Pribadi Unggul

Menjadi pribadi yang unggul melalui pergaulan.

Saya membaca sebuah buku karangan Lita Tamsil. Beliau memberikan sebuah pemikiran bahwa kita mendapatkan pribadi unggul melalui pergaulan, persahabatan dan komunitas. Semakin banyak kita memiliki persahabatan, semakin besar kemungkinan terciptanya pribadi unggul, terutama dalam hal kebijaksanaan. Beliau juga mengungkapkan bahwa berorganisasi juga menjadi bagian dari kemampuan untuk membuka sebuah wacana persahabatan. Misalnya pergaulan di dalam gereja atau pertemanan di perusahaan atau kantor. Tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan pergaulan tersebut untuk meningkatkan kemampuan kita berkomunikasi. Semakin baik kita berkomunikasi semakin tercipta seorang pribadi unggul dan berkemampuan.
Sejak awal mula Tuhan menciptakan manusia untuk mengambil peran dan kemiripan pribadi-Nya, sehingga manusia berbeda dengan makluk lain. Makhluk lain hanya memiliki jiwa dan badan saja, tetapi manusia memiliki Roh yang sebenarnya itulah yang berada dalam kebersamaan dengan Tuhan. Memang benar kalau kita ingin mengenal Tuhan, maka yang bisa kita lakukan adalah mengenal sahabat-sahabat di dekat kita, terutama orang-orang yang kita cintai.
Pribadi unggul merupakan berkat Tuhan kepada kita berupa talenta. Menurut saya, semua manusia memiliki sebuah kelebihan dalam keunikannya. Jadi, talenta dalam dirinya harus digali dan dicari.
Ada sebuah kesaksian dari seorang sahabat saya bernama Johan. Beliau dari kecil sampai besar tidak mengerti atau bahkan tidak tahu menahu masalah lukisan. Suatu keajaiban berkarya dalam dirinya saat di usia 50-an. Tiba-tiba dia merasa mau melukis. Dia belajar dalam waktu singkat sekali. Sekarang beliau menjadi seorang pelukis dunia yang handal dan berkemampuan tinggi. Ada juga seorang sahabat yang menjadi penyanyi di saat usia lanjut. Banyak contoh bahwa kadang talenta manusia baru dirasakan setelah usia lanjut dan tidak dimiliki sebelumnya.
Menarik sekali buku Lisa Tamsil tentang kepribadian unggul. Saya sangat sepakat dengan beliau bahwa persahabatan dan pergaulan bisa memberikan seseorang menjadi pribadi yang unggul. Bagaimana itu bisa terjadi? Mungkin pengalaman banyak bercerita nantinya.
Dunia usaha tidak berbeda banyak. Coba perhatikan orang sukses atau orang yang berhasil dalam kariernya. Orang ini pasti pandai bergaul dan memiliki banyak teman. Bahkan punya kemampuan lobi yang sangat bagus.
Gereja sendiri membuka lebar setiap umat saling mengenal dan saling berinteraksi. Baik dalam lingkungan maupun dalam paroki. Sayangnya umat tidak memanfaatkannya.
Bagi Orang Muda Katolik boleh tersenyum membaca ini. Perjodohan juga bisa terjadi di gereja. Saya sendiri menikahi istri saya karena persahabatan dalam lingkungan OMK dan organisasi mahasiswa Katolik di Universitas Trisakti.
Bagi Mudika yang masih belum dapat jodoh sering-seringlah ke gereja. Aktiflah dalam organisasi Gereja dan bergaul dengan sesama. Selain kita akan meraih pribadi yang unggul pasti mendapat pasangan serasi daripada mencari jodoh di tempat lain.
Kehidupan rohani tidak terlepas dari persekutuan, karena tidaklah baik bagi manusia itu hidup sendiri. Oleh karena itu, perlu adanya pendampingan. Demikian kita hidup secara rohani. Berbagai kegiatan di lingkungan sangat membantu kita. Di sana kita bisa membentuk pribadi yang unggul dan berkemampuan. Selain itu, saya juga sependapat bahwa semakin banyak bergaul maka semakin bijaksana seseorang. Tentu saja itu mengandaikan dia mau dan berperan aktif dalam pergaulan itu sendiri.
Kata lain, roh kita juga memerlukan sahabat. Roh itu akan melakukan interaksi tanpa batas apakah bagi manusia, hidup atau mati. Itulah yang dimaksud Yesus bahwa siapa yang mengikuti AKU, dia akan hidup walau sudah mati. Memang benar badan atau raga bisa musnah, tetapi pemikiran dan kebijaksanaan akan hidup abadi. Demikian halnya kita mengikuti ajaran-ajaran agama dan melakukannya dengan penuh kebijaksanaan. Cinta akan hidup dan terus berperan. Semoga semua menjadi pribadi unggul melalui komunitas kita di lingkungan, Gereja dan Kantor.

45 responses to this post.

  1. saya setuju dengan pendapat bapak dan buku yang bapak baca itu. memang persekutuan sangat membantu menjadikan diri kita sebagai pribadi yang unggul. bukan hanya saling berbagi tapi kita juga saling mendukung dan menopang saat ada salah satu anggota persekutuan yang menghadapi kesulitan.

    Reply

  2. Saya setuju dengan pendapat anda, bahwa pergaulan,persahabatan, dan komunitas dapat menjadikan seseorang menjadi pribadi yang unggul. Mungkin saya dulunya tidak tahu apa kelemahan dan kelebihan saya punya, tetapi karena sahabat saya memberitahukan itu. Saya mencoba mengurangi kelemahan tersebut dan meningkatkan kelebihan saya sehingga saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Persahabatan bukan hanya tempat untuk berbagi sukacita saja, tetapi kita juga bisa menceritakan masalah kita kepada mereka,agar masalah kita bisa diselesaikan dengan baik.

    Reply

  3. saya setuju dengan pendapat artikel ini, bahwa pergaulan, persahabatan dan komunitas. Semakin banyak kita memiliki persahabatan, semakin besar kemungkinan terciptanya pribadi unggul, terutama dalam hal kebijaksanaan
    kita juga bisa mengetaui kelemahan dan kelebihan kita jika ad sahabat. ia bisa membantu kita dalam keadaan apa pun itu.

    Reply

  4. Posted by linda on December 1, 2012 at 9:09 am

    kita sebagai manusia harus sadar dan tahu bahwa kita adalah makhluk sosial yang arti nya kita tidak bisa hidup tanpa orang lain, ini menyatakan bahwa kita membutuhkan pasangan hidup, keluarga, sahabat, dan masyarakat luas karena kita tidak mampu hidup sendirian dan kita pasti membutuhkan orang lain untuk menjalani kehidupan kita sehari-hari. Berkaitan dengan artikel di atas yang berhubungan dengan pribadi unggul , yang arti nya kita bisa menjadi pribadi yang sukses dalam mencapai tujuan yang kita harapkan. Untuk mencapai tujuan yang kita inginkan kita membutuhkan orang lain untuk membantu nya. Oleh karena itu, kita harus memilki banyak teman dan pergaulan yang luas sehingga suatu saat nanti bisa membantu kita dan begitu sebalik nya kita juga menolong orang lain. Maka kita bisa menjadi pribadi unggul bersama.

    Reply

  5. saya sangat setuju sekali dengan pribadi unggul atas pendapat bapak karena menjadi pribadi yang unggul melalui pergaulan,jika kita mempunyai banyak sahabat maka semakin besar tercipta pribadi unggul.pribadi unggul adalah talenta yang diberikan tuhan kepada kita.

    Reply

  6. Benar, pribadi unggul akan tercipta melalui pergaulan, persahabatan, dan komunitas. Pribadi unggul akan terbentuk karena seringnya kita berinteraksi dengan orang lain. Dalam suatu pergaulan, persahabatan, dan komunitas, diri kita ditantang untuk bersosialisasi dengan orang yang belum dikenal, dan kemampuan untuk menyesuaikan diri disetiap perkumpulan yang berbeda – beda. Di suatu komunitas, kita sebagai pribadi akan mengetahui kelebihan, kekurangan, kemampuan, baik dan buruknya diri kita. Pribadi yang unggul akan lebih disenangi dan disukai oleh orang – orang sekitar karena kita mengetahui baik dan buruk dirinya. Pribadi unggul akan selangkah lebih maju dibidang karir karena pribadi yang unggul mampu bersaing dengan sehat, berkerja sama, dan mampu berkarya dengan talenta yang ia miliki.

    Reply

  7. pribadi yang unggul memang dalam kehidupan kita selalu ingin menjadi orang yang lebih unggul dari orang lain, tetapi kadang sikap itu membuat kita merasa sombong jika kita sudah lebih unggul dari orang lain. rasa persaingan juga membuat kita menjadi pribadi yang egois dan tidak mau mengalah sebenarnya menjadi yang lebih unggul itu hal yang perlu tetapi tergantung bagaimana sikap kita nanti jika kita sudah dan dapat unggul dari orang lain.

    Reply

  8. Manusia adalah makhluk sosial , dimana kita semua saling membutuhkan.Kita bisa menjadi pribadi yang unggul melalui orang – orang yang sudah sangat mengenal pribadi kita luar dan dalam.Kita tidak mungkin bisa menilai pribadi macam apa kita ini , oleh karena itu , kita sangat membutuhkan yang namanya teman , yang dapat membantu kita dalam introspeksi diri akan kesalahan-kesalahan yang sudah diperbuat.

    Reply

  9. saya setuju bahwa persahabatan, pergaulan dan komunitas membentuk pribadi kita supaya lebih unggul. pribadi unggul berarti talenta yang dimiliki oleh setiap manusia, dan jangan lupa bahwa talenta adalah pemberian Tuhan kepada setiap manusia. setiap manusia mesti menelusuri apa yang menjadi kelebihan dalam dirinya. dan Tuhan berharap bahwa talenta yang diberikan bisa bermanfaat bagi sesama dan juga bagiNya🙂
    God Bless Us

    Reply

  10. Menjadi pribadi yang unggul tidaklah sulit, hanya saja kita perlu mengalahkan ego kita. Menjadi pribadi unggul dapat mencerminkan seberapa kita menghargai orang tua kita, dan bertanggung jawab atas sikap kita kepada Tuhan. Menjadi pribadi unggul, merupakan wujud dari rasa syukur atas apa yang kita punya dan memanfaatkannya untuk menjadi pribadi yang unggul. selektif memilih pergaulan dapat mendukung kita menjadi pribadi unggul.

    Reply

  11. saya swtuju dengan artikel di atas. memang persekutuan seperti hal nya keluarga membuat kita menjadi pribadi yang unggul .pribadi yang unggul merupakan seseorang yang dapat bertanggung jawab , pribadi yang dapat mnghargai orang lain.karena dari itu kita harus mencoba menjadi pribadi yang unggul mulai dari sekarang

    Reply

  12. bergaulan dengan orang yang mempunyai kepribadian yang baik, maka kita sebagai orang yang medekati orang tersebut akan terikut juga dengan memiliki kepribadian yang naik juga , tapi jika bergaul dengan orang yang tidak mempunyai kepribadian yang tidak baik maka harus kita hindarkan dan juga harus dijauhakan . banyak yang memiliki kepribadian yang baik karena dari masa kecil’a sudah diajarkan sikap dan tingkah laku yang baik untuk masa depannya.

    Reply

  13. saya setuju dengan artikel di atas.dengan pergaulan,persahabatan dan komunitas kita dapat membangun pribadi yang lebih baik atau unggul.namun kita juga harus dapat memilih apakah pergaulan kita ini akan membangun masa depan kita menjadi lebih baik atau tidak,seperti perkataan ‘pergaulan yang buruk dapat merusakkan kebiasaan yang baik’.kita dapat sharing dan berbagi pengalaman dengan sahabat dapat meningkatkan kemampuan kita berkomunikasi dan mengetahui banyak hal

    Reply

  14. Pribadi yang unggul memang bisa didapatkan dari pergaulan, persahabatan dan komunitas. Memang benar, jika kita bergaul dengan orang yang memiliki pandangan yang luas, kita bisa mengikuti pola pikir orang tersebut, menjadi orang yang memiliki pandangan yang luas. Tapi semua itu tergantung dari diri kita sendiri. Tapi menurut saya jika semua orang memiliki pribadi yang unggul maka tidak ada lagi pribadi yang unggul.

    Reply

  15. saya setuju dengan anda terkadang komunitas sahabat teman dan juga pergaulan sering membuat kita terbentuk karakter-karakter yang baru seperti setia…semakin banyak kita memiliki teman yang positif semakin positif juga kita.

    Reply

  16. Posted by hendry8940 on December 8, 2012 at 12:22 am

    Pribadi unggul memang akan tercipta melalui pergaulan, persahabatan dan komunitas yang kita miliki dalam kehidupan. Oleh karena itu kita hendaknya pintar-pintar dalam menentukan pergaulan, persahabatan dan komunitas yang akan kita ikuti dalam hidup kita sehari-hari.

    Reply

  17. pribadi unggul seseorang dapat di lihat dari cara seseorang tersebut bergaul di masyarakat, jika seseorang tersebut tidak pintar pintar bergaul maka kepribadian seseorang tersebut sangatlah membawa dampak buruk dalam kehidupannya sendiri.

    Reply

  18. keperibadian seseorang dapt kita lihat jika kita sudah berteman dengan dia. keperibadian dibentuk dari dalam keluarga. jika kita mempunyai keperibadian yang baik pasti kita akan mempunyai banyak teman karena kita disenangi oleh sekeliling kita, sebliknya jika kita tidak mempunyai keperibadian yang baik maka kita sedikit sekali mempunyai teman. jika tean kita banyak berarti kit besar seperti ditulis dalam kitipan sebelumnya. jad kta lah yang membentuk keperibadian diri kita sendiri.

    Reply

  19. pergaualan merupakan peran penting dalam pembentukan keperibadian seseorang, dengan siapa kita bergaul maka kita tidak akan jauh berbeda dengan teman sepergaulan kita. dalam pergaulan ada yang baik dan buruk, maka kita harus pandai2 memilijh agar dapat menjadi pribadi yang unggul.

    Reply

  20. Pribadi yang unggul memang harus diciptakan dari sebuah pribadi yang siap menerima siapa saja. Maksudnya adalah kita siap bergaul dengan siapa saja dan mau menerima pendapatan dan kritik orang lain. Kita juga harus aktif dalam sebuah komunitas agar kita bisa memiliki banyak sahabat. Dengan bersahabat kita bisa membuat komunikasi kita semakin baik. Selain itu kita bisa belajar dari pengalaman orang lain dan bisa mendapatkan informasi lebih banyak. Orang yang memiliki pribadi yang unggul pasti memiliki banyak jaringan komunikasi dan pertemanan.

    Reply

  21. untuk menjadi pribadi yang unggul, kita harus pandai beradaptasi dengan lingkungan dimana kita berada, memahami pergaulan yang ada dan tetap jadi sendiri sehingga menghindari untuk terbawa arus pergaulan

    Reply

  22. di dunia yang memasuki era globalisasi ini,kita di tuntut untuk lebih unggul dari pada orang lain.hal-hal yang dapat membentuk kita unggul adalah melalu banyak bergaul dengan orang-orang hebat

    Reply

  23. Jadilah diri sendiri. Pegang teguh pada prinsip sendiri. Hal inilah yang menjadi pribadi unggul dalam diri kita

    Reply

  24. Posted by Dewi Jayanti on December 12, 2012 at 2:22 pm

    Menurut saya, selektif dalam memilih teman sangatlah dibutuhkan. Selektif dalam hal ini adalah memilih teman yang bisa membuat kita maju dan berkembang. Jika teman atau sahabat kita mempunyai pribadi yang Unggul maka kita pun lama kelamaan akan mulai ikut dan memiliki pribadi yang unggul juga. Namun, pribadi Yang Unggul ini juga harus anda pegang dengan prinsip dan dengan cara anda sendiri.
    Pribadi yang unggul dibentuk dari jati diri masing-masing melalui sikap,perilaku,perkataan,perbuatan,dan tindakan yang diambil🙂

    Reply

  25. Dengan pergaulan kita bisa menjadi pribadi yang unggul.Dan pribadi yang unggul akan membuat kita disenangi dan dikenal oleh orang banyak.Akan tetapi jika kita mengikuti pergaulan yang jelek,pribadi kita juga ikut jelek begitupun sebaliknya.Pintar-pintarlah dalam memilih teman ataupun sahabat

    Reply

  26. menjadi pribadi unggul itu bisa didapatkan dari sahabat kita dimana kita mau menerima kritikan , masukan dari orang lain dan dari kritikan itu kita dapat mengubah diri kita menjadi pribadi yang unggul.

    Reply

  27. Pengembangan kepribadian, agar menjadi pribadi yang unggul, memiliki banyak sahabat agar mudah bertukar pikiran, dimulai dari pergaulan yang baik, tentu sahabat menginginkan kita untuk menjadi maju dengan memberikan support.
    sahabat mengetahui kelebihan dan kekurangan sehingga kita dapat memperbaiki apa yang salah,

    Semoga kita semua menjadi pribadi yang unggul dan benar dalam komunitas lingkungan kita.
    God Bless

    Reply

  28. Posted by patricia tangkumahat on December 14, 2012 at 8:17 am

    pribadi yang unggul adalah pribadi yang tidak pernah mengenal kata menyerah, pribadi yang terbuka dengan orang lain, pribadi yang maun menerima kritik saran dan masukan dari orang lain.

    Reply

  29. saya setuju dengan artikel ini, pribadi yang baik adalah pribadi yang melebihi dari manapun baik dari segi sikap sifat dan yang lainnya. pribadi yang baik adalah pribadi yang menghargai orang lain…

    Reply

  30. Menjadi kepribadian unggul sangat berperan dengan lingkungan itu saya sangat sejutu menentukan lingkungan yang kita temui tiap hari adalah awal dari masa depan. Bagaimana mungkin pergaulan tidak baik akan menjadi baiknya nanti jika tak ada yang ingin keluar dari lingkungan tersebut.

    Reply

  31. Posted by Eliriani on December 17, 2012 at 4:21 pm

    Semua orang pasti ingin menjadi pribadi yang unggul melalui pergaulan, persahabatan dan komunitas. Semakin banyak kita memiliki persahabatan, semakin besar kemungkinan terciptanya pribadi unggul, terutama dalam hal kebijaksanaan. Semakin baik kita berkomunikasi sesama semakin tercipta seorang pribadi unggul dan berkemampuan. Kita harus pandai” bergaul di mana saja supaya kita dapat banyak pengalaman dari sebuah organisasi dan persekutuan. Lebih baik kita aktif dalam organisasi Gereja dan bergaul dengan sesama seiman. Selain kita akan meraih pribadi yang unggul pasti mendapat pasangan serasi daripada mencari jodoh di tempat lain.
    Kehidupan rohani tidak terlepas dari persekutuan, karena tidaklah baik bagi manusia itu hidup sendiri. Oleh karena itu, perlu adanya pendampingan. Roh kita pun ingin memiliki sahabat yang hidup atau pun yang mati untuk melakukan interaksi tanpa batas. Sebenarnya badan atau raga dapat musnah, akan tetapi pemikiran dan kebijaksanaan akan hidup abadi. Dari sebuah pribadi yang unggul akan muncul Cinta yang akan tetap hidup . Kita seharusnya mengenal dalam diri kita sendiri sebelum menjadi pribadi yang unggul dapat dibentuk dari jati diri masing-masing melalui sikap,perkataan.perilaku,perbuatan,dan tindakan yang diambil dan kita lakukan. Jadi jangan kita menjadi pribadi unggul jika kita belum mengenali karakter yang ada dalam diri kita sendiri, bakat, kemampuan , dll.

    Reply

  32. pribadi unggul jadi kita dapat mengetahui kemampuan kita sendiri dan kita bisa meningkatkan nya lagi.

    Reply

  33. Posted by charakitti on December 18, 2012 at 12:32 pm

    Saya setuju dengan pendapat anda, bahwa pergaulan,persahabatan, dan komunitas dapat menjadikan seseorang menjadi pribadi yang unggul. dengan begitu saya bisa tahu siap yang lebih unggul dan kita dapat mengasah kemampuan kita dengan baik untuk masa yang akan datang

    Reply

  34. Pribadi unggul merupakan berkat Tuhan kepada kita berupa talenta. Menurut saya, semua manusia memiliki sebuah kelebihan dalam keunikannya. Jadi, talenta dalam dirinya harus digali dan dicari.

    Reply

  35. Posted by Dessy Kristanti on December 19, 2012 at 9:46 am

    jadikanlah pergaulan sebagai sarana untuk menjadi pribadi yang unggul dan menambah pengetahuan tentang lingkungan sekitar, dengan begitu otomotif bisa membantu kita dalam pekerjaan dll.

    Reply

  36. Pergaulan memang dapat membantu kita membentuk kepribadian yang unggul.Sebab,melalui pergaulan kita dapat mengetahui berbagai macam informasi.Selain itu,melalui pergaulan,kita juga dapat mengenal diri kita yang sesungguhnya sehingga mampu menyesuaikan diri dengan orang lain.

    Reply

  37. pribadi yang unggul adalah pribadi yang bisa menjadi pribadi yang bisa terus mengembangkan diri kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Tuhan lah pelaku utama yang terus menjaga kita sebagaimana kita buruk. hanya kita saja yang tinggal mengambil keputusannya.

    Reply

  38. Saya setuju dengan pendapat anda, bahwa pergaulan,persahabatan, dan komunitas dapat menjadikan seseorang menjadi pribadi yang unggul. oleh sebab itu jadilah dirimu sendiri agar bisa menjadi orang yang memiliki pribadi yang unggul..

    Reply

  39. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 3:59 pm

    Menjadi Pribadi Unggul dan Berprestasi “ Jauhilah orang-orang yang berusaha mengecilkan impian anda. Orang kecil selalu melakukan hal itu, sebaliknya orang yang sungguh-sungguh besar akan membuat Anda merasa bahwa Anda pun bisa menjadi orang besar.”

    Reply

  40. saya setuju dengan pendapat anda, bahwa kita mendapatkan pribadi unggul melalui pergaulan, persahabatan dan komunitas. Semakin banyak kita memiliki persahabatan, semakin besar kemungkinan terciptanya pribadi unggul, terutama dalam hal kebijaksanaan. tidak hanya kita yang memerlukan sahabat melainkan roh kita juga memerlukan sahabat.

    Reply

  41. Saya setuju dengan artikel ini, membangun komunitas adalah bagian inti dalam kehidupan sebagai makhluk sosial. Tentunya bergabung dalam komunitas positif yang dapat membangun kepribadian kita agar menjadi pribadi yang unggul dan berkenan di hadapan Tuhan.

    Reply

  42. Posted by Maorel on May 24, 2013 at 5:12 am

    Manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah , itulah sebabnya manusia memiliki roh dan akal budi serta talenta yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lainnya. Kembali ke masing masing manusia bagaimana kita mau memanfaatkan talenta yang telah diberikan Tuhan kepada kita untuk menjadi pribadi yang unggul.

    Reply

  43. Posted by dwiandra annas putra on May 26, 2013 at 4:01 pm

    pribadi unggul memang akan tercipta melalui pergaulan, persahabatan dan komunitas yang kita miliki dalam kehidupan. Oleh karena itu kita hendaknya pintar-pintar dalam menentukan pergaulan, persahabatan dan komunitas yang akan kita ikuti dalam hidup kita sehari-hari

    Reply

  44. Beruntung sekali bagi siapa saja yang dikaruniai oleh Tuhan potensi dan bakat untuk unggul. Lebih beruntung lagi bagi siapapun yang di karuniai kemampuan untuk mengoptimalkan potensi dan bakatnya sehingga menjadi manusia unggul dan prestatif. Tetapi, betapa banyak pula orang yang cukup potensial namun tidak menjadi unggul. Betapa banyak orang yang memiliki bakat terpendam dan tetap “terpendam”, tidak tergali karena tidak tahu ilmu untuk mengoptimalkannya. Padahal tiap orang pada dasarnya memiliki potensi untuk unggul, termasuk kita.

    Reply

  45. Posted by Restu P Matondang on March 26, 2014 at 11:34 am

    1601287796_Restu P Matondang: Semua orang pastilah ingin menjadi pribadi unggul yang luar biasa, memiliki kehidupan yang mapan karir yang baik dan dibanggakan oleh semua orang, Gambaran dari pribadi unggul adalah disukai banyak orang, terkenal dan selalu diharapkan kehadirannya oleh siapapun juga, dimanapunia berada bisa memberikan manfaat buat lingkungan sekitarnya, pribadi unggul adalah peminpin yang bijaksana dan dipatuhi oleh anak buahnya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: