Rokok

Merokok dapat menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi dan Gangguan Kehamilan dan Janin.

Minggu lalu tepatnya sore hari, urusan menghadiri acara perkawinan menjadi agenda rutin buat saya dan istri, bahkan kadang-kadang kelabakan mengatur waktunya. Yang menjadi konsern kalau undangan diantar sendiri atau ada permintaan jadi saksi atau menjadi penasehat perkawinan.
Sore hari saya dan istri harus menghadiri pesta perkawinan di sebuah hotel. Pernikahan putri seorang sahabat. Di sana bertemu dengan teman-teman. Saat kami asyik mengobrol ada yang bilang bahwa sayang di sini tidak ada ruang merokok. Smoking room memang tidak ada. Saya bercanda mungkin perlu helm atau topi kaca gaya astronot agar bisa merokok tanpa mengganggu orang-orang di sekitar kita.
Ternyata ketiadaan kesempatan merokok menjadi siksaan berat bagi perokok dan juga menjadi penghalang sumber suka cita yang sedang di alami.
Hampir semua hotel sudah tidak bisa merokok, kecuali kalau ke Lagoon Tower, Hotel Sultan. Anda bebas merokok di seluruh lobby dan beberapa restoran di dalamnya.
Warning! Rokok sangat berbahaya. Di Singapora bungkusan rokok ditambah gambar orang kena kanker diwajahnya yang sangat mengerikan. Iklan menakut-nakuti ini rasanya tidak membantu karena biaya iklan rokok jauh lebih menarik apa lagi iklan “Shirt” dari persaingan A Mild, U Mild dan X Mild.
Seperti cerita seorang pastor yang jengkel karena tempat parkirnya selalu diisi oleh umat. Walaupun sudah ditulis ”Dilarang Parkir”. Minggu berikutnya ada ide di tempat parkir itu tertulis ”Parkir Khusus Pastor”, tetapi tetap saja diisi umat. Lantaran kehabisan akal, hari Minggu berikutnya sang pastor ambil papan agak besar dan ditulis “Yang parkir di sini, silahkan pimpin Misa”! Ternyata berhasil. Tidak ada lagi orang yang berani parkir di situ.
Rokok memang ibarat pisau bermata dua. Satu sisi bisa meracuni, satu sisi bisa menghasilkan pajak besar buat pemerintah. Sedangkan dari sisi pemakai, sudah tidak peduli kesehatan dan sudah tidak peduli pemerintah. Bahkan ada yang bilang : “Sahabatku yang paling setia adalah rokok”! Nah, kalau begini jadi repot juga. Di Asia pertumbuhan perokok sangat besar, terutama wanita yang meningkat signifikan. Perokok pria jumlah tetap bahkan menurun.
Rokok pasti merusak kesehatan. Ada yang mengatakan merokok sebatang memperpendek umur dua menit. Sebaliknya, ada yang mengatakan merokok itu release stress sehingga sebatang rokok memperpanjang usia 3 menit. Jadi, kalau kita hitung-hitung tetap masih untung 1 menit.
Saya sendiri ROMANTIS ( kalau merokok maunya gratis/atau minta-minta). Dalam perjumpaan saya dengan 3 sahabat perokok berat.
Pertama, perokok tidak mau dipaksa atau disuruh berhenti, sampai sekarang maunya merokok, dan sudah 40 tahun merokok. Kedua, perokok berat berhenti merokok karena harus by pass jantung. Ketiga, perokok yang sakit jantung, dilarang merokok lalu mendapat mujizat di Lourdes. Setelah pulang merokok lagi. Katanya bahwa Tuhan sudah sembuhkan dirinya mengapa saya tidak percaya.
Penjualan rokok dari tahun ke tahun meningkat terus, khususnya di Indonesia. Tiga peringkat orang terkaya di Indonesia diduduki produsen Rokok, yaitu Gudang Garam, Jarum dan Sampoerna, disusul Bentul, Wismilak, Grendel, Upet, Marlboro, 555, Dunhill, dan Ardath.
Kehidupan kita sepertinya ada beberapa hal yang mirip dengan rokok. Apakah itu? Pikiran kita sendiri. Adakalanya pikiran membuat kita bahagia tetapi di sisi lain ia bisa merongrong jiwa dan raga kita. Pikiran kotor sangat berbahaya. Kendati demikian pikiran kotor jadi komsumsi menyenangkan bagi manusia seperti : marah, benci, gosip, iri hati, dan cemburu. Misalnya, kemarahan kadang memang bisa membuat kita puas, tapi apakah yang terjadi dengan kemarahan itu? Dampak dari kemarahan bisa membuat amburadul hubungan kita dengan orang lain.
Tuhan bersama-Mu, semogo rokok dalam jiwa kami berubah menjadi suka cita yang berguna bagi orang lain.

20 responses to this post.

  1. Saya setuju dengan artikel anda.
    Rokok dapat merusak kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian.
    Tetapi saya juga heran, kenapa banyak orang masi mau menghisap rokok? Padahal pada bungkus rokok terdapat peringatan “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, Impotensi dan gangguan kehamilan dan Janin.”
    Rokok juga dapat menimbulkan ketergantungan pada penggunanya. Oleh sebab itu jangan sekali-kali mencobanya, karena akan menyebabkan ketagihan.

    Reply

  2. Saya setuju dengan artikel diatas karena merokok dapat merusak kesehatan diri sendiri dan orang yang berada disekitar kita menjadi terganggu dengan asap rokok tersebut. Saya sangat berharap agar didunia ini dilarang merokok disembarangan tempat, merokok ada satu tempat khusus yang merokok saja agar asap rokok tersebut tidak mengganggu lingkungan sekitarnya.

    Reply

  3. saya sangat setuju dengan artikel di atas karena rokok itu membawa penyakit, membahayakan di dalam tubuh kita senidri.
    kenapa di singapura bungkus rokok di beri gambar tengkorak. tetapi orang-orang masih saja lalai menghisap rokok.
    makanya kita jangan pernah mencoba namanya rokok. berusahalah menolak dari orang lain yang mencoba memberikan rokok kepada anda. percayakan diri anda pasti akan sehat dan bebas dari rokok

    Reply

  4. rokok itu tidak sehat dan akan membawa banyak penyakit bagi tubuh kita. meskipun di bungkusannya rokok ada tulis “merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, Impotensi dan gangguan kehamilan dan Janin.” tapi perokok sekarang ini tetap aja masi ga berkurang-kurang mala bertambah banyak.

    Reply

  5. Rokok memang membahayakan bagi kesehatan, namun demikian masih banyak orang yang merokok hanya karena berbagai macam alasan. Sama seperti hati kita, rokok yang ada didalam diri kita sebaiknya segala macam polusi ataupun hal yang jika lakukan dapat merugikan orang lain dapat kita singkirkan. Pikiran kotor seperti marah, benci, gosip, iri hati, dan cemburu dalam diri selain dapat merugikan orang lain juga akan berdampak bagi kita sendiri, salah satunya adalah merusak hubungan kita dengan orang yang berada disekitar kita.Oleh karena itu belajarlah untuk memadamkan api rokok yang masih ada didalam diri kita untuk menjaga hati kita agar tetap bersih.

    Reply

  6. memang rokok sangat berbahay untuk kesehatan, walaupun sudah diperingatkan tetapi kita masih bisa terus merokok. keinginan manusia sangat sulit untuk dikendalikan, kecanduan yang membuat orang sulit melepaskan dari rokok. zaman sekarang bukan saja pria yang merokok tetapi juga wanita. bagi wanita sangat mempengaruhi pada rahim dan juga organ tubuh yang lainnya juga. jika pikiran yang sudah negatif maka akan terus menerus akan negatif, hal itu yang membuat sulit di lepaskan seperti perokok berat.

    Reply

  7. rokok adalah barang yang dapat menyebabkan manusia meninggal. bukan haya perokok yang dapat merokok. namun orang yang berada disamping si perokok pun bisa meninggal karena menghirup asap rokok yang dihembuskan oleh si perokok. jadi stoplahmerokok jika tidak ingin meninggla dan membunuh orang lain.

    Reply

  8. Merokok membahayakan bagi hampir semua organ tubuh, menimbulkan banyak penyakit dan memengaruhi kesehatan perokok secara umum. Bila Anda berhenti merokok, manfaatnya dapat Anda rasakan secara langsung maupun jangka panjang, bagi Anda maupun orang-orang yang Anda cintai.

    Reply

  9. Posted by chelmizjel on December 16, 2012 at 2:36 pm

    rokok, banyak sekali yang doyan hmm

    Reply

  10. seorang perokok akan mengalami ketergantungan karna di dalam rokok terdapat zat yang berbahaya salah satunya zat nikotin. asap rokok akan mengakibatkan kerusakan pada saluran pernapasan, paru – paru lambat laun akan mengalami kerusakan. sehingga mengakibatkan sesak nafas, batuk – batuk, dll.
    ” rokok itu sangat berbahaya “

    Reply

  11. merokok sangat berbahaya dan lebih terkesan sangat negatif bagi tubuh kita . karena merokok menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak bagus yang sehingga mengakibatkan kerusakan dalam organ tubuh manusia.

    Reply

  12. Merokok sama aja meracuni diri kita sedikit demi sedikit. Rokok berbahaya karena mengandung zat-zat kimia didalamnya. Dalam setiap bungkus rokok pasti ada tulisan “Merokok dapat menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi dan Gangguan Kehamilan dan Janin.”,namun namanya sudah ketagihan mana mungkin menghiraukan tulisan seperti itu lagi. Selain itu rokok juga membuat orang lain terganggu (perokok pasif) bahkan dampak nya lebih besar dari perokok aktif.

    Reply

  13. Saya menjadi jengkel bila berbicara mengenai perokok. Saya sungguh heran dengan mereka, sebab mereka sudah tahu bahkan melihat akibat bahayanya dari merokok. Tapi mereka tetap saja melanjutkan merokok, mereka tidak menghargai tubuh mereka. Mereka malah membiarkan tubuhnya semakin dirusak oleh rokok kian hari, selain itu tanpa sadar mereka telah membawa dampak buruk bagi orang-orang yang ada di sekitar mereka karena ikut menghirup asap dari rokok yang juga berbahaya bagi kesehatan.

    Reply

  14. Menurut saya, rokok memiliki banyak dampak buruk bukan hanya bagi penggunanya saja, melainkan juga orang yang menghisap asap dari rokok tersebut. Akan tetapi, bagi pengguna rokok yang kecanduan, rokok bagaikan penyelamat mereka. Mereka bisa mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan dari rokok. Padahal begitu banyak zat-zat berbahaya didalam rokok. Itu bisa saja menyebabkan penyakit bahkan kematian. Namun, sampai saat ini pengguna rokok masih saja meningkat. Kenapa begitu banyak orang membakar uang mereka untuk rokok? Sangat sulit mencari uang. Semoga saja orang yang merokok mencoba berhenti dan tidak ada yang mau mencoba merokok.

    Reply

  15. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 12:18 pm

    Rokok dapat memberikan dampak buruk bagi manusia yang merokok maupun tidak.. Karena orang yang tidak merokok tetapi berada disebelah orang yang merokok juga akan terkena dampaknya.. Kenapa pemerintah tidak menutup adanya rokok di dunia ini.. Karena rokok sangat berbahaya.

    Reply

  16. Padahal setiap orang tau , dampak bahaya dari merokok. Tapi, entah mengapa kebanyakan orang mengabaikan hal itu, dan tetap melanjutkan rokoknya. Sebanyak itu uang yang di keluarkan hanya untuk rokok. Bayangkan jika, tidak merokok itu, sudah banyak uang terkumpul hingga saat ini.

    Reply

  17. Posted by Melisa / 02PNM / 1601232166 on June 16, 2013 at 2:08 pm

    Menurut saya, rokok sangatlah berbahaya. Pertama, berbahaya untuk diri sendiri karena dapat menyebabkan bahaya kanker, serangan jantung hingga kematian. Kedua, asap rokok juga tidak baik untuk perokok pasif. Menurut survei, perokok pasif lebih cepat mati dibandingkan perokok aktif. Dan juga asap rokok yang sangat mengganggu bagi masyarakat. Jadi, budayakanlah hidup sehat tanpa rokok untuk melindungi diri sendiri dan juga orang lain.

    Reply

  18. Posted by Defreia on December 5, 2013 at 3:49 pm

    Rokok adalah salah satu benda yang tidak memiliki keuntungan dan manfaat sama sekali, tidak ada satu hal positif dan keuntungan dari rokok. Merugikan. Sangat sangat merugikan.

    Reply

  19. Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. perokok pasif justru lebih berbahaya daripada yang aktif. tetapi bukan berarti perokok aktif lebih baik. jadi coba lakukan banyak hal baik, daripada menghabiskan uang untuk membeli rokok.

    Reply

  20. Ada kelebihan dan kekurangan dalam segala hal yang dilakukan sama kita, seperti hal ini, kelebihan dari rokok tersebut adalah memberikan lingkungan kerja sehingga mengurangi penangguran dan meningkatkan produtivitas masyarakat dan negara. Berlawanannya yaitu kekurangan adalah penurunan tingkat kesehatan pada masyarakat kita terutama para generasi muda yang sudah mulai merokok pada umur yang masih muda. Hanya di Indonesia yang memperbolehkan iklan rokok di spanduk,baliho, media majalah,koran bahkan sampai masuk ke media elektronik seperti TV. Turut memprihatinkan, namun pada sisi yang lain, pabrik dan perusahaan rokok merajalela ekonomi dasar negara kita dan sekaligus merupakan tempat kerja bagi orang-orang Indonesia lainnya.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: