Hari Baik

Keterkaitannya dengan acara yang kita rayakan, kita sebut hari baik (Adh)

Ramalan-Zodiak-September-2012Menghadiri sebuah pesta perkawinan menjadi agenda rutin saya dan istri setiap akhir pekan. Semalam saya datang sendiri karena istri ada acara lain, Dalam pertemuan dengan sahabat, pengantin, apalagi teman-teman kemudian menikmati makanan enak, tentu luar biasa senangnya. Saya selalu menyempatkan diri hadir ke pesta perkawinan karena ini istilahnya bayar hutang karena waktu saya ada acara, banyak teman-teman hadir. Kini giliran saya diundang rasanya wajib saya harus hadir. Walaupun kadang-kadang berbenturan apa lagi kalau bertepatan hari baik misalnya 08 08 08 atau 12 12 12.
Ada juga yang harus melihat atau memilih hari baik, bulan baik atau tahun baik, percaya atau tidak itu wajar wajar saja. Sebenarnya bukan saja untuk perkawinan yang dicari hari baik, melainkan acara syukuran, peresmian kantor, bangun rumah dan sebagainya. Yang menjadi sungguh indah kalau hari yang kita pilih menjadikan suasana indah. Anak kedua saya menikah bulan Februari 2007, waduh saat itu seluruh kota Jakarta dipenuhi air. Ada keluarga keluar dari airport 24 jam baru sampai rumah saya. Saya bisa merasakan kesedihan pengantin, tapi ternyata pestanya ramai sekali, sehingga kami sungguh terhibur. Para tamu berjuang sekuat tenaga untuk mencapai Hotel Mulia, dengan meninggalkan banyak kisah dan pengalaman.
Kejadian yang sama juga terjadi. suatu hari saya menghadiri pesta seorang kawan tetapi tamunya hanya beberapa orang, karena banjir besar di Jakarta.
Mengenai hari baik, bukan berarti hari lain jelek, mungkin saja bisa lebih baik, saya lebih setuju kalau menyebutnya hari bahagia atau hari harmonis, sehingga tidak mengurangi makna hari lainnya, tetapi saya meminjam dan menyebutnya hari baik, karena sebutan ini sudah generik atau umum.
Ada sebuah pertanyaan disampaikan oleh seorang ibu, yang ingin mencari hari baik! Saya sangat setuju, lalu saya sampaikan ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yakni : pertama, pilihlah hari yang indah dan baik bagi keluarga, dimana kebersamaan keluarga dimungkinkan, artinya bisa koordinasi dengan keluarga. Kedua, menyesuaikan dengan kondisi alam, musim hujan atau musim kering, lebih kurang kita bisa prediksi, kalau musim hujan apa yang harus kita persiapkan. Ketiga, minta petunjuk Tuhan dalam kepasrahan sehingga campur tangan Tuhan akan menentukan kehendak-Nya.
Tetapi bagaimana meminta petunjuk Tuhan, saya sampaikan bahwa banyak cara seperti dengan novena, puasa dan yang mudah adalah bawa dalam doa.
Tugas kita sekarang adalah bagaimana merubah hari ini menjadi hari baik bagi kita semua. Bagi sahabat semua dan bagi keluarga yang menjadikan hari baik juga merupakan bagian dari tugas pelayanan kita. Hari ini akan merubah kehidupan kita, jika dimulai dengan niat dan maksud baik, bukalah dengan doa dan salam kebaikan. Kita menyapa setiap sahabat dan keluarga. Ciumlah istri atau suami saat bangun pagi. Belajar membelai anak-anak dan buatlah semua jadi indah, maka hari baik akan menanti kita. Buanglah segala hal-hal yang bisa membuat keburukan. Gantikanlah dengan senyuman yang menawan.
Mari kita rubah hari ini menjadi hari baik, supaya sumber suka cita ada dan hidup bersama kita. Mari kita juga doa buat semua sahabat, keluarga dan saudara yang tidak bisa menyambut hari baik hari ini, supaya mereka segera bisa menyambut kegembiraan dan suka cita dalam tangan Tuhan. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

59 thoughts on “Hari Baik

  1. Riyanti T

    Jika kita memikirkan semua hari itu baik, maka akan menjadi baik juga. Tapi, tetap saja kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi setiap harinya pada diri kita. Jadi, baik atau buruk hal yang terjadi pada diri kita, harus kita syukuri dan ikhlaskan terjadi karena semua hal tersebut sudah diatur oleh yang di atas dan pasti akan ada hikmah yang dapat dipetik dari setiap kejadian.
    tapi, dalam keluarga saya, jika akan ada suatu event besar, mungkin seperti acara pernikahan atau syukuran, keluarga saya juga mencari hari yang benar-benar tepat untuk meyelenggarakan event tersebut agar semuanya berjalan dengan lancar.
    jadi, tidak ada salahnya juga memilih hari baik yang paling baik dari sekian hari baik yang ada setiap harinya^-^

    Reply
  2. jack prayogo

    artikel diatas menarik, semuahari adalah hari baik tidak ada hari yang tidak baik, tetapi mungkin saja terkadang kita tidak tau bencana itu mau datang kapan kepada kita, karena masalah/bencana seperti pencuri dalam hidup kita yang bisa muncul tiba”. walaupun anda sudah memilih hari yang menurut anda itu baik tetapi jika sebuah masalah ingin datang ke kehidupan kita, kita tidak bisa mencegah itu semua. terima kasih.

    Reply
  3. Nindy

    Sebenarnya seluruh hari yang Tuhan berikan kepada kita baik adanya. Semuanya tergantung bagaimana kita menyikapinya. Hadapi semua hari dengan senyuman.

    Reply
  4. Justman Tan - 1601266186

    Berbagai etnis di Indonesia juga mengenal istilah hari baik atau hari buruk. Tetapi ada juga yang tidak percaya. Mereka berasumsi semua hari sama saja. Baik ataupun buruknya tergantung manusia. Setiap waktu dan hari memiliki karakter berbeda sesuai pengaruh benda-benda alam (planet) terhadap bumi. Pengaruh ini akan mempengaruhi juga karakter alam baik binatang, tumbuhan dan manusia. Dengan mempelajari berbagai pengaruh tersebut kita diberikan kesempatan untuk memilih waktu dan hari yang tepat untuk aktivitas yang sesuai, atau menghindari untuk tidak melakukan aktivitas tertentu pada waktu atau hari tertentu.

    Reply
  5. ryandeoanantyo

    Istilah hari baik pada kutipan diatas dirubah lebih tepat menjadi hari bahagia atau hari harmonis, dikarenakan setiap hari merupakan hari baik tergantung cara pandang kita terhadap setiap harinya. Bahkan hari dengan perkiraan yang baik apabila Tuhan telah merencanakan untuk diubah maka akan berubah. Pesan dari saya pandanglah setiap harinya merupakan hari baik, sehingga kita dapat maksimal di dalam menjalani kehidupan ini. Terdapat semangat tersendiri yang akan timbul apabila pandangan kita dibuat seperti itu. Menciptakan susana harmonis dan menidakan keburukan setiap harinya maka setiap harinya yang diberkan Tuhan akan menjadi indah. GBU. πŸ™‚

    Reply
  6. Aloisius Johnsis / 02PNM / 1601265763

    pada dasarnya semua hari adalah baik karena Tuhan tidak pernah menciptakan hari yang buruk, baik atau buruk tergantung kita melihat dan menyikapinya. dalam sesuatu yang buruk sekalipun pasti ada hal baik yang bisa di ambil. jadi mulai sekarang kita masing masing mulai berpikir positif dam melihat segalanya dari berbagai sudut pandang sehingga kita dapat melihatnya dari sisi yang tepat.

    Reply
  7. fera

    menurut saya, semua hari itu adalah baik, namun perlu kita sadari adalah cara membuat hari baik untuk kita. saya setuju dengan artikel ini, intinya adalah hari baik itu adalah hari dimana setiap hari kita selalu bersyukur kepada Tuhan dari apa yang kita jalani. Mengisi hari-hari kita dengan penuh kasih terhadap semua orang.

    Reply
  8. Maorel

    Kunci untuk mendapatkan hari baik terdapat pada diri kita sendiri bagaimana kita menjalani hidup dengan hati penuh suka cita dan bersyukur, maka hari demi hari selalu akan menjadi hari yang baik.

    Reply
  9. fanyfsl

    Menurut saya semua hari itu baik tergantung bagaimana kita menjalaninya. Jika diniatkan dalam hati bahwa hari ini akan diisi dengan hal yang bermanfaat maka kita akan dapat berkah, begitupun sebaliknya. Saya percaya semua yang terjadi dimasa lalu, masa sekarang, dan di masa depan sudah diatur oleh Tuhan. Terimakasih.

    Reply
  10. leonardy

    dari bacaan kita mengetahui hari baik,agar kta dapat memanfaatkan hari itu,agar dapat menjadi hari yang bermanfaat bagi kita dan irang lain..

    Reply
  11. Romario Gautanto

    menurut saya hari baik itu adalah dimana kita mendapatkan sebuah pengalaman yang baik maupun buruk sehingga kita bsa belajar dari pengalaman tersebut. hari baik juga bsa saat kita berdoa bersama kepada Tuhan dan mengajarkan sesuatu yang baik kepada orang lain dan sesama.

    Reply
  12. Johanes

    dari bacaan kita mengetahui hari baik,agar kita dapat memanfaatkan hari itu sehingga dapat menjadi hari yang berguna bagi kita dan orang lain..

    Reply
  13. antoni

    dalam artikel ini kita diberikan dalam hal kebaikan agar kita dapat mengasihi sesama dalam kesusahan, dan dengan diberikan kita rasa kasihan perasaan kebaikan kita juga akan muncul,
    Tuhan menciptakan manusia, dengan sifat yang baik. agar kita tidak terjadi permusuhan antara mahluk hidup lainnya.

    Reply
  14. Sugianto

    hari baik bagi saya sendiri adalah hari dimana saya dapat melakukan kegiatan dan kewajiban saya dengan baik, dimana terjadi hal – hal yang bagus dan juga tidak kesedihan. Hari baik bukanlah hari yang tercipta sendiri, diperlukan usaha dari kita untuk mewujudkan hari tersebut πŸ™‚

    Reply
  15. adityadityaa

    hari baik yang sebenarnya tidak ada karena semua hari itu baik apabila kita selalu berbuat baik kepada siapapun dan menjalankan kewajiban kita,begitu juga hari sial.. hari sial adalah imbalan dari perbuatan buruk kita.

    Reply
  16. mariantochandra@gmail.com

    hari baik dapat ditentukan oleh diri kita sendiri dan oleh nasib kita sendiri, atau dapat dikatakan dapat berdasarkan nasib kita….

    Reply
  17. stefano agung

    hari baik dapat kita rasakan setiap waktu,bukan pada tanggal tertentu,lakukan hal yang menyenangkan disetiap kita membuka mata setelah beristirahat di malam hari,banyak hal hal kecil yang bisa membuat hari hari kita menjadi baik dan menyenangkan.

    Reply
  18. stefano agung

    hari baik dapat kita rasakan setiap waktu,bukan pada tanggal tertentu,lakukan hal yang menyenangkan disetiap kita membuka mata setelah beristirahat di malam hari,banyak hal hal kecil yang bisa membuat hari hari kita menjadi baik dan menyenangkan

    Reply
  19. ajie sandi martin

    menurut saya semua hari adalah hari yang baik karena semua ciptaan tuhan pasti bermanfaat bagi kita dan hari esok harus lebih baik daripada hari ini jika kita ingin tergolong pada orang yang beruntung…

    Reply
  20. Syarifah

    Hari baik banyak orang memaknainya sebagai sebuah hari kemujuran atau mujur tak mujur. jika mujur, maka hari itu hari baik dan jika tidak mujur, bukan hari yang baik. sebagai manusia, kita terlalu pendek mengartikan arti hari baik seperti itu. saya sangat setuju dengan ulasan hari baik pada artikel ini bahwa hari baik adalah hari dimana kita dapat mengisi hari tersebut dengan suka cita, pikiran yang positif dan dengan melakukan kebaikan.

    Reply
  21. ANDRI / 02PNM / 1601232576

    ketika kita berpikir bahwa setiap hari adalah hari yang baik maka hari-hari itu akan menjadi baik namun ketika kita berpikir bahwa hari-hari itu burk maka hari-hari itu akan benar-benar menjadi buruk.. dengan pikiran positive semua akna menjadi positive namun dengan pikiran negative semua akan nevgative

    Reply
  22. Tan William

    Sesungguhnya tanggal baik hanyalah simbol, tetapi banyak orang yang memaksakan agar acara harus dilaksanakan pada tanggal tersebut tanpa memikirkan apa yang akan terjadi. Kita harus berpikir panjang akan apa yang terjadi kedepan.

    Reply
  23. anggunjievina

    Menurut saya, semua hari itu baik. Dalam kitab Kejadian tertulis bahwa Allah menjadikan semuanya baik. Itu artinya setiap hari itu baik. Tidak ada hari buruk. Jika sebagian orang menganggap ada hari baik dan buruk itu merupakan hak mereka dan keyakinan mereka. Semuanya kembali kepada diri kita sendiri. Bagaimana kita menjalani hari-hari kita dengan penuh rasa syukur dan bagaimana kita menjadikan hari-hari kita menjadi hari yang baik setiap harinya.

    Reply
  24. cheri meriani

    semua hari adalah hari baik, menentukan hari baik hanyalah kebiasaan yang kita lakukan agar kita terhindar dari marabahaya. masalah tidak dapat di hindari, kesusahan hari ini cukuplah untuk hari ini saja, hari lain memiliki kesusahannya sendiri. jadi kita harus beranggapan semua hari adalah baik, dengan begitu kita akan lebih bisa menikmati hidup.

    Reply
  25. kesialaurensya

    Artikel diatas sangat menarik,,hari baik yang sebenarnya tidak ada karena semua hari itu baik apabila kita selalu berbuat baik kepada siapapun dan menjalankan kewajiban kita semua.

    Reply
  26. Melisa Patricia

    Tugas kita sekarang adalah bagaimana merubah hari ini menjadi hari baik bagi kita semua. Bagi sahabat semua dan bagi keluarga yang menjadikan hari baik juga merupakan bagian dari tugas pelayanan kita. Hari ini akan merubah kehidupan kita, jika dimulai dengan niat dan maksud baik, bukalah dengan doa dan salam kebaikan.

    Reply
  27. Lilyana

    Hari baik akan menanti kita. Buanglah segala hal-hal yang bisa membuat keburukan. Gantikanlah dengan senyuman yang menawan.

    Reply
  28. Ikke Winarya

    Menurut saya semua hari itu baik dan ada maknanya. Hari akan menjadi baik bila kita juga berbuat baik pada hari itu kepada orang lain baik orangtua, teman, dosen, dll. Sertailah hari baik dengan senyuman.

    Reply
  29. Herlina_1501177822_04PHJ

    Hari baik bisa diibaratkan dengan keberuntungan kita.. Apabila kita merasa hari ini baik, maka itu keberuntungan kita..

    Reply
  30. arbart candra

    hari baik merupakan hari yang selalu diinginkan setiap orang,menurut saya hari baik itu diperoleh dari kita sendiri,intinya adalah bagaimana kita selalu bersyukur kepada Tuhan.seburuk apapun hari yang anda alami jadikanlah sebagai hikmah dan belajarlah dari semua itu.

    Reply
  31. khairani bianda

    everyday is a good day. walaupun emang ada hal-hal buruk terjadi, tapi pasti dibalik itu ada yang membuat kita bahagia. tergantung pribadi masing2 menyikapinya

    Reply
  32. desyadamashinta

    hari baik biasanya hanya kepercayaan tradisi saja. jika ditelaah dengan seksama semua hari adalah hari baik tergantung bagaimana kita berpikir. dengan berpikir positif dan berdoa untuk membuka hari tersebut makan hari itu akan menjadi hari yang baik.

    Reply
  33. Alvia Oktaviani

    setiap hari adalah hari baik. Tuhan tidak pernah menciptakan hari buruk atau hari yang tidak baik. hanya saja kita diberikan kesempatan untuk mengelola hari-hari kita apakah akan menjadi baik atau tidak. selama fikiran kita positif dan selalu menghadirkan Tuhan dihati dan fikiran kita, saya percaya bahwa hari akan selalu baik.

    Reply
  34. richard rioyanto

    Semua hari merupakan hari baik. itu hanya bagaimana kita menyikapi hari itu apakah dengan senyum atau bad mood untuk mengawali semua itu. Apabila kita berpikir positif pasti hari itu akan menjadi hari yang baik untuk melakukan aktivitas.

    Reply
  35. herdiansyaah

    Hari ini akan merubah kehidupan kita, jika dimulai dengan niat dan maksud baik, bukalah dengan doa dan salam kebaikan. Kita menyapa setiap sahabat dan keluarga

    Reply
  36. ananda nirmalasari 1601268872

    semua hari sebenarnya sama saja, namun tergantung manusianya yg beranggapan seperti apa. tuhan slalu ada untuk membantu hambanya dan memberikan kebahagiaan. walaupun dihari yang berbeda tuhan memberikan hari yang baik bagi hambanya yang mau bersyukur dan berdoa kepadanya.

    Reply
  37. hidingbehindthecamera

    hari ini adalah hari baik. hari esok adalah hari baik. semua hal itu hanya tergantung dari bagaimana sugesti kita mengenai hari tersebut. banyak orang yang terlalu percaya hingga hal itu mempengaruhinya. dalam bersikap dan menjalani hidupnya pada hari itu.
    04PIF Lydia

    Reply
  38. yugi p5 ubm

    Hari baik = bulshit , hari baik itu smua hari saat bersma Tuhan , bkn trgntng apapun itu lah , shio , atau sejenis nya , karna Tuhan ga prnh ciptain tgl buruk atau hari buruk , yg Tuhan ciptakan adalah hari ist dn datang untuk Tuhan

    Reply
  39. Hendri

    Hari esok harus lebih baik dari hari sebelumnya, maka jadikanlah setiap hari itu hari baik dan bahkan lebih baik.

    Reply
  40. rizkiintansakinah

    Saya sependapat dengan Artikel di atas tentang mencari Hari Baik. Tapi menurut saya hari baik itu berasal dari dalam diri kita sendiri. Hanya kita yang dapat menentukan apakah hari tersebut menjadi hari terbaik atau tidak. Karena hari terbaik itu ada pada saat kita mampu mengendalikan diri kita, selalu bersyukur pada Allah SWT, menjauhi larangannya dan melakukan perintahnya dengan Ikhlas hanya karena Allah SWT.

    Reply
  41. Azmi Arumsari

    Ketika kita memaknai sebuah hari sebagai hari yang baik,berarti kita memandang hari tersebut adalah hari dimana hal-hal baik,dan mendatangkan keuntungan bagi kita. Saya setuju dengan isi artikel ini yang mengatakan bahwa dalam mencari hari baik misalkan untuk mengadakan sebuah acara kita harus memperhatikan faktor alam selain itu kebersamaan keluarga juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Hal yang paling utama adalah meminta petunjuk Tuhan melalui doa. Hendaknya kita selalu berusaha supaya hari-hari kita selalu menjadi hari yang baik supaya kita selalu hidup dengan damai dan tentram.

    Reply
  42. Luna Claria Febri

    Ada lagu sekolah minggu “hari ini hari ini harinya Tuhan harinya Tuhan” lagu ini bermaksud kalau setiap hari merupakan hari Tuhan. Kita selalu mengeluh pada hari senin, padalah bagi orang lain hari itu merupakan hari istimewa karena ia ultah. mengucapsyukurlah selalu setiap hari, berdoalah sebelum memulai hari dan tutuplah hari dengan doa.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s