Hari Baik

Keterkaitannya dengan acara yang kita rayakan, kita sebut hari baik (Adh)

Ramalan-Zodiak-September-2012Menghadiri sebuah pesta perkawinan menjadi agenda rutin saya dan istri setiap akhir pekan. Semalam saya datang sendiri karena istri ada acara lain, Dalam pertemuan dengan sahabat, pengantin, apalagi teman-teman kemudian menikmati makanan enak, tentu luar biasa senangnya. Saya selalu menyempatkan diri hadir ke pesta perkawinan karena ini istilahnya bayar hutang karena waktu saya ada acara, banyak teman-teman hadir. Kini giliran saya diundang rasanya wajib saya harus hadir. Walaupun kadang-kadang berbenturan apa lagi kalau bertepatan hari baik misalnya 08 08 08 atau 12 12 12.
Ada juga yang harus melihat atau memilih hari baik, bulan baik atau tahun baik, percaya atau tidak itu wajar wajar saja. Sebenarnya bukan saja untuk perkawinan yang dicari hari baik, melainkan acara syukuran, peresmian kantor, bangun rumah dan sebagainya. Yang menjadi sungguh indah kalau hari yang kita pilih menjadikan suasana indah. Anak kedua saya menikah bulan Februari 2007, waduh saat itu seluruh kota Jakarta dipenuhi air. Ada keluarga keluar dari airport 24 jam baru sampai rumah saya. Saya bisa merasakan kesedihan pengantin, tapi ternyata pestanya ramai sekali, sehingga kami sungguh terhibur. Para tamu berjuang sekuat tenaga untuk mencapai Hotel Mulia, dengan meninggalkan banyak kisah dan pengalaman.
Kejadian yang sama juga terjadi. suatu hari saya menghadiri pesta seorang kawan tetapi tamunya hanya beberapa orang, karena banjir besar di Jakarta.
Mengenai hari baik, bukan berarti hari lain jelek, mungkin saja bisa lebih baik, saya lebih setuju kalau menyebutnya hari bahagia atau hari harmonis, sehingga tidak mengurangi makna hari lainnya, tetapi saya meminjam dan menyebutnya hari baik, karena sebutan ini sudah generik atau umum.
Ada sebuah pertanyaan disampaikan oleh seorang ibu, yang ingin mencari hari baik! Saya sangat setuju, lalu saya sampaikan ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yakni : pertama, pilihlah hari yang indah dan baik bagi keluarga, dimana kebersamaan keluarga dimungkinkan, artinya bisa koordinasi dengan keluarga. Kedua, menyesuaikan dengan kondisi alam, musim hujan atau musim kering, lebih kurang kita bisa prediksi, kalau musim hujan apa yang harus kita persiapkan. Ketiga, minta petunjuk Tuhan dalam kepasrahan sehingga campur tangan Tuhan akan menentukan kehendak-Nya.
Tetapi bagaimana meminta petunjuk Tuhan, saya sampaikan bahwa banyak cara seperti dengan novena, puasa dan yang mudah adalah bawa dalam doa.
Tugas kita sekarang adalah bagaimana merubah hari ini menjadi hari baik bagi kita semua. Bagi sahabat semua dan bagi keluarga yang menjadikan hari baik juga merupakan bagian dari tugas pelayanan kita. Hari ini akan merubah kehidupan kita, jika dimulai dengan niat dan maksud baik, bukalah dengan doa dan salam kebaikan. Kita menyapa setiap sahabat dan keluarga. Ciumlah istri atau suami saat bangun pagi. Belajar membelai anak-anak dan buatlah semua jadi indah, maka hari baik akan menanti kita. Buanglah segala hal-hal yang bisa membuat keburukan. Gantikanlah dengan senyuman yang menawan.
Mari kita rubah hari ini menjadi hari baik, supaya sumber suka cita ada dan hidup bersama kita. Mari kita juga doa buat semua sahabat, keluarga dan saudara yang tidak bisa menyambut hari baik hari ini, supaya mereka segera bisa menyambut kegembiraan dan suka cita dalam tangan Tuhan. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

59 responses to this post.

  1. Menurut saya semua hari akan baik dan beruntung jika kita mengandalkan Tuhan serta menggunakan kemampuan yang kita punya serta percaya akan hari hari yang kita lewati.

    Reply

  2. Posted by Olivia Rusli on December 5, 2013 at 4:06 pm

    Menurut saya semua hari itu baik, karena saya yakin Tuhan akan selalu memberkati hari-hari yang ada.

    Reply

  3. Mitos maupun ramalan mengenai hari baik terjadi di waktu tertentu menurut saya kurang tepat. Semua hari itu baik, karena hari ialah waktu yang dianugerahkan Tuhan pada kita untuk menjalani hidup. Baik atau tidaknya hari itu adalah penilaian subjektif kita sendiri. Bagaimana kita bisa menjalani dengan hal-hal yang benar dan menyenangkan, tentua tiap hari adalah hari yang baik buat kita.

    Reply

  4. Posted by Marcellus Jeffrey on March 24, 2014 at 3:51 pm

    Sebuah hal yang unik yang tidak akan terjadi atau sangat jarang terjadi akan dianggap orang pada umumnya sebagai hari baik atau keberutungan, tapi dari cerita anda mengenai hari perkawinan teman anda yang sepi akibat banjir. membuktikan bahwa hal itu tidak benar. Hari baik hanya ada dalam mindset kita, saat kita memulai hari tersebut dengan segala pikiran yang positif, optimis semua akan berjalan baik pada hari itu, maka pada kenyataannya semua hal yang terjadi pada hari itu akan baik bagi kita. kenapa kita tidak memulai setiap harinya dengan pikiran seperti itu? sangat baik bukan menganggap setiap hari adalah hari baik selain banyak hal positif yang akan kita rasakan, tubuh kita juga akan terhindar dari rasa stress yang dapat menimbulkan penyakit secara psikologi maupun fisik.

    Reply

  5. Posted by Hendro Tjeng on March 24, 2014 at 5:26 pm

    Menurut saya setiap hari itu adalah hari baik, karena Tuhan selalu memberikan kita yang baik. jika kita dapat menjalani hidup kita dengan baik dan tertib pasti hari akan menjadi tambah lebih baik.

    Reply

  6. Posted by SusY on March 26, 2014 at 1:14 pm

    Tugas kita adalah membuat hari ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. Peernyataan in tepat sekali. jangan tenggelam dalam masa lalu . Ya, karena itu tidak akan menyelesaikan masalah kita. Kita harus mengubah hari kita menjadi lebih baik🙂

    Reply

  7. Posted by rivi puspita on March 26, 2014 at 4:07 pm

    Disini saya dapat mengerti segala hal,ternyata hal-hal baik akan terjadi jika kita melalui dengan hal yang baik juga. Hal-hal yang sepele justu akan berbuah yang manis di kemudian hari,terkadang kita menyepelekan hal-hal yang sepele itu sehingga kita tidak dapat menemukan apa itu kebahagian sesungguhnya . Saya dapat menyimpulkan bahwa jika kita melakukan hal-hal yang baik setiap hari tidak akan rugi bagi kita .

    Reply

  8. Posted by Gloria Asmara on March 26, 2014 at 5:14 pm

    Menurut saya, semua hari baik..tinggal bagaimana kita menjalani semuanya dan selalu berfikir positif untuk menjalankannya. Stay positve!

    Reply

  9. Posted by Adrian Prasetya on March 27, 2014 at 1:11 pm

    Asalkan pikiran kita selalu positif, setiap hari akan menjadi hari yang baik . Meskipun ada musibah pada hari itu, jika kita menyikapinya dengan mengambil nilai positifyang ada pada kejadian itu, maka hari itu akan menjadi sama seperti hari hari lainya. Dan kita patut bersyukur setiap harinya karena kita dapat mengalami kejadian-kejadian yang dapat membangun diri kita.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: