Pengakuan dan Penyembuhan

Confession Keeps You Healthy.  “When I refused to confess my sin, I was weak and miserable, and I groaned all day long.” (Psalm 32:3).  Menjaga kesehatan itu biayanya sangat mahal.  Ada 5 (lima) cara utama menjaga kesehatan :

1. Makanan
Makan makanan yang sehat, cara makan, nilai makanan dan multi guna makanan.  Jika kita bisa mengatur cara makan, puasa, jenis makanan hal ini baik sekali untuk kesehatan.
2. Olah raga
Hidup tidak terlepas dari stimulasi energi, kalori, pembakaran, jadi kalau tidak ada pembakaran kalori kita menjadi gemuk, lemah dan penuh penyakit.  Diam itu cepat mati, istilah ini rasanya tepat buat orang yang malas olah raga.
3. Istirahat
Istirahat tidur merupakan berkat dan karunia Tuhan.  Istirahat bagaikan recharge energy kita baik dalam tidur maupun rehat, relax dan memberikan kesempatan bagi jiwa raga kita menikmati suasana santai.  Istirahat pun memerlukan latihan (meditasi)  dan kesempatan.  Tidak semua orang mudah melakukan istirahat padahal tidur jadi sesuatu yang indah.  Apalagi di selingi mimpi-mimpi yang indah. Insomnia jadi penderitaan yang paling menakutkan.
4. Pikiran
Mind set positif sangat berpengaruh terhadap pikiran. Semua kegitan sel-sel tubuh kita dikuasai oleh instruksi otak kita. Segala jenis sakit penyakit adalah kegiatan di luar kontrol kemampuan otak kita termasuk pertumbuhan sel-sel liar, kanker dan penyakitnya. Pikiran menjadi salah satu penyebab penyimpangan ini apalagi kalau stress berlebihan. Jagalah pikiran kita sehingga istilah : di dalam pikiran sehat terciptalah badan yang sehat – dan sebaliknya di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Mensana in corpore sano!
5. Spiritual
Doa merupakaan kekuatan yang besar untuk merebut kesehatan, Dalam Mazmur Daud 32:3 menganjurkan kita untuk Mengaku Dosa supaya Sehat. Penjelasan ini sungguh luar biasa. Dalam Sakramen Pengakuan segalanya menjadi mudah dan ringan. Beban dosa juga memberatkan perawatan  kesehatan.
Ada 2 istilah yang saya sering sampaikan kepada para sahabat.  Pertama : Tidak ada pertemuan yang kebetulan !!  Kedua : Setiap pertemuan pasti ada penyembuhan, sekalipun pertemuan itu dalam duka cita, menghadiri upacara kematian, orang sakit, dan penjara.  Pertemuan ini bagus sekali untuk penyembuhan sakit jiwa kita tanpa kita sadari. Pertemuan suka cita apa lagi.  Sering-seringlah datang dalam Misa perkawinan, pesta orang tua, anak-anak ulang tahun, maka selamatlah keluargamu dari perpecahan. Karena setiap menghadiri Misa perkawinan, Bunda Maria dan Kristus hadir, dan kita selalu memperbaharui janji perkawinan kita, jadi kalau masih bercerai juga kebablasan itu namanya.Puji syukur penuh suka-cita kita diberikan Sakramen Pengakuan Dosa (hampir punah) karena memberikan kesehatan buat kita, bukan saja batin kita tapi juga raga kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: