Mutiara

Mutiaraku yang hilang dulu kini jumpa lagi

Mutiara

Waktu tahun 1990, Negara Cina mempromosikan hasil produknya dengan program Silk Road, yaitu napak tilas para pedagang yang menjual sutera ke-18 bagian negara di seluruh dunia. Ternyata hasilnya luar biasa. Banyak sekali orang ikut terlibat, bahkan negara-negara penghasil sutera ikut promosi, termasuk Singapura dan Malaysia. Sehingga Shang Group mempromosikan Silk dengan biaya besar sekali ke seluruh dunia sebagai bagian dari promosi group perusahaannya.
Acaranya ditutup di Shangrilla Hotel 4 tahun kemudian (promosi terpanjang dalam sejarah) dan dilaksanakan pesta besar-besaran. Saya hadir di sana dengan beberapa kawan. Ada artis Yuni Shara, yang membawakan lagu lama “Mutiara yang Hilang”.
Komentator dibawakan oleh MC John Seed dari Cambridge. Seed mengatakan sutera diibaratkan mutiara yang hilang dan kini ditemukaan kembali. Kebangkitan sutera ini menyumbangkan devisa cukup besar bagi negara Cina sebagai pengekspor sutera terbesar di dunia.
Yang terkenang buat saya bukan sutera tetapi mutiara atau pearl atau zhu dalam bahasa Mandarin. Lagu yang dinyanyikan Yuni Shara ini adalah ungkapan cinta sang pengarang lagu yang menemukan cintanya kembali.
Mutiara, suatu permata yang dihadiahkan Kima (kerang laut dalam) nilainya bisa mencapai milyaran rupiah. Di kampung halamanku, di Pulau Alor, ada Kolam Mutiara, yang sangat terkenal karena mutiara yang dihasilkan kualitasnya bagus sekali. Mutiara juga jadi inceran para kolektor dunia. The Diamond of The Sea, sebuah mutiara yang dipakai oleh Ratu Inggris, harganya? Wah ga bisa dinilai.
Bagaimana sebuah kerang yang tidak punya apa-apa dan secara alami bisa menghasilkan produk mutiara, yang nilainya sangat tinggi? Mengapa kita manusia yang dikarunia “komputer tercanggih di otak” tidak bisa berbuat apa-apa? Malah kadang kala manusia menyusahkan sesamanya. Padahal manusia nilainya sangat tinggi ibarat mutiara.
Sepenggal lagu Yuni Shara : Mutiaraku yang hilang dulu, kini jumpa lagi (Saya tidak tahu lanjutan syair lagu tersebut kalau ada yang tahu boleh donk share). Buat saya kata jumpa lagi ini indah sekali. Sebab ada konotasi berkat berlimpah dan sukacita besar (seperti kisah anak yang hilang). Mutiara tidak ditemukan secara cuma-cuma atau kebetulan, tetapi dicari bahkan mempertaruhkan nyawa-Nya untuk menemukan cinta. Seperti halnya pencari mutiara di laut dalam. Setiap menyelam artinya nyawanya dipertaruhkan.
Mutiara, sebuah nama diberikan kepada kerang yang menghasilkannya karena adanya luka dan benda asing dalam dirinya. Akan menjadi indah buat kehidupan kita kalau kita bisa mencari mutiara kebahagiaan kita yang mungkin sudah hilang atau belum kita miliki. Mari kita mencarinya. Sayang sekali kalau dibiarkan tenggelam dalam lumpur. Di sisi lain begitu sulitnya, betapa bernilainya, betapa mulianya mutiara cinta yang kita miliki, begitu terciptanya kita di dunia ini.
Semoga kita semua diberkati oleh kasih-Nya dan menemukan kembali Cinta yang hilang. Ibarat mutiara yang hilang jumpa lagi.

43 thoughts on “Mutiara

  1. mei lina

    saya setuju dengen artikel di atas, kerena manusia seperti mutiara yang tinggi nilainya.Tetapi kita sebagai manusia tidak bisa tinggal sendiri didunia. Kita memerlukan orang lain untuk menolong kita didalam kehidupan sehari-hari. Mutiara didalam diri manusia terdapat dihati. Karena hati yang tulus dan tidak bercacat adalah mutiara yang terindah didalam diri manusia.

    Reply
  2. Novi Andryani

    Saya setuju dengan artikel anda yang mengatakan manusia nilainya sangat tinggi ibarat mutiara. Karena manusia diberi karunia oleh Tuhan yaitu diberikan akal budi,kehendak bebas,dan hati nurani. Sebagai manusia seharusnya bisa membagi kebahagiaan kepada orang lain dan jangan lupa untuk bersyukur pada Tuhan karena kita diberikan kehidupan yang sempurna.

    Reply
  3. Lianeu Suci Francizca

    Saya setuju dengan artikel bapak yang mengatakan bahwa manusia sangat tinggi nilainya seperti mutiara. manusia diciptakan Tuhan sebagai mahluk yang paling sempurna karena kita diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. kita juga diberi akal budi untuk membedakan mana yang baik dan yang jahat. tapi tidak semua manusia menggunakan akal budinya denan baik. mereka melakukan kejahatan yang membuat mereka ibarat mutiara yang tertutup lumpur yang tebal.

    Reply
  4. Desmonda lienardi

    saya juga setuju dengan artikel yang di atas. mutiara itu seperti kehidupan kita untuk mencari kebahagiaan. mutiara yang mulia itu yaitu mutiara yang berasal dari Tuhan. Tuhan memberikan kita kebahagiaan di dunia ini tetapi kadang kita menolak kebahagiaan yang dia berikan kepada kita. selain Tuhan memberikan kita kebahagiaan, dia juga memberikan kita kepintaran, dan akal sehat untuk bisa menghindari yang jahat dan menerima yang baik. dan manusia jangan lupa bersyukur kepada Tuhan karena dia memberikan kita kepintaran. dan kita juga tidak boleh mensia-siakan kepintaran dan kebahagiaan yang diberikan Tuhan pada kita. karena kita tidak tahu berapa penting nya kepintaran yang di berikan Tuhan pada kita. kepintaran dan kebahagiaan juga disertai dengan hati yang tulus.

    Reply
  5. Lia Damita Sari

    Saya setuju dengan artikel bapak yang mengatakan bahwa “manusia sangat tinggi nilainya seperti mutiara” manusia diciptakan Tuhan sebagai mahluk yang paling sempurna. kita juga diberi akal sehat untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, tapi kenapa terkadang manusia itu tidak menggunakan akal nya untuk berbuat kebaikan, tetapi malah berbuat kejahatan, padahal tuhan memberikan kita kebahagiaan di dunia ini, tetapi manusia masih mengeluh apa yang diberikan oleh tuhan, kita harus bersyukur karna kita diciptakan tuhan yang nilainya sangat tinggi seperti mutiara.

    Reply
  6. Felisia

    mutiara merupakan benda yang sangat indah. Saat kita memandang mutiara, itu terlihat begitu menyinarkan cahaya putih yang bersih, halus, dan murni. Padahal, selama proses pembentukannya, ia berada didalam kerang yang kotor dan dalam laut, tetapi bisa menghasilkan mutiara yang begitu indah. Sehingga, memang tak salah mengibaratkan manusia bagai mutiara. Tuhan menciptakan kita begitu sempurna dan indah di mata-Nya. Masing- masing orang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Kenapa tidak kita mengembangkannya. Kita adalah satu- satunya makhluk hidup yang diberikan akal budi untuk mengetahui mana yang benar dan salah. Tapai masih sering kali kita masih berbuat salah. Kita memang tidak luput dari dosa, setidaknya kita meminimalkan hal itu dan menjadi manusia yang baik.

    Reply
  7. liayanti

    saya setuju dengan artikel bapak,mutiara adalah benda berharga yang tak ternilai harganya dan nilai jualnya sangat tinggi,mutiara sangat disukai banyak orang karena keindahannya.sama seperti manusia yang diibaratkan seperti manusia yang diciptakan tuhan paling tinggi.

    Reply
  8. Desy Dahlia

    Mutiara merupakan benda yang sangat indah dan berharga, layak nya manusia yang dapat diibaratkan seperti mutiara, karena manusia telah diberikan kehidupan yang indah dan berharga di dunia ini, tetapi banyak sekali manusia yang tidak menyadari bahwa kehidupan kita sangatlah berharga, banyak sekali manusia yang masih mengeluh dan berbuat kesalahan yang akhirnya merusak kehidupan yang telah diberikan tuhan untuk kita, oleh karena itu kita harus yakin bahwa kehidupan ini akan menjadi indah kalau kita bisa mencari mutiara kebahagiaan kita yang mungkin sudah hilang atau yang belum kita miliki

    Reply
  9. evielsianah

    manusia dan mutiara apabila dibandingkan jauh sekali nilainya. manusia salah satu makhluk penguasa di dunia karena manusia mempunyai pikiran, akalbudi, serta mempunyai moral. seharusnya manusia harus bisa lebih dari mutiara. mutiara hanya dari cangkang yang berlumut dan tidak menarik tetapi hasil dari cangkang itu mempunyai nilai yang sangat tinggi dan di pakai samapi raja dan ratu. bersyukurlah kepada Tuhan karena kita terlahir sebagai makhluk hidup yang sempurna dan jalani kehidupan ini dengan bersukacita dan bersyukur.

    Reply
  10. Renaldi Noerdjaja

    saya pernah mendengar, untuk memperoleh sebuah mutiara, si kerang perlu merasakan kesakitan yang amat sangat sehingga bisa menghasilkan suatu benda yang tidak ternilai harganya.
    saya cukup terkesima dengan kerang tersebut, dan berpikir andaikan manusia mau seperti itu. jaman sekarang banyak manusia demi mencapai hal manisnya melalui jalan instan, tidak mau berusaha dan menderita dahulu .
    andaikan manusia mau menderita dahulu, pasti buah yang dihasilkannya akan lebih manis dan manusia itu sendiri akan memiliki pengalaman yang tak ternilai harganya
    God Bless 🙂

    Reply
  11. Raisa Tamara Himawan

    Mutiara yang sesungguhnya adalah diri kita sendiri, talenta yang ada dalam diri kita harus dikembangkan agar mutiara yang kita miliki dapat bersinar. Mengembangkan telenta merupakan bentuk syukur dari diri kita kepada talenta pemberian Tuhan, oleh karena itu setiap orang hendaknya mengembangkan talenta diri agar diri kita dapat menjadi pribadi yang berguna bagi orang lain. Mencari mutiara tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, namun usaha untuk mencari mutiara akan memberikan kita pengalaman yang tak terlupakan.

    Reply
  12. agnesvinansia23

    saya setuju dengan artikel ini , memang semua manusia /makhluk hidup itu memiliki nilai yang tinggi bahkan nilai’a pun tidak dapat diperhitungkan , Maka dari itu , kita sebagai manusia harus saling menghargai antar 1 dengan yang lainnya , karena kita sebagai manusia mempunyai nilai yang sama tidak ada beda’a ..

    Reply
  13. Michelle Elizabeth Jocom

    Seseorang bisa menjadi mutiara di mata orang lain. “Mutiara tidak ditemukan secara cuma-cuma atau kebetulan, tetapi dicari bahkan mempertaruhkan nyawanya untuk menemukan cinta”, tapi tidak harus kamu mempertaruhkan segalanya untuk orang yang tidak akan pernah mencintaimu. seseorang yang mempertaruhkan segalanya untuk menemukan cinta, itu adalah orang yang sangat optimis, dan berani. Optimis memang baik, tapi jangan sampai kamu diperbudak oleh cinta.

    Reply
  14. hendry8940

    Mutiara merupakan benda indah dan berharga. Namun, mutiara yang indah itu tidak dibentuk dengan mudah. Kerang mutiara yang menghasilkan mutiara melalui penderitaan yang luar biasa selama memproses pembentukan mutiara dalam cangkangnya. Begitu juga manusia, jika manusia diumpamakan sebagai mutiara, maka manusia harus berusaha dengan keras dan gigih agar bisa terbentuk menjadi mutiara yang indah.

    Reply
  15. vicky chandra

    mutiara adalah benda yang berharga di mata setiap manusia yang melihat, tidak beda ketika kita melihat seorang wanita dari kecantikannya, wanita terlihat cantik bukan karena kecantikannya, tetapi wanita terlihat cantik di lihat dari hati nya, begitu juga mutiara, mutiara di lihat indah bukan karena kemahalan harga mutiara tersebut, tetapi bagaimana mutiara itu bisa bertahan sehingga tetap terlihat indah di mata orang yang melihat.

    Reply
  16. lina

    mutiara merupakan benda yang memiliki keindahan yang luar biasa dan mahal harganya.mutiara di hasilkan oleh kerang,tetapi tidak sedikit jenis kerang yang dapat menghasilkan mutiara.seperti kehidupan kita,kita pasti mengalami masalah yang beraneka ragam,dari masalah di lingkungan tempat tinggal,lingkungan sekolah,keluarga,kampus,tempat bekerja.masalah yang kita hadapi akan membentuk karakter kita menjadi lebih baik dari sebelumnya dan dapat terlihat indah seperti mutiara.

    Reply
  17. Darwin Wijaya

    saya pernah membaca kalau seekor kerang untuk menghasilkan mutiara, mereka harus melewati masa2 sulit dan panjang untuk membuat mutiara yang indah. sebenarnya cangkang mereka kemasukan pasir, tapi mereka merasa risih tapi tidak mampu mengeluarkan pasir dari cangkang mereka, maka mereka membungkus pasir dengan cairan tubuhnya sehingga mengkasilkan mutiara yang indah dan mahal.
    seperti halnya kita, kita terkadang tidak bisa mengeluarkan masalah dalam kehidupan kita, tapi kita bisa bisa mengatasi masalah dengan kelebihan yang kita miliki.

    Reply
  18. shintiya apriliyani

    kebahagiaan bagaikan mutiara yang ada dilautan..begitu berharga sehingga kita harus berkorban untuk mendapatkannya..dan nantinya kita akan mendapatkan hal yang terlihat sederhana namun begitu berharga di dalamnya..

    Reply
  19. julyandri

    Mutiara adalah benda yang sangat berharga dan paling dicari-cari manusia karena mempunyai nilai yang sangat tinggi.Tetapi tidaklah mudah untuk mendapatkan mutiara.Sebagai contoh mutiara dihasilkan oleh kerang dengan penuh perjuangan sehingga terdapat luka dari benda asing dalam dirinya.Begitupun manusia,kita harus rela berkorban bahkan mempertahankan nyawa untuk mendapatkan mutiara tersebut

    Reply
  20. aryaniyunitaarifin

    mutiara adalah hal yang paling indah di dalam dasar laut, dasar laut di katakan indah saat orang melihat mutiara di dalam kerang yang tidak terlalu baik dari luarnya. maka dari itu jaga keindahan laut kita agar mutiara tidak hilang begitu saja.

    Reply
  21. suryati c

    mutiara adalah barang yang paling berharga, indah atau berkualitas tinggi yang bisa di temukan di dasar laut. mutiara tersebut di buat dari kerang, maka ketika orang melihatnya mengatakan mutiara adalah keindahan di dasar laut.

    Reply
  22. esternovalin

    mutiara itu suatu yang paling cantik dan paling indah. mutiara hanya ada di dalam dasar laut yang paling dalam jadi betapa berharganya mutira. mutiara suatu yang berkilau kecil tetapi disukai semua orang yang dapat memilikinya. pesan yang di ambil dari mutiara menurut saya, walaupun kita mempunyai banyak keterbatasan dan kekurangan tetapi kita harus bisa menjadi berharga dan indah.

    Reply
  23. cremonaliadylova

    saya setuju artikel ini. Kita adalah mutiara paling cantik walaupun ada keterbatasan jangan putus asa. jadilah diri kita menjadi mutiara paling berharga bagi orang lain dan paling indah dalam kehidupan.

    Reply
  24. Steward

    Sebuah kerang yang ada di laut, jika di kembangbiakan bisa menjadi sebuah mutiara yang nilainya sangat tinggi. Sebuah kerang memang sangat beruntung karena dianugrahi permata, sama seperti manusia yang memiliki akal budi. Manusia memiliki pemikiran dan perasaan yang paling baik di bumi ini. Jika manusia dan komputer disuruh menentukan pilihan, manusialah yang pasti bisa memutuskan pilihan yang terbaik. Jadi jika manusia berkembang dengan baik maka akan bernilai lebih dari orang lain, karena apa yang kita ketahui dan kita miliki secara jasmani dan rohani bisa menjadi pembanding kita dengan orang lain.

    Reply
  25. yohanesxgunawan

    dalam pencarian mutiara cinta memang memiliki banyak hal yang sulit…apalagi dengan adanya rintangan dan tantangan dunia saat ini..kita harus bisa membedakan mana yang asli dan mana yang palsu…sebab dalam persahabatan masih ada yang asli dan palsu..kita harus terus berjuang pantang menyerah untuk menemukan hal itu

    Reply
  26. dewina sari

    mutiara adalah barang yang paling indah dan mahal , walaupun mutiara itu kecil tetapi mutiara itu dipandang orang tidak hanya mutiara kecil biasa tetapi mutiara itu dipandang sangat indah oleh semua orang. jadi lebih baik walaupun kita hanya manusia biasa buat semua orang yang memandang kita bukan sebagai manusia biasa. GB

    Reply
  27. Verdy Saputra

    Mutiara dihasilkan dari kerang penghasil mutiara, melalui proses yang sulit kerang itu untuk membentuk sebuah mutiara,

    Kita semua perlu proses untuk mendapatkan hasil yang baik, kita harus mencari dan berjuang untuk apa yang kita ingin capai.

    God Bless

    Reply
  28. Nathania Sumardi

    Akan menjadi indah buat kehidupan kita kalau kita bisa mencari mutiara kebahagiaan kita yang mungkin sudah hilang atau belum kita miliki. Mari kita mencarinya. Sayang sekali kalau dibiarkan tenggelam dalam lumpur

    Reply
  29. erwinwiryanto18

    saya setuj dengan artikel diatas karena manusia adalah makhluk yang sangat dihargai seperti mutiara yang tinggi nilainya oleh karena itu seorang manusia harus menghargai dan menjaga diri sendiri, karena kita ini sangat berharga jadi jangan sia2kan kehidupan sebagai manusia.

    Reply
  30. willy chrisanto

    mutiara itu adalah sebuah benda yang kecil dan sgt mahal harga nya. katanya sebuah kerang menghasilkan sebutir mutiara itu harus merasakan rasa yang sakit banget.. persis seperti kehidupan kita harus merasakan kegagalan kita baru bisa berhasil….

    Reply
  31. charakitti

    saya amat sangat setuju dengan pendapat diatas tapi bahawa orang harus bersyukur dan mau berbagi suka mau pun duka. karena kita hidup bukan sendirian dan perlu bantuan orang lain yang memberikan jalan mana yang baik dan salah

    Reply
  32. Eliriani

    mutiara adalah sebuah benda yang kecil tetapi benda tersebut sangat mahal karena keindahannya dan ke sinaran yang memancarkan keindahan. tapi semua orang harus bersyukur atas kesedihan dan kebahagiaan karena kita hidup tidak sendirian kita perlu bantuan orang lain yang ingin menolong kita. ingatlah kita adalah makhluk sosial.

    Reply
  33. Dessy Kristanti

    mutiara adalah benda yang sangat mahal dan berharga hal tersebut tentunya dikarenakan tidak mudah mendapatkannya, mutiara berasal dari kerang mutiara, proses menghasilkan mutiara itu pun tak mudah dan membutuhkan waktu yang lama,,
    maka jadikan lah kita seperti mutiara yang berharga juga mau dididik menjadi orang yang berhasil dan berguna! dan terlibih berharga dimata Tuhan.

    Reply
  34. hendiasim

    Mutiara adalah benda yang sangat indah dan bernilai.Demikian juga dengan hidup kita.Hidup kita akan menjadi sangat indah kalau kita mau menyerahkan diri untuk dibentuk dan dirangkai oleh Tuhan.Jangan biarkan kasih itu hilang daripada kita.

    Reply
  35. hedwig gerardine calvin

    Mutiara adalah objek bulat, keras yang diproduksi oleh beberapa hewan, terutama moluska seperti tiram. Mutiara digunakan sebagai perhiasan dan juga dihancurkan dalam produksi cat atau barang komestik. Mutiara dijadikan sebagai batu perhiasan dan dipanen atau dibudidayakan sebagai perhiasan.

    Reply
  36. debihendrikaM

    kesakitan dan perjuangan kerang tidak lah sia-sia, karena pada akhirnya kerang menghasilkan sebuah mutiara yang sangat indah. Tuhan selalu memberikan kita cobaan agar nantinya kita bisa menjadi mutiara yang indah.

    Reply
  37. Maorel

    Ibarat mutiara manusia mempunyai nilai yang tinggi, Tergantung bagaimana manusia tersebut bisa mencari dan berbagi mutiaranya kepada sesamanya atau membiarkan mutiaranya hilang dan tenggelam begitu saja.

    Reply
  38. dwiandra annas putra

    saya setuju dengan artikel ini,mutiara adalah benda berharga yang tak ternilai harganya dan nilai jualnya sangat tinggi,mutiara sangat disukai banyak orang karena keindahannya.sama seperti manusia yang diibaratkan seperti manusia yang diciptakan tuhan paling tinggi.

    Reply
  39. nindyastyan

    Mutiara itu awalnya bukan apa-apa. Hanya butiran pasir dan debu kotor yang tak ada harganya. Waktu yang kemudian membentuknya: detik demi detik, di kedalaman samudera, dalam kegelapan cangkang makhluk-Nya. Dengan proses yang demikian panjang dan pelan, penuh kesabaran.

    Reply
  40. yugi p5 ubm

    Kita manusia memang diciptakan sebagai mutiara yang indah namun kita seringkali kita tidak menyadarinya.. Maka dari itu kita harus sadar akan hal ini…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s