Self Esteem

Self esteem is a personal judgement of worthiness that is a personal that is expressed in attitude the individual holds toward himself.

imagesSelf esteem kalau diterjemahkan bahasa indonesia agak susah, tapi bolehlah saya tulis sebagai “harga diri”. Harga diri (self esteem) adalah penilaian individu terhadap hasil yang dicapai dengan menganalisa seberapa jauh perilaku memenuhi ideal dirinya. Dapat juga diartikan bahwa harga diri menggambarkan sejauh mana individu tersebut menilai dirinya sebagai orang yang memiliki kemampuan, keberartian, berharga, dan kompeten.
Pendapat ini menerangkan bahwa harga diri merupakan penilaian individu terhadap kehormatan dirinya, yang diekspresikan melalui sikap terhadap dirinya. Arti harga diri (self esteem) menurut pendapat beberapa ahli adalah penilaian individu terhadap kehormatan diri, melalui sikap terhadap dirinya sendiri yang sifatnya implisit dan tidak diverbalisasikan dan menggambarkan sejauh mana individu tersebut menilai dirinya sebagai orang yang memiliki kemampuan, keberartian, berharga, dan kompeten.
Orang tua dan guru memiliki tanggung jawab besar untuk dapat memenuhi kebutuhan harga diri anak didiknya melalui pemberian kasih sayang yang tulus sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara wajar dan sehat, lahir dan batin, yang di dalamnya terkandung perasaan harga diri yang stabil dan mantap.
Di sinilah tampak arti penting peran orang tua dan guru sebagai fasilitator. Saya katakan bahwa pentingnya pemenuhan kebutuhan harga diri individu, khususnya pada kalangan remaja, terkait erat dengan dampak negatif jika mereka tidak memiliki harga diri yang mantap. Mereka akan mengalami kesulitan dalam menampilkan perilaku sosialnya, merasa inferior dan canggung. Namun apabila kebutuhan harga diri mereka dapat terpenuhi secara memadai, kemungkinan mereka akan memperoleh sukses dalam menampilkan perilaku sosialnya, tampil dengan kayakinan diri (self-confidence) dan merasa memiliki nilai dalam lingkungan sosialnya.
Sekarang bagaimana kita mengambil peran? Terlihat di sini bahwa self esteem itu sangat diperlukan terutama individu-individu yang kurang percaya diri dan bersifat labil. Untuk memperolehnya memang kita harus merubah tata cara kehidupan kita dimulai dari kebiasaan (behavior). Ia dimulai dari hal-hal paling kecil, misalnya menghormati orang tua dan sahabat, menepati janji, sopan santun, berpakaian rapi bersih dan teratur, kebiasaan ini otomatis akan merobah perilaku atau attitude kita supaya memiliki kemampuan menempatkan diri, termasuk dalam kehidupan keluarga.
Tentu akan menjadi cerita panjang mengenai harga diri ini yang sekarang menjadi kebutuhan pokok suatu kehidupan. Bagaimana dan darimana Gereja mau mulai? Saya setuju sekali bahwa peran gereja juga diperlukan untuk mulai memperhatikannya. Sedangkan kita sendiri perlu mulai memberikan contoh kepada anak cucu kita. Semoga Tuhan memberkati kita semua.

25 responses to this post.

  1. Posted by yugi damah rustandi 11120154 on March 4, 2013 at 6:00 am

    mengikuti peraturan merupakan suatu hal yang terpenting dalam self esteem. bagaimana mungkin seseorang yang sering melanggar peraturan dapat dikatakan orang yg mampu menghargai diri sendiri. karena seseorang dapat dikatakan menghargai diri sendiri apabila sudah menghargai orang lain dan menghargai peraturan dengan mengikutinya dengan baik, Kecuali peraturan yang salah.

    Reply

  2. Posted by frans on March 6, 2013 at 6:21 am

    berubah lah dari sekarang sebelum turun ke anak dan cucu kita….
    buah jatuh tidak jauh dari pohonnya…gbu

    Reply

  3. self esteem/ harga diri merupakan salah satu nilai yang dijunjung tinggi setiap individu.
    harga diri merupakan tolok ukur pada diri seseorang. per buatan yang dilakukan merupakan cermin dari harga diri seseorang.
    jadi agar harga diri kita baik dimata orang lain maka perbuatan kita haruslah baik.

    Reply

  4. kayanya zaman sekarang harga diri sudah kurang mendapat perhatian dari individunya.

    Reply

  5. Selamat malam, Great atikel.
    saya menangkap inti dari artikel tentang “harga diri”.
    intinya adalah orang merupakan fasilitator pertama bagi pertumbuhan self esteem anak itu sendiri sisanya mungkin dapat dibantu dari gereja dan lingkungan sekitar.
    namun yang kita lihat sekarang sibuknya pekerjaan orang tua kadang kala melupakan hal satu ini, kelihatannya sederhana tapi ini merupakan bagian yang terpenting. saya sebagai anak merasakan bahwa membutuh kan peran orang tua yang besar dalam hal self esteem ini.
    memang kita tidak dapat menuntut orang tua melakukan hal ini dengan sangat cermat terhadap sang anak. tapi gereja dan tempat ibadah-ibadah dapat membantu dalam peran memulihkan self esteem anak-anak remaja. dan alangkah baiknya self esteem ini dipenuhi dan diberikan prakteknya serta arahan pada usia masih kecil hingga saat dia menjadi remaja tidak menimbulkan keresahan bagi pihak orang tua maupun lingkungannya.

    Reply

  6. Self Esteem atau yang disebut harga diri ini adalah suatu hal yang sangat penting bagi setiap individu. Tapi terkadang orang lupa betapa pentingnya harga diri tersebut. Harga diri memang dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti keluarga, teman, guru, dll. tapi harga diri lebih dipengaruhi oleh diri kita sendiri. bagaimana kita menjaga dan membuat harga diri kita tinggi di depan semua orang. kita bisa memulainya dengan kebiasaan kita. seperti mulai bersikap sopan, menggunakan pakaian yang bersih dan rapi, menghormati orang-orang disekitar kita, dll. dengan mengubah kebiasaan buruk menjadi baik, harga diri kita akan dipandang lebih tinggi oleh orang di sekitar kita. lalu timbulah pertanyaan “apa peran gereja bagi harga diri kita?”. menurut saya pribadi, gereja juga mempunyai peranan yang sangat besar dalam meningkatkan pandangan orang mengenai harga diri kita. karena disetiap rumah ibadat pasti akan memberikan arahan-arahan hidup agar menjadi lebih baik lagi. dan di gereja juga kita dapat mengetahui yang baik dan yang buruk. dengan kita mengetahui yang baik dan yang buruk, maka kita dapat menjaga yang baik dan mengubah yang buruk menjadi baik. Tuhan memberkati senantiasa.🙂

    Reply

  7. Harga diri merupakan sesuatu perasaan yang seseorang miliki untuk dijaga, baik dari kemampuan atau keahlian seseorang. Terkadang banyak orang yang menyebut harga diri sebagai keistimewaan yang paling berharga. Seseorang yang memiliki harga diri yang tinggi juga dinilai tidak baik karena biasanya seseorang akan dikatakan angkuh. Harga diri sebaiknya juga diimbangi dengan sikap yang tidak berlebihan pada saat bersikap.

    Reply

  8. Harga diri merupakan penilaian terdahap diri sendiri baik dari prilaku, pemikiran dan bersosalisasi. Selain itu harga diri merupakan jati diri setiap orang karena jika seseorang kehilangan harga dirinya maka dia juga kehilangan jati dirinya. Sehingga banyak orang yang rela kehilangan materi daripada kehilangan harga dirinya.
    Contohnya : Keluarga samurai yang berada dijepang rela membunuh dirinya sendiri ketika harga diri mereka telah tercoreng dan direndahkan. Mereka rela membuang nyawanya demi harga diri mereka.
    Oleh karena itu, untuk sebagian orang harga diri sangatlah penting dibanding nyawanya sendiri.

    Reply

  9. Posted by Nindy on May 22, 2013 at 12:12 pm

    Self Esteem adalaj tolok ukur bagaimana seseorang menghargai dirinya masing. Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk dengan martabat yang tinggi. Kuncinya hanyalah bagaimana cara kita menghargai penghargaan yang telah Tuhan berikan pada kita

    Reply

  10. harga diri (self esteem) adalah penilaian individu terhadap kehormatan diri, melalui sikap terhadap dirinya sendiri yang sifatnya implisit dan tidak diverbalisasikan dan menggambarkan sejauh mana individu tersebut menilai dirinya sebagai orang yang memeiliki kemampuan, keberartian, berharga, dan kompeten.
    Gangguan harga diri rendah di gambarkan sebagai perasaan yang negatif terhadap diri sendiri, termasuk hilangnya percaya diri dan harga diri, merasa gagal mencapai keinginan, mengkritik diri sendiri, penurunan produktivitas, destruktif yang diarahkan pada orang lain, perasaan tidak mampu, mudah tersinggung dan menarik diri secara sosial.Maka dari ini semua kita harus memperbaiki jangan sampai terbawah.

    Reply

  11. Memang benar harga diri seseorang itu tergantung atau sesuai dengan bagaimana seseorang tersebut memperlakukan dirinya sendiri. Harga diri adalah hal yang sangat penting dan harus dimilikin oleh semua orang. Karena dengan punya harga diri, orang lain tak dapat sembarangan berlaku terhadap kita. Mulailah menghargai diri sendiri dan membuat standard harga diri sendiri agar orang lainpun menghargai kita sesuai standard yang kita buat. Terimakasih.

    Reply

  12. terkadang ada orang yang rela menggadaikan harga diri hanya demi barang atau kepuasan yang diinginkan. miris sekali

    Reply

  13. Posted by cindy on June 15, 2013 at 8:03 am

    Self Esteem atau yang disebut harga diri ini adalah suatu hal yang sangat penting bagi setiap individu. Tapi terkadang orang lupa betapa pentingnya harga diri tersebut.

    Reply

  14. Artikel yang bagus, saya jadi mengerti perihal self-esteem. Bahwa self-esteem sangat penting dalam pengambilan peran.

    Reply

  15. harga diri adalah hal yang sangat penting dan hal yang paling sensitif yang dimiliki seseorang karena dengan harga diri sebuah penilaian terhadap diri seseorang bisa berupa negatif maupun positif

    Reply

  16. Self Esteem adalah tolak ukur bagaimana seseorang menghargai dirinya masing-masing.harga diri merupakan tolak ukur pada diri seseorang. perbuatan yang dilakukan merupakan cermin dari harga diri seseorang.
    jadi agar harga diri kita baik dimata orang lain maka perbuatan kita haruslah baik juga.

    Reply

  17. Posted by Luna Claria Febri on December 5, 2013 at 1:34 pm

    Saya mengaku saya masih suka mengalami kelabilan, terutama dalam mengambil keputusan. Saya mencoba untuk terus menjaga harga diri saya, karena pandangan orang terhadap saya dinilai dari perilaku saya.

    Reply

  18. harga diri adalah alat ukur bagaimana orang lai menilai kita harga diri sangat penting namun sayang nya harga diri sudah sangat jarang dipeulikan di zaman tynag semakin jahat ini

    Reply

  19. Untuk menumbuhkan harga diri memang perlu dari hal-hal yang kecil dan sederhana. Seperti saat membangun sebuah rumah, jika bahan campuran semennya diabaikan tidak mungkin batu-batu bisa disusun menjadi sebuah rumah yang bagus

    Reply

  20. harga diri memang seharusnya dilindungi namun tidak menjadikan kita menjadi orang yang congkak karena harga diri yang begitu tinggi. kita harus bisa menghargai diri kita sendiri dahulu sebelum kita menghargai orang lain. terima kasih

    Reply

  21. 1701293351_Andre Jonathan : self-esteem atau yang sering kita artikan sebagai harga diri merupakan penilaian terhadap sikap, attitude, behaviour dari diri kita sendiri. suatu harga diri saya anggap mirip dengan martabat. sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain, kita harus memperlihatkan harga diri kita sebaik mungkin dihadapan banyak orang karena itu menentukan sikap respect dari orang lain juga terhadap kita.

    Reply

  22. Harga diri merupakan sesuatu yang perlu dijaga dalam individu, namun jaman sekarang banyak dilihat orang yang kurang menjaga harga dirinya sendiri. Banyak yang melakukannya lantaran terpaksa atau ada hal-hal yang mendesak dan sebagainya. Padahal harga diri sangat penting dan juga harus diimbangi dengan sikap dan perilaku yang baik pula.

    Reply

  23. Harga diri merupakan hal yang penting untuk kita jaga,namun terkadang kita tidak boleh terlalu memandang diri kita terlalu tinggi,cobalah untuk menjadi rendah hati dan membantu sesama,tidak peduli apa yang orang lain katakan tentang kita

    Reply

  24. Posted by Ryo Hadinata on March 24, 2014 at 4:17 pm

    self esteem itu menurut saya lebih ke kepercayaan pada kemampuan diri sendiri, yang pasti dibutuhkan setiap org untuk memberanikan dirinya dalam melakukan sesuatu

    Reply

  25. Posted by SusY on March 26, 2014 at 1:18 pm

    self esteem itu sendiri membuat manusia supaya bisa saling menghargai. menurut saya hal ini sangat diperlukan bukan karena kita ingin keep high profile. Tetapi akan sangat baik bagi semuanya jika kita punya self esteem dan keep low profile. dengan begitu kita akan menjadi seseorang yang benar- benar baik.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s