Angka

Sembilan angka yang sempurna, di kali berapapun jumlahnya tetap sembilan
4 x 9 = 36 (3+6=9)
9 x 9 = 81 (8+1=9)

Angka menjadi simbol setiap kehidupan. Ada yang menyebut sebagai lambang, tapi ada juga yang menjadikan tumbal. Ada yang menulis jadi makna atau arti, tapi yang pasti angka menjadi bagian dari hidup manusia.
Menurut hasil penelitian para ilmuwan apapun di dunia ini bisa dijadikan angka dan angka yang paling mudah adalah digital 0 dan 1 (binary), baik film, foto, suara apa saja bisa didigitalisasi, termasuk percobaan pengiriman data 3 dimensi.

Dalam sebuah seminar teknologi di Singapura tahun 1998, diputarlah film Star Treck, tentang transformasi 3 dimensi sampai manusia. Saya pikir ide ini bisa mengatasi kemacetan di kota Jakarta, karena ke mana-mana kita tidak pake mobil. Semua pakai lift saja. Lalu dalam seminar tersebut juga dipertunjukkan bagaimana teknologi itu berkembang dan maju pesat sekali pada periode 10 tahun terakhir.
Jika Anda naik pesawat, jangan kaget begitu masuk cockpit, anda melihat pilot dan co pilot tidur nyenyak, karena semua menggunakan auto pilot dengan sensor digital. Jadi, selain auto pilot ada warning system yang mengawasinya. Juga ada voice automatic yang membuat laporan perjalanan pesawat yang direkam di black box.
Perusahaan saya mengoperasikan kapal laut walaupun teknologi tidak secanggih pesawat, namun security system sudah sangat tinggi. Kami sudah menggunakan Navtex (Navigation teletext), EPIRB, GPS (Global Positioning Satelite) dan alat-alat canggih seperti APS (Auto pilot System) namun secara manual kami masih pakai Gyro Compass, Radio SSB, FM dan radio komunikasi, telepon satelite dan juga BBM (kalau ada signal)

Wahyu 13:18 menyebut 666. Yang penting di sini adalah hikmat. Barang siapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia dan bilangannya ialah 666.

NASA, mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendigitalisasi bau-bauan dan mentransfer melalui data yang didigitalisasi. Saya sendiri menerima Surel tentang proses teknologi digital dimana semua komputer nanti tidak perlu dalam bentuk fisik, semua dalam bentuk instruksi voice. HP tidak ada lagi karena kita bisa bicara jarak jauh tanpa modul, kirim gambar, fax surat semua sudah dalam digital,

Aku suka angka 8. Nomor HP aku penuh dengan angka 8. Aku anak nomor 8. Waktu sekolah SD aku nomor 8. SMA nomor 8 bahkan kuliah nomor urutku 88. Lahir tahun 58, tanggal lahirku 1 Juni atau bulan 8 tanggal 8 imlek. Di kantor digitalisasi karyawan nomor aku 8, mungkin kebetulan tetapi melihat 8 aku suka sekali.

Tuhan memberikan manusia pengetahuan melalui angka-angka. Kelak sudah tidak ada huruf, tidak adalagi bahasa, tidak ada lagi tulisan karena semua diganti angka, karena angka mudah dikenal dan mudah dimengerti.
Bagaimana kita mengenal Tuhan melalui angka, tentu saja kita menentukan bahwa begitu kita dibaptis, kita sudah menjadi keluarga Allah. Bapa kita di surga dan saudara kita yang sulung selalu mendampingi kita adalah Yesus Kristus.
Sungguh indah bahwa angka berapapun Tuhan menaunginya. Ada lagu KB bunyinya demikian :
Satu, Tuhan kita
Dua, mata kita
Tiga, Ayah ibu anak
Empat, roda mobil
Lima, pancasila
Enam, hari sekolah
Tujuh, ke Gereja
Delapan, kaki laba laba
Sembilan angka sempurna
Sepuluh, perintah Allah

Tuhan begitu sayang sama kita umat-Nya, sehingga Ia memberikan tanda-tanda Angka yang berguna sekali buat kehidupan kita.

16 responses to this post.

  1. setiap angka memiliki arti yang berbeda-beda. Semua orang bisa mengerti angka. Tetapi penggunaan angka juga tidak sembarang orang bisa memahaminya dengan mudah. Harus ada orang yang mengajarkan dan membimbing supaya mengerti bahwa didalam angka tersebut memiliki arti yang menarik.

    Reply

  2. angka itu memang memiliki banyak arti. bisa itu angka keberuntungan bisa juga itu angka kegagalan. Tuhan memberikan manusia pengetahuan melalui angka-angka. Kelak sudah tidak ada huruf, tidak adalagi bahasa, tidak ada lagi tulisan karena semua diganti angka, karena angka mudah dikenal dan mudah dimengerti.
    Bagaimana kita mengenal Tuhan melalui angka, tentu saja kita menentukan bahwa begitu kita dibaptis, kita sudah menjadi keluarga Allah. Bapa kita di surga dan saudara kita yang sulung selalu mendampingi kita adalah Yesus Kristus.

    Reply

  3. kalau mendengar angka yang ada di pikiran saya adalah matematika,memang betul angka itu memiliki banyak arti,dan angka juga dapat dikatakan sebagai lambang,tuhan memberikan manusia pengetahuan melalui angka-angka,sungguh indah angka berapapun tuhan menaunginya,tuhan begitu sayang kepada umatnya,dengan cara memberikan angka-angka yang berguna bagi kehidupan.

    Reply

  4. Posted by linda on December 4, 2012 at 3:44 pm

    menurut saya adalah suatu keajaiban di mana karena adanya angka maka kita bisa berhitung dan mengkalkulasikan segala hal. Saya merasa angka sungguh ajaib setelah membaca artikel di atas bahwa nanti disaat tidak ada huruf, tidak ada bahasa tetapi hanya angka yang bisa tetap membuat segala komunikasi tetap berjalan. Angka memiliki banyak fungsi yaitu punya fungsi berhitung dan juga berfungsi memberikan penilaian. Saya cukup takjub akan kenyataan bahwa segala hal yang ada di dunia ini dapat di nyatakan dalam angka.

    Reply

  5. Ternyata angka mempunyai arti yang sangat unik seperti yang tertulis pada artikel diatas. Angka terlihat sederhana tapi sesungguhnya mempunyai peran yang sangat besar dalam hidup ini.
    Tanpa angka, manusia tidak akan bisa berhitung dan mempunyai pengetahuan,
    Tanpa pengetahuan, manusia tidak bisa mendapatkan pekerjaan,
    Tanpa pekerjaan, orang-orang tidak mempunyai uang, angka merupakan salah satu unsur terpenting dalam uang,
    Tanpa uang, kita tidak bisa membeli apa-apa, terlebih makanan dan minuman,
    Tanpa adanya makanan dan minuman, manusia tidak akan dapat bertahan hidup,
    Tanpa manusia, maka seluruh muka bumi akan terasa hampa dan mati.
    Oleh karena itu, angka adalah hal yang terpenting dalam hidup setiap manusia

    Reply

  6. angka suatu hal yang amat unik , dia senang dimainkan dan penuh berjuta misteri mengenai angka dan asal usulnya ..
    angka menjadi satuan dalam berbagai hal, seperti mata uang, satuan berat , dan sebagainya .
    angka mudah sekali kita jumpai , tanpa angka mungkin kita akan buta akan kuantitas ,
    saya sendiri menyukai angka 7, sampai nomor hp pun banyak angka tujuhnya , sebab banyak orang berkata bahwa 7 adalah angka sempurna ..

    Reply

  7. Angka. Saya kurang suka angka.. karena ada angka, ada matematika di sekolah. Hahaha.
    Well angka memang membawa peranan penting dalam kehidupan manusia, karena hampir semuanya memerlukan perhitungan matematis. Perhitungan matematis tidak bisa dilakukan jika tidak ada angka.

    Reply

  8. angka ? pasti orang langsung membayangkan matematika. banyak yang tidak suka angka karena banyak orang yang kurang suka dengan matematika
    menurut feng shui, angka itu memiliki arti dan makna nya masing-masing

    Reply

  9. angka merupakan satuan hitung ,namun menurut fengshui setiap angka itu memiliki sebuah arti misalnya angka 4 dan 13 yang diketahui adalah angka mati menurut orang cina namun kalau di jepang angka 9 lahh yang berarti kesialan,,setiap budaya memiliki arti masing masing,,
    namun sebenarnya setiap angka di dunia ini adalah baik karena dari semuanya itu tuhan lahh yang menciptakan sehingga tidak ada kata baik dan buruk

    Reply

  10. Angka mempunyai banyak arti angka membawa pada keberuntungan, angka matematika dan angka kehidupan kita.
    Dalam kehidupan ada namanya angka menjalani hidup seberapa banyak kita melakukan sesuatu yang buruk dan baik tidak dapat dihitung dengan angka. Tetapi kita dapat menhitung angka dalam memenuhi kebutuhan.

    Reply

  11. Posted by patricia tangkumahat on December 14, 2012 at 9:07 am

    angka di mata setiap orang mempunyai makna dan arti masing-masing,
    pasti ada yang tidak suka dengan angka karena pasti berhubungan dengan matematikašŸ˜€

    Reply

  12. Posted by chelmizjel on December 16, 2012 at 2:16 pm

    angka = buat pusing bila dlm arti matematika

    Reply

  13. Posted by Eliriani on December 17, 2012 at 2:36 am

    Angka mempunyai pengertian masing-masing yang sudah sering kita gunakan dan sering kita pakai dalam kehidupan kita. Angka itu sebenarnya bagus semua, ada berkata bahwa angka 3 itu adalah angka kegagalan. Tetapi Tuhan tidak pernah memberitahukan bahwa angka 3 itu adalah angka kegagalan. Menurut alkitab itu semua angka itu tidak ada kegagalan dan tidak keuntungan . Semua angka bagus menurut Nya. Angka kegagalan hanya di buat menurut keyakinan kita sendiri mungkin saat kita sedang gagal dan mungkin angka tersebut muncul maka kita menyebutkan bahwa angka itu adalah angka kegagalan. Dan Angka keberuntungan hanya di buat menurut keyakinan kita sendiri saat kita berhasil maka angka itu muncul dan kita menyebutnya dengan angka kberuntungan. Angka itu sebenarny mudah di mengerti oleh banyak orang dan mudah di ingat oleh banyak orang.

    Reply

  14. angka berfariasi bentuknya, angka juga memiliki beberapa fungsi, menghibur dan mendidik, salah satu contohnya adlah matematika, dalam matematika fungsi angka adalah mendidik, tp dalam permainan sudoku, angka dapat berfungsi sebagi media hiburan

    Reply

  15. Posted by charakitti on December 18, 2012 at 1:35 pm

    saya sangat setuju dengan kata iniSungguh indah bahwa angka berapapun Tuhan menaunginya. Ada lagu KB bunyinya demikian :
    Satu, Tuhan kita
    Dua, mata kita
    Tiga, Ayah ibu anak
    Empat, roda mobil
    Lima, pancasila
    Enam, hari sekolah
    Tujuh, ke Gereja
    Delapan, kaki laba laba
    Sembilan angka sempurna
    Sepuluh, perintah Allah
    Tuhan begitu sayang sama kita umat-Nya, sehingga Ia memberikan tanda-tanda Angka yang berguna sekali buat kehidupan kita. deng kata itu kita kita menakarin kasih sayang kita

    Reply

  16. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 4:30 pm

    Sejumlah adalah objek matematika yang digunakan untuk menghitung dan mengukur . Sebuah simbol notasi yang mewakili sebuah angka yang disebut angka tapi umum digunakan , jumlah kata bisa berarti objek abstrak , simbol , atau kata untuk nomor tersebut .

    Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2200018-pengertian-angka/#ixzz2FW4DLsUP

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: