Legenda

Menurut legenda dunia itu terjadinya karena mimpi seorang dewi.

Menurut beberapa pendapat memang legenda itu adalah perpaduan antara sebuah fantasi dan imaginasi dengan tradisi. Legenda itu menginspirasi para pujangga untuk menulisnya, baik dalam kisah tertulis maupun kisah turun temurun.
Legenda yang paling banyak ditulis adalah tentang cinta dan disusul persahabatan, keluarga, pendidikan dan kebudayaan.
Malam kemarin, aku melihat bintang jatuh, tanpa kusadari hatiku berseru memohon agar aku selalu bahagia. Kepercayaan orang tua-tua dulu bila melihat meteor jatuh, boleh minta apa saja. Sementara kalau ada yang bersin, pasti terucap God bless you. Yang lucu lagi kalau lepas gas, cepet-cepet pegang dompet. Kalau lihat pelangi cepat bilang anakku mau mirip dewi-dewi yang lagi turun mandi.
Kalau gigi bawah copot, ambil lalu buang di atas genteng dan sampaikan cita-citamu. Ada legenda tentang mimpi. Mimpi seperti digigit ular paling seru karena segera dapat jodoh. Arti mimpi banyak sekali ditulis. Saya suka sekali kalau ada kupu-kupu masuk rumah, karena pasti ada tamu.
Legenda yang menarik sekali tentang kebetulan. Jumat malam lalu saya janji makan malam dengan para pimpinan Bank BNI di Cafe Bakerzin, Plasa Senayan. Bersama saya ikut juga Pak Sutadi yang kami panggil Pak Boss. Dalam cerita investasi, pihak Bank BNI membiayai sebuah perusahaan milik Pak Bambang, Putra Jendral Gatot Subroto. Para pimpinan bank itu berusaha untuk bertemu dengan Pak Bambang, tetapi segala usaha belum berhasil.
Yang terjadi kemudian luar biasa sekali. 20 menit setelah kami bicara ternyata beliau ada di depan Cafe itu. Luar biasa! Legenda mengatakan bahwa kebetulan itu tanda cinta. Demikian juga berbicara tentang jodoh dan asmara cinta. Di mana dewi dan dewa sudah siap dengan panah asmara, jadi siapa yang terpanah tidak bisa lepas dari jodohnya.
Semalam saya menikmati legenda Boneka Teddy Bear yang hidup di Premiere Emporium bersama teman romo. Film jenaka ini diangkat dari legenda Indian dan perpaduan kehidupan modern tentang cinta. Legenda itu memberikan inspirasi Sutradara Graft membuat TED yang cukup menarik untuk ditonton (khusus Orang dewasa).
Legenda Romeo dan Juliet, Sampek Engtay, Ande Ande Lumut dan Klenting Kuning, Sangkuriang, Dayang Sumbi, White Snake Legend dan banyak sekali. Legenda tentang cinta dan kekuatan cinta sangat dominan dan bisa membuat perubahan drastis dalam kehidupan manusia. Memang bagi orang tertentu tidak terlalu menarik melihat legenda, tetapi buat kehidupan rohani, legenda-legenda sangat mengikat terutama tradisi-tradisi dan kebudayaan.
Malam ini mari kita makan Tion Cu Pia (moon cake) Tanggal 15 bulan 8 (peh gwee cap go) kue bulan wajib dibagikan ke keluarga dan dimakan bersama. Menurut legenda makan kue bulan sama dengan menerima berkat kebahagiaan. Hampir semua legenda mengajarkan tentang kebaikan, cinta kasih dan mengajak kita hidup bahagia, damai sejahtera dan sukses.

13 responses to this post.

  1. saya sangat setuju dengan artikel diatas,legenda adalah perpaduan antara sebuah fantasi dan imajinasi dengan tradisi.selain itu legenda juga mengajarkan tentang kebaikan,cinta kasih,serta mengajak kita hidup bahagia,damai sejahtera dan sukses.menurut saya legenda hanya imajinasi seseorang dan saya antara percaya dan tidak percaya,karena legenda ini ada yang menjadi kejadian.

    Reply

  2. legenda juga rupanya menghadirkan kebaikan . meskipun saya tidak percaya sepenuhnya kepada legenda , namun saya masih boleh mendengarkannya . legenda sendiri adalah cerita asal usul suatu objek yang merupakan khayalan atau fantasi yang dibuat manusia belaka .
    Saya setuju dengan kata bahwa legenda mengajarkan tentang kebaikan, cinta kasih, dan mengajak kita hidup bahagia , aman sejahtera damai, dan sukses ..
    Tuhan Yesus memberkati🙂

    Reply

  3. Saya setuju dengan artikel diatas, legenda memang sangat mengikat dalam hal tradisi dan kebudayaan. Hal tersebut akan membuat kita selalu ingat asal muasal dari mana kepercayaan yang sarat akan tradisi dan budaya itu tumbuh dan berkembang dikalangan masyarakat. Legenda merupakan akar dari cerita maupun menjadi alasan dari kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan hingga saat ini.

    Reply

  4. Posted by linda on December 5, 2012 at 3:54 pm

    Legenda adalah sebuah cerita tentang asal usul suatu hal mengapa demikian bisa terjadi. Legenda adalah cerita yang melekat dari tradisi dahulu kala yang di percaya menceritakan sebab-sebab mengapa hai itu dapat terjadi. Rata-rata legenda mengajarkan atau menceritakan kita tentang kebaikan dan legenda memang bisa di bilang antara percaya atau tidak percayan dalam hal kenyataan nya tapi yang pasti legenda memberikan nasehat agar kita bisa menjadi lebih baik. Terkadang juga legenda di jadikan suatu kepercayaan yang berlebihan bagi masyarakat yang masih berpikir secara tradisional sehingga legenda menjadi doktrinasi atau paradigma hidup yang berlebihan yang di tanamkan dalam hidupnya. Padahal, sesungguh nya legenda membuat kita bisa lebih mengoreksi diri untuk menjadi diri yang lebih baik.

    Reply

  5. legenda sering kali dikaitkan dengan hal2 kepercayaan yang tidak masuk akal tetapi kita tanpa sadar juga percaya dengan legenda tersebut, sayapun terkadang masih mempercayai legenda2 yang ada, karena bagi saya itu sebuah cerita yang menarik yang tidak membuat kita bosan.

    Reply

  6. hidup kita ini seperti legenda ,kadang banyak orang ingin mengetahui legenda di dalam hidupnya.bagaimana masadepan nya ,atau apa yang akan terjadi di hidupnya kelak,legenda bagi beberapa orang merupakan kenyataan tappi bagi sebagian orang legenda itu hanya imajinasi dan khayalan semata, legenda didalam hidup ini pastilah membuat hidup kita lebih berwarna tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya

    Reply

  7. legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai “sejarah” kolektif.

    Reply

  8. legenda merupakan kisah di masa lampau yang terkadang di jadikan kepercayaan oleh masyarakat, atau kisah yang terjadi di suatu daerah sehingga menjadi mitos tersendiri.

    Reply

  9. Saya setuju dengan artikel diatas yang mengatakan bahwa legenda berasal dari fantasi dan budaya budaya di masing masing daerah yang berbeda,,seperti halnya malin kundang
    Nanum di balik cerita legenda tersebut terkandung moral baik yang patut untuk di contoh,misalnya tidak boleh durhaka kepada orang tua

    Reply

  10. saya sangat setuju dengan artikel diatas,legenda adalah perpaduan antara sebuah fantasi dan imajinasi dengan tradisi.selain itu legenda juga mengajarkan tentang kebaikan,cinta kasih,serta mengajak kita hidup bahagia,damai sejahtera dan sukses.menurut saya legenda hanya imajinasi. Oleh karena legenda ini ada yang menjadi kejadian. oleh sebab itu kita harus mempercayai sebagian legenda yang ada khusus nya di Indonesia.

    Reply

  11. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 4:36 pm

    Legenda (bahasa Latin: legere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai “sejarah” kolektif (folk history). Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Oleh karena itu, jika legenda hendak dipergunakan sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah, maka legenda harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yang mengandung sifat-sifat folklor

    Reply

  12. Menurut saya, legenda hanyalah sebuah sejarah yang tidak dapat diyakini kebenarannya. Namun, yang terpenting untuk kita pelajari dari sebuah legenda adalah nilai moral yang dapat kita ambil. Nilai moral itu selalu berpesan yang baik untuk kita lakukan dalam hidup kita. Jadi, tidak begitu penting apakah legenda itu pernah terjadi atau tidak, yang terpenting adalah nilai moral yang disampaikan oleh legenda itu.

    Reply

  13. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 1:03 pm

    lagenda adalah suatu imajenasi yang kuat yang terkolaborasi dengan tradisi.asal muasal nenek moyang kita dapat kita ketahui lewat legenda.
    legenda juga banyak mengajarkan kita tentang cinta kasih,kesederhanaan kebaikan dan sifat sifat yang di cintai tuhan jesus.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: