HARI ANAK-ANAK

Salam damai sejahtera,
Zubir Said, pengarang lagu terkenal di Malaysia mengatakan bahwa, negara wajib untuk membahagiakan anak-anak, memelihara dan memberikan masa depan. Lalu dia menciptakan sebuah lagu dengan judul SEMOGA BAHAGIA. Sebagian lirik lagu ini juga dipakai oleh Zubir Said menjadi lagu kebangsaan Singapura. Majulah Singapura.
Jumat pertama bulan Oktober tanggal pertama dijadikan hari Anak-Anak untuk seluruh Malaysia dan Singapura. Sepanjang seminggu lebih Pemerintah dan Kerajaan bersama seluruh rakyat bergembira. Seluruh orang tua menyempatkan diri untuk bergembira bersama. Tidak ada terkecuali demikian juga anak anak yatim-piatu di seluruh negeri. Saya beberapa kali jumpa dengan Zubir dan seorang kawan presenter Asia Bagus yang penuh canda NADJIB.(lyrics lagu terlampir di akhir tulisan ini )
Dalam bincang-bincang dengan para sahabat yang peduli anak termasuk Datuk Yusuf Mahal, Mentri Besar Kerajaan dan beberapa teman di Malaysia. Mereka betul-betul menaruh perhatian penuh buat anak-anak. Ketika di tanyakan ke saya perihal perhatian terhadap anak-anak di Indonesia. Saya senyum-senyum saja. Kisah di mana Negara ingin membahagiakan anak-anak sungguh luar biasa kalau dikisahkan. Karena asal mula dicetuskan oleh kelompok anak muda Indonesia (Ingat lagu aku pulang dari rantau). Di mana mereka berkumpul lalu sering memberikan perhatian pada anak-anak diantara mereka. Kebiasaan ini dilihat oleh orang Malaysia dan mereka pun meniru menjadi kebiasaan yang baik. Pada saat tersebut seluruh Gereja, Vihara, Pura Hindu India dan Masdjid ikut berpartisipasi dalam kegembiraan.
Saya dilahirkan tanggal 1 Juni 1958 (Erl Tung Cie). Buat yang bisa Bahasa Mandarin bantu saya tulisnya. Pada hari kelahiran saya itu dijadikan HARI ANAK-ANAK seluruh negeri CINA dan sekitarnya termasuk Vietnam, Thailand dan Kamboja. Tanggal 1 Juni akan dirayakan besar-besaran juga di seluruh dunia ( oleh karena itu nama saya Guo Erl atau anak negara).
Suatu malam saya bersama beberapa sahabat kita bertemu dengan beberapa pimpinan panti asuhan anak-anak dan diskusi soal masa depan anak-anak yang ada di panti asuhan. Bagaimana kelak mereka masuk dalam masyarakat. Sebab citra anak panti sangat negatif terutama dalam pergaulannya dengan anak-anak non panti dan hidup dalam keluarga. Di sini kita melihat peran pemerintah sangat lemah dan kurang perhatian untuk di berikan kepada anak-anak (Lihat Lagu Nasional untuk hari anak-anak di Singapura dan Malaysia)
Saya tidak berani mendahului, tetapi kalau kita dalam kelompok kecil (Misalnya di KRISTOFORUS) bisa memulai memberikan perhatian untuk anak-anak. Saya rasa akan menjadi pionir atau pelopor hari anak-anak Indonesia. Yang menarik mungkin kita bisa buat Lomba Cipta Lagu Anak-Anak yang mungkin saja bisa menjadi lagu nasional anak-anak Semoga !!!
Di sisi lain kita memberikan perhatian terhadap banyak kehidupan, tetapi anak-anak sangat minim. Dulu di rumah saya ada Sekolah Minggu. Jumlah anaknya cukup banyak. Kakak-kakaknya pun sekarang masih bisa baca milis ini. Saya pun sempat membentuk beberapa kelompok bermain, termasuk yang ada di Kristoforus bersama Pak Kristiadi, Pak Purwanto, Pak Sulistio, yang kelak menjadi sekolah besar.
Anak-anak akan menjadi perhatian khusus karena Bangsa dan negara tidak bisa menjadi besar kalau anak- anak tidak di beri kesempatan menjadi besar dalam arti jiwa dan karakternya.

2 responses to this post.

  1. Posted by Raymond Bintang on June 17, 2013 at 3:02 pm

    biar anak-anak datang padaNya

    Reply

  2. anak anak sering kali menjadi korban dari rumah tangga, entah itu dari korban fisik maupun psikis, seharusnya anak anak di beri perlindungan, semoga dengan adanya hari anak anak dapat mengurangi kekerasan yang terjadi khususnya terhadap anak anak di dunia

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: