Tender

Kebahagiaan itu harus diperebutkan, sekalipun di tender.

Buat seorang pengusaha perihal tender adalah hal biasa saat mengikuti tender. Ia juga merupakan bagian pekerjaan dan seni tersendiri. Saat kemenangan diperoleh pasti ia memberikan kepuasan, tetapi kadang kekalahan juga memberikan pengalaman tersendiri.
Ibu Nancy adalah seorang manajer pemasaran urusan tender di perusahaan kami, yang bergerak di bidang jasa logistic dan project movement. Beliau pakar menyusun dokumen, strategi, informasi, dan inteligent demi bisa melengkapi semua persyaratan tender dan lulus praqualifikasi. Apa lagi sekarang harus melewati persyaratan HSE (Health, Safety and Environment). Kadang harus bekerja full tiga hari tiga malam, tanpa tidur dan lelah karena dikejar waktu pemasukan tender.
Mengikuti sebuah tender, memang tidaklah mudah karena harus melewati langkah-langkah prosedural, administrasi, technical dan commercial. Itu semua tentu memerlukan dukungan Bank dan Modal yang cukup kuat. Itupun masih belum cukup karena harus diikuti pengalaman kerja, peralatan dan teknik-teknik termasuk seni. Yang pasti tidak ketinggalan faktor luck dan bekerjanya Tangan Tuhan. Bagi kami semua yang telah dikerjakan adalah hanya bagian kecil saja. Bagian besarnya adalah kuasa-Nya yang memberikan kesempatan kepada kami.
Pengalaman iman saya dan kawan-kawan sungguh luar biasa. Baik kami kalah maupun menang, kami bisa melihat dengan nyata kuasa Tuhan. Di mana setiap kali amplop Tender ditutup kami semua berkumpul dan berdoa karena perusahaan kami melakukan tindakan clean and honest, bersih dan jujur dan tidak menyimpang serta betul-betul mengikuti aturan main yang benar.
Kekuatan DOA, yang diikuti dengan peryaratan dan lulus dari qualifikasi ini benar-benar sama dengan hidup kita. Mengarungi bahtera rumah tangga sama dengan kita melaksanakan tender proyek besar. Di mana lengkap dengan aturan main, syarat-syarat, technical dan administrasi (etika dan komitment) sampai akhirnya kita memenangkan tender “Kebahagiaan”
Yang saya maksudkan adalah Kebahagiaan itu tidak didapat dengan cuma-cuma melainkan harus diperebutkan melalui tender dengan mengikuti seluruh peryaratan, bermodalkan kekuatan iman, dan kemampuan pengharapan serta administrasi kasih serta memohon perlindungan dan pertolongan Tuhan agar kita bisa memenangkan pertarungan yang cukup berat, berkepanjangan dan kadang putus asa.
Pemenangan suatu kebahagiaan memang tidak terlepas dari beberapa hal di bawah ini :
1. Jiwa besar : artinya jatuh dan bangun harus tetap berjuang, tanpa putus asa, haruslah memiliki jiwa yang bijaksana.
2. Pengetahuan : mengenal tata krama, sopan santun, saling menghormati merupakan bagian terpenting.
3. Percaya : punya rasa dan melihat dengan hati (TEA). Ini adalah tips inteligen untuk merebut kebahagiaan
4. Cinta dan kasih yang diletakkan pada rencana Tuhan dan mau berkorban serta penuh dengan doa.
5. Nasib atau faktor luck : keberuntungan pasti ada, tetapi nasib baik itu sendiri adalah perjuangan. Apa yang tidak mungkin buat kita mungkin buat Tuhan. Di sini mari kita bersama-sama menyaksikan miracle atau keajaiban Tuhan.
Semoga Tuhan melindungi kita semua, khususnya buat keluarga keluarga yang sedang berjuang memperebutkan kebahagiaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: