Friend

Friend in need is a friend in deed (Teman sejati, itu ada saat dibutuhkan)

One friend with no hope is too much (Seorang sahabat tanpa harapan, cukuplah sudah)

Sambil menikmati makan malam di waktu yang singkat di Fish and Co Emporium Pluit, saya bersama anak-anak saya Pandu dan Aditya, menemani Jimmy seorang sahabat lama dari Medan. Kami sudah 25 tahun tidak jumpa juga bersama Pastor Dr. Bernadus Boli Ujan SVD, yang jam 10 malam nanti akan terbang menuju Merauke via Makasar dan Jayapura.
Dalam pembicaraan singkat dengan Pastor Boli, kita bercerita panjang lebar, dan saya juga sampaikan bahwa hari ini saya kehilangan seorang sahabat karena ia mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Seharusnya saya bisa menolongnya, tapi sayang Tuhan menentukan lain. Suatu kehidupan berat menekannya dan di luar kemampuannya untuk bertahan.
Beberapa motif memutuskan untuk mengakhiri hidup sendiri (bukan Euthanasia) :
1. Dilanda keputusasaan
2. Tekanan hidup yang berat
3. Gangguan kejiwaan
4. Kemiskinan
5. Penyakit panjang

Kalau secara sosiologis, penyebab bunuh diri :
1. Egoistic Suicide, karena urusan pribadi
2. Althrustic suicide, untuk perjuangan orang lain
3. Anomic suicide, karena kebingungan

Pandangan Gereja
Kehidupan kita adalah milik Allah. Apa yang diberikan Tuhan biasanya ditolak oleh Manusia. Dalam sejarah gereja banyak terjadi bunuh diri karena tidak tahan siksaan fisik. Pandangan gereja sendiri menolak kondisi ini dan cenderung memberikan keselamatan dengan proses penambahan kekuatan batin.
Hidup ini memang penuh dengan suka duka. Bagaimana kita menyikapi dengan bijaksana agar kita bisa memahami makna kehidupan?
Menelusuri suatu proses putus asa, saya pribadi melihat bahwa pentingnya arti persahabatan dan saling menguatkan, baik dengan doa dan sharing dalam keluarga maupun dalam lingkungan dan gereja. Dengan membuat seseorang bahagia kita sudah terlibat dalam karya keselamatan. Sehingga ibadah kita harus melibatkan diri kita dan diri orang lain dan harus ada suka cita. Menyenangkan hati orang lain adalah ibadah yang murni.
Tuhan kasihanilah kami. Hanya inilah Bapa persembahan hatiku. Kiranya Engkau berkenan mendampingi, menjaga dan melindungi semua sahabatku.

94 responses to this post.

  1. selama hidup pasti kita sudah di takdirkan akan mendapatkan yang namanya masalah, bgtu juga dalam diri kita jangan lah bertindak dengan ceroboh,,
    segala sesuatu pasti ada hikmahnya,,
    apabila mempunyai masalah jangan lah kita pendam dan seakan masalah itu terus menumpuk,, kita mempunyai yang namanya keluarga,sahabat… dibalik itu keluarga,,sahabat pasti akan memberikan solusi.

    Reply

  2. Posted by suryati c on December 10, 2012 at 2:21 pm

    berteman itu adalah hal yang baik bagi setiap orang dan kita menganggap sebagai saudara sendiri. karena saat kita mengalami masalah, temanlah yang mendukung, menolong, dan berusaha membantu dalam menghadapi masalah tersebut.

    Reply

  3. friend adalah satu kata yang berharga untuk manusia, karena manusia merupakan makhluk sosial yang sangat membutuhkan teman dalam hidupnya. maka teman sangat penting bagi bagi manusia.

    Reply

  4. teman adalah seorang yang sangat berharga dalam hidup kita, tanpa teman kita hampa,tanpa teman kita tidak bisa mencurahkan isi hati kita kepada siapapun, jadi teman adalah yang terpenting di dunia ini karena terkadang teman akan membawa kita pada kesuksesan juga.

    Reply

  5. Teman bisa diibaratkan sebagai pemanis dalam hidup kita.Karena tanpa teman yang bisa dijadikan tempat berbagi segalanya baik suka maupun duka,hidup pasti akan terasa hampa.

    Reply

  6. Posted by Dewi Jayanti on December 11, 2012 at 6:01 pm

    Dalam kehidupan banyak sekali yang membuat kita lelah untuk hidup, sehingga menimbulkan pikiran” negatif , namun kita harus memikirkan lagi bagaimana nasib orang diluar sana yang ingin hidup namun tidak diberikan waktu oleh tuhan. Mungkin hilang dari kehidupan adalah cara yang efektif dan mudah namun tidak mudah dan gampang untuk tuhan berikan waktu kepada kita. mengapa kita sia”kan waktu yang tuhan berikan ?
    Teman bisa membantu kita maju , namun ada juga teman yang membuat kita terpuruk. Maka dari itu kita perlu adanya selktif dalam memilih teman. selektif dalam hal ini adalah bukan dari cantik atau tidak, kaya atau miskin namun dari sikap, perhatian yang diberikan untuk kita dari teman. Tidak semua teman dapat mengerti kita, tidak mudah untuk mendapatkan teman sesuai yang apa anda inginkan. Maka dari itu, Jika anda sudah mendapatkan teman jangan lah anda sia”kan , kaerna dia yang akan membuat anda lebih bisa menghargai kehidupan ini

    Reply

  7. teman adalah orang yang selalu ada di saat senang maupun susah,mereka selalu ada saat dibutuhkan,mereka selalu ada buat meghibur,menolong dan membantu..mereka seperti keuarga,walaupun bukan keluarga kandung

    Reply

  8. Posted by Patricia tangkumahat on December 12, 2012 at 8:52 am

    Teman adalah salah satu yang berharga dalam hidup saya,
    coba pikir kalau dalam hidup kita tidak mempunyai teman?,
    maka hargailah orang-orang di sekitar kita, karena mereka adalah teman-teman kita😉

    Reply

  9. jika kita memiliki friend atau kata lainnya adalah teman , kita harus tetap menjaga hubungan pertemanan itu dengan teman kita . baik itu teman dekat maupun teman biasa , supaya jika suatu saat terjadi hal-hal buruk terhadapnya kita sebagai teman dapat membantunya sekalipun dalam bentuk nasehat . jadilah teman yang berguna bagi teman kita .

    Reply

  10. Posted by chelmizjel on December 12, 2012 at 12:39 pm

    jangan hanya kita berharap mendapatkan teman yang menemani kita disaat suka maupun duka. mari kita mulai belajar menjadi teman yang mau menemani teman kita disaan suka dan duka🙂

    Reply

  11. Posted by chelmizjel on December 12, 2012 at 12:40 pm

    di dunia ini teman yang paling mengerti saya adalah mama saya😀

    Reply

  12. seperti lagu na lenka
    trouble is freiend !
    bukan hidup namanya kalo tidak ada masalah. masalah datang karna mengajarkan kita arti kehidupan dan fase kedewasaan untuk berfikir lebih kedepannya
    itulah gunanya teman… selalu memberi support dan dukungan saat kita ada masalah sekalipun.
    tak ada masalah yang gak bisa di selesaikan. semua itu pasti ada jalan keluarnya. janya tergantung gharus mulai dari sudut yang mana kita memulainya

    Reply

  13. setiap orang pasti mempunyai teman, tapi memiliki teman yang sejati da antara teman-teman kita kemungkinan ada beberapa doang, jadi seandainya anda mempunyai teman sejati maka jangan lah merusak persahabatan kita soalnya memiliki teman sejati itu susah sekali. kesukseskan kita kadang juga karena teman yang membantui kita. ada teman maka dunia akan merasa kecil sekali di dalam kehidupan kita.

    Reply

  14. tidak ada satu manusiapun yang tidak butuh teman. semua manusia pasti butuh teman sebab manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. untuk itu banyak banyaklah mencari teman.. sebab 1000 teman yang kita miliki terlalu sedikit sedangkan 1Musuh yang kita punya sangatlah banyak..

    Reply

  15. setiap orang pada umumnya pasti memiliki teman. dimana teman berperan sebagai orang yang dapat menolong kita saat kita di dalam kesulitan, mendukung dan memebrikan kita masukkan saat kita sedang menghadapi masalah dan begitu banyak peran sebagai teman lainnya untuk kita.

    Reply

  16. Posted by putri indrayana on December 14, 2012 at 3:42 am

    terkadang manusia tidak mengerti apa yang di inginkan dan apa yang direncanakan Tuhan untuk hidupnya
    manusia ingin Tuhan memberikan apa yang ia inginkan bukan apa yang ia butuhkan

    seperti pelangi sehabis hujan itulah janji setia Tuhan
    akan ada jalan keluar untuk setiap masalah
    kita hanya perlu bergumul dengan Tuhan pasti akan ada keuatan dari dalam hati kita

    Reply

  17. FRIEND ~~~
    teman sekilas ^^

    Reply

  18. Posted by Eliriani on December 15, 2012 at 10:58 am

    teman yang setia adalah dimana saat kita sedang ada pergumulan hidup maka teman yang selalu memberikan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah . dan teman yang setia dimana selalu ada untuk mendengar masalah” yang kita hadapi.
    teman yang hanya ada di saat kita susah tapi saat senang ada. zaman sekarang jarang teman yang setia , mereka hanya datang kepada kita saat dimana kita sedang senang dan dimana saat kita sedang sedih/ susah mereka menjauh dari kita.

    Reply

  19. Posted by steffanus sasteradinata on December 15, 2012 at 5:00 pm

    teman itu dimana kita ngerasa punya orang yang dapat bersama kita di saat sedih maupun senang, ada seseorang untuk dapat membagikan sesuatu bersama kita. it’s call friendship..

    Reply

  20. Teman yang baik adalah salah satu orang yang selalu menemani jika kita susah, mengerti akan suatu kondisi kita. Selalu berada di sisi kita, mau mendengar keluh kesah kita. Teman yang baik merupakan teman yang sudah kita percayai bahwa kita tidak salah memilih dalam suatu petemanan . So, friend is everything for us….🙂

    Reply

  21. Kita pasti butuh teman , temen susatu saat bisa membantu kita dalam 1 hal .
    ttp temen juga bisa merusak kita . berhati2 memilih teman .

    Reply

  22. true friendship is a person with passion and bring you too her/his passion for better future, sahabat sejati lebih penting dari 100 teman biasa, karena ketika dunia bergejolak ia akan tetap disamping kita duka suka ataupun dalam pertempuran hidup ia akan tetap disamping kita untuk saling melindungi

    Reply

  23. sebagai makhluk sosial, kita tentunya memerlukan orang lain untuk dapat bertahan hidup .. orang lain tersebut dapat saya asumsikan sebagai seorang teman .. teman merupakan individu yang menemani kehidupan .. sebagai contoh dalam lingkungan bermasyarakat, teman itu diasumsikan adalah tetangga-tetangga sekitar rumah .. dan tentunya kita perlu dan harus memperbanyak teman guna mempererat tali persaudaraan dan melebarkan relasi kita dengan orang lain dalam kehidupan ini ..

    Reply

  24. Posted by sylvia on December 19, 2012 at 7:20 am

    setiap orang pasti membutuhkan teman sebagai tempat curhat dan sharing. teman yang baik adalah teman yang selalu ada disaat kita senang maupun susah. teman pun bisa menjadi keluarga kita.

    Reply

  25. Teman paling baik dalam kehidupan kita adalah Tuhan yang selalu berada dekat kita. kita juga perlu teman dalam kehidupan kita sehari-hari yang bisa membantu kita untuk curhat, cerita-cerita, teman main pada saat kita bosan dan masih banyak lagi. tapi teman paling setia dalam kehidupan kita hanya Tuhan.

    Reply

  26. Bersyukurlah karena kita hingga saat ini memiliki keluarga, sahabat dan teman-teman yang sayang kepada kita dan selalu ada dalam setiap kebahagiaan dan kesedihan kita. setiap manusia tidaklah pernah luput dari suatu masalah. tetapi, ingatlah bahwa semua masalah itu hanya sebagai proses tempahan untuk menjadi suatu besi yang berkualitas dan memiliki nilai yang tinggi. begitu halnya dengan diri kita yang akan menjadi orang yang lebih berpengalaman dan memiliki nilai plus dalam berbagai bidang. ingat, anda tidaklah sendiri dalam menjalani masalah. masih banyak orang disekitar anda yang sayang kepada anda dan menginginkan anda menjadi orang yang sukses.

    Reply

  27. tiap manusia di bumi ini membutuhkan seorang teman. teman dapat membantu kita ketika adanya masalah, dan teman dpt mengerti kita satu sama lain. teman pun yg selalu mendukung kita yang terkadang dpt membawa kita ke dlm kesuksesan besar.

    Reply

  28. friend itu sama dengan persahabatan . hubungan antara dua orang yang memegang kasih sayang satu sama lain saling . Persahabatan dan perkenalan dianggap sebagai mencakup seluruh kontinum yang sama. Studi tentang persahabatan termasuk dalam bidang sosiologi, psikologi sosial, antropologi, dan filsafat. kita boleh berteman dengan siapa saja tapi lihat teman cara bergaul yg baik dan yang buruk .

    Reply

  29. manusia yang paling lemah ialah orang yang tidak mampu mencari teman. Namun yang lebih lemah dri itu adalah orang yang mendapatkan banyak teman tetapi menyia-nyiakannya. Teman yang sebenarnya adalah seseorang yang melihat dengan seksama kegagalan anda dan menoleransi kesuksesan anda🙂

    Reply

  30. Manusia adalah mahkluk sosial yg membutukan satu sama degan lain
    karena itu manusia memerlukan teman untuk saling membantu dalam menghadapi berbagai hal dan dapat membatu satu sama lain.

    Reply

  31. Posted by martinus on May 21, 2013 at 8:53 pm

    Teman adalah seseorang yang ada di saat kita lagi ada masalah jika teman kita hanya ada di saat kita senang saja itu buak teman kita alangkah lebih baik kita menjauh dari dia supaya kita janga terlalu dekat dengan dia. Karena teman yang baik akan selalu ada di saat kita lagi ada masalah dan menjadi pendukung kita. Yuk kita belajar mencari seorang teman yang benar-benar tulus berteman dengan kita jangan sembarangan memilih orang boleh mengenal semua orang tapi harus benar-benar memilih orang yang akan kita jadi kan teman supaya kita tidak salah melangkah untuk menjadikan orang itu sebagai teman kita yang sejati.

    Reply

  32. manusia selalu tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya. mereka tidak pernah bersyukur akan pemberiaan dari yang Maha Kuasa. selalu egois, mereka tidak pernah lebih terbuka lagi untuk melihat lingkungan sekitarnya yang lebih luas. masih banyak orang yang kurang dari kita, dan masih ada orang yang lebih tersiksa dari kita dan tidak menyerah secepat itu dan mengakhiri hidupnya. sehingga itu tidak sesuai dengan pandangan dari yang Maha Kuasa.

    Reply

  33. Posted by emilia agustina on May 26, 2013 at 6:36 am

    setiap maslah yang kita hadapi kadang kita merasa tidak kuat alangkah sebaikannya kita berbagi masalah kita untuk di sharing kepada teman kita yang dapat membantu kita memberikan solusi

    Reply

  34. Posted by emilia agustina on May 26, 2013 at 6:37 am

    engan teman juga kita bisa berbagi rasa dan yakin lah saat kita menghadapi masalah tapi kita bisa membaginya dengan teman kita maka perasaan kita akan lega

    Reply

  35. Teman merupakan orang yang dekat dengan kita. Dan untuk mendapatkan teman sejati itu sangat susah. Banyak tipe-tipe teman yang ada saat memerlukan. Akan tetapi teman yang sesungguhnya, teman sejati yang sesugguhnya adalah teman yang ada di saat kita lagi suka maupun duka, yang mengerti keadaan kita. Dan selalu ada saat kita membutuhkannya.

    Reply

  36. didunia ini pasti mempunyai teman yang berharga karena ada pertemanan, kita bisa mendapatkan sesuatu yang kita inginkan dan kita bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka,teman adalah seorang yang sangat berharga dalam hidup kita, tanpa teman kita hampa,tanpa teman kita tidak bisa mencurahkan isi hati kita kepada siapapun.

    Reply

  37. Posted by cheri meirani on June 15, 2013 at 11:08 am

    manusia sebagai makhluk sosial, yang membutuhkan orang lain dalam menjalankan kehidupan. dengan kita memiliki teman yang banyak sangat membantu dalam aktivitas kehidupan kita sehari-hari.

    Reply

  38. Posted by Justman Tan - 1601266186 on June 16, 2013 at 12:04 pm

    Justman Tan /02PNT/ 1601266186

    Teman memang hal yang kita inginkan dalam hidup kita, tanpa teman kita akan merasa hidup sepi, Dari teman pula kita bisa belajar banyak hal, seperti mengatasi berbagai hal bersama. Berbagi cerita, sehingga kita tau dan lebih mengenal diri mereka.

    Reply

  39. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 11:21 am

    ada suatu qoute “Seribu Teman belum cukup, Satu Musuh Terlalu Banyak”. Jika kita memiliki banyak teman , hidup akan lebih berwarna dan tentunya lebih mudah. Manusia sebagai makhluk sosial tentunya membutuhkan orang lain untuk hidup , dan dengan adanya banyak teman , hidup akan menjadi lebih ringan

    Reply

  40. Posted by Henricko Randy Setiawan on December 5, 2013 at 8:04 am

    Manusia merupakan makhluk yang sosial. Semua orang di dunia ini pasti membutuhkan teman. Tanpa adnaya teman, mungkin kita akan merasa kesepian. Teman yang baik adalah teman yang selalu membantu kita saat susah maupun senang. Tetapi banyak juga pertemanan yang tidak sehat, seperti hanya memanfaatkan kekayaan temannya.

    Reply

  41. Posted by Defreia on December 5, 2013 at 4:04 pm

    Teman adalah tempat berbagi rasa, keluarga kedua, rumah kedua, yang selalu ada saat kita suka maupun duka, tempat dimana kita bisa besandar, berkomunikasi, bersosialisasi, penuh kasih sayang dan perhatian, tempat membangun karakter dan mengenal jati diri

    Reply

  42. Posted by Olivia Rusli on December 5, 2013 at 4:21 pm

    Teman.. ya orang yang menghabiskan siang bersama merajut tawa dan berurai air mata. teman yang sesungguhnya selalu menemani anda di setiap situasi dan tak akan meninggalkan anda

    Reply

  43. Saya sangat setuju dengan kalimat “friend in need is a friend in deed”. Dari kisah di artikel ini saya mengambil sikap, apabila kita sedang berada di bawah tekanan berat, hendaknya kita berbagi kepada teman kita. Supaya beban terasa lebih ringan dan tidak sampai timbul keinginan untuk mengakhiri hidup seperti itu. Dan tidak lupa untuk selalu berdoa.

    Reply

  44. Posted by Imam Ferdiyansyah on March 26, 2014 at 4:32 pm

    Sahabat bukan hanya tempat untuk menemani waktu bersosialisasi saja melainkan bisa menjadi tempat dimana kalian membutuhkan suara para sahabat untuk menyelesaikan masalah yang kalian hadapi. Ini menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa manusia itu butuh orang lain. Manusia tidak bisa hidup sendiri saja. Memang mereka bisa berkata hidup sendiri tetapi di depannya aka nada cobaan-cobaan yang tidak bisa mereka lakukan tanpa orang lain. Seorang sahabat akan sangat senang jika mereka saling berbagi masalah mereka karena sahabat itu sudah diibaratkan sebagai saudara. Masalah akan lebih mudah jika diselesaikan dengan bersama-sama. Tetapi perlu diingat bahwa akan ada dimana waktu sahabat kalian meminta bantuan kepada anda. Jadi jangan selalu menjadi orang yang meminta penyelesaian masalah, cobalah menjadi orang yang menyelesaikan masalah.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: