Standard

Tulis apa yang anda lakukan dan lakukan apa yang anda tulis, itulah standard terbaik.

SOP Warehouse ActivitySelesai mengikuti seminar tentang standar ISO perusahaan di Hotel Mulia, saya melakukan rapat kecil dengan board tentang standarisasi perusahaan. Tahun 2000 perusahaan kami mengalami tekanan ekonomi dan mengalami kegagalan total. Ketidaksiapan manajemen menjadikan semua operasional kolaps dan runtuh serentak. Standar yang dibuat pun tidak bisa membantu banyak. Tetapi berjalannya waktu sampai tahun 2008 saya menyadari penuh bahwa standard operasional sangat diperlukan.
Setelah meraih ISO 2009, barulah terbuka mata kami bahwa ternyata kami sangat lemah dan rapuh di segala bidang dan perlu diperbaiki segalanya.
Ada beberapa kendala dalam melaksanakan standard operasional karena menyangkut:
Pertama, komitmen yaitu adanya kemauan keras untuk maju dan siap menjalankan segala sesuatu sesuai yang disepakati bersama.
Kedua, disiplin yakni menjalankan semua usaha-usaha dengan baik dan benar seperti halnya dilakukan untuk diri sendiri, mematuhi semua rambu-rambu yang ada.
Ketiga, adanya rasa memiliki dan kebersamaan, yakni satu hati satu jiwa dalam menghadapi segala persoalan, bukan saling menjatuhkan.
Keempat, bijaksana dalam mengambil keputusan, dengan memperhatikan segala aspek termasuk di dalamnya aspek lingkungan hidup, keselamatan dan kesehatan kerja.
Dan Terakhir kita perlu susun suatu kesepakatan integritas, dalam catatan saya termasuk kesatuan kita dengan Roh Kudus, dengan kepercayaan dan keimanan, di mana didalamnya tertera rasa kejujuran, ketulusan kepasrahan kepada Tuhan dan tidak mementingkan-kepentingan diri sendiri.
Susah amat ya, mau membuat standard, kenapa kita tidak hidup saja seperti Flinstone, kata teman baik saya, tapi saya bilang kehidupan jaman batu memiliki standard sangat tinggi, lalu masuk jaman dinasti kerajaan disiplin sangat tinggi dimana kepatuhan kepada Raja sanksinya mati, jadi sebenarnya sekarang semuanya jauh lebih mudah.
Sama mudahnya menstandardkan semua DOA dengan doa Bapa Kami, teman saya tertawa dan bilang doa Salam Maria juga.
Tanpa kita sadari sebenarnya setiap hari kita sudah membuat standard, misalnya harus mandi pagi, makan 3 kali, ke gereja hari minggu, lalu bersama keluarga di hari libur, kehidupan sehari-hari tentu saja jenuh, membosankan dan istilah sekarang BT. Memang benar kerutinan bisa membuat orang jenuh kalau semuanya dibuat dengan adanya keterpaksaan, sehingga di dalam membuat standard tidak boleh ada keterpaksaan, misalnya bangun pagi jam 5, kalau setiap hari harus terpaksa (berbeda dengan dipaksadan menjadi kebiasaan) maka kita akan jenuh dan bosan.
Saya mengharapkan kita semua bisa membuka sebuah lembaran kesempatan untuk hidup lebih baik, menjadikan hidup lebih indah, dan tentu saja penuh kebahagiaan. Tuhan memberkati.

18 responses to this post.

  1. memang betul tempat tidur adalah hal yang nyaman untuk kita menghabiskan waktu ataupun beristirahat, tetapi tempat tidur juga bisa membuat kita lupa akan waktu dan tanggung jawab.

    Reply

  2. dalam membuat standart kita harus melakukan semua dengan senang hati dan tulus.. jika kita melakukan semua dengan paksaan dan tidak tulus, maka kita tidak akan bisa menjalankan standart yang telah kita buat dengan benar .. melainkan dengan jenuh dan sangat membosankan .
    jadi kita harus menganggap standart yang kita buat itu sebagai rutinitas bukan sebagai paksaan

    Reply

  3. Posted by frans on March 6, 2013 at 6:18 am

    mulai untuk membuat perencanaan hidup dan lakukan rencana itu….gbu

    Reply

  4. dalam kehidupan sehari-hari kita diingetin supaya bisa buat suatu standard biar bisa kebiasaan dan lebih dewasa untuk kedepannya,dalam suatu perusahaan ketika mao buat suatu standard Iso selalu ada kendala dalam melaksanakan operasional standard karen menyangkut
    Pertama, komitmen yaitu adanya kemauan keras untuk maju dan siap menjalankan segala sesuatu sesuai yang disepakati bersama.
    Kedua, disiplin yakni menjalankan semua usaha-usaha dengan baik dan benar seperti halnya dilakukan untuk diri sendiri, mematuhi semua rambu-rambu yang ada.
    Ketiga, adanya rasa memiliki dan kebersamaan, yakni satu hati satu jiwa dalam menghadapi segala persoalan, bukan saling menjatuhkan.
    Keempat, bijaksana dalam mengambil keputusan, dengan memperhatikan segala aspek termasuk di dalamnya aspek lingkungan hidup, keselamatan dan kesehatan kerja.

    Reply

  5. pertamax oi

    Reply

  6. dalam suatu perusahaan sangat dibutuhkan suatu standar, agar perusahaan bisa berkembang, maka standar yang di tetapkan haruslah memberikan dampak yang baik yang bisa membawa perusahaan pada tingkat yang lebih baik.
    standar-standar yang ditetapkan disetiap perusahaan berbeda-beda, tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

    Reply

  7. Menetukan standart memang suatu hal yang harus dipenuhi agar tercapainya suatu keinginan yg diimpikannya..juga membuat orang disiplin

    Reply

  8. Standard operating procedure, setiap perusahaan memiliki SOP, untuk memandu anggota2 dalam perusahaan dalam menjalankan perusahaan tersebut. Misalnya, bagian operasi yang mengangkat telepon, langsung bilang, selamat …, PT…, dengan siapa saya berbicara, dsb. Jadi SOP menurut saya adalah juga untuk quality control dalam servis dan manufaktur.

    Reply

  9. Ya kita seharusnya seperti begitu..
    Thanks ya atas artikelnya sangat membukakan pikiran
    Saya harus mau belajar berkomitmen soalnya selama ini saya terkadang bisa kurang mematuhi rambu lalu lintas dan kurang tau tentang disiplin.
    Jadi mulai sekarang saya akan belajar lebih dari itu semua. Thanks

    Reply

  10. Dikehidupan ini pasti kita memiliki standart kehidupan, baik dari standart untuk berbuat ataupun standart dalam perkataan. Standart itu harus kita dasari dengan tulus tanpa adanya paksaan karena dengan nya paksaan akan menjadi beban untuk kita dan pada akhirnya kita akan merasa bosan, seperti hal nya saya memiliki standart bangun jam 5 pagi untuk saat teduh, standart bangun pagi tersebut saya lakukan dengan tulus tanpa adanya paksaan dan pada akhirnya dapat membuat saya terbiasa.

    Reply

  11. Standar , Setiap manusia pasti punya standar masing-masing tapi pertahankan standar yang baik . dan hilangkan standar” yang buruk .

    Reply

  12. dalam kehidupan kita harus mempunyai standar kehidupan atau memiliki komitment karna dengan kita memiliki standard kehidupan , kita jadi lebih serius,fokus untuk apa yang ingin kita capai. dan dengan kita memiliki standard kehidupan kita bisa jadi lebih maju dan semangat

    Reply

  13. Posted by Yunita on March 14, 2013 at 2:18 pm

    Memang butuhnya keseriusan dan ketulusan dalam menjalani sesuatu sehingga semuanya akan berakhir dgn baik. Untuk mewujudkan cita” tersebut kita memang harus mengikuti komitmen yang telah kita sepakati dari awal, kedisiplinan yang harus kita tetap jaga sampai cita” tersebut terwujud,kebersamaan untuk menyelesaikan masalah, dan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan. Jika semua itu dilakukan maka cita” akan dapat terwujud dan akan baik hasilnya

    Reply

  14. Apapun yang terjadi didalam hidup ini sudah menjadi standard Tuhan yang pantas diberikan kepada umatnya. Jadi artinya, Tuhan sudah memberi standard kesulitan yang sesuai dengan standard kemampuan umatnya.
    Jadi berpikiran positiflah pada setiap kejadian dan jalanilah standard kehidupan yang sudah Tuhan anugerahkan kepada kita. Terimakasih.

    Reply

  15. Ayah saya pernah berkata , ” dibalik orang sukses, ada ‘agenda diri’ yang berperan”
    Memang benar..orang bisa sukses ketika ia merencanakan rencana apa yang hendak ia lakukan, ide apa, bagaimana membuat perubahan besar, semuanya bisa ditulis.
    apa yang bisa ditulis itu, sangat menghasilkan sesuatu yang besar kita kita setia dan disiplin tinggi dalam melakukannya..sebagai wujud dari proses menuju kesuksesan.

    Reply

  16. setiap orang haruslah memiliki komitmen dalam hidupnya, komitmen mudah untuk diucapkan, tetapi sulit untuk dilakukan.

    Reply

  17. Standard sangatlah penting dalam hidup kita,bisa juga dikatakan sebagai tolak ukur kita dalam menjalani kehidupan.

    Reply

  18. sebenarnya saya lebih menyebutnya target yang spesifik. dengan ada nya target yang tertulis (jelas) maka kita memiliki visi untuk mencapainya dan kita akan lebih mudah melakukannya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: