Negosiasi

Win-win solution will be better

Sepanjang hari, mulai pagi sampai sore, dan hampir setiap hari, saya bekerja bergelut dengan masalah negosiasi. Saya kadang-kadang berperan sebagai negosiator sekaligus sebagai bagian dari hal yang harus dinegosiasi. Kesulitan saya bahwa negosiasi itu memerlukan keahlian khusus, karena pada umumnya orang lebih senang tidak bernegosiasi atau cing cai-cing cailaaa. Perusahaan mewajibkan negosiasi adalah mutlak, yaitu perusahaan harus untung tidak boleh rugi.
Pada tahun 1983 saya masuk sekolah bisnis, lalu diperkenalkan prinsip bisnis itu : Buy low sell high (beli semurah mungkin, jual semahal mungkin). Collect early pay late (tagih secepat mungkin bayar selama mungkin)
Tetapi saat ini semua sudah berubah. Bisa bisa terbalik semua, tapi saya rasa prinsip bisnis di atas masih reliable. Hampir 30 tahun kemudian saya bertanya, negosiasi itu apa sih untungnya?
Dalam hidup sehari-hari hampir tidak pernah terlepas dari negosiasi. Pertama, terhadap diri sendiri : waktu dan janji menjadi bahan pokok negosiasi. Kedua, pekerjaan dan tugas rutin. Terakhir, berbuat baik. Lho kok berbuat baik mesti dinegosiasi? Kisah negosiasi kita bisa baca Alkitab : negosiasi Sodom dan Gomorah, sampai kepada negosiasi Judas Iskariot. Dalam beberapa pembicaraan dengan para ahli ternyata negosiasi sangat diperlukan. Untuk negosiasi tingkat tinggi seperti dilakukan Pilatus sampai diplomasi tingkat tinggi.
Semakin bijaksana seseorang, maka semakin tinggi kemampuan untuk negosiasi. Sebaliknya semakin tinggi kemampuan seseorang maka semakin bijaksana dalam mengambil keputusan. Artinya terdapat hubungan linear antara negosiasi dan kebijaksanaan. Terserah mana kita mulai dahulu. Tetapi menurut saya negosiasi harus didahulukan dan pengambilan keputusan menjadi kebijaksanaannya.
Irwan, seorang karyawan Astra, di tahun 1998 mendapat pemutusan hubungan kerja (PHK), tetapi dalam negosiasi keputusannya akhirnya dia memilih menerima pesangon. Setelah lewat masa krisis dia dipanggil management untuk kerja lagi. Lalu, terjadi negosiasi berkepanjangan. Irwan berdoa memohon petunjuk. Dia akan mendapat gaji besar, tetapi dia tidak tega meninggalkan perusahaannya sekarang, karena hutang budi. Di saat susah dulu tidak ada satu perusahaan pun yang menolongnya. Kini dia harus meninggalkan perusahaan kembali ke perusahaan lama dengan gaji jauh lebih tinggi.
Negosiasi bukan saja dengan perusahaan lama dan baru tetapi juga dengan diri sendiri. Banyak teman menasehati agar pindah, karena masa depan lebih baik, tetapi morally dia tidak sanggup menutupi bahwa pertolongan atau hutang budi masuk menjadi bagian negosiasi.
Pertentangan batin membuat Irwan hampir putus asa dan tidak dapat mengambil keputusan. Berdoa pun hampir tidak ada jawaban tetapi dia dipaksa harus mengambil keputusan. Akhirnya dengan keputusan bulat Irwan tidak bisa menerima tawaran Astra.
Saya juga bingung kalau menjadi dia dalam posisi demikian. Tetapi seiring dengan berlalunya waktu saya bisa memaklumi bahwa karena ternyata kebahagiaan, ketenangan, kedamaian dan suka cita juga mengambil peran penting dalam negosiasi dan pengambilan keputusan. Apalah artinya pendapatan lebih besar kalau hati tidak tenang. Jiwa kita diuber-uber rasa bersalah, apalagi tidak happy.
Tuhan mendampingi kita. Tuhan ikut bekerja dalam hidup kita. Itulah hidup.

31 responses to this post.

  1. Dalam bernegosiasi pasti ada perdebatan. Kalau sama-sama tidak mau mengalah akan mengakibatkan keributan atau perselisihan. Bernegosiasi haruslah dengan ketenangan, kedamaian, dan suka cita sehingga mendapat keputusan yang adil dan tidak ada yang merasa kecewa ketika pendapat seseorang tidak dipilih.

    Reply

  2. negosiasi itu interaksi sosial saat pihak – pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan..
    negosiasi di lakukan dengan sopan dan harus menghargai pendapat lawan yang sedang berbicara kepada kita.

    Reply

  3. negosiasi menurut saya adalah tindakan yang dilakukan antara pihak-pihak yang berkaitan dalam suatu perundingan.selain itu negosiasi memerlukan keahlian khusus.negosiasi juga memerlukan ketenangan sehingga tidak ada yang merasa kecewa.

    Reply

  4. Posted by linda on December 4, 2012 at 2:22 pm

    Bagi sebagian orang setiap mendengar kata negosiasi pasti yang terpikir adalah masalah urusan bisnis dan berkaitan dengan ekonomi. Tetapi, sesungguhnya negosiasi sesungguh nya selalu terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam mengambil keputusan . Kita juga tahu bahwa dalam hidup terlalu banyak pilihan sehingga negosiasi tidak akan terlepas dalam kehidupan sehari-hari. Negosiasi adalah usaha untuk mengambil keputusan dengan baik,benar dan bijaksana karena setiap manusia tidak ada yang mau di rugikan. Oleh karena itu, kita memerlukan negosiasi agar kita dapat mengambil pilihan yang baik yaitu kita tidak rugi dan pihak lain pun tidak merasakan rugi juga atau inti nya sama-sama enak.

    Reply

  5. Negosiasi adalah kegiatan merundingkan sesuatu dengan tujuan kedua belah pihak dapat mendapatkan kepuasan dalam hal-hal yang mereka sedang perdebatkan. Win win solution memang akan lebih baik karena dua pihak akan merasa untung dan tidak ada yang dirugikan

    Reply

  6. negosiasi adalah cara seseorang untuk membuat suatu kesepakatan yang menguntungkan keduanya dengan menjanjikan suatu hal yang bisa mengikat tali kepercayaan untuk menjalankan bisnis atau sebagai-nya.

    Reply

  7. Negoisasi bukanlah hal yang buruk , karena dengan bernegoisasi kita dapat mempererat hubungan antar rekan kerja.Akan tetapi , negoisasi tersebut harus dilandasi dengan rasa menghargai pendapat orang lain , kalau tidak , maka itu akan menjadi negoisasi yang buruk.

    Reply

  8. Dalam pengambilan keputusan, hendaknya didasari dengan negosiasi terlebih dahulu dengan baik, bijaksana tanpa adanya rasa egois dan mementingkan diri sendiri, agar keputusan yang diambil dapat saling menguntungkan antara pihak yang satu dengan pihak yang lainnya. Jadi pada dasarnya, negosisasi tidak selalu membawa dampak yang buruk, tetapi jika dilihat dari sisi lain, justru dengan adanya negosisasi, pengambilan keputusan dapat lebih mudah..

    Reply

  9. dalam hidup terkadang kita di perhadapkan dengan negosiasi yang harus kita buat, tentu saja negosiasi bukanlah hal yang mudah karena kita di tuntut untuk mengambil keputusan yang harus menguntungkan kita dan juga tidak terlalu merugikan orang yang bernegosiasi dengan kita.

    Reply

  10. Negosiasi memang harus mempunyai trik khusus, agar dalam suatu perusahaan tidak terjadi perdebatan. Tentu semua perusahaan itu tidak mau rugi, maka dari itu kita harus mempunyai keahlian dalam bernegosiasi.
    Memang terkadang hutang budi bisa membuat seseorang setia, meskipun orang itu sudah mendapatkan perusahaan yang lebih baik, tetapi dia merasa lebih baik dengan perusahaannya yang lama. Jika dia hanya memikirkan dirinya sendiri, dia tidak akan mungkin kembali ke perusahaannya yang lama, tetapi karena dia merasa berhutang budi, maka dia kembali ke perusahaan lamanya.

    Reply

  11. Di dalam kehidupan sehari hari pastilah kita menemukan yang namanya bernegosiasi namun ada beeberapa hal yang tidak perlu negosiasikan yaitu menolong orang lain dan mengucap syukur kepada tuhan,,
    Terkadang kita galau dalam menentukan pilihan seperti menolong orang yang artinya kita sedang benegosiasi dengan diri kita untuk berbuat baik,,sebaik nya dalam hal” yg sepeeti ini kita tidak perlu beenegosiasi dan berfikir panjang untuk melakukannya

    Reply

  12. negosiasi adalah suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi formal
    dalam bernegosiasi pun kita harus memiliki keterampilan-keterampilan seperti berikut :
    – Ketajaman pikiran / kelihaian
    – Sabar
    – Kemampuan beradaptasi
    – Daya tahan
    – Kemampuan bersosialisasi
    – Konsentrasi
    – Kemampuan berartikulasi
    – Memiliki selera humor
    ada 3 strategi dalam bernegosiasi yaitu
    WIN – WIN solution , LOSE – LOSE solution dan WIN – LOSE solution

    Reply

  13. negoisasi di dalam dunia kerja adalah hal yang wajar untuk dilakukan selama kita melakukan hal itu secara benar..tetapi di dalam kehidupan rohani kita tidak boleh bernegosiasi dengan dosa supaya kita beroleh hidup yang kekal~

    Reply

  14. negoisasi adalah proses tawar menawar dalam diskusi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
    di dalam negoisasi itu diperlukan keahlian khusus dimana proses negoisasi itu yang menentukan apakah kita akan untung atau rugi.

    Reply

  15. negoisasi adalah suatu diskus untuk mengambil keputusan yang dapat menguntungkan antara pihak kita dengan pihak yang lain. negoisasi tersebut harus mengambil dan menghargai antara sesama pendapat, jika tidak akan semakin membuat negoisasi tersebut semakin memburuk.

    Reply

  16. Posted by Dewi Jayanti on December 14, 2012 at 3:30 am

    Disetiap kehidupan kita selalu berhadapan dengan Negosiasi, Negosiasi ini bertujuan untuk mencari keuntungan kepada kedua belah pihak dengan suatu kesepakatan bersama. Contoh: saat kita ke pasar kita akan berhadapan dengan Negosiasi dengan penjual. Negosiasi ini akan memperbaiki keadaan.

    Reply

  17. negosiasi perlu diperlukan agar tidak terjadi konflik

    Reply

  18. Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak – pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Untuk bernegosasi dengan orang lain tidak gampang, Anda harus menghargai keputusan seseorang, sharing dengan yang lain dan bijak dalam mengambil keputusan.

    Reply

  19. negosiasi adalah bentuk dari konflik dari interaksi sosial dari pihak yang terlibat dan ingin berusaha untuk menyelesaikan sesuatu atau tujuan yang ingin dicapai oleh setiap pihak yang terlibat .

    Reply

  20. Bernegosiasi adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi segala masalah.Dengan bernegosiasi maka tercapailah suatu solusi yang disepakati bersama jadi tidak ada yang dirugikan.

    Reply

  21. dalam bernegosiasi kita membutuhkan keahlian kusus. negosiasi biasanya karna seseorang merasa sebuah keputusan sulit dilakukan.

    Reply

  22. Posted by charakitti on December 18, 2012 at 1:17 pm

    Dalam bernegosiasi pasti ada perdebatan dan juga menghsilkan suatu yang berguna. Kalau sama-sama tidak mau mengalah akan mengakibatkan keributan atau perselisihan. Bernegosiasi haruslah dengan ketenangan, kedamaian, dan suka cita sehingga mendapat keputusan yang adil dan tidak ada yang merasa kecewa ketika pendapat seseorang tidak dipilih.

    Reply

  23. terkadang negosiasi menjadi timpang ketika salah satu oanggota mempunyai rasa yang ia rasa benar dan tidak mau mengikuti pendapat yang lain karena ia mengira hal itu membuatnya merugi oleh karena itu winwin solution sangatlah ampuh dalam menyelesaikan masalah ini dengan mengkombinasikan setiap aspirasi dan mengambil jalur tengahya maka akan membuat kita menjadi sama sama menang tanpa ada bayaran yang berarti

    Reply

  24. Negosiasi bukan saja dengan perusahaan lama dan baru tetapi juga dengan diri sendiri. Banyak teman menasehati agar pindah, karena masa depan lebih baik, tetapi morally dia tidak sanggup menutupi bahwa pertolongan atau hutang budi masuk menjadi bagian negosiasi.

    Reply

  25. negosiasi kata yang tidak asing di telinga karena hampir tiap belanja ibu2 pasti nego hhaha yang saya maksud lebih tepatnya tawar menawar. dalam bernegosiasi sebenarnya itu bertujuan mencari suatu hal yang adil bagi pihak2 yang ber sangkutan.

    Reply

  26. negosiasi itu interaksi sosial saat pihak-pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan.
    negosiasi harus di lakukan dengan sopan dan harus menghargai pendapat lawan yang sedang berbicara kepada kita. dan kita harus siap menerima hasil dari setiap negoisasi yang di hasilkan.

    Reply

  27. Suatu perusahaan pasti berkerja sama dengan perusahaan lain entah menjadi distributor,produsen, maupun konsumen. Dalam menjalin kerja sama pasti ada masalah harga atau barang, dan sebagainya. Dalam mengatasi hal tsb negosiasi cara yang ditempuh untuk mendapatkan jalan terbaik yang saling menguntungkan di kedua belah pihak, sama-sama untung, tidak ada rugi dipihak manapun

    Reply

  28. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 4:15 pm

    Proses interaksi dan komunikasi yang dinamis dan beraneka ragam, mengandung seni dan penuh rahasia, untuk mencapai suatu tujuan yang dianggap menguntungkan para pihak

    Reply

  29. Kita harus sering bernegosiasi, berpikir win win solution yang terbaik, jika kita tidak bernegosiasi secara baik, maka kita tidak akan menemukan win win solution yang baik juga, kita hanya akan mendapat solution saja.

    Reply

  30. Posted by LeonardArden on June 21, 2013 at 4:34 pm

    menurut saya negoisasi di dalam dunia kerja adalah hal yang wajar untuk dilakukan selama kita melakukan hal itu secara benar. Tetapi di dalam kehidupan rohani kita tidak boleh bernegosiasi dengan dosa supaya kita beroleh hidup yang kekal. karena apapun, sebesar apapun, dan sebesar / sekecil apapun sebuah dosa tetap menjadi dosa.

    Reply

  31. Posted by Windiana on March 27, 2014 at 4:31 pm

    Negosiasi secara umum adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak – pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Pentingnya negoisasi karena dengan bernegoisasi semua masalah akan dapat di selesaikan dengan sistem kekeluargaan,

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s