Jadwal

Setiap usaha atau pekerjaan harus dan wajib memiliki jadwal, demikian sebuah prestasi akan dicapai! (Adh)

schedule_iconSeperti halnya pengalaman kurang mengenakkan saat saya terbang ke Melbourne beberapa minggu lalu. Hal yang lebih buruk terjadi saat kami kembali ke tanah air. Penerbangan dengan pesawat Garuda, yang baru menerima “The Best Airline Regional in The World”, ternyata harus menerima umpatan ribuan penumpang yang terlantar di airport Ngurah Rai, Denpasar Bali.
Saya terbang dari Melbourne, Minggu subuh jam 04.00 WIB dan mendarat agak terlambat di Denpasar 13.00 WITA. Penerbangan lanjutan mendapat kendala dan dapat jam 21.00 malam hari.
Di International Airport Ngurah Rai, dari jam 09.00 pagi, lampu listrik mati dan baru bisa dikendalikan setelah jam 14.00. Dampaknya luar biasa. Lebih dari 64 penerbangan mengalami delay, dan yang terburuk justru Garuda. Sementara penerbangan lain terlambat tapi fleksible antara 3 s/d 4 jam. Garuda banyak yang cancel dan ada yang delay sampai tengah malam. Saya transit dengan GA421 paling beruntung karena jadwal 21.00 terbang 23.20 tidak terlalu lama delaynya, tetapi pesawat besar ini A330-200 asal Narita ini delay 8 jam. Banyak penumpang anak-anak dan saya sungguh merasa kasihan karena begitu menderita. Penumang berkeleleran sampai saya beri istilah seperti cendol.
Ada dialog dua anak muda yang saya nguping. Katanya kejadian ini seperti masa penjajahan. Saya tidak mengerti maksudnya, tapi dalam hati saya kira jaman penjajahan belum ada penerbangan, tapi maksudnya dulu tidak teratur, jadwal juga tidak ada. Petugas Garuda juga kasihan karena harus mengalami tekanan karena penumpang yang marah-marah bahkan cenderung sudah mau berkelahi karena jadwal mereka terganggu. Cerita kesusahan ini sirna setelah kami sampai di Jakarta jam 02.30 pagi dan bisa tidur nyenyak.
Siapa saja saya rasa setuju kalau kita bicara pentingnya arti jadwal bagi setiap orang. Tuhan menciptakan dunia (perjanjian lama) pakai jadwal. Dalam perjalanan hidup semua pakai jadwal. Apa yang terjadi bagi orang yang tidak memiliki jadwal? Atau sesuatu yang sudah dijadwalkan harus mengalami perubahan atau karena tidak ada komitment maka jadwal yang dibuat akhirnya tidak bisa diikuti? Dampaknya sangat buruk bagi kepentingan orang banyak.
Buat para pelaku manajemen, di kenal dengan CPM atau Critical Path Method, atau metode pembuatan jadwal dengan memprioritaskan waktu kritis pekerjaan tertentu. Time schedule melalui barchart dlsb. Intinya semua orang mau tepat waktu. Orang Jepang dengan kamban system, yang meletakkan jadwal sebagai prioritas sebuah pekerjaan. Setiap usaha atau pekerjaan harus dan wajib memiliki jadwal, demikian sebuah prestasi akan dicapai.
Kehidupan Rohani juga memerlukan jadwal yang baik untuk perkembangan hidupnya, yakni memberikan prioritas waktu jadwal bagi Tuhan. Jadwal yang kita letakkan dalam doa, dalam ibadah dan ritual. Mari kita melihat saudara-saudara kita yang sembahyang 5 waktu, sangat tepat waktunya, atau puasa dan buka puasa, sampai jadwal dalam hitungan detik. Dampaknya ada perubahan sosial yang luar biasa.
Kita perlu membuat jadwal rohani, dengan meletakkan prioritas tertentu. Silaturahmi, misalnya melalui pendalaman iman dan doa bersama bahkan prioritas dalam keluarga sebagai critical point. Semoga kita semua mampu membuat jadwal, mampu mematuhinya dan mampu membuat prestasi. Tuhan memberkati.

40 responses to this post.

  1. setiap usaha atau pekerjaan kita haruslah mempunyai jadwal. Begitu juga dengan cita-cita kita haruslah mempunyai jadwal agar tertata rapi dan sesuai dengan yang kita inginkan

    Reply

  2. setiap usaha dan pekerjaan haruslah mempunyai jadwal. Begitu juga dengan cita-cita kita haruslah mempunyai jadwal agar tertata rapi dan sesuai dengan yang kita inginkan

    Reply

  3. setai usaha dan pekerjaan haruslah mempunyai jadwal. begitu juga dengan cita-cita kita haruslah mempunyai jadwal agar tertata rapi dan sesuai dengan apa yang kita inginkan

    Reply

  4. Posted by Handoko / 1601232310 / 04PHJ on March 23, 2014 at 7:39 am

    Jadwal merupakan hal yang sangat penting dalam hidup. Dengan adanya jadwal, maka aktivitas sehari-hari lebih teratur dan terencana. Bayangkan hidup tanpa jadwal yang teratur, semuanya akan berantakan dan tidak karuan.

    Reply

  5. Posted by Vinny Tan on March 24, 2014 at 9:53 am

    jadwal ? tentu kita sering mendengar kata tersebut. tetapi sesungguhnya membuat sebuah jadwal dalam hidup kita tentu sangat bermanfaat. dengan jadwal seluruh kehidupan kita terancang rapi dengan isstem. dimana jadwal ini dibuat sesuai dengan kebutuhan kita. jadi tidak ada patokan benar atau salah dari pembuatan sebuah jadwal

    Reply

  6. Posted by Verdio on March 24, 2014 at 12:17 pm

    Jadwal merupakan sesuatu yang mengatur tentang apa yang kita buat, jadi kita bisa memulai membuat jadwal untuk diri kita sendiri tentang apa yang akan kita lakukan dan apa yang akan kita kerjakan di hari ini, dengan jadwal yang teratur maka kehidupan kita bisa teratur dan terususun rapi seperti halnya jadwal.

    Reply

  7. Memang kita harus selalu membagi jadwal antara Keluarga, Karir, dan Keimanan kita.. Karena ketiga unsur tersebut saling mendukung untuk mengapai sebuah prestasi.. Terima kasih artikelnya..

    Reply

  8. setuju sekali dengan artikelnya. Setiap usaha atau pekerjaan harus dan wajib memiliki jadwal, demikian sebuah prestasi akan dicapai. dengan demikian usaha atau pekerjaan bisa teratur.

    Reply

  9. Posted by Berta on March 24, 2014 at 1:45 pm

    dalam hidup kita perlu membuat jadwal kegiatan kita. mengapa demikian? karna dengan membuat jadwal kita dapat mengetahui kegiatan-kegiatan kita sehari-hari mulai dari yang perlu di prioritaskan karna mendesak, dll. semua itu perlu terjadwal agar kegiatan yang kita lakukan seimbang antara jasmani dan rohani

    Reply

  10. Posted by Ciany Limka on March 24, 2014 at 2:18 pm

    jadwal merupakan suatu hal yang penting dewasa ini karena kita dapat menjadikan jadwal sebagai acuan hidup dan sistem sah yang harus kita tepati dan tidak boleh berbeda dari jadwal. jadwal dibuat agar kehidupan manusia lebih tertata. bayangkan apabila hidup manusia tidak tertata dan semua peraturan atau adwal tidak berjalan, semuanya akan terhambat dan berdampak negatif oleh karena itu jadwal merupakan hal yang penting untuk menata kehidupan kita

    Reply

  11. Posted by mechael on March 24, 2014 at 2:34 pm

    setiap orang sangat membutuhkan jadwal.soalnya jadwal sangat berguna untuk mengigatkan kita akan sebuah acara yang telah direcanakan sebelumnya.

    Reply

  12. Saya sangat setuju dengan adanya jadwal, karena dengan mempunyai jadwal dan mengikutinya, kita dapat mengatasi / menyelesaikan berbagai pekerjaan yang kita lakukan. Dan dengan mengikuti semua jadwal yang sudah dibuat, kita mendapatkan hasil yang memuaskan.
    Kita membuat jadwal bertujuan untuk membuat pekerjaan kita menjadi lebih rapi dan terlihat mudah. Maka karena tersusun rapi dan terlihat mudah itulah kita mempunyai semangat untuk mengikuti jadwal tersebut.

    Reply

  13. Posted by Keenan Ario on March 24, 2014 at 3:00 pm

    Dengan jadwal yang teratur maka kehidupan kita akan semakin meningkat. Artikel ini sangat menginspirasi saya.

    Reply

  14. Posted by fariz on March 24, 2014 at 3:45 pm

    Ternyata jadwal itu sangat penting. Apa jadinya hidup tanpa terjadwal? Yang ada malah hancur berantakan!

    Reply

  15. Posted by keimmy on March 24, 2014 at 4:31 pm

    Jadwal merupakan motivasi dan juga patokan kita dalam mengerjakan sesuatu. Buat lah jadwal kita sendiri dan Hargailah setiap jadwal yang kita buat terutama jadwal berkomunikasi dengan Tuhan. Hargai juga jadwal yang di buat orang lain dengan tidak telat ketika membuat janji,

    Reply

  16. Posted by rara anggita on March 24, 2014 at 4:39 pm

    Dlm buku – buku motivasi sering dibilang,”Tulislah cita-citamu dan kapan kamu bisa mencapainya,” kira-kira seperti itu. Contoh nyatanya adalah saya, ketika sy menulis, ingin membeli gadget baru di tahun 2014 maka benar saja permohonan tersebut terkabul. Jadwal ini membuat apa yang kt inginkan memiliki time schedul karena itu kt akan selalu teringat akan hal tsb dan terus berjuang demi mendapatkan keinginan tersebut.

    Reply

  17. Posted by Budi Chandra on March 26, 2014 at 6:21 am

    Menurut saya jadwal sangatlah kita butuhkan, karena dengan jadwal kita bisa mengatur semua agenda kita dengan baik. Sehingga tidak akan terjadi tabrakan jadwal dalam keseharian kita. Namun apabila jadwal kita berantakan, maka itu akan menghancurkan jadwal kita berikutnya.

    Reply

  18. Posted by Andervan on March 26, 2014 at 7:19 am

    Menurut saya, jadwal memang sangat penting dalam kita menjalankan aktfitas. Aktifitas-aktifitas yang tidak terjadwal dengan baik, bisa jadi akan berantakan. Jika suatu jadwal ada halangan maka kita harus memikirkan rencana selanjutnya, agar rencana kita semuanya tidak berantakan.

    Reply

  19. Posted by Muhammad Alfian Akbar on March 26, 2014 at 7:28 am

    Sangat setuju bahwa jadwal sangat penting didalam kehidupan karena itulah yang akan mengisi kehidupan kita. Mengapa saya berkata demikian karena akan sangat terasa berbeda anak yang pergi merantau hanya untuk jalan-jalan dengan anak yang ingin bersekolah atau bekerja. Hal ini saya rasakan sendiri dimana saat saya berleha-leha maka waktu dan kehidupan terasa hampa. Sedangkan saat jadwal terisi dan saya berada dibawah tekanan kehidupan menjadi lebih menarik. Maaf apabila ada salah-salah kata, hanya opini saya.

    Reply

  20. waktu sangat mahal harganya, kita tidak dapat kembali kewaktu lampau, waktu tidak bisa dibeli, oleh karena itu waktu sangat berharga , kita harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik . salah satunya dengan menjadwalkan aktivitas keseharian yang sudah padat

    Reply

  21. Setiap orang seharusnya memiliki jadwal untuk kegiatannya sendiri. Kita bisa membuatnya tiap hari agar jadwal kita teratur dan tujuan / prestasi kita pun dapat tercapai. Kalau tidak ada jadwal, hidup kita menjadi tidak teratur dan tujuan / prestasi kita akan susah tercapai.

    Reply

  22. Posted by Fenny Susanti on March 26, 2014 at 9:33 am

    Jadwal itu penting dalam penataan hidup. Kita menjalankan hidup juga ada jadwal dari bangun , melakukan kegiatan sampai tidur lagi. Disamping itu kita juga harus bisa mebuat management waktu yang baik , dari sisi kerohanian dan kehidupan duniawi.

    Reply

  23. Posted by Juan Petrik Seri on March 26, 2014 at 9:44 am

    Jadwal bukan hanya untuk mengatur kegiatan kita atau mengingat kegiatan kita.Jadwal juga mempunyai peran penting bagi kehidupan kita.Jadwal dapat membantu kita untuk mendapatkan sebuah keberhasilan contohnya dengan jadwal rohani seperti artikel diatas karena dengan sisipan doa,dan kegiatan yang harus kita lakukan dalam agama seperti puasa atau pantang,itu merupakan menjadi jadwal kita untuk lebih mendekatkan kita dengan Tuhan.

    Reply

  24. Saya setuju dengan kalimat “Dalam perjalanan hidup semua pakai jadwal”. Menurut saya, jadwal sangat berperan sebagai arah jalan kita. Kita akan bingung dan tidak bisa melakukan apa-apa tanpa adanya arah yang jelas. Demikian juga dengan hidup kita. Tanpa arah yang jelas, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita berusaha untuk mencapainya. Menentukan cita-cita juga merupakan bagian dari penjadwalan hidup. Karena dengan adanya cita-cita lah, langkah kita menjadi lebih terarah sehingga tidak mudah salah jalan.

    Reply

  25. Posted by tiffani on March 26, 2014 at 10:55 am

    Jadwal memang sangat penting bagi kebutuhan walaupun masih banyak orang yang belum sadar akan pentingnya jadwal.
    saya juga sering tidak memakai jadwal dan berakibat pada penundaan tugas sampai sangat mepet, karena tidak memakai jadwal ,saya cenderung berpikir “besok juga bisa” atau “nanti sajalah, masih banyak waktu” ,padahal bisa saja ada tugas mendadak yang lain.
    dari artikel ini saya juga belajar, jika jadwal kita menjadi kacau karena suatu kondisi, alangkah baiknya , kita kembali menyesuaikan jadwal kita dan bukannya menjadi depresi dan membiarkan jadwal hancur untuk seterusnya.

    Reply

  26. Jadwal adalah kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh kita. Apa yang kita lakukan atau apa yang akan dilakukan. Contohnya mahasiswa, ada yang menyusun jadwal kuliah. Menyusun jadwal sangat guna juga untuk membuat kehidupan kita lebih teratur dan tertib.

    Reply

  27. Posted by ridho hidayatullah on March 26, 2014 at 1:13 pm

    jadwal menurut saya penting karena dengan adanya jadwal semua rencana yang kita telah susun dapat terencana dengan baik dan menerut saya membuat jadwal itu seperti menyusun kesuksesan kita sendiri

    Reply

  28. Posted by 04PKF_Dwi Indah Mentari on March 26, 2014 at 1:20 pm

    Jadwal memang sangat penting bagi kehidupan manusia baik yang tertulis maupun tidak, agar setiap manusia memiliki sebuah tujuan. Mengapa demikian, karena saat kita membuat sebuah jadwal secara tidak langsung kita menuliskan tujuan yang akan kita lakukan. Jadi jika seseorang tidak memiliki jadwal dalam kehidupannya, maka hari – hari yang dilaluinya hanya sebuah hari yang tidak bernilai karena tidak ada sesuatu yang ingin dicapai.

    Reply

  29. Posted by 04PKF_Hendro.Taufik on March 26, 2014 at 1:47 pm

    Sangat benar bahwa di katakan artikel diatas ” sesuatu yang sudah dijadwalkan harus mengalami perubahan atau karena tidak ada komitment maka jadwal yang dibuat akhirnya tidak bisa diikuti? Dampaknya sangat buruk bagi kepentingan orang banyak.”
    Memang kita harus disiplin dengan penjadwalan, karena menurut saya konsisten dan displin menjadi aspek penting dalam segala hal

    Reply

  30. Posted by Regi Saputra 1601233004 on March 26, 2014 at 2:09 pm

    Semua pasti mempunyai jadwalnya masing-masing Dari jadwal tersebut mempunyai golongan tersendiri misalnya sangat penting, penting, kurang penting dan tidak penting, terkadang jadwal tersebut dapat membuat perasaan kita berubah-rubah, seperti yang di atas seperti delay pesawat yang sangat lama akan membuat kita kecewa dan marah karena jadwal kita yang sudah tersusun harus tertunda, wajar ketika semua orang marah dan kecewa karena sebagian dari mereka mempunyai jadwal yang tergolong penting dan sangat penting tersebut.

    Reply

  31. Setiap tindakan harus memiliki perencanaan, terutama panjadwalan. karena bagi saya, setiap aktivitas harus memiliki jadwal agar aktivitas itu dapat berjalan sesuai dengan rencana. selain jadwal kita juga harus mempersiapan jadwal cadangan untuk mengantisipasi apabila aktivitas kita ada masalah seperti dalam artikel di atas yang menceritakan masalah delay. karena setiap jadwal yang kita buat TIDAK AKAN PASTI dapat berjalan sesuai dengan keinginan, karena jadwal yang di berikan oleh Tuhan adalah jadwal utama yang harus kita jalani.

    Reply

  32. Posted by Okky Andrian on March 26, 2014 at 2:56 pm

    Kita harus mempunyai jadwal yang baik. Dimana kita membuat jadwal bermain, berkumpul dengan keluarga dan jadwal kita untuk Tuhan. Tidak perlu membuat secara fisik jadwal tersebut, dengan mengingat dan menjalankan jadwal tersebut hidup kita akan baik.

    Reply

  33. Posted by nielsen on March 26, 2014 at 3:44 pm

    saya setuju mengenai jadwal atau time schedule atau time management sangat penting. ketepatan waktu merupakan hal penting dari setiap individu manusia, padahal waktu hanya hal kecil dalam hidup kita. akan tetapi mengenai penerbangan yang ditunda akibat lampu listrik mati dan gangguan sebagainya merupakan hal yang wajar dalam sebuah jadwal. penundaan jadwal ditujukan untuk menjaga keselamatan kita agar kita bisa pergi dan sampai ditujuan dengan selamat. segala sesuatunya memang harus dan wajib memiliki jadwal, akan tetapi dalam kondisi tertentu jadwal dapat kita rubah demi keselamatan kita. jika kita mati maka apalah guna mengatur jadwal lagi ?

    Reply

  34. Posted by Priska Lucyana Tendean on March 26, 2014 at 4:04 pm

    Saya setuju dengan isi artikel ini yang menyatakan bahwa setiap orang perlu membuat jadwal pribadi. Jadwal pribadi dapat membantu seseorang dalam melakukan kegiatan sesuai dengan waktu yang sudah disusun. Dalam membuat jadwal, kita harus bisa bijaksana dalam menentukan prioritas, mana saja yang penting maka perlu didahulukan. Hidup ini akan teratur jika kita sendiri bisa mengaturnya dengan tepat. Dan yang paling penting, jadikan Tuhan prioritas utama dalam hidup. Jadi kita harus selalu punya waktu untuk beribadah kepada Tuhan.

    Reply

  35. Posted by Edi on March 26, 2014 at 4:17 pm

    Ya saya setuju sekali dengan Artikel ini, saya tidak habis pikir bagaimana kalau dunia ini tidak ada jadwal mungkin kacau balau tidak ada siang malam tidak ada jam,Jadwal itu sangat penting terutama bagi Mahasiswa untuk menempuh pendidikan, tidak hanya itu di dunia kerja juga, semua orang memerlukan jadwal, jadwal bangun pagi,makan,doa, dll.Jadwal tidak mutlak harus tertulis bisa saja itu disimpan dalam memory kita dan terkadang menjadi Kebiasaan kita.

    Reply

  36. Posted by Rengga Aditya Prawira on March 26, 2014 at 4:29 pm

    Jadwal sangat penting dalam kehidupan manusia contohnya adalah jadwal kuliah yang harus ditentukan dengan kelas yang lain yang diatur sedemikian rupa sehingga tidak menjadi bentrok. Dalam ibadah juga ada jadwal, contohnya dalam islam kita harus ibadah 5 kali sehari. Dan kita juga harus membagi waktu antara waktu kuliah atau kerja dengan waktu untuk kumpul dengan keluarga.

    Reply

  37. Posted by Jufery on March 27, 2014 at 2:44 am

    Membuat jadwal itu sangat penting untuk menunjang efektivitas kegiatan kita sehari-hari. Dengan adanya jadwal, kita bisa lebih teratur dalam melakukan banyak hal, jika kita kelupaan, maka jadwal itu lah yang akan mengembalikan kita agar kembali ke kegiatan yang telah direncanakan.

    Reply

  38. Posted by kent on March 27, 2014 at 10:27 am

    jadwal sangat baik di buat untuk memanagement waktu kita agar tidak ada jadwal atau kegiatan kita yang miss.

    Reply

  39. Menurut saya wajar saja bila ada rencana yang suatu saat akan gagal sebagaimana pun kita merancangnya. Sesempurna apapun manusia membuat sesuatu pasti akan terbatas oleh kesalahan-kesalahan sederhana. Dari sifat manusia yang tidak selalu benar, otomatis sistem yang dibuat oleh manusia tersebut akan mengalami kegagalan suatu saat nanti

    Reply

  40. Posted by kent on March 27, 2014 at 4:10 pm

    jadwal sangat baik di buat untuk
    memanagement waktu kita agar tidak ada jadwal atau kegiatan kita yang miss. Karena tanpa adanya jadwal kita suka kelupaan akan sesuatu yang ingin kita kerjakan. Dan lebih baik jadwal itu di tempel di kamar kita. Dan memberi pengingat di gadget kita agar tidak lupa.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: