TENAGA

downloadSegala sesuatu digerakkan oleh tenaga, tetapi yang lebih penting adalah proses pengalihan tenaga dan yang dihasilkan.(Issac Newton)

Suatu sore saya pulang dari kantor, aneh tidak seperti biasanya, seluruh badan serasa capai sekali, bahkan muka juga sudah ditekuk-tekuk karena memang perasaannya tidak enak. Kebiasaan saya selalu menyapa siapa saja dengan selamat sore atau apa kabar, tetapi sore itu saya mencoba menghindar, seperti lagunya Broeri saja : Kan kucari jalan yang sepi untuk menghindar darimu!

Sampai di rumah langsung mandi. Tentu perubahan diriku bisa dibaca oleh istri dan anak-anak, tapi kelihatannya mereka tidak ambil pusing. Setelah mandi bersih saya duduk depan TV dan coba menghidupkannya. Ternyata saya baru sadar kalau saya tidak tahu bagaimana menyalakan TV. Mau tanya malu juga. Semua tombol dipencet, tapi mungkin remotenya salah jadi tetap tidak bisa hidup.

Saya duduk merenung cukup lama. Di benak saya timbul pertanyaan, mengapa manusia bisa capai, lelah atau anggap tidak bergairah.
Saya coba berpikir kalau begini terus makin lama makin membuat saya lelah. Segelas air dingin membuat saya jadi relax dan bahkan tertidur di tempat duduk.

Keesokan harinya saya diundang sebuah seminar tentang TENAGA LISTRIK oleh MLI di bilangan Jakarta Selatan. Sebenarnya agak malas, tapi karena sudah janji saya datang juga. Cukup menarik seminarnya, terutama jumpa banyak teman. Dalam canda saya sampaikan bahwa suatu saat kita bikin seminar Tenaga Dalam ya. Teman-teman setuju sebagai relaksasi perlu juga. Bagaimanapun juga tenaga dalam itu sebuah energi atau tenaga yang masih belum diolah secara teknologi.

Lalu, seorang teman bercerita bahwa ada temannya bisa menghidupkan TV tanpa remote, dan menyalakan lampu senter hanya dengan sentuhan dan bisa menggerakkan barang di meja dengan memandang. Dalam hati saya tertawa karena semalam saya mau nonton TV tidak bisa menghidupkannya padahal cucu saya saja bisa menghidupkannya baik TV maupun Ipadnya,

Sejak saat itu saya selalu mencoba untuk tidak capai dan mencoba mencari jalan ramai dan tidak menghindarimu. Sapaan selamat pagi, salam bahagia, menulis surat, doa dan hal-hal kecil ternyata bisa membangkitkan tenaga baru, serta bisa membuat sekitar kita jadi terang.

Tenaga memang penting. Sebagai sumber segala kehidupan. Matahari tidak pernah lupa bersinar, bumi tidak pernah lupa berputar. Kalau kita renungkan semua tidak lain tidak bukan adalah usaha Tuhan untuk menyenangkan hati manusia. Ia memberikan semangat melalui Tenaga. Semoga kita sadar bahwa tenaga itu sendiri adalah Kasih Tuhan sendiri.

Tenaga bisa merobah segala sesuatu, tetapi perobahannya secara positif sangat menguntungkaan manusia. Bayangkan saja kita bisa menikmati terang, listrik untuk masak, cuci, setrika, dan musik. Semua tenaga yang kita nikmati. Demikian juga kita bisa berolah raga, makan, menari semua dengan tenaga. Saya setuju dengan pendapat Issac Newton bahwa
“Segala sesuatu digerakkan oleh tenaga tetapi yang lebih penting adalah proses pengalihan tenaga dan yang dihasilkan”.

Berbicara tentang tenaga kita sekaligus bicara tentang Kasih Karunia Tuhan. Jadi, kalau tenaga bisa merobah dunia, tentu Kasih Karunia Tuhan juga bisa merubah hidup kita supaya kita menjadi terang dunia. Selamat memasuki tahun baru 2015 dengan tenaga baru dan terang baru. SELAMAT TAHUN BARU 2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: