Jompo

Kalau kumpul di sini Panti Jompo, kami senang dan bahagia, tetapi kalau ingat masa lalu, hati kami sedih sekali, sayang waktu tidak bisa mundur!

pantijompoSaya menghadiri misa arwah di lingkungan kami, kebetulan diadakan di Aula Panti Werdha atau Panti Jompo (PJ), karena datang agak terlambatt jadi saya tidak ikut prosesi. misa tapi menyempatkan diri ngobrol dengan Jompoer (istilah untuk orang tua). Dialog dengan saya cukup membuat hatiku ikut merasakan bagaimana suka duka tinggal di PJ

Saya (A) : Berapa usia bapak?

Jompoer 1 (J): 68 tahun cu (tapi usianya sudah seperti 80 tahun dan istrinya sudah meninggal dua tahun lalu)

(A) : Kenapa kakek tinggal di PJ? Apakah anak-anak tidak ada yang merawat?

(J) Saya punya anak 4 orang semuanya pengusaha dan cucu 5 orang, tapi mereka tidak pernah menjenguk saya, karena hubungan kami selama ini kurang baik, jadi inilah seperti karma, dulu waktu muda saya juga tidak pernah mau menjaga atau merawat orang tua saya! Kata beliau penuh penyesalan.

(A) : Apakah kakek tidak rindu dengan anak cucu dan tidak ingin berkumpul bersama?

(J) : Saya rindu sekali, tapi cuma bisa mencium foto-foto mereka dan berdoa buat mereka!

Dialog dengan Jompoer ke 2 (JJ) seorang nenek usia 78 tahun dan kelihatannya segar dan ceria sekali beliau masih memiliki suami yang lebih muda dan sehat tapi tinggal sama anak-anaknya!

(A) : Mengapa nenek memilih tinggal di PJ dan tidak bersama anak cucu dan suami?

(JJ) : Saya sudah pikun juga sakit-sakitan. Suami sudah tua dan anak-anak kerja sehingga tidak ada yang merawat saya !

(A) ; Apakah ada kerinduan jumpa dengan anak cucu?

(JJ) : Tidak juga karena mereka sering sekali datang ke sini dan juga disini banyak teman-teman semasa muda!

(A) : Apakah nenek bahagia tinggal di sini?

(JJ) : Bisa ya bisa juga tidak. Kalau kumpul di sini senang dan bahagia, tetapi kalau ingat masa lalu, hatiku sedih sekali, sayang waktu tidak bisa mundur!

Sungguh suatu keindahan tersendiri kalau kita mau merawat orang tua kita dan kelak kita akan merasakan bagaimana anak-anak dan cucu-cucu kita merawat kita. Mari jadikanlah semua indah dan bahagia. Tuhan memberkati dan melindungi kita semua, Salam dan doa.

55 responses to this post.

  1. Posted by Yosua Setiawan 04PAW on March 24, 2014 at 1:15 pm

    Orang tua adalah salah satu hal yang paling berharga di dalam hidup kita. Dengan adanya orang tua, kita dirawat dan dibesarkan, karakter kita juga dibentuk dari ajaran orang tua. Dan saat kita sudah dewasa dan juga mandiri, kita yang seharusnya membalas jasa mereka, bukannya menelantarkan mereka.

    Reply

  2. Posted by Chandra Gumelar Aulia on March 26, 2014 at 10:15 am

    Bahagia sekali jika kita dapat merawat orang tua kita dikala lanjut usia. Apabila kita sudah sukses kita jangan lupa kepada orang tua kita. Jasa-jasa orang tua kita memang sepanjang masa, tidak bisa terbalas dengan waktu yang singkat. kita sebagai manusia jangan menjadi kacang lupa kulitnya yang durhaka kepada orang tua.

    Reply

  3. Posted by Feric on March 26, 2014 at 12:32 pm

    Akan sangat baik bila kita mampu merawat orang tua kita, karna roda berputar hukan hanya nasip tpi proses pertumbuhan, saat kecil d rawat saat dewasa merawat dan saat tua maka akan kembali sperti bayi yg memiliki keterbatasan dan membutuhkan bantuan

    Reply

  4. Posted by Priska Lucyana Tendean on March 26, 2014 at 4:29 pm

    Merawat orang tua kita di masa tuanya di rumah dengan penuh kasih sayang lebih baik dibandingkan membawa mereka ke panti jompo. Orang tua sudah sepantasnya mendapat kasih sayang dari anak-anak karena mereka sudah jauh lebih dulu dan kasih sayang mereka jauh lebih besar kepada kita, anak-anaknya. Oleh karena itu, jangan mengecewakan mereka dan selalu beri yang terbaik kepada mereka.

    Reply

  5. Posted by Adrian Prasetya on March 27, 2014 at 12:59 pm

    Sebisa mungkin kita memang harus merawat yang membesarkan kita dari kecil, orang tua kita. Walaupun kita bekerja kita harus tetap meluangkan waktu bersama orang tua. Agar nanti kita bisa merasakan dirawat oleh anak cucu kita.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: