Kesehatan

Hari Selasa, 12 Nopember 2013 lalu kita memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-49.

img_millenium-goals-hdrSaya mengikuti perkembangan walau sebagai anggota non aktif MD ( Millenium Development) yang berpusat di Auckland, New Zealand, sebagai bagian dari pendukung UNHCR (united Nation High Commision for Refugee), tetapi saya terus mengikuti perkembangan program mereka tentang kesehatan, terutama mengurangi tingkat kematian dini, memerangi HIV-Aids ( 1 Desember 2013 adalah hari AIDs sedunia akan diperingati juga oleh umat Kristoforus melalui seminar), memberantas Malaria dan penyakit lainnya dan program pelestarian Lingkungan Hidup.

Melihat program kerja MD rasanya kita agak malu juga karena kita di Indonesia kurang memperhatikan kesehatan dan keselamatan hidup. Di sisi lain orang di Luar Negeri memperhatikan kita. Ambil contoh : kalau kita naik mobil jarang mau pakai safety belt. Ada orang naik motor bertiga dan tidak pakai helm. Kalau di Australia anak di bawah 10 tahun harus menggunakan safety chair untuk melindungi anak. Pelayanan Rumah Sakit yang sangat minim buat orang miskin dan jaminan sosialnya tidak ada. Kesehatan banyak dipengaruhi oleh faktor individual dan keluarga serta lingkungan. Kesehatan juga menjadi sumber suka cita bagi keluarga dan masyarakat.

Pertanyaan kita sering timbul, apa peran aktif Gereja kita dalam kesehatan. Di Kristoforus ada kelompok KEPAK (pemerhati HIV Aids Kristoforus). Sayangnya malah diabaikan oleh Paroki, padahal sesuai data bahwa di wilayah barat Jakarta lebih dari 40.000 orang terinfeksi HIV Aids, dan sekarang mereka hidup berdampingan dengan kita.

Kesehatan, suka atau tidak suka, memang harus diperhatikan, lalu apa yang harus kita lakukan? Jangan sampai sesuatu yang begitu berharga kita harus lalui begitu saja. Semoga kita semua diberkati kesehatan yang baik sehingga kita bisa memikirkan kesehatan bagi sesama kita. Tuhan bersamamu.

110 responses to this post.

  1. Posted by fahrul rizky aulia on March 26, 2014 at 4:35 pm

    untuk apa punya harta banyak kalau kita tidak bisa menikmatinya atau dalam arti kita tidak sehat atau sakit. maka dari itu sehat sangatlah berharga nilainya.

    Reply

  2. Posted by Priska Lucyana Tendean on March 26, 2014 at 4:41 pm

    Kesehatan memang sangatlah berharga bagi setiap orang. Tuhan menganugerahkan kita kesehatan dengan cuma-cuma, jadi sudah seharusnya kita menjaga kesehatan dengan baik. Mengonsumsi makanan yang sehat sangat perlu serta olahraga teratur. Jangan merusak anugerah kesehatan yang sudah Tuhan beri dan teruslah berdoa minta kesehatan untuk kita maupun sesama.

    Reply

  3. Posted by Gita Purnama Sari on March 26, 2014 at 4:46 pm

    pemerintah memang perlu memperhatikan masyarakat dengan progam kesehatan , agar masyarakat terbina dengan baik tentang pentingnya dan mahalnya kesehatan . serta tidak menyalahgunakan obat-obatan terlarang sebagai konsumsi. sebelum sakit , jagalah kesehatan dari sekarang.

    GITA PURNAMA SARI
    1601283680
    04PKF

    Reply

  4. Posted by Gloria Asmara on March 26, 2014 at 5:01 pm

    Sangat setuju, kesehatan adalah prioritas. Sehat itu mahal. Penyakit itu bukan Tuhan yang kasih, tapi manusia yang cari….

    Reply

  5. Posted by Gloria Asmara on March 26, 2014 at 5:03 pm

    Sangat setuju, kesehatan adalah prioritas. Sehat itu mahal. Sebaik2nya merawat dan memelihara diri kita. Penyakit itu manusia yang cari, bukan Tuhan yang kasih.

    Reply

  6. Posted by Jufery on March 27, 2014 at 3:07 am

    Kesehatan itu mahal harganya, karena itu dapat menjadi sumber suka cita bagi keluarga maupun masyarakat. Sebagai pemuda seharusnya kita tanamkan kepedulian terhadap kesehatan sejak dini agar tidak terbawa kebiasan dengan tidak menghiraukan kesehatan di usia tua kelak

    Reply

  7. Posted by Nico Pratama on March 27, 2014 at 12:26 pm

    Arikel ini sangat membuka pemikiran kita tentang masih kurang pedulinya kita dan pemerintah kita akan hal kesehatan yang ada di Indonesia. Masih banyak masyarakat miskin yang tidak mendapatkan pengobadan gratis dari pemerintah. Tidak harus pemerintah saja, kita sebagai makhluk sesama makhluk sosial, marilah saling bahu membahu dan saling tolong menolong dan memang itu perintah Tuhan kepada manusia.

    Reply

  8. Posted by Nabila Citra Angguna on March 27, 2014 at 3:38 pm

    Kesehatan itu memang penting dan wajib untuk dijaga. Lebih baik kita mencegah penyakit dibandingkan kita mengobatinya, karena sehat itu mahal. Karena kalo kita sakit kita banyak hal yang tidak bisa dilakukan.

    Reply

  9. Posted by Abraham on March 27, 2014 at 3:50 pm

    1601277290_04PJT_Abraham
    kita memang harus menjaga kesehatan kita,karna percuma dengan mempunyai uang banyak tetapi kita tidak bisa menikmatinya karna kita sakit,harus membayar biaya pengobatan yang mahal.Bila ingin hidup sehat tentu harus menjaga pola makan,olahraga yang rutin dan jangan stress.Bila orang yang tidak memperhatikan kesehatannya,bersiap-siaplah untuk menanggungnya di akhir hari nanti karerna tidak menjaga pola hidupnya.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: