Keamanan

Bagaimana hidup diantara aman dan tidak aman, tetapi keamanan bagian dari kedamaian (Bill Clinton)

corp.security.policyPagi-pagi sekali sopir saya sudah laporan bahwa ada yang curi ban serep mobil dan aki mobil box saya yang semalaman diparkir diluar rumah, tetapi aku agak kesel juga jadi suruh lapor pak RT bertanggung jawab. Apalagi kejadian yang sama di depan rumah ada yang kehilangan sepeda motor. Sewaktu kejadian kerusahan Mei 1998, hampir semua jalan masuk perumahan diberi portal gerbang besi karena selama lebih 2 tahun hidup dalam ketakutan. Saat itu tidak ada jaminan keamanan dari pihak yang namanya keamanan. Masih teringat di kampung saya ada satuan pengamanan, yang terdiri dari sebagian anggota polisi, tenaga pengamanan dan sukarelawan tanpa bayar. Selama 10 tahun belum dibubarkan, hanya volunteernya saja yang sudah tidak ada. Akhir-akhir ini pun keamanan sudah tidak terjaga.
Padahal baru semalam saya berdiskusi mengenai persiapan keamanan di gereja. Kita belajar bagaimana antisipasi dan prediksi kedepannya serta simulasi keamanannya. Perencanaan selalu bisa mengatasi lebih baik karena terkait tindakan preventif. Simulasi kebakaran, kejadian darurat gempa bumi, dan sistem standard evakuasi sangat diperlukan supaya persiapan kita lebih matang dalam situasi darurat.
Bicara keamanan, saya tertarik dengan statement bahwa keamanan adalah bagian dari kedamaian dan kedamaian itu adalah sumber kebahagiaan. Kita seringkali menganggap keamanan itu urusan orang lain. Kalau di rumah itu urusan satpam atau pembantu, tetapi sebenarnya tanggung jawab adalah di diri kita sendiri, bukan ditangan orang lain.
Misalnya bagaimana kalau kita berkendaraan dengan mobil yang dikendarai oleh sopir. Apakah nyawa kita ada ditangan sopir?
Oleh karena itu, struktur keamanan mulai dari hulu sampai hilir harus kita kuasai. Sopir hanya pelaksana saja yang harus mengikuti sistem keamanan.
Dasar pemikiran keamanan harus kita mulai dari diri kita sendiri, terutama dalam kehidupan rohani, apapun yang terjadi kita harus siap. Karena kejadian itu bisa terjadi seperti pencuri di malam hari, maka tidak ada salahnya kita berjaga-jaga. Seorang pemuda kehilangan sepeda motornya yang diparkir di halaman gereja. Ia sangat terpukul. Setelah dua belas bulan mengangsur dengan gaji pas-pasan, sepeda motornya raib! Para pemuda berdoa baginya. Lalu, sebuah pertanyaan muncul: “Mengapa hanya berdoa? Tidak bisakah kita berbuat sesuatu?”. Tanpa sepengetahuan si pemuda, puluhan rekannya berusaha mengumpulkan uang.
Ada yang menyisihkan penghasilannya setiap bulan. Ada yang berjualan kue. Setahun kemudian, mereka berhasil membeli sepeda motor baru dan diserahkan kepada si pemuda pada persekutuan malam natal. Momen itu sangat indah. Penuh tawa dan air mata. Baik yang memberi maupun yang menerima. Semua dilimpahi berkat Tuhan.
Tuhan sering membentuk kerohanian kita melalui persekutuan. Tak seorang pun bisa memiliki kerohanian yang dewasa semata dengan berdoa, berpuasa, atau mendalami Alkitab secara pribadi. Itu sebabnya, Rasul Paulus meminta jemaat untuk selalu terlibat dalam persekutuan. Dalam setiap persekutuan, ada bermacam-macam orang. Ada yang hatinya sedang sesak (Roma 12 : 9-17 ),
hidup berkekurangan, berduka cita dan bahkan mungkin ada yang jahat. Tidak mudah mengasihi dan memahami mereka. Konflik dan salah paham biasa terjadi. Namun, justru lewat semua itu kita belajar mengasihi dengan tulus. Belajar menangis dan tertawa bersama. Belajar sehati sepikir.
Tuhan membentuk kita lewat orang lain. Maka benamkanlah diri Anda dalam persekutuan. Di situlah Anda memiliki kesempatan untuk berlatih mewujudkan kasih dalam tindakan nyata! Semoga Tuhan memberkati dan melindungi kita semua. Salam dalam doa.

49 responses to this post.

  1. Posted by Alvia Oktaviani on June 13, 2013 at 3:15 pm

    Alvia Oktaviani 1601272586

    keamanan dapat terwujud dengan adanya kedamaian. dalam kedamaian kita harus menjunjung tinggi toleransi terhadap perbedaan dan saling menghargai. keamanan juga akan didapat jika kita sesama manusia saling menjaga. serta sebagai hamba Tuhan kita patut selalu meletakkan Tuhan dihati kita serta berdoa, karna Tuhan akan selalu memberikan kita keamanan yang tidak bisa diragukan.

    Reply

  2. Posted by ANDRI / 02PNM / 1601232576 on June 14, 2013 at 12:04 pm

    tidak ada yang bisa menjamin keamanan seseorang didunia ini, semua sudah ditakdirkan oleh tuhan, bagaimana jalan kehidupan seseorang, bagaimana nanti perjalanan didunia ini. kita bisa saja menyediakan beribu-ribu pengaman dan security namun semua tidak akan berguna ketika malaikat pencabut nyawa datang. segala sesuatu didunia ini tidak ada yang abadi, yang abadi hanyalah roh suci kita. namun roh suci juga tidak akan aman berada dalam tubuh manusia jika manusia itu tidak menjaga dengan baik tubuhnya,,,,

    Reply

  3. Rasa egoisme membuat kita menjadi seseorang yang tidak peduli akan orang lain, walaupun orang lain membutuhkan kita. Kita hidup diciptakan untuk saling melengkapi, oleh karena itu, sebagai ciptaan Tuhan yang serupa, kita harus mulai meningkatkan rasa simpati dan empati kita.

    Reply

  4. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 8:21 am

    jangan menyerahkan ke amanan kita kepada orang lain,karna mereka pun juga manusia,kita harus siap dalam ke adaan apapun,orang di sekeliling kita hanya pendukung,jangan buat mereka jadi benteng ke amanan kita,karna tempat kita berlindung dari marabahaya dan musibah adalah tuhan.dengan kesiapan mental kita akan siap menghadapi apapun,dan sudah pasti kita akan merasa aman.terus berdoa,pasrah dan berusaha.maka yakinlah tuhan selalu menuntun dan melindungi kita dalam setiap langkah.

    Reply

  5. Posted by Melisa Patricia 1501178346 04PHJ on June 15, 2013 at 8:32 am

    manusia memang pernah merasa terancam bahwa dirinya sedang berada didalam situasi yang tidak aman. Namun percayalah bahwa Tuhan akan melindungi kita. untuk terciptanya kedamaian didalam hidup kita sebagai makhluk sosial juga harus menciptakan lingkungan sosial yang baik dengan masyarakat sekitar.

    Reply

  6. Posted by Lilyana 1501178056 04PHJ on June 15, 2013 at 8:34 am

    keamanan merupakan salah satu dari kedamaian didalam hidup. Untuk merasa aman manusia harus menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan dan juga dengan lingkungan sekitar. Karena dengan melakukan hal tersebut maka kita sebagai makhluk sosial telah menjadi pribadi yang baik dan bisa merasa aman

    Reply

  7. Posted by Herlina_1501177822_04PHJ on June 15, 2013 at 8:37 am

    Dalam hidup ini kita harus saling tolong menolong.. Jika ada seseorang yang benar-benar membutuhkan pertolongan dari kita, maka kita dapat membantunya karena dalam hidup ini, kita juga pasti akan membutuhkan bantuan dari orang lain..

    Reply

  8. Setiap orang pasti ingin merasakan aman. Orang bisa hidup tenang jika merasa dirinya aman. Untuk menciptakan rasa aman tersebut menurut saya seseorang juga harus bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri, menjaga dirinya sendiri. Dan saya sangat setuju dengan tulisan di atas yang menuliskan bahwa dasar pemikiran keamanan harus kita mulai dari diri kita sendiri, terutama dalam kehidupan rohani, apapun yang terjadi kita harus siap.

    Reply

  9. Posted by arbart candra on June 15, 2013 at 11:06 am

    Dasar pemikiran keamanan harus kita mulai dari diri kita sendiri, terutama dalam kehidupan rohani, apapun yang terjadi kita harus siap. Karena kejadian itu bisa terjadi seperti pencuri di malam hari, maka tidak ada salahnya kita berjaga-jaga.kutipan ini mengajarkan kita untuk selalu siap dalam menghadapi kondisi seperti apapun, Konflik dan salah paham biasa terjadi. Namun, justru lewat semua itu kita belajar mengasihi dengan tulus.

    Reply

  10. Posted by Citra Angelita (04PDU) on June 15, 2013 at 11:44 am

    Manusia memiliki rasa kebutuhan “aman” seperti pada teori maslow pun, keamanan merupakan kebutuhan tingkat kedua setelah kebutuhan fisiologis. Keamanan menimbulkan rasa kedamaian, setiap manusia pasti ingin menjalani hidupnya dengan damai tentram dan sejahtera. Jangan lupa untuk tetap mendekatkan diri kepada Tuhan, sesungguhnya mendekatkan diri kepada Tuhan dapat memberikan rasa aman kepada diri kita

    Reply

  11. Rasa aman itu membuat hidup kita tentram. Maka perasaan aman itu pantas untuk kita perjuangkan. Artikel ini mengingatkan bahwa kita harus mengusahakan rasa aman itu berawal dari kita sendiri. Dan setelah segala usaha yang kita lakukan, kita harus memasrahkan hidup kita pada Tuhan. Manusia hanya berusaha, Tuhan yang menentukan.

    Reply

  12. Walaupun benar urusan keamanan juga dapat ditangani orang lain, kita juga bertanggung jawab akan keamanan tersebut. Keamanan sama dengan kedamaian, berarti kita semua bertanggung jawab atas kedamaian tersebut. Tetapi faktanya di dunia ini banyak yang berpikiran untuk menyerahkannya kepada orang lain secara keseluruhan…

    Reply

  13. Posted by Maorel on June 15, 2013 at 1:01 pm

    Keamanan dan kedamaian adalah suatu hal yang diinginkan oleh tiap manusia dalam hidupnya.kita tidak akan pernah hidup tentram jika kita merasa terancam . Oleh karna itu tetaplah berpegang teguh kepada Tuhan, karna hanya didalamNya lah kita akan mendapatkan suka cita dan keselamatan

    Reply

  14. Posted by khairani bianda on June 15, 2013 at 4:43 pm

    sebenarnya keamanan dan kedamain tuh penting banget buat kesejahteraan manusia, seandainya kalau tidak aman dan damai, pasti tiap manusia merasa terancam. manusia juga harus punya hubungan yang baik dengan tuhan apabila tidak pasti kita akan merasa terancam terus

    Reply

  15. kaeamanan dan kedamaian tercipta dari yang hidup, bernafas, dan mempunyai pengetahuan.
    kedamaian merupakan estetika dari hakekat hidup.
    keamanan adalah benteng yang melindungi kita dalam menjalani hidup dan besosialisasi

    Reply

  16. Posted by Aulia Fianda on June 15, 2013 at 8:26 pm

    Rasa aman yang kita harapkan dari orang lain juga harus dimulai dari diri kita sendiri. Dengan selalu menjaga diri dan barang berharga kita, serta waspada terhadap lingkungan sekitar berarti sama saja kita sudah memberikan sedikit rasa aman terhadap diri kita sendiri. Karena kelalaian dari diri kita sendiri bisa membuka kesempatan bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk berbuat jahat dan merugikan diri kita sendiri.

    Reply

  17. Posted by ananda_1601268872 on June 16, 2013 at 2:27 am

    Tuhan menciptakan manusia yg bisa meradakan. Pd saat manusia tidak merasa nyaman pastinya akan gelisah dan diikuti rasa takut. Tetepi Tuhan selalu ada untuk kita, yg bida melindungi dan menenangi hati kita. Karna kedamaian ada pada nya, saat kita berdoa pd nya.

    Reply

  18. keamanan dan kedamaian adalah 2 hal yang salah berhubungan satu sama lain. jika kita kita ingin adanya kedamaian timbulkan lah rasa aman, dan keamanan akan menilbulkan rasa damai. selain menjalin hubungan baik dengan manusia lain dan lingkungan hal yang terpenting adalh menjalin hubungan baik dengan Tuhan, dengan tetap berpegang teguh pada ajarannya insyaallah keamanan dan kedamaian akan selalu ada dalam hidup kita.

    Reply

  19. kedamainan akan terwujud ketika hidup aman dan tentram tentunya. manusia merasa aman maka terciptalah kedamaian dilingkungan sekitarnya. maka mari kita ciptakan rasa aman bagi lingkungan sekitar kita dan bagi sesama kita.

    Reply

  20. Posted by dio fenori on June 16, 2013 at 4:58 pm

    keamanan tidak bergantung pada penjaga semata2. kita juga berperan dalam keamanan tersebut. ada baiknya kita berusaha sebaik-baiknya dalam menjaga barang kita. tetapi apabila kita juga kehilangan maka serahkan pada tuhan agar diberi jalan keluarnya

    Reply

  21. Posted by Felix Yogama / 04 PIF / 1501154384 on June 17, 2013 at 9:05 am

    Artikel ini mengingatkan saya akan satu ayat yang mengingatkan kita untuk selalu berjaga-jaga dan waspada akan segala macam serangan ataupun godaan. Kita sebagai seorang manusia tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selanjutnya kepada kita,oleh karena itu kita harus selalu berjaga-jaga dalam setiap kondisi agar jangan lengah ketika hal yang tidak diinginkan datang.

    Reply

  22. Posted by muhammad ardiansyah on June 17, 2013 at 9:51 am

    Jika kita ingin merasa aman maka kita harus mengerjakan perintahNYA dan menjauh laranganNYA. Maka hidup kita menjadi damai tanpa ada rasa khawatir.

    Reply

  23. Posted by Steven Yang on June 17, 2013 at 11:35 am

    Keamanan meruaphak salah satu hal yang paling penting untuk dimiliki manusia. Ketika hal tersebut hilang maka manusia tidak akan merasa damai. artikel yang terakhir sangat luar biasa tentang kado natal sepeda motor, bukan nilainya tapi usahanya luar biasa

    Reply

  24. Rasa tidak aman mungkin pernah dialamin setiap orang. Namun dengan menjalin kedamaian dengan lingkungan, kita bisa memilimalisir rasa tidak aman yang terasa di diri kita. Apalagi, bila kita terus menjalin hubungan baik dengan Tuhan dan sesama.

    Reply

  25. Ryan Darmasaputra_04PWM_1501185194

    tentu saja setiap orang pasti ingin mendapatkan keamanan, seperti keamanan dalam privacy, aman dari tindakan kejahatan dan lain lain. tetapi janganlah terlalu mengandalkan orang lain dalam menjaga keamanan, apa salah nya kalau kita menjaga diri kita sendiri , karena sewaktu-waktu kejadian yang tidak diinginkan pasti akan terjadi

    Reply

  26. Posted by chandra Mustadiansyah-1501184222-04phj on June 17, 2013 at 4:11 pm

    dalam hidup ini kita harus saling tolong menolong dengan sesama. ini akan menciptakan rasa damai dan juga rasa damai dalam diri semua orang. dari rasa damai tersebut akan tercipta pula rasa aman.🙂

    Reply

  27. Posted by Ervina on June 17, 2013 at 4:16 pm

    Sebagai manusia kita tidak boleh egois karena tidak ada yang bisa menjamin keamanan kita apalagi kita menyerahkan tugas ini kepada orang lain. Sedangkan orang lain itu juga membutuhkan keamanan. Seharusnya kita harus siap untuk menghadapinya. Dan kita harus bisa menciptakan kedamaian.

    Reply

  28. Posted by Tumpal Immanuel ( 04PIF ) on June 17, 2013 at 6:02 pm

    Untuk merasa aman manusia harus menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan dan juga dengan lingkungan sekitar. Karena dengan melakukan hal tersebut maka kita sebagai makhluk sosial telah menjadi pribadi yang baik dan bisa merasa aman. Oleh karna itu tetaplah berpegang teguh kepada Tuhan, karna hanya didalamNya lah kita akan mendapatkan suka cita dan keselamatan

    Reply

  29. Posted by BRYAN PATTY on June 19, 2013 at 1:16 am

    Kunci untuk kita bisa hidup aman adalah menjaga hubungan baik dengan orang lain, memiliki mindset yang berkembang dan maju, memiliki rasa tenggang rasa, dan selalu andalkan Tuhan dalam setiap permasalahan kita. Saya yakin hal itu bisa meningkatkan rasa keamanan kita. Karna masalah yang menyebabkan keamanan kita bisa terusik itu bisa berasal dari internal maupun eksternal

    Reply

  30. Posted by depri christian on June 19, 2013 at 2:00 pm

    rasa aman itu merupakan kenginan setiap orang ,karena dgn rasa aman kita dpt melakukan sesuatu dgn tenang ,rasa aman akan kita dpt dari Tuhan,makanya jalinlah Hubungan yg BAik dgn Tuhan dan rajinlah beribadah kepadanya.

    Reply

  31. Posted by yugi p5 ubm on June 21, 2013 at 12:01 pm

    Keamanan biasanya dihubungankan dengn bela diri , jabatan , dn kuasa. Namun sesungguhnya , keamanan yang psti jika kita berada dalam Tuhan , krna Tuhan lah yg menjaga kita dri apapun yg ada dibumi , wlpn Tuhan , mengajar kita tidak blas dendam , namum , ingtlh Tuhan sllu mnjga mu ” jika dtmpr ppi kanan kasi kiri”

    Reply

  32. Keamanan, rasa aman ada di peringkat table maslow yang ketiga, kebutuhan manusia atas rasa aman. Menurut saya kita merasa aman itu tergantung dalam pikiran kita.

    Reply

  33. Posted by cottonbutton on June 21, 2013 at 3:13 pm

    Dengan adanya rasa kedamaian, pasti kita akan merasa aman dan nyaman. Jika kita tidak merasa aman tentu kita akan merasa risih dan tidak tenang

    Reply

  34. Posted by frans 2mak2 on June 21, 2013 at 4:11 pm

    hidup berkekurangan, berduka cita dan bahkan mungkin ada yang jahat. Tidak mudah mengasihi dan memahami mereka. Konflik dan salah paham biasa terjadi. Namun, justru lewat semua itu kita belajar mengasihi dengan tulus. Belajar menangis dan tertawa bersama. Belajar sehati sepikir

    Reply

  35. Posted by Reynold Lukman on June 21, 2013 at 4:13 pm

    kita pstu akan merasa damai jika kita merasa aman. jalinlah hub baik dngena sesama kalian. agar anda tidak terkena perselisihan dengan sesama. sehingga anda akan merasa aman dan damai.

    Thanks

    Reply

  36. Posted by Mei Lani on June 24, 2013 at 3:29 pm

    Semua orang di dunia menginginkan rasa aman. Rasa aman terhadap hidupnya, kepunyaannya dan rasa aman terhadap pasangannya. Banyak sekali rasa aman yang didambakan manusia karena jika memiliki rasa aman hidup kita dapat menjadi lebih damai.

    Reply

  37. Saya sependapat dengan statement yang mengatakan bahwa keamanan bagian dari kedamaian. Apabila rasa aman tercapai,rasa damai pun tercipta. Saya setuju dengan article ini yang mengatakan bahwa pemikiran tentang keamanan harus kita mulai dari diri sendiri. Kita harus siap siaga melindungi diri kita sendiri dari berbagai ancaman. Misalkan dalam hal rohani, kita berdoa kepada Tuhan agar rohani kita selalu bertumbuh dalam kasih Tuhan. Supaya rohani kita semakin bertumbuh dan kita juga merasa aman,kita bergabung di dalam sebuah persekutuan. Dalam persekutuan antar sesama manusia kita bisa saling menguatkan dan juga semakin merasa aman karena ada bersama orang lain. Dalam hal ini saya menekankan untuk selalu bergantung kepada Tuhan,agar jiwa dan raga kita selalu merasa aman sehingga damai sejahtera memenuhi hidup kita sebagai manusia.

    Reply

  38. keamanan adalah suatu hal yang dapat memunculkan rasa damai di kehidupan semua orang , dimana ada keamanan pasti ada kedamaian. Maka dari itu kita harus menjaga hubungan baik dengan sesama kita agar kita dapat merasa damai dan memiliki rasa aman bersama
    Joel Timothy / 01PA2 / 1701290141

    Reply

  39. rasa aman itu sama seperti kesehatan yang mahal harganya. tapi rasa aman ini jauh dari cukup jika tidak ada kesadaran diri sendiri. jika kalian ada 100 cara menjaga barang anda. pencuri mempunyai 1000 cara untuk mengambil barang anda. manusia ini sebenarnya pintar tapi salah menggunakan kepintarannya tersebut.

    Reply

  40. Orang yang hidupnya damai pasti merasa aman. Saat kecil, kita merasa damai saat didekat orang tua kita dan dapat tidur dengan nyenyak meskipun diluar rumah sangat berisik hingga orang tua kita bisa tidur. Saat dewasa, kita merasa damai saat percaya diri, seperti meskipun ada kemungkinan pencuri, kita percaya satpam di kompleks perumahan kita bisa menjaga keamanan saat malam hari. Atau saat ujian merasa damai karena percaya dapat mengerjakannya

    Reply

  41. keamanan adalah hak setiap orang. agar keamanan kita terjaga kita harus menjunjung tinggi toleransi terhadap perbedaan dan saling menghargai.Tetapi menurut saya rasa aman di dunia ini bisa kita dapatkan di dalam Tuhan dengan berdoa dan memohon kepada-Nya agar dia menjaga kita selalu.

    Reply

  42. keamaman dapat menimbulkan kedamaian. tetapi tidak berarti kita harus menjaga keamanan kita secara berlebihan, kita harus punya toleransi terhadap orang lain, dengan toleransi ini kita dapat saling mempercayai satu sama lain, dan dengan saling mempercayai kita dapat merasa aman dan damai.

    Reply

  43. Keamanan adalah hak semua orang. Jadi, keamanan bukan soal aku, kamu, atau dia, tetapi kita bersama. Setiap orang pada dasarnya diperlengkapi Tuhan dengan malaikat-malaikatNya yang senantiasa melindungi kita. Tetapi apa yang menyebabkan orang tetap mengalami ketidakamanan bahkan kecelakaan? Seringkali yang menyebabkannya adalah ulah diri sendiri, mau-maunya sendiri. Memelihara rasa aman yang sederhana dengan berdoa, menghindari pertengkaran, dan bertindak dengan nilai dan norma yang ada.

    Reply

  44. tentu setiap orang menginginkan keamanan, rasa aman dapat membuat kita tenang dan nyaman karena ketika seseorang tidak merasa aman dia akan merasa khawatir, bahkan parahnya lagi dapat membuat seseorang depresi dan menjadi gila.

    Reply

  45. Posted by Muh. Akbar Basit / 01PNO / 1701360015 on January 16, 2014 at 7:30 am

    tidak perlu orang yang mempunyai wewenang tinggi dan mempunyai hak istimewa menggunakan senjata untuk menciptakan keamanan karena senjata gunanya untuk menyakiti dan itu artinya menyakiti kedamaian dan keamanan. Yang kita butuhkan selama ini hanyalah rasa saling percaya satu sama lain maka kita tidak perlu senjata lagi.

    Reply

  46. Posted by Yosua Setiawan 04PAW on March 24, 2014 at 12:34 pm

    Semua manusia pasti membutuhkan rasa aman. Keamanan itu dapat dibentuk dengan adanya relasi dengan sesama manusia, menjaga rasa saling percaya, dan juga tidak menyakiti orang lain. Dengan melakukan hal tersebut dan dengan menaati aturan, norma, dan nilai yang ada akan meningkatkan keamanan tersebut.

    Reply

  47. Posted by Khoerintus on March 24, 2014 at 3:58 pm

    Keamanan semua hal yang dimiliki kita merupakan tanggung jawab kita sendiri. Mau itu nyawa, maupun harta kita sendiri, karena yang dapat menjaga itu semua harus dimulai dari kita sendiri, tidak dapat dimulai dari orang lain yang tidak memilikinya. Kita harus selalu berwaspada pada hal – hal buruk yang akan terjadi, seperti kejadian seorang pemuda di artikel ini, karena tidak menjaga keamanan pada sepeda motor miliknya.

    Reply

  48. Posted by SusY on March 26, 2014 at 1:22 pm

    Keamanan memang sangat penting. Untuk mengwujudkannya tentu harus ada sikap nyata dari manusia sendiri. untuk mengwujudkannya, tidak perlu muluk-muluk mengwujudkan segala kebaikkan kecil dalam lingkungan kita akan memberi pengaruh yang baik bagi manusia disekitarrnya

    Reply

  49. Posted by Reza Satria R on March 27, 2014 at 1:53 pm

    Selamat Malam,

    Aman adalah rasa yang muncul dari adanya suatu perasaan nyaman dan tenang dalam menjalani suatu aktivitas dan tanpa adanya kecaman dari pihak luar maupun dari dalam diri sendiri (situasi psikologi). Menurut saya , rasa nyaman itu timbul akibat adanya kemampuan pikiran untuk dapat mengontrol hati sehingga pikiran memiliki kejelasan untuk bertindak. Artinya , sudah pada dasarnya bahwa keadaan yang dimaksud dengan aman adalah keadaan yang diciptakan oleh manusia itu sendiri untuk menerima dan melihat serta mengendalikan lingkungan tempat tinggalnya sehingga memberikan dampak (+) bagi orang lain di sekitarnya.

    Terima Kasih ^^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: