupakan saudara bagi saya, teman akan ada saat terpuruk, menerima baik dan buruknya kita, karna persahabatan itu tidak harus memandang latarbelakang hidup,atau fisik nya. teman sejati mampu memberikan motivasi, solusi yang bijak untuk membangkitkan semangatnya ketika teman nya terpuruk dalam hal apa pun. mengingatkan nya bahwa hidup itu tak selalu lurus tetapi banyak lika liku yang harus kita tempuh untuk menuju hari yang bahagia.
    bagi saya mempunyai teman sejati yang benar – benar care itu cukup membuat bahagia dan menjadikan hidup berwarna.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s