Rumit

Dalam kehidupan yang sederhana kerumitan hanya timbul karena ulah kita sendiri (Adh).

mencari-jawaban-hidupPenerbangan pagi saya menuju Surabaya dari Jakarta, seharusnya jam 05.00 artinya saya harus bangun jam 03.00 belum lagi harus mempersiapkan dokumen dan materi perlengkapan lainnya. Terbayang rumitnya bisa-bisa tidak tidur. Saya sendiri baru tiba dari Denpasar menghadiri acara Lions Club dan acara Miss World di sana. Saya cukup lelah dan sangat rumit. Personal asisten saya juga merasakan kesulitan mengatur waktu yang cukup ketat.
Semalam saya akhirnya minta PA saya rubah jadwal rapat di Surabaya sehingga penerbangan bisa rubah ke jam 07.00 pagi sehingga saya bisa sedikit rest, paling tidak urusan ribet bisa sedikit relaks.
Akhirnya penerbangan ke Surabaya saya rubah jadi jam 07.00.
Saya duduk di kursi no. 3F karena pesawat sangat penuh,. Di kursi 3D seorang ibu, saat duduk beliau mengeluarkan laptop, lalu ada 2 Ipad, dan ada kamera saku. Sambil kerja dia sempat mengeluarkan peralatan make up, sesuadah itu ada makanan-makanan kecil. Ia bekerja di atas pesawat non stop. Saya tertawa dalam hati, karena baru urusan jadwal saja saya merasa rumit, tetapi ibu ini pekerjaannya sangat rumit. Dia punya show room mobil 10 di Surabaya dan Jakarta. Ia harus mengatur penjualan, lalu importasi, perjanjian jual beli, sambil masih bisa mengurus keluarga dan merawat diri dan kecantikan. Saya melirik di laptop ada perjanjian yang harus di tanda tangani, lalu Ipadnya berisi jadwal kerja, kunjungan, penerbangan dan keuangan. Di sisi lain kamera saku ada foto mobil mobil yang harus di jual belikan, ada mobil baru dan bekas.
Sungguh kehidupan sangat padat dan rumit. Saya menyempatkan diri bertanya apakah ibu tidak rumit menjalankan tugas seperti ini, bukankah di pesawat itu istirahat paling enak. Jawab beliau ini saya sudah istirahat, kalau di darat kesibukaan saya bisa tiga kali lipat. Masya Allah, ya ampun sudah ribet dan sibuk begini masih disebut istirahat. Saya sendiri sudah mendeklarasi jadi orang sibuk, ternyata tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan ibu satu ini. Lalu saya tanya bagaimana mengatur jadwal dengan keluarga. Jawab beliau saat tidur! Ya sudah pasti kalau tidur bagaimana bisa kerja? Tapi sangat menarik sekali. Pagi ini saya bisa memetik suatu pengalaman iman yang sangat berharga.
Biasanya kita selalu menganggap diri super sibuk, sehingga ada pekerjaan sedikit untuk orang lain kita katakan tidak bisa. Apalagi kalau menolong orang mungkin itu sama sekali bukan urusan kita. Untuk urusan sosial nanti dululah. Urus diri sendiri saja belum bisa mau urus orang lain, jadi kita sudah dibutakan oleh urusan kerumitan sehari-hari belum termasuk urusan keluarga dan lainnya. Kalau misa minggu kemarin kita diingatkan tentang melupakan keluarga. Saya bisa merasakan mengapa sampai kita harus melupakan sesuatu untuk mengingat yang lain. Di sini saya bisa membaca bahwa barang siapa membenci keluarganya untuk Tuhan, sebenarnya DIA menginginkan kita keluar sejenak dari kerumitan hidup terutama dalam keluarga. Dengan demikian kita bisa menemukan CINTA sejati. Seperti orang main catur dia tidak bisa melihat kesalahannya, tetapi orang yang menonton bisa mengatakan dia salah langkah.
Demikian halnya kita membenci keluarga untuk berjuang demi kepentingan umat manusia dan Tuhan. Artinya kita berusaha mengenal CINTA itu sendiri dan kita memiiki kewajiban merubah BENCI menjadi CINTA setelah kita berada di posisi bird view. Semoga Tuhan memberkati. Salam dan doa.

35 responses to this post.

  1. Posted by Fitria Mayangsari_1701294045_01PA2 on December 5, 2013 at 7:01 am

    “Dalam kehidupan yang sederhana kerumitan hanya timbul karena ulah kita sendiri”,begitulah kutipan pada artikel tersebut benar adanya bahwa rumit akan datang jika kita tidak fokus dalam mengahadapi atau menanggapi suatu masalah.oleh karena itu dalam menyikapi suatu masalah fokus lah terlebih dahulu dan selesaikan secara kepala dingin karena rumit hanyalah membuat beban kita semakin nambah.

    Reply

  2. Posted by maria sefani on December 5, 2013 at 7:38 am

    kerumitan muncul karena pikiran kita yang selalu terdesak. segala sesuatu yang sebenarnya mudah pun akan menjadi rumit, ketika keterdesakan tersebut muncul dan menguasai kita.

    Reply

  3. Sebuah hal yang sebenarnya gampang bisa saja menjadi rumit tergantung pada cara berpikir orang tersebut sehingga berusahalah hindari hal tersebut

    Reply

  4. Dalam segala keruitan yang kita miliki disitu pasti ada jalan, itulah yan dapat saya tangkap dalam artikel ini.

    Reply

  5. ya saya setuju kita seharusnya sebagai manusia tidak boleh berkeluh kesah pada pekerjaan yang sudah kita anggap rumit mungkin di luar sana pekerjaan kita belum ada apa2nya dibandingkan orang lain

    Reply

  6. Walaupun anda mencari nafkah untuk kehidupan keluarga, namun cobalah beri sedikit waktu untuk keluarga. Cherish every moments in your life, because you never know what tomorrow brings. Akan ada penyesalan mendalam yang timbul jika anda tidak melakukan hal tersebut.

    Reply

  7. Keadaan yang rumit yang ada dalam hidup kita merupakan cerminan dari beberapa pilihan dan kewajiban yang kita punya dalam waktu yang berdekatan. Hal ini dapat memberikan perasaan lelah dan akhirnya manusia sering mengeluh, padahal masih banyak di luar sana orang yang lebih rumit atau lebih susah perjuangannya berkali-kali lipat dari kita namun mereka menikmatinya. Karena mereka menganggap bahwa kerumitan tersebut adalah suatu keindahan yang akan memberikan kebahagiaan dan akan dijalankan lebih mudah kalau kita menganggapnya tidak rumit. Mereka percaya bahwa hidup di dunia ini butuh kerja keras dan doa, agar segala yang terjadi berjalan sesuai dengan izin Tuhan.

    Reply

  8. Sebenarnya hidup itu tidak rumit tetapi bisa menjadi rumit karena kelakuan kita sendiri/ulah kita sendiri yang membuat hidup kita menjadi rumit.

    Reply

  9. Kerumitan pekerjaan membuat kita lupa akan keluarga. Tuntutan untuk mencari nafkah agar bisa menghidupi keluarga membutakan mata kita akan apa yang sebenarnya penting. Ini adalah kenyataan yang sangat menyedihkan dan membawa akibat bukan hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi masyarakat. Kurangnya perhatian pada keluarga, terutama anak, membuat generasi penerus berkembang ke arah yang kurang menguntungkan.

    Reply

  10. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 12:13 pm

    rumit sebenarnya adalah permasalahan yang muncul dalam pikiran kita. suatu permasalahan umumnya mempunyai jalan singkat untuk menyelesaikannya. tetapi, seringkali diri kita sendirilah yang membuat penyelesaian suatu masalah menjadi sangat rumit.

    Reply

  11. tidak ada kata rumit apabila kita serius dalam mengerjakan sesuatu dengan ikhlas dan penuh senyuman.apabila benar rumit mengerjakan sesuatu bersabarlah dan berdoa kepada Tuhan.

    Reply

  12. semakin rumit permasalahan dalam hidup , maka semakin banyak peluang untuk bertahan hidup

    Reply

  13. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 2:52 pm

    Saya sangat setuju sekali dengan yg satu ini… Terkadang orang memang secara tanpa sadar sengaja untuk membuat hidupnya menjadi rumit.. Lalu setelah menjadi rumit, dia mengeluh dan menyalahkan orang lain… Oleh sebab itu, ini merupakan pola pikir yg harus dilatih juga agar kita tidak terjebak dalam kerumitan hidup, yg sebetulnya kita buat sendiri….

    Reply

  14. setuju bahwa kerumitan terjadi karena ulah sendiri. Sering kali saya pergi ke suatu acara dan bingung pulang ke rumah dengan naik kendaraan apa. Menelpon mama saya bukan merupakan pilihan terkadang bila keadaan bukan emergency. Semuanya akan dibawa rumit dan diribet karena orang tua yang terlalu takutan dan sudah berprasangka yang tidak-tidak. Makanya kerumitan memang butuh kepala dingin dalam menyampaikan sesuatu hal secara terstruktur.

    Reply

  15. Rumit terkadang muncul dalam diri kita. Mungkin dikarenakan tugas atau pekerjaan yang mengikat kita dan deadline yang mengancam. Tapi sebenarnya kerumitan itu tidak serumit yang kita bayangkan kalau kita mengaturnya dengan baik. Tapi janganlah kerumitan kalian membuat kalian jauh dari keluarga dan Tuhan. Konsultasi lah terus dengan Tuhan dengan apa yang kita kerjakan.

    Reply

  16. Posted by stella lie gunawan on December 5, 2013 at 3:39 pm

    saya sangat suka dengan kalimat pada foto di artikel ini. foto tersebut membuat saya berpikir bahwa hidup itu harus dijalankan sesuai dengan apa yang rencanakan, jika sesuatu kesalahan terjadi jangan di biarkan untuk mencari kesalahan dimana, tetapi perbaiki dengan menjadi lebih baik.

    Reply

  17. Posted by 01PNO-Andrien on December 5, 2013 at 3:47 pm

    barang siapa membenci keluarganya untuk Tuhan, sebenarnya DIA menginginkan kita keluar sejenak dari kerumitan hidup terutama dalam keluarga.

    Reply

  18. hahaha, setuju deh sama Bapak!
    salam dan doa juga, Pak.

    Reply

  19. Posted by Aristo Leonardo on December 5, 2013 at 4:35 pm

    Hidup tidaklah rumit, yang membuat rumit adalah manusianya itu sendiri. Bahagia itu sederhana.

    Reply

  20. Posted by hudson on December 5, 2013 at 4:46 pm

    banyak orang terlalu bynk berpikir dan membuat hal itu terlihat rumit
    padahal tidak serumit yang dipikiran nya
    jadi bertindaklah selagi bisa… jangan membuang waktu untuk berpikir hal yang tidak jelas

    Reply

  21. Posted by Septi Indah Christina on December 5, 2013 at 4:51 pm

    Saya setuju dengan artikel ini. Terkadang dalam kehidupan sehari-hari tidak jarang saya merasa semuanya menjadi rumit, dan kemudian saya berpikiran bahwa hal itu terjadi karena pemikiran saya. Namun ketika saya mencoba menenangkan diri saya dan berdoa serta mencoba menyerahkan semuanya kepada Tuhan, saya merasa sedikit demi sedikit perasaan saya menjadi lebih lega dan leluasa. Saya merasa bahwa Tuhan membantu saya dalam mengatasi kerumitan saya.

    Reply

  22. Posted by Daniel Dwidjayanto on January 16, 2014 at 8:34 am

    Memang terkadang kita mengalami pekerjaan kita sungguh rumit, tetapi dengan pikiran yang tenang dan memohon bantuan kepada Tuhan. maka kita pasti bisa mengatasinya

    Reply

  23. Posted by Christine Myrafirmin on January 16, 2014 at 9:09 am

    hidup itu rumit,jalani saja Jika kita ikhlas dan bersandar pada Tuhan dalam menghadapinya,kerumitan hidup pasti bisa teratasi

    Reply

  24. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 11:00 am

    Jangan memperumitkan kehidupanmu, Bertindaklah sebisa-nya.

    Reply

  25. Posted by sarfina adani/01PNO on January 16, 2014 at 3:45 pm

    hidup ini pada dasarnya memang sudah rumit. bagaimana kita bisa menghadapi kerumitan tersebut dengan tenang dan tidak menambah hal-hal yang bisa membuat hidup kita ini akan semakin rumit. menurut saya, serumit apapun masalah di hidup ini namun apabila kita menjalaninya dengan santai maka itu semua akan bisa terlewati dengan baik

    Reply

  26. Posted by Olivia Rusli on January 16, 2014 at 4:33 pm

    kadang memang yang simpel jadi rumit. itu berarti yang rumit juga bisa jadi simpel. semuanya bergantung pada cara pandang kita akan suatu masalah. untuk mengatasi kegiatan kita yang banyak juga kita harus pintar-pintar mengatur waktu agar tetap tersedia waktu untuk diri sendiri, keluarga dan tentunya Dia yang memberikan kita waktu tersebut.

    Reply

  27. Posted by Fikri on March 24, 2014 at 3:59 pm

    Hidup memang rumit tapi kita dapat menyederhanakan hidup kita dari rumit menjadi tak rumit dengan berhenti memikirkan bahwa hidup kita rumit, jalani hidup kita dengan benar dan sabar tetapi jangan anggap itu rumit, perlahan tapi pasti kita sadar bahwa hidup tak serumit yang kita duga dan masih banyak orang yang hidupnya lebih rumit dari kita tapi tak terlihat sebegitu rumit bagi mereka.

    Reply

  28. Posted by rara anggita on March 24, 2014 at 4:44 pm

    Pikiran adalah musuh manusia, karena pikiran itu sangat luas dan bermacam-macam isinya. Suatu hal yg gampang malah dibuat susah, sesuatu yang harusnya mengalir seperti air, malah dalam pikiran kt selalu terhambat. Sy menyadari hal tsb sangatlah merugikan diri sendiri karena membuat tembok yang sangat susah dihancurkan kalau pikiran sudah bermain, apalagi pikiran yang jelek dan negatif.

    Reply

  29. Posted by Fadil Zayandra on March 26, 2014 at 2:29 pm

    Rumit adalah perasaan yang timbul dari didalam diri kita, jika kita merasa tidak bisa, putus asa, tidak puas, membuat segala sesuatunya negative, sebenarnya perasaan ini timbul karena kehendak kita sendiri, menurut saya tidak ada masalah yang tidak dapat terselesaikan

    Reply

  30. Posted by Haryanto on March 26, 2014 at 2:39 pm

    Saya setuju. Bukan bagaimana persoalan datang, tetapi bagaimana cara kita untuk menyikapinya. Kadang kita suka berkeluh kesah dan membuat sesuatu yang sebenarnya mudah untuk diselesaikan malah menjadi rumit. Kadang juga berpikir bahwa hidup kita rumit, padahal ada yang lebih rumit dari kita.

    Reply

  31. Posted by Edi on March 26, 2014 at 4:20 pm

    Ya benar sekali terkadang kita suka untuk membuat masalah yang sederhana menjadi rumit entah itu karena kita memiliki pemikiran yang rumit atau apa, namun terkadang kita suka tidak percaya tentang hal yang simple sehingga kita berusaha untuk mencari hal-hal yang lebih rumit, sehingga masalah menjadi lebih rumit. huh..

    Masalah hanya akan menjadi masalah kalau kita mempermasalahkan masalah tersebut

    Regards
    Edi

    Reply

  32. Posted by Gita Purnama Sari on March 26, 2014 at 4:52 pm

    sebnernya hidup itu simpel namun terkadang masalah-masalah timbul karna kita sendiri yang teledor dan kurangnya kesadaran dari diri sendiri dan terhadap orang lain. untuk itu kita haru pintar-pintar dalam memecahkan suatu masalah dan selalu tetap selalu ingat kepada tuhan , memita jalan yang benar karna tuhanlah yang menentukan.

    GITA PURNAMA SARI
    1601283684
    04PKF

    Reply

  33. Posted by Jufery on March 27, 2014 at 2:50 am

    Serumit apapun aktivitas yang sedang kita lakukan, bukan berarti kita harus menghiraukan hal-hal lain di sekitar kita, seperti membantu orang lain yang membutuhkan dan sebagainya.

    Reply

  34. Posted by maria_04PJT on March 27, 2014 at 2:38 pm

    menurut saya terkadang orang memang secara tanpa sadar sengaja untuk membuat hidupnya menjadi rumit.Lalu setelah menjadi rumit,dia mengeluh dan menyalahkan orang lain. Oleh sebab itu, ini merupakan pola pikir yg harus dilatih juga agar kita tidak terjebak dalam kerumitan hidup. sebenarnya semua hal yang gampang bisa saja menjadi rumit tergantung pada cara berpikir masing-masing sehingga berusahalah menghindari hal tersebut.

    Reply

  35. Posted by Wilson on March 27, 2014 at 3:55 pm

    Menurut saya, tidak ada satupun hal yang rumit. Yang ada hanyalah kita, manusia, yang membuat rumit suatu masalah. Hal yang sebenarnya mudah kita persulit lalu kita mengeluh karenannya. Sungguh ironis melihat manusia yang tidak. Kita harus merubah pola pikir kita dan junjung tinggi “Keep it simple” sehingga kita tidak merumitkan sesuatu yang sebenarnya tidak rumit.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: