Piala

Sungguh suka cita besar menyambut sinar matahati pagi yang indah.

Semalam kami ikut Misa peringatan 25 tahun perkawinan (Wedding Anniversary) Pak Harry Sandjaja dan Ibu Mimie di Gereja Stasi Santo Polikarpus. Rame banget ya! Saat akan pulang, di lift saya ketemu beberapa teman dari FMKI dan PMKRI. Rasanya seperti reuni. Lalu kita bercerita mengenang sahabat karib saya Alan Jefrey Dompas (AJD), yang meninggal beberapa bulan lalu dalam usia muda sekali. Lalu, saya ada ide untuk membuat sebuah piala untuk penghargaan buat AJD karena beliau berjuang tanpa lelah, baik di FMKI maupun di Gereja, KAJ dan organisasi Katolik. lainnya.
Piala tersebut akan tertulis nama sahabat-sahabat, termasuk para pastor, para suster. Nantinya piala itu akan dipersembahkan buat Ira, istrinya AJD pada saat peringatan 1 tahun AJD nanti.
Pak Harry juga teman dekat beliau, juga Romo Yance MSC, Romo Andang SJ, Romo Boli SVD. Semoga kenangan ini akan mengingatkan jasa-jasa beliau bagi Gereja, sahabat, bangsa dan negara kita.
Piala biasa diberikan buat the champion, seseorang yang menjuarai suatu turnamen atau pertandingan. Di rumah dan di kantorku banyak sekali piala dari tournament golf sebagai hiasan meja. Piala-piala itu juga jadi kenang-kenangan apalagi mengingat masa muda kita yang penuh petualangan.
Sebenarnya apa makna piala dalam kehidupan rohani? Saya menemukan lebih dari 100 kata piala yang disebut dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Bisa ambil Mazmur 116-13, di mana piala melambangkan Sumber Keselamatan (piala Keselamatan). Piala juga melambangkan Sumber Suka Cita (di beberapa perikop di temukan Piala penderitaan)
Dalam kehidupan keluarga kita perlu berjuang untuk mendapat piala kebahagiaan, seperti Pak Harry Sandjaja mendapatkan Piala 25 tahun. Bagaimana kita mempertahankan bahtera perkawinan, sampai kita memenangkan pertandingan melawan kegagalan perkawinan?
Demikian pula pastor-pastor, suster-suster dan biarawan-biarawati yang patut mendapat piala Sumber Keselamatan, yang menjaga imamat mereka dan telah berjuang menyelamatkan jiwa-jiwa yang tersesat seperti kita-kita.
Piala juga sebagai lambang penghargaan sehingga penerima piala bisa memamerkan kepada anak cucu bahwa dia pernah mendapat hadiah kejuaraan.
Piala tidak terlepas dari kehidupan rohani. Tentu banyak sekali maknanya dan juga simbol-simbol yang berguna bagi kehidupan kita. Dan masih banyak kegunaan arti piala bagi kehidupan kita.
Aku mengangkat Piala Keselamatan dan mohon Tuhan menolongku.

3 responses to this post.

  1. alangkah baiknya jika usaha atau niat baik seseorang diberi penghargaan. dengan penghargaan itu orang akan terus berusaha lebih baik lagi nantinya.

    Reply

  2. Posted by Raymond Bintang on June 17, 2013 at 2:56 pm

    angkat tinggi -tinggi kebanggaan kita tetapi beri tahu juga keburukan kita

    Reply

  3. piala adalah suatu kebanggan bahwa suatu prestasi kita dapat terukir

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: