Manager

Memungkinkan berputarnya roda organisasi berketergantungan dengan kemampuan seorang manager, tetapi kemampuan seorang MANAGER berketergantungan kepada kemampuannya menagerialnya (Philip Kotler)

community-managerManager adalah seorang profesional yang karena pengalaman dan pengetahuan, juga keterampilannya diakui oleh sebuah organisasi untuk memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan dan mengembangkan kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran dari perusahaan serta mengemban misi bagi kelangsungan hidup organisasi tersebut. Ada beberapa tugas utama seorang manager selain tugas-tugas lain, namun saya mencoba menulis beberapa tugas yang wajib dijalankannya antara lain :

1. MEMIMPIN
Memimpin organisasi dalam arti kata bisa dan mampu menjadi seorang leader atau pemimpin artinya seorang MANAGER harus memiliki kemampuan leadership, karena dia harus bisa mendelegasikan tugas-tugasnya kepada orang orang yang berada dibawah kepemimpinannya.
2. MENGATUR
Harus bisa mengatur sebuah organisasi dan mampu untuk membentuk suatu team work atau kelompok kerja yang mandiri dan berkemampuan.
3. MENGENDALIKAN
MANAGER harus mampu untuk mengendalikan setiap bagian organ di bawahnya termasuk untuk mendelegasikan setiap pekerjaan dan harus bisa mengendalikan hasil-hasil atau target yang diharapkan.
4. MENGEMBANGKAN
Kemampuan seorang MANAGER tidak bersifat statis tetapi terus bergerak sehingga dalam kurun WAKTU tertentu dia mampu menghasilkan karya atau suatu hasil yang berprestasi baik.
5. TROUBLE SHOOTER
MANAGER harus siap sedia setiap saat dimana ia diperlukan untuk mengatasi suatu masalah dan bukan sebaliknya menimbulkan MASALAH. Kemampuan menyelesaikan masalah harus diikuti dengan kemampuan mengambil keputusan sehingga masalah yang ada bisa diselesaikan tanpa masalah.
6. KEPERCAYAAN
MANAGER harus bisa dan mampu menimbulkan dan membangkitkan suatu KEPERCAYAAN penuh baik dalam internal perusahaan maupun di luar perusahaan sehingga dengan demikian dia memiliki legitimasi penuh dalam menjalankan roda organisasi.
7. TANGGUNG JAWAB
MANAGER harus memiliki tanggung jawab penuh terhadap setiap keputusan yang diambil dalam organisasi dan juga dalam kelompok kerja. Di dalam team worknya, sehingga dengan demikian didapat suatu hasil kerja yang bersih dan berguna.
8. PENGAWASAN
Manager tidak bisa melepaskan begitu saja setiap tanggung jawabnya dan harus mampu melakukan pengawasan sehingga memperkecil ruang resiko kesalahan yang dibuat baik dirinya maupun orang yang menerima delegasinya.
9. EAVALUASI
MANAGER yang baik, memiliki kemampuan untuk mengadakan EVALUASI terhadap dirinya sendiri dan kinerja bawahannya, karena mengadakan evaluasi terhadap diri sendiri merupakan seni manajerial yang jarang dimiliki oleh setiap orang.
10. MENGENAL SUMBERDAYA
MANAGER yang berdedikasi dan berprestasi memiliki kemampuan mengenal sumberdayanya, mengenal secara istimewa kemampuannya dan kemampuan orang-orang dibawahnya sehingga dengan demikian dia juga mampu mempromosikan dirinya sendiri dan orang-orang dibawahnya.

Siang ini saya menikmati makan siang bersama istri dan anak cucu di sebuah restaurant di Central Park Mall. Keadaan rame sekali, pelayan begitu gesit dan rajin, dan saya coba memperhatikan ternyata diantara para pelayan ada yang aneh. Ada seorang PELAYAN dia juga melayani, tetapi kondisinya beda dengan pelayan yang lain. Dalam hati saya menebak ini pasti ini seorang MANAGER yang bertugas. Tebakan saya tidak salah dan sungguh suatu pengalaman melihat orang bekerja sangat baik sekali. Saya boleh mengangkat dua jempol di restoran ini karena kemampuan MANAGER-nya sungguh luar biasa. Saya rasa restoran ini memang pantas memiliki berkat dan memetik hasil kerja MANAGER-nya. Kita semua diberi kemampuan oleh TUHAN untuk menjadi MANAGER terutama untuk diri kita sendiri. Dengan melihat kesepuluh tugas MANAGER di atas marilah kita memandang berkat Tuhan atas diri kita. Salam dan doa.

20 responses to this post.

  1. Manager yang biasa nya seorang yang punya jabatan lebih tinggi dari pada anak buah anak buahnya dan dia lah yang mengatur dan bisa menentukan kerja dari anggota timnya untuk mencapai kesuksesan bersama

    Reply

  2. memang manager harus mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik agar bawahannya pun juga dapat bekerja dengan baik

    Reply

  3. Manager adalah seorang profesional maka dari itu ia harus bisa memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan dan mengembangkan kegiatan organisasi agar mencapai tujuannya.

    Reply

  4. Agar semua hal dapat teratur kita harus mampu memanageg/ mengaturnya dengan baik. Kita harus bisa menjadi manager yang baik,

    Reply

  5. Manager itu adalah suatu profesi dalam suatu organisasi/perusahaan yang sangat penting. Berputarnya roda organisasi bergantung dengan kemampuan seorang manager, tetapi kemampuan seorang manager bergantung kepada kemampuannya menagerialnya.

    Reply

  6. Dalam sebuah organisasi pasti membutuhkan manager untuk mengelola organisasi tersebut agar tujuan dapat tercapai. Setiap manager membutuhkan ketrampilan tertentu dan juga leadership yang berguna untuk mengendalikan dan mempengaruhi orang lain untuk bisa dan mau menjalankan tugas mereka masing-masing. Keberhasilan suatu organisasi sangat bergantung pada kemampuan manajerial seorang manager.

    Reply

  7. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 11:34 am

    Sebagai manager yang baik, kita harus bisa mengendalikan, mengatur, memimpin, mengembangkan, dan mengatasi masalah. Seorang manager yang baik harus memiliki kepercayaan diri dan kepercayaan dari orang lain, tidak lupa tanggung jawab. Hasil dari menjadi manager yang baik dapat dilihat dari berjalannya organisasi dengan baik dan berkembangnya organisasi tersebut.

    Reply

  8. Manager adalah seorang pemimpin dimana dia harus mengambil keputusan dan mendengarkan pendapat dari bawahannya. Dengan cara kerja seperti itu, maka dipastikan kinerjanya akan bagus juga. Dosen saya berkata, untuk menjadi seorang pemimpin harus ada 3 hal yang dipenuhi yaitu knowledge, skill dan paling penting attitude. Cerita diatas memaparkan bahwa managernya juga mau bekerja di saat restoran itu sibuk dan tidak hanya memerintah saja kerjanya. Pemimpin yang mau terjun langsung ke lapangan menurut saya adalah orang yang dapat diacungkan jempol

    Reply

  9. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 2:15 pm

    Benar sekali… Kemampuan seorang manager memang harus dimiliki semua orang, terutama menjadi manager bagi dirinya sendiri… Menjadi manager bagi diri sendiri akan membuat kita lebih mengenal diri sendiri juga, dan tentu akan membuat pribadi kita menjadi lebih baik dan berkembang..

    Reply

  10. Saya sangat setuju dengan artikel Manager ini. Manager sangat berperan penting dalam satu perusahaan atau organisasi. Karena dialah otaknya yang mengatur perusahaan tersebut.Apalagi jika managernya juga mau turun tangan dalam perusahaan tersebut. Sama seperti kita, kita harus bisa me-manageri diri kita sendiri bukan orang lain atau benda yang me-manageri.Oleh karena itu, kita harus mampu me-manageri diri kita dari hal-hal lain bukan kita di-manageri.

    Reply

  11. menurut saya, untuk menjadi seorang manager yang baik di butuhkan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan yang baik juga karena akan berdampak bagi pencitraan perusahaannya. Seorang manager yang baik harus memiliki sikap kepemimpinan, bertangung jawab, dan lain sebagainya

    Reply

  12. Posted by stella lie gunawan on December 5, 2013 at 3:13 pm

    artikel ini sangat bagus bagi seorang pemimpin. karena kalimat2 diatas adalah ciri-ciri seorrang ppemimpin yang baik. saya setuju dan suka dengan artikel ini.

    Reply

  13. Tanpa ada 10 poin itu untuk orang yang berusaha memanage atau mengatur dan mengarahkan sesuatu pasti tidak dapat berjalan. Hal ini sangat cocok bukan hanya untuk kehidupan dalam bekerja di perusahaan tetapi berlaku dalam semua pihak dari anak muda yang masih bersekolah dan berkuliah atau mereka yang sudah bekerja atau bahkan yang sudah tidak bekerja tetapi mengurusi urusan dalam rumah tangga yang tidak juga bisa disepelekan.

    Reply

  14. Posted by septi indah christina on December 5, 2013 at 3:38 pm

    menurut pendapat saya, seharusnya seorang manager dapat menjadi sosok leadership yang dapat memimpin bawahannya dengan baik dan benar. tetapi justru kebanyakan manusia yang sudah menjabat menjadi manager dan merasa jabatannya itu dinilai tinggi malahan memilih untuk bersantai-santai. dan lupa akan tanggungjawabnya dalam mengawasi bawahannya, memimpin bawahannya.sehingga seorang manager itu harus mulai evaluasi diri sendiri agar mengerti posisinya dan tanggungjawabnya terhadap pekerjaannya dan bawahannya.

    Reply

  15. Manageria itu paling penting adalah teamwork. Kalo managernya kerja sendiri bangkrut tuhh perusahaan.

    Reply

  16. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 10:25 am

    Agar semua hal berjalan dengan lancar kita perlu me-manage dengan baik.

    Reply

  17. Posted by Aghel Prabandono on January 16, 2014 at 2:41 pm

    Menjadi manager adalah amanah yang bagus untuk menunjukkan potensinya, tetapi menjadi manager ada baiknya kita harus bisa memanajer atau mengatur diri kita sendiri, karena diri sendirilah tuannya kita. Jika hal itu dirasa sudah sanggup kita laksanakan, maka itulah tanda kita pasti sanggup mengatur selain diri kita sendiri.

    Reply

  18. Posted by Zunvindri on January 16, 2014 at 3:49 pm

    Tuhan memberikan kita kemampuan untuk menjadi manager bagi diri kita sendiri. Namun terkadang kita lalai untuk menjadi manager yang baik bagi diri kita sendiri. Terkadang kita terlalu banyak memberikan toleransi terhadap diri kita sehingga menjadikan kita manager yang kurang baik.

    Reply

  19. Posted by andiani herlina on March 24, 2014 at 9:26 am

    menjadi seorang manager bukanlah sesuatu yang mudah.ia harus mampu menganalisis keadaan-keadaan dalam sebuah organisasi,apalagi setiap keputusan yang dibuat juga akan mempengaruhi kinerja sebuah organisasi kedepannya.

    Reply

  20. Posted by qurota aini on March 26, 2014 at 5:43 pm

    saya jadi lebih mengerti apah itu manajer namun mereka tidak seperti yang saya bayangkan yang hanya menghabiskan waktu jaland-jaland keluar kota trus datang lalu pergi lagi..dibalik itu semua mereka memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam perusahaan.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: