Award

Award terindah buat kita adalah surga yang indah.

Menanti sesuatu yang membahagiakan benar-benar mendebarkan, seperti menanti kelahiran anak pertama, pengumuman kenaikan kelas, lulus ujian, dan menanti hari perkawinan. Semua memberikan suasana menegangkan. Hari ini sama halnya dengan saya, seperti Pilkada, karena akan ikut dalam nominasi pemilihan The Most Outstanding Entrepreneur dari sebuah perguruan tinggi di Jakarta. Saya sendiri cukup kaget karena diberitahu masuk dalam nominasi di antara para pengusaha terkenal. Bahkan ada orang yang sangat terkenal sekarang dari sekian yang dipilih ada tiga nama, dan salah satunya saya. Semoga nanti malam keberuntungan berpihak ke saya. Semoga dan semoga!
Tujuh tahun lalu, saya mendampingi bapak walikota Jakarta Barat mendapatkan hadiah Award Kalpataru. Sepulangnya kami makan-makan di sebuah restoran untuk bersuka cita karena Jakarta Barat mendapat 3 award sekaligus. Salah satunya adalah kota yang memiliki tingkat kepedulian melalui kegiatan sosial terbaik milik warga Gereja Paroki Santo Kristoforus dan Lingkungan Keluarga Kudus. Kita boleh berbangga karena bazar Ramadan termasuk dalam penilaian dan pujian. Saya sendiri tersanjung sekali saat mendampingi.
Seorang sahabat saya bercerita bahwa putrinya akan mendapat Award dalam mengikuti Olimpiade Matematika International. Saat penganugerahan gelarnya, sekeluraga bersama para guru hadir. Lantaraj saking gembiranya sang ibu pingsan dan harus dilarikan ke rumah sakit. Setelah ia dirawat sejenak, boleh pulang. Analisa dokter hanya eforia yang terlalu besar dan emosi begitu tinggi mengakibatkan sang ibu kekurangan oksigen.
Kembali ke masalah penghargaan atau award memang memberikan kebahagiaan besar buat yang menerimanya maupun keluarga dan sahabat dekat. Demikian juga seperti saat kita mendapat award dengan adanya pengampunan dosa. Bukan saja bumi tapi surga juga bersuka cita. Bagi siapa yang berjuang melawan atau mengalahkan dosa atau menahan diri dari nafsu duniawi, seperti sahabat-sahabat kita yang melaksanakan puasa, maka di hari Idul Fitri mendapat award dalam hatinya. Setelah sebulan penuh berpuasa dan saling memaafkan.
Ada tiga kata ajaib, yang sering kita ucapkan dan mendapatkan award,
yaitu Maaf, Tolong dan Terima Kasih. Ini kisah yang disebarkan melalui BBM : “Maafkan saya, karena terlalu banyak merepotkan dan mengganggu waktu sahabat dengan membaca sarapan rohani, Tolong didelete atau dihapus saja jika kurang berkenan, dan Terima kasih atas saran dan nasihat serta bantuannya ”
Tadi malam saya berkomunikasi dengan sahabat saya di Amerika, karena beliau mendapat award minnggu lalu (di bidang lingkungan hidup dan menjadi inspirasi penulisan ini) dan beliau mengatakan bahwa
“Satu-satunya cara menjaga Lingkungan Hidup di sekitar kita adalah menjaga hati kita sendiri’!
“Opo Tumon? Spontanitas hati saya membantah, tetapi setelah mendapat penjelasan panjang lebar, saya setuju dan menyatakan benar, karena tanpa hati sama saja dengan pencemaran atau polusi.
Siapa saja tidak membantah bahwa hari ini juga kita sedang berjuang untuk mendapatkan award “Surgawi” yang indah melalui perbuatan baik kita. Akhir dari segala perjuangan kita dan ini saya sampaikan kepada sahabat saya yang mendadak mendapat sakit kanker akut di paru-paru. Sambil bercanda kata beliau mudah-mudahan kontrak saya diperpanjang supaya saya bisa masuk surga (dapat award). Air mata saya sempat menetes, karena beliau bersama saya sejak SMA sampai sekarang dan ia sangat dekat dengan saya. Semoga Tuhan memberikan kesembuhan buat beliau dan istri (yang juga menghadapi CA).
Tuhan memberi, Tuhan mengambil, Tuhan menjaga, Tuhan dan menyembuhkan. Tuhanlah gembalaku dan sumber kebahagiaanku yang begitu menghargaiku sedemikian tingginya, padahal apalah aku ini. Maafkan segala kesalahanku Tuhan. Tolonglah aku di saat susah dan terima kasih buat berkat-Mu.

5 responses to this post.

  1. Saya setuju dengan artikel anda.
    Award terindah buat kita adalah surga yang indah. Dalam kehidupan kita, tujuan akhir dari hidup adalah kembali kepada Allah dan mengharapkan kita dapat masuk surga.
    Tetapi masuk surga tidak segampang itu, harus bisa berbuat baik selama hidup, banyak beribadah dan beramal, dan satu lagi yaitu harus bertobat atas kesalahan yang pernah kita lakukan.
    Minta maaf kepada Tuhan atas kesalahan-kesalahan kita, karena Tuhan maha pemaaf. Berapapun dosa kita kepada Tuhan, bila kita mau bertobat dan tidak mengulangi kesalahan kita, maka dosa-dosa kita akan diampuni Tuhan.

    Reply

  2. Award diraih berdasarkan kerja keras yang melalui proses yang sangat panjang dan berliku. Tanpa kerja keras, award itu tidak mungkin diberikan kepada kita, namun jika ada yang bersikap sportif hanya untuk mendapatnya penghargaan duniawi maka sungguh amat menyedihkan. Karena yang seharusnya kita capai adalah pengakuan dari Tuhan bahwa kita telah melakukan hal-hal yang berkenan kepada-Nya.

    Reply

  3. Award diraih berdasarkan kerja keras yang melalui proses yang sangat panjang dan berliku. Tanpa kerja keras, award itu tidak mungkin diberikan kepada kita, namun jika ada yang bersikap tidak sportif hanya untuk mendapatnya penghargaan duniawi maka sungguh amat menyedihkan. Karena yang seharusnya kita capai adalah pengakuan dari Tuhan bahwa kita telah melakukan hal-hal yang berkenan kepada-Nya.

    Reply

  4. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 12:22 pm

    Award adalah sesuatu penghargaan yang diberikan kepada orang yang telah berusaha dan berprestasi sehingga orang yang mendapat award akan merasa bahwa dirinya dihargai..

    Reply

  5. Posted by Windiana on March 27, 2014 at 4:20 pm

    Penghargaan sering ditandai oleh piala, buku, sertifikat, plakat, medali, badge, pin, atau Pita. Penghargaan juga hanya menjadi keunggulan dari pengakuan masyarakat, tanpa ada bukti nyata atau hadiah.Penghargaan dapat diberikan oleh setiap orang atau lembaga, nilai suatu penghargaan juga biasanya tergantung pada status dari pemberi penghargaan.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: