Peringatan (2)

Lakukanlah ini sebagai peringatan akan daku.

uhi2Peringatan berbuat baik itu adalah hak dan kewajiban orang beriman. Ayat ini tertera hampir di seluruh kitab suci dan dipakai sebagian orang untuk memaksakan kehendaknya karena dianggap merekalah yang benar dan pihak lain harus menurutinya. Sebetulnya tujuannya sangat baik sekali seperti yang disebut bahwa keimanan seseorang harus juga dibagikan kepada orang lain agar bisa menikmati keselamatan dunia.

Lakukanlah ini sebagai peringatan akan daku. Ini adalah peringatan yang sangat indah! Mengapa? Peringatan biasanya kita ingin memaksakan diri orang lain untuk mengikuti kita, tetapi apa yang dilakukan DIA adalah bukan memaksakan diri orang lain agar mengikutinya melainkan memaksakan diri-Nya agar orang lain mengikutinya, sebagai peringatan dan akhirnya harus melalui pengorbanan di kayu salib.

Saya memiliki usaha dibidang pelayaran. Hampir seluruh bidang kami selalu memasang sticker “Warning”. Hal itu bukan untuk menakut-nakuti tetapi justru untuk melindungi kita semua. Ada pendapat bahwa itu tidak perlu! Tetapi alangkah sedihnya setelah sesuatu terjadi baru timbulah penyesalan bahkan berkepanjangan.

Peringatan adalah bagian dari iman, sehingga kita sebagai umat juga perlu saling mengingatkan kalau diantara kita ada yang menyimpang. Semoga Tuhan memberkati. Salam dan Doa.

18 thoughts on “Peringatan (2)

  1. Elsa Tesalonika

    Peringatan terkadang menjadi hal yang sangat menakutkan tetapi juga tak jarang menjadi hal yang disepelekan. Sudah tertulis “dilarang menyentuh”, masih saja menyentuh dan ketika konsekuensi terjadi, orang tersebut seolah lari dari tanggung jawab. Peringatan yang telah diberikan seharusnya membuat kita bersyukur bahwa masih ada orang yang memiliki perhatian agar tidak ada sesuatu hal buruk apapun yang terjadi kepada kita. Seperti Alkitab yang banyak menuliskan peringatan untuk menjauhkan kita dari berbagai macam bahaya. Mungkin cara penyampaian di Alkitab lebih tersirat namun sesungguhnya apapun yang kita cari, pasti kita akan menemukan jawabannya di dalam Alkitab.

    Reply
  2. maria sefani

    dari artikel ini saya mengetahui bahwa sesungguhnya peringatan merupakan sebuah penuntun bagi kita umat manusia yang beriman.

    Reply
  3. zxcbv

    Peringatan adalah hal yang penting bagi kita, karena kita diingatkan akan hal-hal yang biasanya berbahaya sehingga tidak salah mengambil langkah selanjutnya.. Dalam hal rohani, terkadang kita mendapatkan peringatan dari Allah, bilamana kita sedang jauh dari Dia / menyimpang dari-Nya..

    Reply
  4. monica ayu

    suatu peringatan memang sangat penting dimana saja dan kapan saja dan untuk siapa saja karena peringatan membuat kita lebih berhati-hati dalam bertindak dan akan melindungi kita dari bahaya

    Reply
  5. Putri Ramadhani

    komentar saya terhadap artikel diatas adalah saya pikir bahwa bacaannya sungguh menarik. dalam menjalani hidup di dunia, kita harus saling memperingati sesama untuk berbuat baik. dan jika kita memperingati secara terus-menerus, insyaAllah akan memberikan dampak positif kepada diri sendiri maupun orang lain yang telah kita peringati. tidak ada salahnya untuk berbuat baik, lagi pula berbuat baik akan kembali ke diri sendiri. seperti pepatah klasik yang sering saya dengar, “if you do good, good things will happen to you” atau seinget saya kaya gitu.

    Reply
  6. Bernandine Natasha

    Peringatan menjauhkan kita dari penyesalan. Namun sayangnya, banyak dari kita menganggap peringatan sebagai angin lalu dan tidak menggubrisnya. Sebuah kata ‘warning’ sebenarnya mengandung makna yang dalam. Seperti seorang ayah, ia bermakna perlindungan. Seorang ayah pasti tidak ingin membawa anaknya ke dalam celaka. Namun terhadapnya, kita berlaku seperti seorang anak remaja yang senang memberontak.

    Reply
  7. branov

    peringatan tentang kebaikan memang dianjurkan disetiap agama walau banyak yang salah mengerti dengan mereka memaksakan kehendaknya masing2 tpi klo kita bisa memperingati dengan baik dan lembut pasti orang yg diperingati akan mendengernya

    Reply
  8. Thalia

    “dan perbuatlah ini sehingga setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini akan menjadi peringatan akan Daku” merupakan peringatan yang diberikan oleh Dia. agar kita terus mengingat Dia walaupun dalam dunia yang penuh kesesakan ini. mengingatkan kita akan kasihNya atas tubuh dan darahNya yang diberikan bagi kita. Ia tidak meminta kita untuk mengikuti Dia namun mengigatkan kita atas pengorbanannya sehingga kita tidak lagi berbuat hal hal yang menyimpang

    Reply
  9. 01PNO_Fulgensius

    Ya memang benar adanya… Peringatan akan membuat kita semua tetap waspada dan terlindungi… Saya setuju bahwa peringatan merupakan bagian dari iman, dan kita pun wajib untuk saling mengingatkan satu sama lain jika ada yg menyimpang..

    Reply
  10. Michael Tjahya

    Peringatan sangat beguna jika kita sudah mau melanggar sesuatu. Peringatan mampu mengingatkan kita kembali sbelum semuanya terjadi. Oleh karena itu kita harus peka terhadap peringatan yang Tuhan beri pada kita. Percayalah Tuhan tidak pernah mencelakai kita, justru memperingati kita dari masalah yang akan terjadi jika kita melakukan kesalahan.

    Reply
  11. Margareta Vania (@margaretavania)

    Masih beruntung bila dalam hidup kita masih mendapat peringatan dari Tuhan melalui orang-orang disekeliling kita ataupun keluarga kita. Sebelumnya bila dikatakan peringatan adalah bagian dari iman, kita harus tahu apa iman itu terlebih dulu. Iman bukan hanya sekedar meyakini dan percaya tetapi ada tindakan respon. Iman kita terhadap Tuhan bukan sebatas percaya dan melakukan segala tindakan baik. Baik adalah standar manusia, itu harus. Maka kita harus mencari tahu apa yang dikendaki Tuhan dalam hidup kita, melaksanakan hidup seperti apa yang Ia kehendaki memang sulit cuma usaha akan selalu dilihat. Maka dari itu ada peringatan di hidup kita.

    Reply
  12. Fenny

    Menurut saya, peringatan itu adalah hal yang wajar. karena hal itu dapat mengingatkan kita bahwa apa yang kita lakukan itu salah dan menyimpang. Dampak dari peringatan itu sendiri akan berdampak pada diri kita maupun lingkungan kita.

    Reply
  13. sella wijaya

    saya sangat setuju sekali..harus di mulai dari Aku…karna semua org akan mengahrgai kita jika kita yang mengahrgai nya lebih dulu
    jika kita tdk mengahrgai org lain,bagaimana mereka mw menghargai kita

    Reply
  14. 04PKF_Franky Kurniawan

    Peringatan itu sendiri terkadang secara tidak sadar sering sekali kita abaikan begitu saja karena tidak begitu penting namun ketika sebuah penyesalan telah datang baru kita sadar bahwa peringatan itu menjadi sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Memang benar tertulis bahwa peringatan adalah bagian dari iman untuk itu kita harus memanfaatkan itu untuk mengingatkan orang di sekitar kita agar terhindar dari penyesalan yang akan datang bila di langgar. Maka dari itu peringatan haruslah kita perhatikan dengan baik-baik karena secara tidak langsung itu adalah perintah dari Tuhan untuk menghindari kita dari yang jahat.

    Reply
  15. Chandra Gumelar Aulia

    Peringatan dibuat agar kita waspada terhadap sesuatu yang akan menimpa kita. Dengan adanya peringatan,kita tidak dapat menghindari hal yang tidak boleh di lakukan oleh seseorang. Tuhan memerintahkan kita agar selalu ingat kepada-Nya dengan selalu berdo’a setiap saat.

    Reply

Leave a comment