Air mata

Menangislah saat tertawa, tertawalah saat menangis.

Masih ingat lagu “Sad Movie”? Lagu lama tapi punya kenangan. Buat generasi muda mungkin sudah tidak ingat tapi boleh juga download di Youtube. Lagu kenangan ini menarik karena mengingatkan aku tentang air mata. Biar pun demikian sering menghantar kita dalam suasana sentimentil. Air mata itu memang membuat kita berada dalam tingkat emosi yang tinggi, baik suka maupun duka. Dalam kondisi tertentu kita tidak bisa menahannya. Bagi yang mengalami dry eyes, perlu artificial tears, supaya saat menangis matanya tidak sakit. Siapa saja diantara kita pasti pernah menangis. Semua orang menangis.
Saat ditinggal mama, 14 tahun lalu, aku sungguh sedih sekali. Sebelum menutup mata beliau mau bercerita hanya berdua sama aku. Kita bercerita ngalor ngidul, bercerita dan bercanda, penuh tawa dan gembira sekali. Seperti pernah aku ceritakan mama sama aku dekat sekali. Kita sering bertukar pikiran padahal beliau itu orangnya serius dan pendiam. Beliau tidak banyak bicara. Anehnya kalau sudah ketemu sama aku bisa sampai pagi tidak putus cerita. Sayangnya keesokan harinya Tuhan menentukan lain. Airmata pun menghias setiap wajah anak, cucu, menantu dan keponakan karena mama suka sekali sama anak-anak, termasuk semua sahabatku, beliau bisa menyapa satu persatu tidak terkecuali. Satu hal tak terlupakan bahwa kami anak-anak tidak boleh lapar. Oleh karena itu beliau selalu mengutamakan makan. Kalau ada masalah nanti dulu yang penting makan dulu. Satu hukum yang selalu kuingat “Dilarang keras ada airmata di atas meja makan”.
Air mata adalah lambang duka cita atau kesedihan walaupun ada airmata suka cita atau kebahagiaan. Tetapi kalau kita bicara umum, air mata itu otomatis keluar kalau kita sedih. Kalau kita ingat sesuatu yang membuat kita sedih, siap-siap tissue untuk menghapus air mata. Namun ada kalanya air mata dalam hati ini susah dihapus dengan tissue atau sapu tangan.
Mengapa hati manusia itu harus sedih, ada beberapa hal yang menyebabkannya. Pertama, kalau apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kita maui. Memang kutahu apa yang kumau, tapi kutahu kalau Tuhan juga mau. Kedua, situasi dan kondisi yang mempengaruhi kita. Suasana menghantar kita sedih seperti nonton film, baca Nnovel, melihat orang susah, sakit atau meninggal. Ketiga, memang kita terpukul (lahir atau batin) atau dipukul dan sakit sekali rasanya pukulan tersebut, lalu memaksa kita menangis.
Pengalaman membuat kita lebih banyak tabah. Namun kita memang perlu mempersiapkan dIri saat airmata akan mengalir, tetapi tiada seorang pun bisa menghentikan desiran alirannya. Di saat itu kita sering melakukan protes. Mengapa Tuhan meninggalkan daku.
Saya belum pernah mengikuti pembicaraan khusus mengenai airmata. Tahun 90-an saya cuma sepintas saja ada seminar (tidak tahu pelaksananya) judulnya “Menangislah Saat Tertawa dan Tertawalah Saat menangis”. Beberapa hari lalu ada ada seminar oleh kelompok Warga Usia Senja. Seminar sehari dengan Judul “Tertawa Saat Muda, Berbahagia Saat Tua” di Gedung OCBC, Casablanca, Jakarta. Salah satu topik judulnya “Menghapus Air Mata”.
Dalam hidup, suka atau duka saya rasa sudah biasa. Kalau k mengetahui lebih awal dan mau mempersiapkan masa tua maka kita diliputi suasana indah dan penuh suka cita walaupun dalam suasana menangis.
Usia lanjut sering jadi momok buat orang tua karena adanya sakit berkepanjangan yang menyusahkan orang lain. Tidak ada salahnya kita coba mempersiapkan diri secara laihir batin.
Buat seorang pengusaha, mengetahui atau mendeteksi kesusahan lebih awal maka akan diperoleh kebijaksanaan yang baik dan luar biasa. Semoga kita semua siap sedia menghadapi situasi dan kondisi karena datangnya seperti pencuri di malam hari. Doa khusus buat sahabat-sahabat yang sedang sakit atau sedih. Hapuslah air matamu dan bernyanyilah untuk Tuhan. Kalau cinta bercerita, air mata akan berubah menjadi mata air suka cita.

65 thoughts on “Air mata

  1. olyvia Angdreas

    Menangislah saat tertawa, tertawalah saat menangis.
    saya tidak terlalu mengerti dengan kata tersebut.
    Menurut saya air mata biasanya keluar karena ada peristiwa yang menyedihkan, kalaupun karena perasaan senang terkadang kita juga mengeluarkan air mata tp kesan nya sangat berbeda
    saat kita sedih tidak hanya mata kita yang menangis namun hati kita pun menangis.

    Reply
  2. Novi Andryani

    Setiap Manusia pasti pernah menangis, mulai dari kita baru lahir atau sekarang ini. Menangis boleh saja, Tetapi kita tidak boleh terpuruk dalam keadaan sesedih apapun. Meskipun terdapat kesedihan dalam hidup kita, percayalah bahwa akan tibanya kebahagiaan dan sukacita yang menanti dalam hidup kita.

    Reply
  3. Desy Dahlia

    Setiap orang pasti punya pengalaman menangis dalam hidup. Hari pertama kita lahir di dunia ini, kita sudah memiliki pengalaman pertama mengeluarkan air mata.
    Menangis biasanya terjadi ketika seseorang merasa sakit baik fisik maupun mental, ataupun ketika seseorang merasa sangat bahagia. Dengan kata lain, menangis adalah cara untuk mengekspresikan emosi seseorang. Saya sangat setuju bahwa air mata dalam hati susah dihapus dengan tissue atau sapu tangan karena kesakitan dalam hati hanya dapat dihapus oleh diri kita sendiri.

    Reply
  4. richardagustian

    di dunia ini tidak ada yang tidak pernah menangis. hari pertama lahir kita kita sudah menetskan air mata. jika kita menangis bisa menenangkan hati kita yang sedang emosi maupun sedih.

    Reply
  5. mei lina

    setiap manusia pasti pernah menangis. Mungkin karena dengan menagis ia bisa mengeluarkan segala kekecewaan atau beban-beban masalah dalam diri. Kadang menangis juga tidak dalam hal-hal yang duka saja. Kadang ada yang menangis karena terharu atau saking bahagianya sampai menangis. Tetapi menangis jangan terlalu lama. Sekali menangis kita harus bisa bangkit semangat untuk menjalani aktivitas keesokan harinya yang masih panjang.

    Reply
  6. Lianeu Suci Francizca

    Setiap orang tentu punya masalahnya sendiri, saat orang itu merasa tidak sanggup menanggung beban yang diterimanya, ia mungkin akan menangis. terkadang menangis itu baik. menangis dapat membuat hati menjadi lebih tenang saat ada masalah. tapi tidak baik juga jika kita menangis terus menerus. Tuhan Yesus juga pernah menangis saat hati-Nya sedih, tapi Ia tidak berlarut-larut dalam kesedihan-Nya, Ia tetap melanjutkan pekerjaan-Nya di bumi.

    Reply
  7. Desmonda lienardi

    saya yakin semua manusia pernah menangis. ada manusia menangis karena sakit yang di alaminya dan juga ada manusia menangis karena sukacita yang dia rasakan. kebanyakan manusia menangis karena rasa emosi,kekecewaan dan penderitaan yang dialaminya, mungkin sapu tangan atau tissue bisa menghapus semua air mata yang keluar tetapi hati kita yang penuh penderitaan tidak bisa di hapus sama sapu tangan atau dengan tissue. tetapi kita harus bisa menghilangkan rasa sakit kita yang didalam hati dengan cara berdoa pada Tuhan. Tuhan juga pernah menangis karena murid-muridnya, pernah menangis waktu dia mau disalibkan tetapi dia tetap bisa melupakan rasa kesedihannya itu karena Tuhan terlalu mengasihi dan menyayagi kita.

    Reply
  8. Felisia

    Menangis maupun tertawa adalah ungkapan emosi yang dimiliki manusia saat mereka sedih dan bahagia. Namun, berbeda dengan air mata. Air mata memiliki arti yang ambigu dimana bisa air mata saat kita sedih ataupun air mata saat kita terlalu bahagia. Akan tetapi, kebanyakan orang melihat air mata identik dengan kesedihan yang memiliki kesan. Hal itu, tidak dapat disalahkan karena kebanyakan film, lagu maupun video yang sedih pasti mengeluarkan air mata. Sehingga, kita terpengaruh akan hal itu. Menurut saya, air mata yang mengalir tanpa sengaja atau tidak dibuat- buat adalah hal yang menunjukkan kemurnian perasaan yang dimiliki manusia. Saat kita mengeluarkan air mata, ada rasa lega disaat itu. Kita menemukan ketenangan disana. Air mata merupakan luapan emosi yang memiliki makna berarti. Sebab setiap manusia pasti pernah merasakan hal tersebut.

    Reply
  9. Lia Damita Sari

    Setiap orang pasti punya pengalaman yang membuatnya menangis dalam hidup.
    Menangis terjadi ketika seseorang merasa sakit baik fisik maupun mental, ataupun ketika seseorang merasa sangat bahagia atau kehilangan seseorang yang kita cintai. banyak yang bilang menangis adalah cara untuk menghilangkan emosi agar kita lega dan puas membuang beban yang sedang kita alami. Saya sangat setuju bahwa air mata dalam hati susah dihapus dengan tissue atau sapu tangan karena kesakitan dalam hati hanya dapat dihapus oleh diri kita sendiri.

    Reply
  10. linda

    air mata adalah suatu simbol ungkapan perasaan yang kita alami entah suka maupun duka. Air mata lebih identik dengan kesedihan, terkadang kita tidak bisa menahan air mata kita jika kita mengalami kesedihan yang mendalam tetapi terkadang juga mungkin kita tidak terlihat menangis meneteskan air mata justru kita menangis di dalam hati. kita harus mampu melewati setiap cobaan hidup dan haru selalu berusaha untuk kuat dan tegar. tetapi jika kita merasa sangat terbeban sekali dengan masalah ini, maka menangis lah sepuas mu jika itu membuat kita merasa sedikit teringan kan.

    Reply
  11. liayanti

    menurut saya semua orang pasti mengalami pengalaman yang membuat nya sedih ,sehingga di saat sedih muncul pasti mengeluarkan air mata.air mata adalah simbol kesedihan yang keluar dari mata seseorang.terkadang air mata itu tidak berhenti saat orang yang di cintai nya meninggalkan nya suatu hari,maka menangislah saat tertawa,tertawalah saat menangis.meskipun saya tidak mengerti arti itu.

    Reply
  12. evielsianah

    sangat setuju dengan artikel ini ada 2 jenis air mata yaitu air mata bahagia dan ada juga air mata kesedihan. air mata lebih dominan kepada kesedihan, setiap orang yang tidak bisa menahan perasaannya yang terluka maka yang timbul adalah air mata. wanita salah satunya manusia perasa. wanita kadang tidak berpikir dengan logika ia lebih dengan perasaan sehingga air mata seorang wanita seperti air terjun yang mudah sekali manjatuhkannya. tetapi dengan adanya air mata sehingga adanya ketabahan untuk menghadapinnya. seperti saya saat hati yang terluka, air mata lah menjadi luapan emosi saya tetapi air mata bagi saya yaitu ketenangan. bila air mata saya dalam kondisi sedih tidak menangis menjadi beban untuk terus mengingat kesedihan tersebut

    Reply
  13. Jeffry Hanafi

    Air mata sering keluar karena kita merasakan hal yang membuat kita sedih. Dan itu menjadi salah satu cara kita mengungkapkannya karena tidak ada lagi kata yang bisa kita keluarkan kecuali dengan air mata. Semua orang pasti pernah mengeluarkan air mata, tetapi cobalah untuk tetap tegar ketika air mata kita jatuh. Walaupun kita sedih, walaupun air mata kita jatuh terus, cobalah untuk tetap tersenyum karena itu akan membuat diri kita menjadi lebih kuat menerima kenyataan yang kita jalani.

    Reply
  14. officialmevina

    air mata itu memang normal, tidak hanya kalau sedih atau senang saja air mata akan keluar, kalau kita menguap toh air mata jg keluar, lainnya kalau mata kelilipan juga air mata pasti keluar. Air mata penting bagi mata supaya mata tidak kering dan lecet. Jika mata kita kelilipan sesuatu tanpa mata kita kucek air mata dengan otomatis akan membasahi mata dan menggenang keluar bersama kotoran yg tadinya masuk kemata. Sangat fungsional dan simpel

    Reply
  15. cynthia aileen

    Air mata. Air mata dapat keluar saat kita bahagia atau sedih. Namun, kebanyakan air mata keluar karena merasakan sedih,sakit yang tidak bisa dibendung lagi ( menangis ). Menangis merupakan hal umum yang wajar terjadi pada setiap orang. Air mata kesedihan dapat keluar jika kita menonton film yang sangat menyentuh hati kita, kehilangan seseorang yang sangat berarti bagi hidup kita. Dengan menangis, beban, kesakitan yang ada dalam diri kita pasti akan keluar bersamaan dengan keluarnya air mata kesedihan. Setelah menangis, perasaan kita akan lega bukan? Nah, setelah menangis barulah kita dapat menata hidup kita yang lebih baik lagi

    Reply
  16. Melyana

    Menangislah saat kau sedih dan Tertawalah saat kau senang. Menurut saya itu adalah ungkapan yang paling benar dan manusiawi walau pun ada seseorang yang sedih tapi dia tertawa itu hanya kepalsuan Tuhan pun membenci kepalsuan. Menangis itu boleh tetapi tidak untuk waktu lama masih ada Tuhan di sisi kita.

    Reply
  17. lina

    setiap manusia di dunia ini pasti pernah menangis,mengeluarkan air mata baik disaat sedih maupun disaat bahagia.mungkin kita merasa terharu sehingga mengeluarkan airmata saat menonton film,video,atau saat mendengar lagu yang liriknya menyentuh.airmata tersebut merupakan luapan emosi dari lubuk hati kita akankah hati merasa bahagia maupun sedih

    Reply
  18. susanti_9411

    air mata mungkin untuk sesuatu yang sangat berharga dalam hidup,kita mampu mengeluarkan air mata. kadang memang benar saat kita tertawa kita bisa sampai menangis karena suatu kegembiraan, tidak hanya saat kita sedih kita mengeluarkan air mata saat senang dalam artian membuat kita terharu, kita pun mengeluarkan air mata. air mata selalu keluar saat2 dimana penting dalam hidup kita

    Reply
  19. vicaris8997

    ” Menangislah saat tertawa , Tertawalah saat menangis ” , kata-kata ini sebenarnya ditujukan pada kita semua baik itu dari kalangan atas , menengah ataupun bawah.Kata-kata ini memiliki makna yang dalam , mulai dari kata ” Menangislah saat tertawa ” itu dimaksudkan bahwa kita semua harus membagi kesenangan kita terhadap yang sedang bersedih , ” Tertawalah saat menangis ” itu dimaksudkan bahwa bila kita sedang mengalami kesedihan yang mendalam , sebaiknya kita hadapi dengan tegar.

    Reply
  20. Renaldi Noerdjaja

    lagu sad movie masih teriang di kepala saya, bahkan sayapun hafal liriknya 😀
    menangis berarti mengungkapkan kesedihan dalam hati, tapi bisa juga mengungkapkan kesenangan terhadap yang kita alami,
    dalam lagu tersebut digambarkan dia sedih karena melihat kekasihnya bermain dengan orang lain di bioskop, sungguh miris.
    sungguhpun menangis memang dibenarkan, karena menangis membuat hati kita tenang 🙂

    Reply
  21. Raisa Tamara Himawan

    Menangis adalah ekspresi dari perasaan manusia, jika menangis dapat membuat kita merasa lebih baik, maka menangislah. Dengan menangis kita dapat melepas beban yang kita pikul disaat kita tidak mampu membendung kesedihan maupun rasa terharu tersebut. Menangis dan mengeluarkan air mata berarti kita peka terhadap apa yang kita lihat maupun kita alami. Setelah menangis kita dapat memulai langkah yang baru.

    Reply
  22. Erni Diana

    Tuhan menciptakan air mata untuk kita semua, tujuannya tidak lain adalah agar kita dapat merasakan bahagia dan kesedihan. Menangis bukan berarti cengeng tetapi kita dapat menangis dikala sedih yang disebut dengan air mata kesedihan dan juga dapat menangis dikala senang yang disebut dengan air mata bahagia.
    Tuhan sungguh adil memberikan kita 2 jenis air mata, yang dapat selalu menemani kita di saat kita merasakan suka maupun duka, itulah makna air mata yaitu sebagai teman disaat suka maupun duka.
    Air mata adalah obat luka, dengan menangis kita akan merasa lega, semua kesedihan dan beban pikiran pun akan semakin berkurang dan dapat terobati.
    Sejuta arti beribu makna terpancar dari air mata yang menetes, tetapi tidak ada seorang pun yang mengetahuinya makna dari air mata yang menetes itu selain diri kita sendiri.

    Reply
  23. willy chrisanto

    Air mata itu di bagi 2 : menangis karena sedih,sakit dan menangis karena bahagia. Jika anda mengalami masalah yang tidak dapat di selesaikan , maka jangan memaksakan diri, di saat anda merasa tidak mampu lagi maka nangis lah… menangis itu bukan hal memalukan , setiap org pasti pernah menangis. karena menangis itu bisa mengurangi/menghilangkan beban dan rasa sakit.

    Reply
  24. Dyah Indah Pratiwi

    Menangis adalah hal yang sering dilakukan oleh para manusia . Menangis krna sedih, sakit dan gembira . Manusia menangis krna ia tdk dpt menahan smua beban atau masalah yang telah di hadapinya . Terkadang manusia menangis juga karna suatu hal yang membuat ia gembira seperti lulus kuliah atau pun mendapatkan seorang ank . Di saat sedang memiliki masalah manusia sering menangis, karna ia sudah terlalu lelah menahan smua masalah yang ia derita . Begitu juga dengan saya, saya sering menangis karna munculnya masalah yang tidak bisa saya tahan lagi . Dan dengan menangis saya bisa mengurangi beban 🙂

    Reply
  25. agnesvinansia23

    jangan pernah menyia-nyiakan air mata kita untuk hal yang tidak penting , dan juga kalau bisa air mata yang kita kluarkan adalah air mata untuk hal kesenangan , seperti hal tertawa , bahagia karna mendapatkan hal yang baru , disaat kita bangga pada diri kita karna mendapatkan kebanggaan , dan juga terharu dll. jangan pernah mengeluarkan sedikit pun air mata kita untuk hal yang tidak menguntukan kita , itu akan membuat kita tambah sakit hati dan akan merasa kecewa yang tinggi . jadi jangan pernah sedikitpun mengeluarkan air mata jika bukan untuk hal yang berguna .

    Reply
  26. chara kitti

    kadang kala orang lain selain kita tidak mengerti dibalik tawa kita sebenarnya didalam hati kita meringis atau sedih. misal bila kita menghina orang didepan orang kita mungkin bisa tertawa tapi sebbenarnya kita merasa kasihan. maka dari itu hanaya kita yang tau seberapa besar hati kita

    Reply
  27. Mega Aprilia

    Air mata sering di identikan dengan situasi sedih atau duka. Padahal air mata juga bisa muncul dalam kondisi sukacita atau bahagia. Memang agak aneh, kenapa di saat bahagia, muncul air mata?

    Air mata merupakan lambang ekspresi yang kita rasakan (sedih, duka, bahagia, atau sukacita). Air mata meluapkan apa yang kita rasakan. Jangan malu saat air mata itu keluar (biasanya saat air mata keluar di identikan dengan menangis), karena dengan air mata kita dapat mencurahkan apa yang kita rasakan.

    Reply
  28. Michelle Elizabeth Jocom

    Semua orang pasti pernah menangis. Menangis saat tertawa sangat mudah, tetapi tertawa saat menangis sangat berat, apalagi jika ibu yang paling kita sayangi meninggalkan kita …
    sedih dan senang itu memang satu paket, jika kamu mendapat kegembiraan, kamu juga akan mendapat kesedihan, begitu pula sebaliknya, jika kamu mendapat kesedihan pasti kamu akan dapat kesenangan.

    Reply
  29. yohanesxgunawan

    air mata tidak selamanya saat kita dalam kondisi duka atau sedih,..terkadang air mata itu bisa menjadi rasa haru bagi seseorang karena sesuatu dan juga keadaan sukacita..seperti ketika anda tertawa karena hal yang lucu anda bisa mengeluarkan air mata karena senang

    Reply
  30. hendry8940

    Dalam kesedihan, kita boleh menangis, tapi jangan berlarut-larut dalam kesedihan, karena masih ada kebahagiaan dalam hidup kita nanti.

    Reply
  31. vicky chandra

    dalam suatu kesedihan jika kita tidak mampu menahan kesedihan tersebut, pasti kita mengeluarkan air mata yang menandakan kita tidak sanggup menahan kesedihan yang sedang kita alami, sebagai manusia kita tidak boleh menunjukan hal tersebut kepada setiap orang bahwa kita sedang berlarut dalam kesedihan, justru jika kita bersedih kita harus selalu tertawa dalam kesedihan tersebut, sehingga tidak ada seorang pun yang tau apa yang sedang kita rasakan.

    Reply
  32. Darwin Wijaya

    semua manusia pasti pernah mengeluarkan air mata, entah karena rasa kecewa, nonton film, mengalami perpisahan, mengalami rasa sakit, dsb. tapi itu adalah sifat alamiah seorang manusia yang terlihat jelas saat mengalami kesedihan dalam dirinya.

    Reply
  33. serrasepti

    Petikan kalimat ” menangislah saat tertawa,tertawalah saat menangis” menarik sekali.
    Dalam kehidupan air mata tidaklah hanya sebagai ungkapan perasaan bahwa seseorang itu sedang sedih tetapi dalam kebahagiaan pun seseorang bisa menangis tersedu karna suatu hal yang membuatnya bangga akan yang terjadi dalam setiap masa yang dialami.
    bagi saya air mata ibu lebih berarti karna dengan airmata nya saya bisa hidup, ntah barapa banyak air mata yang beliau teteskan untuk memberikan kesempatan saya untuk melihat dunia dan menghirup udara.

    Reply
  34. Steward

    Menangis tidak hanya dalam keadaan sedih, melainkan saat kita bahagia terkadang air mata juga ikut keluar. Seperti judul diatas bahwa menangislah saat tertawa, yaitu saat kita sedang gembira sekali keluarkanlah air mata. Lalu tertawalah saat menangis yang memiliki makna kita harus tertawa meskipun kita sedang sedih. Semua manusia pasti pernah menangis, karena manusia harus mengalami kegembiraan, kesedihan dan saat-saat terharu. Meskipun kita tidak melihat orang lain menangis secara langsung, tapi siapa yang tau jika mereka menangis disaat sedang sendiri. Sekuat dan sejahat apapun manusia pasti bisa menangis, itulah yang membuat manusia sebagai makhluk yang memiliki perasaan dan hati.

    Reply
  35. Julio Hansen

    Kesedihan dalam hidup tidaklah terdengar asing, karena setiap kehidupan manusia pasti mengalami kesedihan – kesedihan tertentu. Kesedihan yang terjadi akan membuat seseorang mengeluarkan airmatanya. Banyak orang yang setelah menangis hatinya akan merasa lebih tenang. Namun, kita perlu memahami bahwa dibalik kesedihan yang kita alami pastia ada hikmah dibalik itu semua. So, disaat menangis berusahalah untuk tetap tegar dan tersenyum.

    Reply
  36. suryati c

    air mata bukan selamanya menjadikan duka maupun sedih. kadangkala bisa terharu lalu mengerluarkan air mata tersebut dan saat kita lagi ketewa atau bangga, air mata juga mengeluarkan tersendiri.

    Reply
  37. aryaniyunitaarifin

    airmata adalah luapan emosi atas kebahagiaan dan kekecewaan terhadap orang. air mata tidak selalu melambangkan kesedihan tapi juga lambang dari kesenangan saat kita mendapatkan sesuatu hal yang berharga dari Tuhan.

    Reply
  38. cathchand

    air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses air mata untuk membersihkan dan melumasi mata.
    tak ada satupun orang yang tak pernah luput dari air mata karena setiap manusia pasti menangis pada saat ia lahir. itu adalah air mata kebahagiaan sedangkan saat orang meninggal kita pasti menangis karena itu adalah air mata kehilangan
    dari 2 contoh diatas kita dapat melihat bahwa air mata terdiri dari air mata kebahagiaan dan air mata kehilangan

    Reply
  39. Dewi Jayanti

    Menangis adalah suatu ekspresi yang muncul dari seseorang karena mengalami suatu perubahan. Menangis mempunyai beberapa jenis:
    1. Menangis karena kehilangan, ex: perpisahan, kematian seseorang, dsb
    2. Menangis karena kebahagian, ex: anak menikah, seseorang menyatakan cinta, mendapatkan sesuatu yang tidak diduga.
    3. Menangis karena terbawa suasana, ex: menonton film, novel, teater, dsb
    Ada peribahasa yang mengatakan bahwa: menangislah selagi masih bisa. Anda menangis berarti anda peka terhadap masalah yang sedang anda hadapi, Saat menangis anda akan lebih baik karena anda sudah melepas sebagian masalah yang anda sedang hadapi.
    Menangis bukan berarti anda lemah, Namun anda menangis karena anda Tau bahwa sehabis anda menangis anda akan lebih berkali lipat kuat untuk menghadapi masalah selanjutnya.

    Reply
  40. lisda

    “Menangislah Saat Tertawa dan Tertawalah Saat menangis”
    saya suka ddengan kata kata itu 🙂
    mengeluarkan air mata bukan hanya saat kita sendang bersedih saja. tapi saat bahagia terharu pun kita bisa merasakan tetesan air mata itu keluar
    tidak semua orang menunjukan kesedihan dan kepedihan yang sedang di hadapinya.
    semua orang pasti punya masalah sekalipun itu teramat dalam dan sakit dirasakan. tapi dia dapat tetap tersenyum dan tertawa lebar untuk menyembunyikannya. sesungguhx orang yang terlihat tersenyum lebar adalah orang yang mampu melewati apa yang ia rasakan 🙂

    Reply
  41. julyandri

    Dalam kesedihan kita pasti mengeluarkan air mata.Kesedihan itu bisa terjadi karena hal yang kita inginkan tidak tercapai,kita berbuat salah kepada orang lain dan lain-lain.Kesedihan hendaknya tidak dilakukan berlarut-larut akan tetapi kita harus memahami mengalami kita sedih dan mencari jalan keluar agar kita menjadi bahagia

    Reply
  42. dewina sari

    tidak ada seseorang pun didunia ini yang tidak pernah menangis karena dimana menangis itu adalah salah satu cara menunjukkan emosi kita, terkadang ada yang menangis untuk membuat diri kita lebih baik. tetapi jangan lah menangis terlarut lebih lama karena lama kelamaan menangis bukan menyelesaikan masalah tetapi membuat masalah bertambah

    Reply
  43. Verdy Saputra

    Memang kita semua sebagian besar pernah menangis, (toh saat baru lahir saja udah harus menangis) :D…

    Menangis memang perlu, karena untuk meluapkan emosi yang sudah tidak bisa ditahan,
    Memang “ada waktu tuk ber duka, ada waktu tuk bersuka”, menangis disaat kita perlu menangis, dan tertawa disaat kita ingin tertawa, dan pada semuanya jangan pernah lupakan Dia disaat senang maupun susah, karena Dia sedang berkarya, dan semua karyaNya itu Indah dan Sempurna.

    God Bless

    Reply
  44. hendiasim

    Air mata tidak selamanya berarti ungkapan dari kesedihan.Air mata bisa timbul akibat luapan kegembiraan pula.Bagi yang sedang mempunyai masalah begitu berat,lebih baik kalau kesedihan itu diungkapkan lewat tangisan karena tidak baik kalau suatu beban terus dipendam dalam hati.Ibarat bom waktu yang tinggal menunggu waktunya meledak,demikian juga ketika diri kita terus memendam masalah.Lama kelamaan hal tersebut akan terus memberikan tekanan bagi batin kita.Setelah menangis,kita pasti akan merasa lebih lega dari sebelumnya.Asalkan yang perlu kita tanamkan dalam diri kita adalah jangan terus menerus berlarut dalam kesedihan karena tidak akan ada penyelesaiannya jika kita terus menerus menangis.Kita bisa menyerahkan semua itu kepada Tuhan.

    Reply
  45. erwinwiryanto18

    air mata adalah simbol kesedihan bagi manusia, biasanya orang yang sedah patah hati atau bersedih akan mengeluarkan air mata untuk mengurangi rasa sedihna, dengan mengeluarkan air mata perasaan akan jauh lebih lega.

    Reply
  46. patricia tangkumahat

    air mata adalah satu-satunya cara bagaimana mata berbicara ketika bibir tak mampu menjelaskan apa yang sedang kita rasakan, apa yang membuat kita terluka 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s