Spiderman

Ruang Premiere EX 21 penuh, hampir semua studio Premiere di DKI Jakarta penuh tadi malam. Mungkin karena ada acara Pemilukada DKI Jakarta hari ini. Ini hari libur untuk warga DKI Jakarta. Saya berusaha supaya dapat ticket nonton. Akhirnya kami dapat juga tiketnya bersama dua romo kita nobar. Saya suka nonton lilm untuk anak-anak dan remaja karena lebih dari 50 persen untuk pendidikan, baik sosial, ekonomi, maupun moral. Sisanya diisi hiburan ringan tanpa harus banyak memikir, relaks dan cocok untuk melepas lelah.
Kisah singkat Peter Parker, yang diangkat dari Comic John Seal menarik sekali. Saya menyoroti tigaian yang bisa kita jadikan pelajaran :

Pertama : Dialog

Awal kisah sudah memberikan Nasihat dari RP (ayah PP) kepada PP
o Menjadi anak yang bertanggung jawab
o Rajin dan bekerja keras
o Mau membantu sesama
o Tdak boleh membuat orang susah.
o Mnegakkan keadilan dengan melawan kejahatan walaupun dengan demikian banyak musuh, karena dunia penuh orang jahat.
o menjadi Orang tua yang baik
o Hidup keluarga harmonis

Kedua : Karakter
Bagaimana hidup tanpa orang tua tapi tetap memiliki karakter baik. Banyak anak-anak punya orang tua. Saat dewasanya penuh blame dengan menyalahkan orang tua. Jadi anak nakal karena orang tua tidak bertanggung jawab. Cerita ini juga menggambarkan bagaimana sikap keluarga (uncle Ben dan Aunty May) yang menghadapi keluarganya yang punya masalah. sering kita meninggalkan keluarga yang menghadapi masalah atau musibah. Padahal seharusnya kita memberikan cukup perhatian dan membantu saudara yang susah. Kita harus menjadi ROTI hidup dan siap dibagikan. Saya rasa semua dari kita sepakat, tapi jika saat akan dibagikan kita lalu mulai berfikir seperti DEWA seakan-akan kita KUASA atas segala yang akan diberikan. Padahal HUJAN turun diberikan kepada kita tidak memandang kita baik atau buruk. Segala ciptaan seperti buah-buahan, bunga-bungan, dan burung-burung di udara semua diberikan kepada manusia tanpa pandang bulu.

Ketiga : Pendidikan dan Pengetahuan

Anak-anak harus mendapat pendidikan, baik ilmu pengetahuan maupun moral dan disiplin. Di mana harus dihukum kalau salah. Sekolah menjadi sarana pendidikan. Anak nakal pasti dihukum.
Pengetahuan akan merubah manusia. Pengetahuan baik adanya seperti ilmu kedokteran dan ilmu kimia nuklir. Tapi jika disalahgunakan justru akan mencelakakan manusia. Bahkan dapat menghancurkan seperti kasus Hirosima dan Nagasaki. Sedangkan ulah manusia yang lebih mengerikan adalah merusak alam, merusak hutan, masalah sampah, dan merusak laut. Semua ulah itu akan jadi BOM waktu. Hidup manusia sedang terancam oleh ulahnya sendiri. Dalam konteks itulah spiderman tampil untuk menyelamatkan sesamanya yang terancam oleh dunianya sendiri.
Menonton film menginspirasikan kita tentang kehidupan walaupun hanya film fiksi saja. Saya suka sekali melihat bahwa semakin hari kita bisa jadi saksi kemajuan teknologi. Kita manusia biasa melihat kemampuan alam memberikan kita keuntungan. Kelak ada pesawat udara anti gravitasi. Kereta api tanpa roda. Mobil terbang. Imajinasi kita tentang teknologi masa depan, termasuk membaca email ini di Blackberry.

One response to this post.

  1. Posted by Anindea A. on March 24, 2014 at 12:14 pm

    Artikel diatas sungguh menarik dan benar bahwa hidup manusia dipengaruhi oleh ulah umat manusia itu sendiri dan tidak bisa dipungkiri terlebih karena semakin modern nya zaman saat ini.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: