Firman

Firman-Mu, pelita bagi kakiku dan terang bagi langkahku.

Hari sudah sore, sedang padat-padatnya hari senen kemarin, tapi saya meluangkan waktu untuk bertemu dengan Panitia Alkitab Tulis Tangan (ATT) dengan tema Sabda dalam Keluarga, yang akan diluncurkan oleh Umat Gereja Santo Kristoforus. Alkitab yang akan ditulis dengan tangan terdiri dari 47,000 ayat lebih untuk Perjanjian Lama, Perjanjian Baru dan Kitab Deutrokanonika.
Proyek raksasa ini memerlukan dukungan umat, karena boleh dibilang sangat berat, namun memiliki tujuan sangat mulia. Sabda akan berada dalam keluarga dan memberikan sukma baru bagi umat Katolik untuk hidup bersama Firman Tuhan. Firman-Mu, pelita bagi kakiku dan terang bagi langkahku. Melangkah bersama Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) yang memiliki hak patent pencetakan alkitab memberikan semangat tersendiri.
Rapat sore ini memberikan inspirasi bagaimana proses pembuatan Alkitab seperti yabg dijelaskan oleh Direktur LAI Pak Syarifudin dan Direktur Penjemaatan Ibu Erna sungguh bermanfaat bagi pelaksanaan proyek ini.
Firman adalah awal dari segalanya. Demikian ditulis dalam Kitab Suci karena Firman adalah Tuhan sendiri. Berbeda dengan tulisan manusia di mana bisa dibaca dari satu saja, tetapi Firman memiliki dimensi luas sekali seperti menembus baja atau menyelam di dalam kedalaman lautan.
Coba ambil satu perikop kesayanganmu. Bacalah selama tiga kali berturut- turut, kemudian tutuplah Alkitab. Ambilah kertas putih dan tulislah apa yang Anda baca tadi, setelah itu tutuplah kertas putih tersebut, simpanlah selama tiga hari, kemudian bukalah kembali kertas tersebut. Cobalah lihat karya Tuhan selama tiga hari dan lihatlah tulisan Anda di kertas tersebut. Luar biasa dis ana CINTA akan bercerita seribu kali daripada apa yang Anda tulis.
Firman, yang ditulis dalam Alkitab sungguh memiliki kekuatan yang luar biasa. Tiada suatu usaha dari siapa saja yang dapat merobah jalan hidup seseorang. Tidak ada seorang ayah atau ibu yang dapat merobah atau menentukan jalan hidup anaknya. Hanya Firman Tuhan. Firman dapat membuat bahkan menjungkirbalikkan kehidupan seseorang. Dari tidak mengenal Tuhan, menjadi pengawal atau laskar Tuhan untuk membela mati-matian Cinta. Ribuan martir orang suci memberikan saksi, bahwa Firman itu hidup dan berkarya dan tidak henti-hentinya bernyanyi di dalam hati kita.
Pembawa Firman seyogyanya tidak dilihat dari jubahnya, tetapi dari Firman yang keluar dari Tuhan. Setiap membaca dan setiap mendengar Friman, rasakanlah bahwa Tuhan begitu sayang sama kita. Begitu besar cinta-Nya sehingga anak-Nya harus mati di kayu salib. Semoga Firman juga menerangi kehidupan Anda.

25 responses to this post.

  1. saya sangat setuju dengan artikel diatas, kerena dengan baca firman Tuhan kita bisa merasakan bahawa Tuhan begitu sayang kepada kita. Semakin sering membaca firman-Nya semakin sering kita dibukakan mata hati kita akan dunia ini yang begitu kejam. Bukan itu saja, kita bisa merasa memiliki kekuatan dari Tuhan untuk menjalani hidup ini dengan semangat yang tak terpatahkan. Begitu besar kasih Tuhan kepada kita, giliran kita harus mendengarkan perintah-perintah Tuhan untuk menentukan arah yang akan kita jalani didunia ini.

    Reply

  2. saya sangat setuju dengan artikel di atas. jika kita membaca firmannya kita bisa mengetahui kisah” sengsara yesus kristus.
    firman itu bisa memperkuat iman kita.

    Reply

  3. Posted by linda on December 4, 2012 at 3:56 pm

    Firman Tuhan yang selama ini tertulis dalam Alkitab memang sungguh memiliki kekuatan yang luar biasa dan apa nya yang tertulis dalam Alkitab adalah kebenaran yang harus kita percayai karena Firman yang tertulis di Alkitab bukan hanya sekadar bacaan biasa tapi melainkan Firman adalah kabar atau dari Tuhan kepada manusia tentang kebenaran yang Tuhan lakukan dan rencanakan. Jadi, kita boleh menganggap remeh Alkitab adalah hanya buku biasa tapi kita harus percaya pada Alkitab yang berisi Firman itu sebagai pedoman hidup kita dalam menjalani kehidupan.

    Reply

  4. membaca firman Tuhan membuat hati saya merasa teduh, sebab banyak kebenaran dan membuat perkara berat saya menjadi ringan . Firman tentunya menjadi penuntun dalam hidup kita , pelita bagi langkah dan jalan kita. hendaklah kita mengamalkan firman2 Tuhan yang telah Ia sabda kan kepada kita sekalian .
    Banyak membaca firman , maka iman kita akan smakin dikuatkan ! Amin .
    Tuhan Yesus memberkati .

    Reply

  5. firman adalah pelita kaki yang menerangi jalan, kita di ajarkan suatu pelajaran nyata dari bermacam2 nasihat dan kisah para tokoh di Alkitab agar kita dapat berjalan tanpa kegelapan karena firman adalah pelita yang memberi cahaya dan arah kemana kita harus melangkah sesuai dengan kebenaran.

    Reply

  6. Firman Tuhan adalah pernyataan diri dan maksud Tuhan bagi manusia. Lewat firman-Nya yang disampaikan kepada nabi-nabi dan yang diilhamkan kepada rasul-rasul untuk dituliskan dalam kitab suci Alkitab, kita dapat belajar tentang Tuhan dan rancangan-Nya. Bagi kita disingkapkan tentang penciptaan, dosa, kematian, pengampunan, keselamatan, iman, pertolongan semasa hidup, dan lain-lain. Firman Tuhan memberi tuntunan bagi kita untuk menjalani kehidupan yang baik dan yang berkenan kepada Tuhan. Oleh karena itu, firman Tuhan sungguh besar dan dapat membawa kita kejalan yang benar

    Reply

  7. Firman Tuhan adalah kata” yang di sampaikan Tuhan kepada hamba nya untuk mematuhi segala perintah nya dan menjauhi larangan nya.

    Reply

  8. Firman Tuhan adalah makanan rohani bagi umat kristiani
    Firman Tuhan diibaratkan sebagai roti ( orang Yahudi ) yang jikalau kita tidak makan maka kita akan mati
    itulah sebabnya mengapa Firman Tuhan sangat penting dan merupakan kebutuhan rohani yang perlu dipenuhi.

    Reply

  9. firman adalah makanan rohani bagi orang kristen . firman membuat mata rohani kita menjadi kuat dan memiliki iman yang tinggi.firman membuat kita berjalan di jalan yang benar. Firman membuat kita lebih positif dalam berikir,maka dari itu orang kristen harus mengutamakan membaca firman didalam hidupnya

    Reply

  10. bendera bagi sebuah negara merupakan lambang kemerdekaan ,bagi sebuah negara terjajah bendera adalah hal yang ingin meraka capai,banyak pahlawan dan pejuang rela mati untuk sebuah negara dan memperebutkan sebuah bendera bagi negara nya.karena itu kita juga harus memperjuangkan bendera kita di dalam kehidupan kita

    Reply

  11. saya suka dengan artikel ini,,karena dengan kita banyak membaca firman kita akan terbentuk menjadi seorang yang baik dan dengan membaca juga tingkah laku buruk kita akan berubah sedikit demi sedikit karena firman adalah perkataan langsung dari tuhan yang ditulis dalam sebuah kitab

    Reply

  12. firman merupkan suatu pelita yang selalu mengiangtkan kita akan Tuhan. kita harus sering-sering membaca firman agar kita selau dituntun untuk dekat dengan Tuhan. sebab Tuhan befirman “baca firman Tuhan dan lakukanlah dalam kehidupan sehari-hari, maka kita akan diselatkan.” puji Tuhan God bless Us

    Reply

  13. Posted by patricia tangkumahat on December 15, 2012 at 4:55 am

    menurut saya firman itu adalah penolong bagi hidup saya, membaca firman sama dengan kita mendengarkan Tuhan bercerita, firman membuat dan membantu kita untuk lebih memperdalam iman kita dan rasa percaya kita kepada Tuhan.
    rajinlah untuk membaca kitab suci di setiap waktu-waktu kita yang sedang lowong

    Reply

  14. Posted by Eliriani on December 17, 2012 at 2:09 am

    Saya sangat menyetujui artikel di atas karena saya mendapatkan banyak nilai yang terkandung di dalam artikel di atas . Firman Tuhan adalah suara hati Tuhan yang di berikan kepada kita. Tanpa kita sadari sering kali kita membaca firman Tuhan tetapi tidak kita pahami inti dari firman tersebut. Tuhan begitu sangat sayang kepada tetapi kita terkadang lupa akan kasih sayang yang Ia berikan kepada kita. Semakin kita sering membaca firman tuhan maka semakin sering kita mendapatkan kasih sayang tuhan. Kasih sayang Tuhan tak ada duanya yang di miliki oleh orang lain / manusia, dan kasih karunia Tuhan tak terbatas. Di saat kita lemah Tuhan selalu datang untuk mengkuatkan kita dalam menjalani hidup ini. Terkadang kita melangkah dalam kegelapan maka ketika kita membaca firman Tuhan kita akan mendapatkan penerangan saat kita melangkah. Jadi kita harus meluangkan waktu kita sedikit untuk dapat membaca firmannya dan mendengar perintah” Tuhan yang di berikan kepada kita.

    Reply

  15. Firman adalah sabda Tuhan yang memberikan kehidupan bagi orang yang percaya.

    Reply

  16. dengan melakukan firman Tuhan, ia telah membuat pelita nan terang karena semua yang tertulis dalam alkitab membawa kita dalam keterangan sejati, dengan firman kita takan terjatuh karena gelap, kita takan tersesat, semua menjadi terang, semua menjadi indah karena dengan Tuhan disamping kita kita takan terluka karena Tuhan akan menjaga Firman Tuhan adalah kebenaran sejati, tak ada satupun isinya yang menyesatkan dan menyuruh kita untuk berbuat jahat

    Reply

  17. Firman adalah kata2 yang Tuhan sampaikan baik di alkitab ataupun di sampaikan oleh pendeta dan pastor di gereja. Firman juga dapat memberitahu kita mana perbuatan yang baik dan yang jahat dan tidak boleh dilakukan.

    Reply

  18. firman adalah banyak hikmat yang begitu bisa kita ambil untuk kita pelajari dalam kehidupan kita yang Tuhan sudah berikan. firman itu bukan hanya sembrang dibaca dengan seperti buku biasa. tetapi alkitab itu memiliki Kuasa yang beda bila kita baca dengan penuh Hati yang sungguh pada Tuhan.

    Reply

  19. firman adalah sebuah buku pedoman untuk kita bisa mengetahui arah hidup kita kemana nya bagaimana.. dan sebagai penuntun dalam segala masalah.

    Reply

  20. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 4:40 pm

    PRINSIP-PRINSIP DASAR MENAFSIRKAN FIRMAN ALLAH [by samson h] Banyak orang berpikir jika ingin bisa menafsirkan Firman Allah dengan benar ia harus mengikuti pendidikan formal teologia di sekolah teologia. Ini pendapat keliru karena pada kenyataannya tidaklah demikian. Para hamba-hamba Tuhan memang harus mempelajari bagiamana cara menafsikan Firman Allah dengan benar dan memperlengkapi diri menjadi seorang pemimpin, pengkhotbah, pengajar, dan penafsir Firman Allah. Namun sebagai jemaat awam tiap-tiap orang yang telah percaya pada Kristus dan telah berkomitmen membaca dan merenungkan Firman Allah siang dan malam, harus bisa menafsirkan atau mencari arti kata atau kalimat atau maksud dari apa yang direnungkan dan baca.

    Reply

  21. Melalui firman Tuhan, kita dapat mengetahui apa yang Tuhan harapkan dari hidup kita. Firman itu seperti makanan rohani bagi hidup kita supaya iman kita dapat bertumbuh, firman jugalah yang menjadi hakim dalam hidup kita apakah hidup kita sesuai dengan kehendak-Nya atau belum.

    Reply

  22. Posted by Dessy Kristanti on December 20, 2012 at 9:31 am

    Firman adalah sarana kita mengenal Tuhan lebih dekat, tahu akan rencana nya, dan yang dijanjikanNya

    Reply

  23. Posted by martinus on May 21, 2013 at 8:46 pm

    Sangat setujuh banget dengan artikel di atas kalau firman Tuhan adalah plita bagi kaki ku terang bagi jalan ku. Firman merupakan makan rohani buat kita sebagai manusia kita tidak cukup mdengan makanan jasmani tapi kita perlu isi dengan makanan rohani seperti firman Tuhan karena firman Tuhan adalah perkataan Tuhan itu sendiri tapi ketika kita membaca firman Tuhan dan kita ga melakukan firman Tuhan itu sama saja boonk karena firman Tuhan bukan hanya di baca tapi kita harus melakukannya juga. Belajar mau membentuk hati kita menjadi hati yang mempunyai tanah yang subur supaya ketika kita membaca firman Tuhan itu benih-benih yang kita dapatin menjadi bertumbuh, berakar, dan berbuah supaya kita juga menjadi pelaku firman Tuhan dan menjadi garam dan terang dunia supaya nama Tuhan di permuliakan.

    Reply

  24. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 1:07 pm

    saya suka dengan artikel ini.dari mana kita tahu kisah tuhan jesus jika tidak melalui firmam-firmannya.

    Reply

  25. Jadikanlah Firman sebagai makanan sehari-hari bagi roh kita.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: