Persahabatan (2)

Persahabatan adalah TUJUAN bukan SARANA

Ketika saya masih kecil, sekitar 6 tahun, saat mulai mengenal pendidikan formal. Saya punya teman 2 orang, Kartoko dan Musianto, sampai sekarang kami bertiga masih menjadi sahabat. Kartoko di Surabaya dengan pangkat Brigjen Polisi (purn) dan Musianto di Pertamina perkapalan. Saya bekerja di perusahaan swasta milik sendiri. Persahabatan kami sangat akrab, sehingga menarik beberapa teman-teman SD bergabung dan berkomunikasi baik melalui Facebook, Twitter atau Email. Saya meninggalkan SD tahun 1968. Bayangkan 45 tahun berlalu. Kadang kami bersendagurau karena lucu sekali. Kami pernah berkelahi, pernah bermusuhan, pernah saling tidak bicara, tapi aneh berlalunya waktu justru kami saling merindukan, saling merasa butuh, terlepas dari kedudukan, jabatan, pangkat, warna kulit dan suku.
Saya sendiri juga heran apa yang membuat kami akrab, saling memberi, saling tolong dan saling bercerita.
Memang menurut hemat saya pasti ada tali pengikat yang membuat persahabatan itu kekal adanya. Tentu teman-teman juga punya pengalaman pribadi apa penyebab kuatnya sebuah persahabatan.
Salah satu adalah yang saya tulis : “Persahabatan adalah TUJUAN bukan SARANA”
Di sisi lain persahabatan bukan saja saling membutuhkan, tapi juga saling memberi dan saling mau berkorban baik perasaan maupun hal-hal lain termasuk materi yang sungguh tidak bernilai dibanding dengan persahabatan itu sendiri.
Ketidaksukaan terhadap seseorang bukan menjadi tembok penghalang untuk persahabatan. Justru sebaliknya kita harus mendekatinya, misalnya kita punya sahabat ketemu kita lalu membawa temannya, tapi temannya itu sangat menjengkelkan, apa yang harus dilakukan? Jalan terbaik adalah menjadikan dia sahabat juga. Karena kalau kita tolak maka kita akan kehilangan sahabat kita sendiri, atau misalnya kita sudah punya teman tetapi rasa iri hatinya tinggi, rasa benci, gosip dan suka membicarakan kekurangan orang, mari kita dekati dan kita ajak bersama karena sahabat tersebut adalah warna lain dari diri kita. Resonansinya akan indah jika dipadukan. Walaupun sering kita kecewa dalam hubungan ini, tapi saya katakan lidah pun sering kegigit ya, tapi bukan perarti gigi harus dihilangkan.
Persahabatan juga menganut unsur multiple domino effect :

A friend of my friends,
Is my friend
A friend in need is a friend in deed

Tiada yang lebih indah di dunia ini selain mengenal persahabatan, karena disanalah kita bisa mengenal diri kita sendiri. Semoga Tuhan memberkati dan melindungi semua sahabat-sahabatku. Salam dan doa.

35 responses to this post.

  1. persahabatan memang sesuatu hal yang paling indah ketika kita bisa menjaganya hingga tua… saya harap saya juga dapat memiliki persahabatan seperti yang anda rasakan.. namun bagaimana cara kita membuat teman sahabat kita menjadi sahabat untuk diri kita sendiri yang sedangkan diri kita sendiri tidak suka dengan orang itu?? rasa tidak suka itu timbul bukannya karena sudah mulai dekat dengan teman sahabat kita??
    menurut saya persahabatan itu akan tetap bisa di jaga walaupun kita tidak menjadikan orang yang kita tidak sukai tersebut menjadi sahabat.. karena menurut saya rasa saling pengertian lah yang menjadi kunci disini. apabila kita berterus terang dengan sahabat kita mengenai ketidak sukaan kita terhadap temannya, maka sahabat kita tidak bisa memaksakan kehendak mereka untuk menjadikan temannya masuk menjadi sahabat saya.. jadi dengan begitu persahabatan yang terbuka seperti ini tidak akan membuat persahabatan menjadi pecah..
    saya percaya bahwa sahabat sejati akan memahami dan mau menerima kekurangan dan kelebihan sahabatnya baik itu dari prinsip, karakter dan perilaku sahabat mereka.

    Reply

  2. Posted by ivn on May 22, 2013 at 7:32 am

    menurut saya persahabatan yg baik adalah jika kita saling melengkapi satu sama lain misalnya ketika saya sedang kesusahan saya tau sahabat saya pasti membantu saya dan sebaliknya

    Reply

  3. Posted by bunbun on May 22, 2013 at 2:52 pm

    indahnya persahabatan yang tulus dan saling melengkapi juga saling menopang tanpa syarat dan kepentingan masing-masing

    Reply

  4. Saya sangat tertarik dengan kutipan diatas bahwa walaupun lidah sering tergigit, bukan berarti gigi harus dihilangkan. Dalam sebuah persahabatan terkadang terdapat beberapa masalah didalamnya yang mungkin melukai diri kita. Ketidaksukaan terhadap seseorang bukan menjadi tembok penghalang persahabatan, melainkan rasa tidak suka tersebut bila kita proses secara mendalam akan menyadarkan betapa istimewanya sahabat kita. Karena setiap orang memberikan warna tersendiri dalam sebuah persahabatan. Resonansinya akan indah bila dipadukan bila kita baca dari kutipan diatas. sekian dari saya.

    Reply

  5. Perbedaan yang ada dipersahabatan itu lah yang membuat seru. dengan berbeda kita dapat saling melengkapi dan berbagi hal baru. Persahabatan lebih dari sekedar ajang untuk bergaul, persahabatan lebih memiliki ikatan emosi yang khusus. Dan persahabatan akan semakin erat apabila sudah dapat melewati seperti perselisihan atau pertengkaran.

    Reply

  6. persahabatan dalam dunia ini adalah hal yang paling special yang telah diberikan oleh Tuhan. Karena dengan memiliki sahabat maka semuanya akan berjalan dengan sangat mulus, walaupun dalam ikatan persahabatan adanya perkelahian , suka tidak suka, tetapi itu bukan merupakan suatu hambatan dalam persahabatan , melainkan suatu hal yang akan diselesaikan bersama sama agar hubungan tetap menjadi baik.
    seorang sahabat akan selalu ada untuk kita dimana kesusahan dan kesenangan, tidak pergi dimana kita sedang susah dan juga datang dimana kita sedang snang saja.
    persahabatan adalah karunia Tuhan yang paling indah karena semuanya dapat menjadi sangat special dan bahagia.

    Reply

  7. Posted by kevin suhari on May 24, 2013 at 8:26 am

    Betapa indah nya persahabatan,tidak mengenal jabatan,uang,ras,suku dan lain-lain.Hanya perasaan untuk saling membahagiakan satu sama lain.Bermanfaat sekali

    Reply

  8. Posted by leonardy on May 24, 2013 at 11:05 am

    bacaan mengajarkan persahabatan itu lebih dari sekedar kebersamaan melainkan saling mengeri dan membantu

    Reply

  9. persahabatan adalah rasa saling mengerti antara 1 orang dengan orang lain. persahabatan lebih kepada tujuan yang ingin kita capai seperti bersahabat dengan orang lain saling melengkapi dan saling berbagi bersama

    Reply

  10. Posted by Johanes on May 24, 2013 at 1:57 pm

    bacaan ini mengajarkan kita bahwa persahabatan itu lebih dari sekedar kebersamaan melainkan saling mengeri dan membantu

    Reply

  11. Posted by Sugianto on May 25, 2013 at 1:39 am

    saya setuju sekali dengan arti persahabatan disini, saya juga mempunyai pengalaman dimana saya mempunyai teman di waktu SD dan entah karena apa kami bertengkar sehingga tidak saling berbicara lagi. Sekian lama kami tidak berbicara akhirnya beberapa tahun kedepan kami bertemu di suatu acara.Akhirnya saya mencoba memberanikan diri untuk mengobrol dengan dia dan dia pun meresponnya dengan tanggap dan kita pun mengobrol dengan seru hingga acara tersebut selesai. Dalam kejadian tersebut jadi sadar bahwa kejadian seperti bermusuhan pun tidak dapat memisahkan persahabatan seseorang apalagi mereka telah berkenalan lama.

    Reply

  12. persahabatan adalah tujuan bukan sarana yang berarti persahabatan itu untuk mencapai sesuatu bukan memanfaatkan untuk mencapai sesuatu..

    Reply

  13. Memang persahabatan adalah hal baik yang harus dipertahankan. Karena dari persahabatan itu sendiri kita tahu banyak hal.

    Reply

  14. kita bersahabat bukanlah karena memiliki ras yang sama, hobi yang sama, atau makanan favorit yang sama, Justru kita harus bersahabat terhadap siapapun meskipun mereka yang menjengkelkan dan bahkan yang pernah menyakiti kita. sebenarnya bukan hal itu yang kita ingin kan ,, yang kita inginkan adalah makna dari persahabatan tersebut yang mampu mengajarkan kita banyak hal dari yang sepele hingga hal yang paling penting. oleh karena itu nilai persahabatan kita tidak dapat kita bayar dengan apa pun.

    Reply

  15. persahabatan tidak pernah memandang apa yang harus dikorbankan dan apa yang akan didapatkan

    Reply

  16. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 6:52 am

    sebagai makhluk sosial persahabatan sangat dibutuhkan… kita juga dapat mengenali diri kita sendiri melalui persahabatan….

    Reply

  17. Posted by stefano agung on May 25, 2013 at 9:09 am

    pada umumnya manusia adalah mahluk social yang tidak dapat hidup sendiri,mereka membutuhkan orang lain, tapi kita juga harus berhati hati untuk memilih seseorang yang ingin kita percayai.sahabat kata itu berarti kita sudah menemukan seseorang yang dapat kita percayai,sahabat sangat penting untuk kita,karna seorang sahabt bagi saya,mereka akan selalu ada disaaat kita jatuh dan bangkit.

    Reply

  18. Posted by Dimas Abdul Aziz on May 25, 2013 at 11:45 am

    sahabat sesorang yg dpt membantu dikala suka mau pun duka

    Reply

  19. Posted by Alfaty Rachmania on May 25, 2013 at 1:54 pm

    persahabatan bukan saja saling membutuhkan, tapi juga saling memberi dan saling mau berkorban baik perasaan maupun hal-hal lain termasuk materi yang sungguh tidak bernilai dibanding dengan persahabatan itu sendiri.

    Reply

  20. Persahabatan sering mengalami beberapa cobaan, tetapi
    persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan
    bertumbuh bersama karenanya…
    Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri

    Reply

  21. Dengan perkembangan jaman saat ini susah mencari sahabat yang benar-benar 100% sahabat karena kebanyakan lebih memikirkan diri sendiri / kalau berteman karena ada maunya saja. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam mencari sahabat

    Reply

  22. Membaca artikel diatas, saya jadi tersenyum dan tertawa. Apa yang membuat saya tersenyum tidak lain adalah saya mengingat sahabat saya diwaktu kecil saat duduk di sekolah dasar dan apa yang membuat saya tertawa adalah kesamaan-kesamaan yang saya alami dengan sahabat saya tersebut yaitu pernah bertengkar, diam-diaman bahkan berkelahi. Namun itu semua sirna ketika kami duduk dibangku SMP. saat itu hanya kami berdua dari SD yang sama yang masuk ke SMP tersebut. saat itu kami berdua merasa asing dan tak mengenal siapa-siapa sampai akhirnya saya menyapanya dan memulai percakapan. ternyata dia juga merasakan hal yang sama dengan saya, mersa seperti anak hilang yang sedang nyasar, tidak mengenal siapa-siapa. dari sana kami mulai dekat dan sampai sekarang setiap ada kesempatan kami selalu menyempatkan diri untuk pergi walaupun hanya sekedar makan bersama. memang benar bahwa tiada yang lebih indah di dunia ini selain mengenal persahabatan, karena dari sanalah saya mengenal diri saya dan pribadi sahabat-sahabat saya yang tak cukup walau digambarkan dengan sejuta kata.

    Reply

  23. saya setuju… persahabatan bukan saja berbicara mengenai hal saling membutuhkan…tetapi esensi dari tujuannya itulah yang penting.. bila dalam persahabatan berkonsep,”aku butuh apa ya dari sahabatku? lalu aku akan kasih apa ya kepada sahabatku?” saya rasa itu belum mencapai tujuan persahabatan…
    tapi cobalah untuk mencintai sahabat seperti mencintai diri sendiri…
    ada kalanya kita dituntut untuk berusaha menjadi sahabat dari orang yang mungkin tidak teralu menganggap kita, tapi suatu kali dia membutuhkan pertolongan kita…lantas apakah karena slama ini kita tidak dianggap lalu kita tidak mau memberi pertolongan?
    walaupun kadang kita menganggap seseorang sahabat tetapi orang itu merasa biasa saja, jangan berubah sikap..tapi tunjukanlah kasih yang sampai menyadarkan orang itu bahwa kita mau menjadi sahabatnya dan selama ini sudah menjadi sahabatnya🙂

    Reply

  24. Posted by priscilamarcelina on May 26, 2013 at 3:25 pm

    Mengenai hal tentang sahabat yang membawa teman yang menjengkelkan, itu pernah terjadi pada salah satu teman kuliah saya.. Bukan hanya menjengkelkan, teman dari sahabat teman saya ini berlaku tidak sopan dan kasar terhadap supir teman saya sehingga supir tersebut memutuskan untuk keluar – mengakibatkan teman saya kena ‘imbas’ dari orang tuanya, padahal ia tidak salah apa2. Menurut saya, kita boleh berteman dengan siapa saja, siapapun itu orangnya.. tapi untuk menjadikan seseorang sebagai sahabat, itu cerita lain. Karena persahabatan memiliki level kedekatan yang lebih tinggi sehingga dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Cenderung kalau kita punya sahabat yang baik, pengaruh di kehidupan kita akan baik.. tapi kalau sahabat kita adalah seseorang yang buruk, maka buruklah pengaruh ia di kehidupan kita.

    Reply

  25. “Tiada yang lebih indah di dunia ini selain mengenal persahabatan, karena disanalah kita bisa mengenal diri kita sendiri.” Kalimat yang sangat bagus dan benar.

    Reply

  26. Posted by Melisa / 02PNM / 1601232166 on June 13, 2013 at 3:03 pm

    Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah. Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi
    mencari perhatian dan pertolongan dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya. Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri.

    Reply

  27. Saya setuju dengan artikel diatas, di dalam persahabatan pasti ada saling memberi dan mengorbankan. Kita pastinya rela berkorban dan memberikan yang lebih kepada sahabat kita karena kita ingin membuat mereka bahagia dan tidak membuat mereka sedih. Tetapi untuk sampai kepada tahap dimana kita rela berkorban untuk teman kita tidak lah mudah dan cepat, butuh waktu, kesetaiaan dan kejujuran agar sebuah persabatan bisa menjadi persabahatan yang sejati.

    Reply

  28. Posted by arbart candra on June 15, 2013 at 3:00 pm

    persahabatan itu saling melengkapi,saling mendukung,saling membantu,selalu bersama waktu senang maupun duka,tidak semua orang menemukan sahabatnya jadi berbahagialah orang yang bisa menemukan seorang sahabat dan pertahankan hubungan persahabatan itu selama-lamanya karena suatu persahabatan itu indah

    Reply

  29. Ketidaksukaan terhadap seseorang bukan menjadi tembok penghalang untuk persahabatan. Justru sebaliknya kita harus mendekatinya, misalnya kita punya sahabat ketemu kita lalu membawa temannya, tapi temannya itu sangat menjengkelkan, apa yang harus dilakukan? Jalan terbaik adalah menjadikan dia sahabat juga

    Reply

  30. Posted by sandra on June 17, 2013 at 4:25 pm

    Orang yang selalu berada di dekat saya, disampiung saya, yang selalu memberikan bahunya ketika saya mebutuhkannya, yang selalu ikut tersenyum kita saya memberikan sebuah cerita dan berbagi cerita. Persahabatan memang tidak ternilai bagi saya. Mereka adalah orang – orang yang membuat saya memaknai arti hidup sebenarnya.

    Reply

  31. Posted by depri christian on June 19, 2013 at 2:23 pm

    persahabatan terjadi bukan dlm jangka waktu yg sebentar tetapi persahabatan terjadi dlm jangka waktu yg cukup lama dalam suka maupun duka sahabat tetap ada di dlm dua hal tersebut,itu baru sahabat dan persahabatan yg sejati.

    Reply

  32. “Persahabatan adalah TUJUAN bukan SARANA”
    Di sisi lain persahabatan bukan saja saling membutuhkan, tapi juga saling memberi dan saling mau berkorban baik perasaan maupun hal-hal lain termasuk materi yang sungguh tidak bernilai dibanding dengan persahabatan itu sendiri.

    Kalau kita mau bersahabatan dengan seseorang dengan tulus, maka orang tersebut juga mau bersahabat dengan kita.

    Reply

  33. hal2 ini yang sering menjadi dilema dalam hidup saya dimana saya merasa hanya ‘digunakan’ oleh teman yang sudah lama saya kenal apakah pantas ia saya panggil teman atau tidak saya pun bingung untuk menjawabnya. dan saya pun mengerti sahabat adalah orang2 yang sudah mengenal satu sama lain dan rela berkorban demi orang tersebut itu adalah persahabatan yang sejati

    Reply

  34. persahabatan sangat berharga, sangat berarti dan patut kita pertahankan.

    Reply

  35. Posted by Christine Myrafirmin on December 5, 2013 at 3:39 pm

    Persahabatan sejati itu ibarat i jiwa dalam 2 tubuh ,saling mau membantu satu sama lain ,tidak terlekang oleh waktu,tetap saling mendukung dalam kondisi apapun

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: