Sepeda

Kalau dipergunakan dengan baik dan aturan keselamatan terarah, maka sepeda itu sangat mengurangi polusi (Deng Xiaoping).

downloadDi awal reformasi tahun 80-an negara Cina sangat mengalami kesulitan, terutama saat perubahan suhu politik yang kurang menentu. Saat itu tampilah Deng Xiao Ping yang memberikan suatu wacana kebangkitan Cina, sehingga sekarang menjadi negara mega power bahkan sudah melewati Amerika lantaran reformasi di bidang ekonomi. Pertumbuhan ekonomi ini dimulai ketika Deng Xiaoping mengeluarkan kebijakan perombakan tata ekonomi RRC. Gagasan perombakan ini dituangkan dalam gagasan empat bentuk modernisasi RRC. Empat bentuk modernisasi ini mencakup bidang pertanian, industri, iptek, dan militer.

Gagasan ini dikemukakan pada sidang pleno ketiga kongres Sentral Komite ke–XI Partai Komunis Cina (PKC) pada medio tahun 1978. Inspirasi bagi Deng Xiaoping untuk merekomendasikan perombakan tata ekonomi RRC.Menurut Deng Xiaoping hal ini perlu dilakukan karena kemunduran ekonomi RRC dapat memberi peluang terhadap keresahan sosial di dalam negeri. Hal ini juga dapat memberi kesan dan citra negatif bagi RRC.

Reformasi ekonomi dimulai di sektor pertanian. Pada tahun 1978, Deng kembali menghidupkan kebijakan sistem intensif Liu Shaoqi yang diperkenalkan pada awal tahun 1960-an. Kebijakan ini termasuk pasar bebas, kepemilikan tanah pribadi dan tanggung jawab petani dalam mengatur tanah pertanian mereka sendiri menurut kontrak.

Yang sangat menarik adalah penetapan quota keluarga setiap rumah tangga. Di mana pernyataan jelas bahwa membangun negara harus dimulai dari kekuatan dan keutuhan keluarga! Kebijakan ini menemukakan dua tipe kontrak, yaitu :

1. Baochan Daohu.
Hal ini mengharuskan rumah tangga memenuhi quota negara dan keperluan wilayahnya.
Semua rakyat bekerja keras untuk mendapat makanan dan kelebihannya bisa untuk kepentingan keluarga. Negara sangat menjaamin kehidupan keluarga dengan Politik anak satu! Walaupun banyak orang protes tapi sekarang seluruh dunia harus mengakui keberhasilan Cina dalam segala bidang.

2. Baogan Daohu.
Hal ini membolehkan rumah tangga untuk memperoleh hasil produksi yang lebih setelah terlebih dahulu memenuhi kebutuhan negara dan desanya. Baogan daohu ini juga menganjurkan rakyatnya menghemat energy salah satu adalah energy minyak. Itulah alasan mengapa Cina begitu maju pesat karena ketidaktergantungannya pada minyak bumi. Salah satu program keluarga adalah penggunaan sepeda sebagai pengganti motor dan mobil. Akibatnya produksi sepeda luar biasa dan penarik propaganda ini adalah sentimen polusi udara bukan hemat energy. “Kalau dipergunakan dengan baik dengan aturan keselamatan terarah, maka, sepeda itu sangat mengurangi polusi”

Langkah ekonomi reformasi Cina diikuti dengan mengembangkan industri manufaktur untuk memperluas dan meningkatkan usaha kecil menengah dan wiraswasta. Bukan cuma reformasi di pedesaan, tapi reformasi di perkotaan juga dilakukan dengan memprioritaskan untuk memperkuat perusahaan negara dengan memisahkan kepemilikan dari fungsi operasional. Reformasi itu juga memperkenalkan sistem tanggung jawab kontrak perindustrian dimana perusahaan-perusahaan besar milik negara dapat dengan sukarela menjadi perusahaan bersama dengan tanggung jawab yang dibatasi.

Cina memprioritaskan kepada sektor ekonomi yang dapat menghasilkan pertumbuhan yang pesat tanpa intervensi pemerintah yang besar. Cina juga membuka untuk penanaman modal asing (PMA).

Sungguh menjadi suatu pelajaran yang baik buat kita terutama masalah keluarga. Kalau negara mau memperhatikan keluarga, maka negara ini pasti maju dan kuat. Ini salah satu masalah yang justru tidak dilirik oleh negara kita. Sebaliknya kita banyak jumpai kehancuran keluarga. Bagaimana kita memperhatikan keluarga? Misalkan kita melihat Gereja apa yang dilakukan oleh Komisi Keluarga terhadap kawin campur, perceraiaan sampai kegagalan rumah tangga? Dipertanyakan berapa persenkah perceraian yang ada di dalam gereja kita? Kemauan untuk mempertahankan keutuhan keluarga demi gereja perlu perhatian lebih. Kita lebih banyak pangku tangan daripada turun tangan.

Mari kita bangkit membangun negara kita agar menjadi kuat dengan membangun “KELUARGA” yang kuat sehingga mendapat gereja yang kuat dan bangsa yang kuat serta akhirnya negara kita tercinta menjadi KUAT dan tidak dilecehkan begitu saja di luar negeri. Malu juga sih tapi mari kita berbuat sesuatu yang kecil saja dari diri kita. Ayo bersepeda! MERDEKA!

19 responses to this post.

  1. Posted by Fitria Mayangsari_1701294045_01PA2 on December 5, 2013 at 5:46 am

    Dalam artikel “Sepeda” ini telah mengajarkan kita untuk lebih memperhatikan kesehatan kita.Bahwa pada saat ini sepeda menjadi tren yang dimana ada hari dimana dalam seminggu terdapat waktu khusus untuk bersepeda.Disinilah pentingnya sepeda pada masa kini

    Reply

  2. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 6:27 am

    di jaman ini, orang-orang memiliki sepeda bukan lagi untuk berolahraga melainkan menjadi sarana untuk bergaya atau sering disebut dengan lifestyle.

    Reply

  3. Posted by daniel dwidjayanto on December 5, 2013 at 10:01 am

    Sepeda merupakan salah satu kendaraan yang ramah lingkungan, banyak orang meminati olahraga bersepeda pada pagi hari karena menyehatkan jasmani dan bisa menghirup udara segar di pagi hari.

    Reply

  4. Posted by Henricko Randy Setiawan on December 5, 2013 at 11:48 am

    Sepeda merupakan salah satu alternatif untuk negara kita mengurangi kadar polusi. Tidak hanya itu juga, bersepeda juga dapat membuat kita sehat, karena sepeda juga termasuk salah satu olahraga.

    Reply

  5. Keluarga adalah segalanya pepatah itu mungkin benar adanya bahwa segalanya berawal dari dalam keluarga karena tanpa dukungan keluarga kita tidak akan bisa menjadi apa yang sekarang ini jadi salah satu kunci kesuksesan dalam hidup adalah keluarga jaga lah hubungan yang harmonis dengan keluarga kita merdeka !! Indonesia bangkit

    Tugas kampus

    Reply

  6. ya, coba saja dijakarta, semua orang diwajibkan utk memiliki sepeda, mungkin polisi banyak yang nganggur..hahahaa

    Reply

  7. Posted by Thalia on December 5, 2013 at 3:11 pm

    saya setuju dengan artikel ini. china mengatasinya kesulitannya dengan cara mengatasi masalah dari unit organisasi terkecil. mereka memberantas dari akar sehingga pada ujung ujungnya semua akan menghasilkan hasil yang baik

    Reply

  8. Sangat informatif. terima kasih, Pak.

    Reply

  9. sepeda adalah salah satu transpotasi kuno yang masih mempergunakan tenaga manusia yang masih eksis, tetapi sepeda walau dengan model nya yang simpel dapat membuat jasmani kita menjadi bugar

    Reply

  10. Banyak orang memakai sepeda sekarang untuk pergi bekerja, untuk menerapkan istilah go green. Selain sepeda dapat dibuat untuk pergi bekerja, sepeda dapat digunakan untuk olahraga untuk memperlancar peredaran darah juga.

    Reply

  11. Sepeda telah jarang ditemukan di jalan raya. Padahal tanpa kita sadari sepeda adalah alat transportasi yang baik untuk kesehatan karena ramah lingkungan.

    Reply

  12. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 12:04 pm

    Seharusnya sepeda merupakan alat transportasi yang terbaik, karena bisa mencegah dari polusi udara dan memiliki tubuh yang sehat.

    Reply

  13. Posted by 01PNO-Fulgensius on January 16, 2014 at 12:36 pm

    Ya sangat setuju sekali.. Penggunaan sepeda seharusnya lebih digalakkan lagi karena manfaatnya yg bagus bagi tubuh dan ramah terhadap lingkungan.. Namun memang, akan sangat sulit mengubah pola pikir suatu bangsa jika budaya nya sudah tertanam… Sekalipun dibuat jalan khusus untuk sepeda, tetap saja orang akan tetap menggunakan kendaraan bermotor dan bahkan menggunakan jalan sepeda tersebut…

    Reply

  14. Posted by Aditya Arya Ramadhan on January 16, 2014 at 3:26 pm

    Sayangnya sepeda dianggap sebelah mata sekarang, apalagi di kalangan para remaja seperti saya. Seharusnya sepeda dijadikan kendaraan alternatif agar tidak menimbulkan macet.

    Reply

  15. Posted by sutan hekhmatyar defasan on January 16, 2014 at 4:53 pm

    sutan hekhmatyar defasan 1701350121

    sepeda memang bagus untuk mengurangi polusi, namun kebanyakan orang indonesia tidak ingin menggunakannya, karena lebih memilih kendaraan bermotor, menurut mereka itu efektif, namun tidak.

    Reply

  16. Posted by Brian Rickyantara on March 24, 2014 at 1:07 pm

    Saya juga setuju dengan artikel di atas meskipun banyak sekali orang-orang yang masih belum sadar dengan besarnya polusi kendaraan zaman sekarang dan tidak mau membantu mengurangi polusi. Bayangkan jika semua orang di Indonesia menggunakan sepeda, tidak ada polusi tidak ada kemacetan dan tentunya penduduk Indonesia akan terhindar dari stres. Sepeda juga bisa berguna untuk kesehatan tubuh.

    Reply

  17. Posted by sella wijaya on March 26, 2014 at 8:54 am

    sangat setuju sekali dgn mengurngi polusii dgn mnggunakan sepeda
    selainnn mengurangi polusii..jg kita dpt berolahraga….dan kesehatan jg untuk kita

    Reply

  18. Posted by Aldibaraniz on March 26, 2014 at 2:37 pm

    Kalau saya baca, artikel diatas lebih berbicara mengenai pentingnya mengutamakan keluarga terkebih dahulu dalam pembangunan. Keluarga adalah unit kelompok terkecil dalam suatu negara, sehingga perlu memastikan bahwa keluarga terbentuk dengan kuat. Dengan keluarga yang utuh, maka negara juga akan utuh. Selain kebijakan keluarga diatas, kebijakan lain berbicara mengenai penghematan energi, yang dimana salah satu jalan terbaik adalah dengan menggunakan sepeda. Cara ini menurut saya adalah cara terbaik, karena juga membantu di banyak hal. Bersepeda dapat menghemat bahan bakar, mengurangi polusi, dan menjaga kesehatan. Sayangnya di Indonesia saat ini pengguna sepeda belum terlalu diperhatikan. Padahal bila kebijakan kedua tentang sepeda tersebut dilakukan di Indonesia, bisa membantu indonesia untuk lebih maju lagi..

    Reply

  19. Posted by andy widya perdana on March 26, 2014 at 3:52 pm

    masalah utama dalam penggunaan sepeda adalah lalu lintas. minimnya pengendara yang taat lalu lintas dan sering mengambil jalan orang lain membuat orang yang naik sepeda makin sedikit ke depannya, Cina pun dengan perkembangannya yang sangat pesat sudah meninggalkan sepeda sebagai transportasi umum, yang patut dicontohkan adalah kota-kota eropa seperti amsterdam yang menerapkan sistem dimana sebagian jalan disisihkan untuk jalan sepeda dan bahkan jalan sepeda diberi fasilitas khusus, selain itu kita harus bikin sistem transportasi terpadu, Massa orang yang tinggal 20 km dari kerja disuruh naik sepeda, yang diperlukan adalah sistem rental sepeda atau bawa sepeda kedalam transportasi publik seperti Bus atau kereta yang sudah ada di negara -negara barat, sehingga yang tinggal jauh pun tinggal menumpang untuk bagian yang paling jauh, sementara dari rumah ke stasiun masih bisa naik sepeda.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: