Olah Raga

Pon XVII Pekan Baru Riau membangun bangsa yang berprestasi melalui olah raga.

Minggu pertama bulan September 2012, mata kita melirik ke kota Pekan Baru, Riau Daratan. Agenda PON XVII tanggal 9-20 September 2012 cukup padat, belum lagi tersisa kontroversial seputar pembangunan sarana dan prasarana, juga masalah organisasi, juga para atlit yang mengikuti.
Yang menarik adalah pidato Bapak Gubernur yang mengatakan bahwa olah raga itu sudah bukan urusan pribadi, melainkan urusan negara, karena bangsa yang tidak berolah raga cermin rakyat yang tidak sehat.
Di Jepang dan Korea, senam pagi di sekolah adalah wajib. Di Indonesia semasa aku SD dan SMP setiap hari ada senam pagi. Saat SMA juga masih ada tapi lama-lama lupa dan saat kini sudah tidak ada lagi. Sekolah SD sekarang masih ada tapi sudah masuk kurikulum olah raga. Hal olah raga dianggap sudah urusan pribadi jadi tidak perlu diatur. Sebaliknya negara membutuhkan rakyat yang sehat.
Di Kota Pyong Yang, Korea Utara, ada gerakan 10 ribu langkah setiap hari. Maksudnya agar orang setiap hari dianjurkan banyak jalan kaki. Kalau di luar negeri jalan kaki sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Di Jakarta, jalan kaki artinya mempertaruhkan nyawa, keselamatan dan kesehatan. Mengapa? Jakarta tidak memiliki trotoir yang memadai, pengemudi kendaraan tidak menghormati pejalan kaki dan polusi. Kalau di Singapura, sekalipun lampu lalu lintas sudah hijau, tetapi masih ada pejalan kaki, maka mereka tetap berhenti atau kalau ada orang mau menyebrang jalan, maka pengemudi berhenti mempersilahkan pejalan kaki menyebrang bahkan memberikan senyum tersendiri. Kalau di Australia punya kisah sendiri. Mr. Malcom Fraser, membiasakan diri jalan kaki dari tempat parkir ke kantornya, yang berjarak 1 km, jadi tidak berhenti di depan kantornya.
Olah raga membawa semboyan “Mensana in Corpore Sano”. Artinya,
Dalam badan yang sehat, terdapat jiwa yang sehat. Saya setuju sekali dengan semboyan itu, tapi saya termasuk orang yang malas olah raga. Biasanya alasan kesibukan dan tidak ada waktu tapi kalau main golf 8 jam bisa. Anehnya kalau menemani jalan di Mal 1 jam saja kakinya sudah pegal-pegal.
Olah raga identik dengan kesehatan. Siapa pun pasti setuju dan sependapat bahwa kesehatan mahal, tapi olah raga murah (kalau fitness mahal) seperti berenang, jalan kaki, joging, badminton, tenis, sepak bola, dan futsal. Apa saja yang sesuai dengan kesenangan dan hobi kita, pastilah baik untuk kesehatan kita.
Kalau berbicara jiwa yang sehat artinya eohani juga sehat karena sportifitas itu memberikan makna sendiri yakni, kejujuran, persahabatan, kebahagiaan dan kegembiraan. Ia juga memberikan pengertian khusus tentang nilai-nilai rohani termasuk di dalamnya toleransi terhadap sesama.
Ada baiknya para orang muda mengambil peran. Sewaktu saya masih mahasiswa, di Gereja ada kompetisi aneka macam olah raga dan tiap tahun ada pekan olah raga. Itu sangat menarik dan tentunya perlu bantuan para pembuat kebijakan untuk membimbing dan membiayai aktivitas olah raga orang muda itu.

16 responses to this post.

  1. Olah raga sangat bagus untuk kesehatan kita saat dihari tua nanti. Kesehatan tidak dapat dibeli dengan uang, tetapi kita bisa menjaga kesehatan kita dengan berolah raga dan makan-makanan yang bergizi dan banyak mengandung vitamin. Lebih baik menjaga kesehatan daripada mengobati.

    Reply

  2. olahraga sangat baik untuk kesehatan karena di umur kita yang msh muda bisa juga terkena penyakit.. karena hidup sehat itu adalah banggan setiap orang. kita makan” yang sehat dan bergizi. contoh nya 4 sehat 5 sempurna

    Reply

  3. negara indonesia identik dengan sikap yang malas selalu ingin yang senangnya saja. bahkan sifat keegoisan sudah menjadi keunggulan negara indonesia.karena kita selalu disibukan dengan pekerjaan dan selalu kemana-man menggunakan kendaraan pribadi yang membuat merugikan kesehatan diri dan menyebarkan polusi yang tidak terkendalikan. dengan olahraga secara rutin membuat jiwa dan raga kita menjadi lebih sehat.

    Reply

  4. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 9, 2012 at 8:54 am

    Di Jakarta, jalan kaki artinya mempertaruhkan nyawa, keselamatan dan kesehatan. Mengapa?
    karna setiap tahun di jakarta semakin bertambahnya kendaraan dan kurangnya sarana-sarana di jalan raya . Trotoar sekarang sudah tidak untuk pejalan kaki lagi tapi untuk kendaraan roda 2 , karna itu di jakarta sangat sering terjadi kecelakaan . berbeda dengan di luar negeri , mereka sangat sopan dan saling menghormati kepada pejalan kaki .
    kalau menurut saya itu olah raga sangat penting bagi kita semua , karna olah raga membuat kita menjadi sehat jasmani dan rohani . kalau saja setiap hari minggu ada free car jadi kita bisa jalan santai dan lari pagi tanpa ada mobil/kendaraan roda 2 .

    Reply

  5. olah raga adalah kegiatan yang membuat badan sehat, olah raga sangat bagus untuk tubuh manuisa, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

    Reply

  6. olahraga sangat di butuhkan setiap orang, baik muda ataupun manula, baiknya kita mengajarkan olahraga sejak dini.

    Reply

  7. Posted by patricia tangkumahat on December 15, 2012 at 5:05 am

    olahraga sangat bagus untuk kesehatan kita semua, dan manusia pasti membutuhkan olahraga

    Reply

  8. Posted by chelmizjel on December 16, 2012 at 2:38 pm

    dan saya tipe orang yang malas berolahraga

    Reply

  9. dengan berolah raga membuat tubuh menjadi lebih segar, olah raga juga baik untuk kesehatan manusia agar tubuh rentan terhadap penyakit dan daya taha tubuh menjadi seimbang.

    Reply

  10. olahraga merupakan salah satu hobi atau kesukaan saya . olahraga sangat bermanfaat dan bersifat positif dalam hidup kita serta sehat bagi tubuh kita . dengan olahraga kita akan lebih merasa nyaman terhadap kondisi tubuh dan menenangkan pikiran.

    Reply

  11. olahraga harus dilakukan setiap orang karena dengan adanya olahraga itu untuk kesehatan, kesegaran dan masih banyak lagi. olahraga itu seharusnya dilakukan setidaknya 1 minggu 3x agar kesehatan kita terus terjaga.

    Reply

  12. Saya sangat setuju dengan artikel ini, olah raga memang baik untuk kesehatan namun jika dilihat dari kesediaan sarana dan prasarana di Indonesia memang kurang memadai. Kota Jakarta yang mencerminkan kesemerawutan membuat para warganya menjadi harus merogoh kocek lebih dalam lagi, karena mereka kalau ingin berolah raga harus ke tempat gym. Padahal olah raga itu tidak memerlukan biaya yang banyak, kita dapat memanfaatkan fasilitas umum yang disediakan oleh negara secara cuma-cuma bilamana fasilitasnya sangat mendukung.

    Reply

  13. Posted by Zunvindri on December 5, 2013 at 1:26 pm

    Pada zaman sekarang ini, banyak generasi muda yang malas untuk berolahraga dengan berbagai macam alasan. Selain itu semakin banyaknya, fasilitas membuat orang semakin malas berolahraga walaupun hanya sekedar berjalan kaki.

    Reply

  14. Melakukan olahraga adalah hak semua orang. Namun bagi saya, olah raga bukan sebuah hak, namun kewajiban. Tubuh butuh olahraga. Olahraga awal untuk membuat tubuh lebih sehat dan prima. Olahraga tak perlu mengeluarkan biaya mahal. Olahraga selain meningkatkan ke primaan tubuh juga dapat meningkatkan mood baik dalam tubuh.

    Reply

  15. Benar sekali, saya sendiri adalah berasal dari Singapura yang belajar di negara Indonesia, Jakarta. Pada saat di Jakarta, jalan kaki artinya mempertaruhkan nyawa, keselamatan dan kesehatan. Mengapa? Jakarta tidak memiliki trotoir yang memadai, pengemudi kendaraan tidak menghormati pejalan kaki dan polusi. Kalau di Singapura, sekalipun lampu lalu lintas sudah hijau, tetapi masih ada pejalan kaki, maka mereka tetap berhenti atau kalau ada orang mau menyebrang jalan, maka pengemudi berhenti mempersilahkan pejalan kaki menyebrang bahkan memberikan senyum tersendiri.
    Dari pengalaman saya sendiri, saya masih ingat ketika ada 2 pejalan kaki yang ingin menggunakan zebra -cross , tetapi kendaraan lalu-lintas tidak melambat atau bahkan berhenti untuk membiarkan 2 pejalan kaki ini jalan, sehingga mereka terpaksa nyebrang bebas atau tidak menggunakan zebra-cross, kata lain adalah jay-walking. Dari contoh sederhana ini, karena lalu-lintas yang tidak mendukung saja, sehingga kebiasaan berjalan kaki tidak berada di kepribadian Indonesia.

    Reply

  16. Posted by dwi wahyu jatmiko on March 26, 2014 at 1:40 pm

    olahraga adalah suatu keharussan dalam kehidupan kita, olahraga dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja, jadi tidak ada lagi alasan tidak, untuk tidak olahraga

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: