BUNGA

Salam damai sejahtera,
Aku pulang dari Surabaya lebih awal karena anak, mantu dan cucu-cucu mau balik ke Melbourne. Jadi, setelah mendarat kita sempat bercengkerama di Hoka-hoka Bento. Setelah mereka check in, aku pulang ke rumah. Sebenarnya capek luar biasa, tapi aku agak memaksakan diri. Apalagi sabtu minggu ini acara padat luar biasa. Sesampai di rumah agak. sedikit terhibur karena dinginnya AC dan Anggrek Bulan (Deundrobium sontania) warna ungu lengkap dengan daunnya ada 5 tangkai dengan masing-masing ada 12 kelopak bunga segar. Bunga segar ini adalah hadiah ulang tahunku dari seorang sahabat. Kalau dihitung sudah 45 hari sejak 1 Juni lalu, tapi masih segar.
Aku tersenyum sendiri namun senang sekali, karena ada peribahasa begini bunyinya “Layunya bunga sehari dipandang sama dengan 100 tahun umur persahabatan”. Nah, kalau 45 hari sama dengan 4500 tahun persahabatan. Arti simbol kekekalan persahabatan. Terima kasih Tuhan sungguh indah Kasih setia-Mu. Karena itu bolehlah aku mengatakan “Sesungguhnya, bunga-bunga yang mekar di pagi hari, mereka ingin menyapa-Mu dengan suka cita sekaligus menyampaikan kesungguhan Tuhan mau menyenangkan hati anak-anak-Nya”

Bunga identik dengan cinta
Bunga lambang persahabatan
Bunga bisa bicara (say it with flower )
Bunga itu wangi
Bunga itu cantik
Bunga itu anggun
Bunga itu segalanya
Sekaya-kayanya Daud, dia tidak bisa membuat baju secantik bunga Anggrek Bulan ( translate Bible 4421)

Banyak anak-anak perempuan suku Tionghoa yang diberi nama Hoa Hwa atau bunga. Dengan berbagai macam bunga tapi ada yang mengatakan jangan dikasih nama Bunga nanti cepat layu. Sehingga keluarlah pepatah bahwa 1 hari bunga sama 100 tahun umur persahabatan atau cinta.
Aku masih melamun memandang bunga anggrekku, sungguh indah dan menarik. Bunga sebagai ikatan doa. Di gereja penuh bunga untuk membuat hati umat senang dan tekun dalam doa. Di pesta perkawinan memajang bunga (kalau di hotel bisa sampai ratusan juta bahkan milyaran untuk menghias ruang pesta). Tujuan utama hanya untuk menyenangkan tamu-tamu yang hadir. Bunga juga ada di kuburan dan rumah duka untuk memberi penghiburan buat yang berduka. Bunga di mana-mana untuk Cinta.

Salam bunga buat semua sahabat.
Cintaku, Bungaku, Damaiku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: