Kue Lopis

SebagaI jajanan pasar, favorite saya adalah Lopis.

kue-lopisPagi-pagi aku masuk kantor. Biasanya rutinitis dimulai dengan rapat setiap hari, namun untung ada enaknya juga karena disajikan jenis kue makanan kesukaanku, yaitu Lopis. Makanan jajanan pasar ini dikasih gula jawa rasanya biasa saja, tapi ngangenin. Ada rasa kerinduan kalau lama tidak makan! Kadang susah juga carinya makanan ini, apalagi disajikan dengan getuk, klenting, lapis ijo dan bubur sumsum. Kalau ini lengkap sempurnalah sudah makanan traditional.
Pada pertemuan tahunan INSA di Batu Malang, selama 3 hari musyawarah kerja, jenuh juga karena udara dingin, tapi makanannya kurang cocok. Saya lalu meminta panitia agar menu hari terakhir diganti karena kami semua karena jauh-jauh datang dari Jakarta dan kota-kota lain tidak ada makanan istimewanya. Akhirnya panitia setuju dengan menu tambahan jajanan pasar dan makanan trasisional lainnya. Dengan tambahan ini konsekuensi makanan akan berlebihan. Ternyata prediksi kami salah, bukan saja makanan traditional ludes, makanan induknya pun habis semua. Setelah diselidiki ternyata dua hari berlalu sebagian peserta makan di luar, tetapi begitu diumumkan jenis jajanan pasar dan makanan traditional semua peserta tidak ada yang makan di luar. Semua teman-teman memuji panitia karena makanan yang enak dan serasi. Ini semua gara-gara Lopis kesenanganku.
Kita semua pasti rindu makanan khas kampungnya, kecuali yang lahir dan besar di Jakarta.
Saya kurang tahu apakah makanan khas Jakarta ada Lopis, tapi setahu saya mulai Aceh, Medan, Padang, Palembang, Bangka, Kalimantan, Sulawesi, NTT, NTB sampai Irian Jaya pasti ada Lopis! Nah, kalau semua kita punya Lopis, ayo kita mulai dari Lopis. Bagaimana kita bisa menyajikan makanan traditional menjadi sumber suka cita. Bagaimana Manado dengan kue cucur? Bagaimana Medan dengan Putu Mayang? Bagaimana Bandung dengan Surabi? Bagaimana Surabaya dengan Semanggi? Tentu semangat makanan traditional menjadi sumber suka cita, mengenang tanah kelahiran, mengenang orang tua dan saudara-saudara yang kita cintai. Karena saya dari NTT, maka saya bilang Bolelebo, tanah Timor Lelebo.
Saya rasa kita sepakat bahwa makanan daerah membawa suka cita, juga demikian dengan inkulturisasi gereja. Misa dengan tema daerah sangat menggugah kerinduan, apa lagi tanah tumpa darah beta jauh jauh sekali. Mari kita membangun kesatuan dan persatuan cinta melalui tradisi kita yang kaya dan indah sekali. Tuhan memberkati.

26 responses to this post.

  1. Posted by ANDRI / 02PNM / 1601232576 on June 14, 2013 at 11:46 am

    kenangan daerah sangat pekat diingatan manusia, apalagi banyak kenangan-kenangan yang indah di masa lalu kita ketika kita masih berada didaerh kelahiran kita, melupakan daerah kelahiran kita sama saja melupakan orang tua kita, kita seharusnya bisa membanggakan daerah kita bagaimanapun bentuknya daerah kita itu. karena kehidupan kita berasal dari situ..

    Reply

  2. Posted by Melisa Patricia 1501178346 04PHJ on June 15, 2013 at 8:17 am

    makanan tradisional merupakan suatu gambaran terhadap daerah tertentu. Dengan adanya makanan tradisional suatu daerah dapat meningkatkan daerah tersebut dalam segi kuliner sehingga bisa menjadi hal yang menarik. Mari kita membangun kesatuan dan persatuan cinta melalui tradisi kita yang kaya dan indah sekali

    Reply

  3. Posted by Lilyana 1501178056 04PHJ on June 15, 2013 at 8:19 am

    Saya sepakat bahwa makanan daerah membawa suka cita. dengan adanya makanan daerah akan membuat kita semakin cinta terhadap daerah asal kita. maka dari itu lestarikan lah budaya daerah agar semakin berkembang di negara kita.

    Reply

  4. Posted by arbart candra on June 15, 2013 at 11:03 am

    kutipan ini dapat menjadi panutan semua warga negara Indonesia karena menurut saya di zaman modern sekarang jiwa persatuan dan nasioanalisme sudah jarang ditemukan lagi,apalagi di kota Jakarta,budaya bangsa ini sudah tergusur oleh era Globalisasi,dengan kutipan tulisan ini yaitu dengan hal yang kecil untuk mencintai makanan khas daerah kita sudah ikut membangun kesatuan dan persatuan cinta melalui tradisi kita yang kaya dan indah sekali.

    Reply

  5. Makanan tradisional memang dapat menjadi simbol suatu kekhususan daerah. Selain sebagian besar dari orang2 di daerah tersebut pasti menyukainya, ini menjadi keunikan masing2 daerah. Semoga tulisan ini membuat kita makin cinta dengan tradisi daerah kita, dan tentunya, negara kita.

    Reply

  6. Artikel ini, mengungkapkan bahwa, makanan tradisional membangkitkan kecintaan kita kepada tanah air kita. Makanan tradisional juga dapat membuat kita bangga akan daerah asal kita. Karenanya, sepantasnya kita turut mendukung pelestarian makanan tradisional kita.

    Reply

  7. Posted by Maorel on June 15, 2013 at 12:47 pm

    Sama seperti saya juga suka dengan makanan ini. Mengingatkan ketika masih kecil jajanan dirumah ini membuat kangen.begitu beranekaragamnya makanan di negara kita yang enak enak

    Reply

  8. Posted by khairani bianda on June 15, 2013 at 5:13 pm

    saya suka sekali dengan makanan ini, makanan daerah yang sangat enak. maka dari itu lestarikan lah budaya kita, makanan daerah juga enak dan tidak kalah dengan makanan mahal ataupun luar

    Reply

  9. banyaknya makanan khas daerah melambangkan betapa beraneka ragamnya tradisi-tradisi yang ada dinegara kita ini. walaupun sangat beraneka ragam tetapi kita tetap satu seperti kue lopis yang banyak terdapat di berbagai daerah ini. maka dari itu mari kita lebih berpadu untuk membawa suka cita di tanah tercinta indonesiaku ini.

    Reply

  10. Posted by dio fenori on June 16, 2013 at 4:49 pm

    makanan adalah sesuatu yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. makanan tradisional juga salah satunya. kadang semewah apapun makannya tak ada yang dapat merindukan makanan pada daerah asal kita. karena makanan pada daerah asal kita adalah identitas asal kita juga

    Reply

  11. Posted by Felix Yogama / 04 PIF / 1501154384 on June 17, 2013 at 8:52 am

    Setuju sekali,kerap kali makanan tradisional dilupakan hanya karena dianggap biasa atau tidak mewah, padahal makanan tradisional adalah makanan yang digemari banyak orang dan salah satu budaya kita yang penting. Semoga makanan-makanan tradisional ini tidak punah dan tetap memperkaya budaya Indonesia

    Reply

  12. Posted by muhammad ardiansyah on June 17, 2013 at 9:38 am

    Saya sangat suka dengan kue ini karena mengingat saya akan masa kecil. Betapa indahnya Indonesia memiliki beraneka ragam makanan dan budaya. HIDUP INDONESIA…..

    Reply

  13. saya tidak pernah makan lopis, tapi saya suka jajanan yang mungkin mirip yaitu kue putu! senang sekali ketika ada yang menjajakan makanan masa kecil kita. sayang sekali jajanan kue tradisional jarang dijajakan di jalanan daerah saya

    Reply

  14. Jajanan pasar memang selalu menjadi hal yang tidak bisa dilewatkan jika mengunjungi tempat-tempat di negara kita. Setiap daerah memiliki ciri khas jajanan yang tidak bisa lewatkan. Dan semuanya bikin kita ingin kembali ke tempat tersebut.

    Reply

  15. Posted by sandra on June 17, 2013 at 3:47 pm

    Salah satu kue tradisional Indonesia adalah lopis. walaupun kita sebenarnya tidak tahu asal lopis ini datang dari pulau Indonesia bagian mana tapi kita semua wajib memberikan kue lopis sebagai kue yang tradisional yang recomended diluar sana, rasanya sunggung tidak kalah enak dengan kue – kue modern diluar sana.

    Reply

  16. Posted by chandra Mustadiansyah-1501184222-04phj on June 17, 2013 at 4:07 pm

    indonesia memang luar biasa dalam bidang kuliner. berbeda dengan negara lain seperti jepang yang pasti identik dengan sushi, america dengan hamburger atau india dengan curry. kalau indonesia punya banyak segudang makanan khas, ada rendang, tumpeng hingga lopis ini🙂

    Reply

  17. Posted by Tumpal Immanuel ( 04PIF ) on June 17, 2013 at 5:48 pm

    Dengan adanya makanan daerah akan membuat kita semakin cinta terhadap daerah asal kita. maka dari itu lestarikan lah budaya daerah agar semakin berkembang di negara kita. Mari kita membangun kesatuan dan persatuan cinta melalui tradisi kita yang beranekaragam

    Reply

  18. Posted by BRYAN PATTY on June 19, 2013 at 1:07 am

    Kue Lopis merupakan makanan ringan yang rasanya manis dan paling enak dimakan-makan sore hari ketika hujan sedang turun dan kita sedang berkumpul dengan kerabat. Saya biasanya menghidangkan Kue Lopis bersama dengan Teh tawar/manis hangat sehingga ketika kita berkumpul dengan kerabat kita, rasanya semakin hangat dan bisa meningkatkan rasa persaudaraan di anatar kita.

    Reply

  19. Posted by depri christian on June 19, 2013 at 1:48 pm

    kita harus bangga pada makanan khas daerah kita yg begitu banyak jumlahnyadi banding negara lain,kita sbg warga negara indonesia harus mempromosikan makanan kita seperti kue lopis ini yang begitu nikmat dan enak .😀

    Reply

  20. Waktu kecil dulu, ibu saya sering beli kue lapis buat saya, Kue lapis ditaruh kelapa dan gula aren rasanya enak sekali, setelah membaca artikel ini saya jadi ingin makan kue lapis nih. Pergi beli ah.

    Reply

  21. Posted by cottonbutton on June 21, 2013 at 3:06 pm

    Pada zaman sekarang ini, makanan tradisional tergeser karena adanya makanan2 barat. Padahal makanan tradisional sendiri tidak boleh hilang dan harus lebih ditonjolkan lagi agar dunia luar tau bahwa indonesia kaya akan keanekagaman makanan

    Reply

  22. Posted by frans 2mak2 on June 21, 2013 at 4:06 pm

    kenangan adalah sesuatu yang harus kita ingat sampai kapanpun…dan tidak boleh kita menjadi kacang lupa kulitnya…karena manusia seperti itu tidak akan tentram hidupnya..

    Reply

  23. Posted by Mei Lani on June 24, 2013 at 3:24 pm

    Saya pernah makan kue lopis dan rasanya enak karena dicocol dengan gula jawa ditambah gurihnya parutan kelapa diatasnya.

    Reply

  24. Posted by maria sefani on December 5, 2013 at 9:13 am

    membaca artikel ini, membuat saya teringat dengan salah satu makann khas dari daerah saya yaitu martabak.. martabak makanan khas Bangka yang sangat menggugah selera, makanan tersebut akan memberikan rasa yang khas, maka jika saya makan martbak yang ada di jakarta akan beda rasanya ketika saya makan martabak di daerah saya sendiri..

    Reply

  25. saya setuju kalau makanan tradisional membawa suka cita. karena kita seolah olah dibwaw kembali untuk mengingat kembali kampung halaman yang sangat indah.

    Reply

  26. ada baiknya kita mencoba melestarikan budaya kita dengan menggunakan produk dalam negeri. kue lopis adalah hasil budaya kita, maka dengan mengkonsumsi makanan tradisional kita dapat menambahkan rasa cinta budaya kita dan mengurangi pengaruh budaya dari negara lain.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: