Approach

Approach adalah menjadi bagian negosiasi (Kothler)

imagesSebagai seorang pemain Golf ada beberapa filosofi yang sangat menarik untuk diceritakan. Pukulan tongkat awal sebagai langkah perkenalan atau pembuka pintu suatu pertemuan. Pukulan kedua untuk par 5 adalah hubungan baik. Pukulan ketiga dikenal dengan Approaching atau Pitching stroke mungkin lebih familiar bilang pendekatan (pdkt). Pukulan ini sangat menentukan score dan sangat sensitif sekali. Setelah di dalam green dikenal dengan putting, ada istilah No Pass No Chance, artinya sebagus apapun pukulan putter kita kalau tidak lewat lobang maka kita sama sekali tidak ada kesempatan. Kalau lewat ada dua kemungkinan bisal lewat atau kesempatan masuk.
Approach, menjadi bagian sangat penting dalam permainan Golf, seperti halnya dalam kehidupan kita hal ini sangat diperlukan. Kalau pendekatan baik, boleh dibilang semua urusan menjadi beres.
Langkah berikutnya adalah harus lewati semuanya supaya ada kesempatan berhasil. Semua usaha kalau tidak kita kerjakan atau lewati tidak mungkin bisa berhasil kecuali melalui suatu keajaiban.
Dalam Approching atau Pendekatan ada 3 Kata Terlarang yang tabu buat kita. Pertama, saya tidak bisa (I Can’t). Ketika Anda berkata “saya tidak bisa”, maka pintu pikiran Anda tertutup untuk mencari jalan dan mencoba.
Sebaliknya jika Anda berkata SAYA BISA ini masih membuat otak kita bekerja mencari jalan.
Kedua, tidak mungkin (Impossible). Orang-orang yang sering berkata “tidak mungkin” akan menutup berbagai pintu KEAJAIBAN. Dengan sikap seperti ini mereka akan sulit meraih sesuatu yang hebat. Karena hampir segala sesuatu yang kita nikmati hari ini adalah sesuatu yang MUSTAHIL di hari kemarin. Selalu ada MUJIZAT TUHAN setiap hari bagi orang yang percaya.
Ketiga, saya sudah tahu atau beres (I know all). Setiap kali Anda mengucapkan bahwa “saya sudah tahu atau semuanya sudah beres”, sebenarnya Anda sedang menutup pintu pembelajaran. Sehingga kita tidak lagi berusaha untuk mempelajari hal-hal baru. Padahal dalam kehidupan selalu ada hal baru yang dapat kita pelajari.
Salah satu bagian terpenting dalam Approaching adalah pikiran positif. Sejelek apapun hasilnya kita harus terima dengan lapang dada, jujur dan penuh tanggung jawab, serta mampu mengendalikan diri.
Bagi kita orang percaya maka dasar Cinta Kasih akan mengambil peran, terutama hidup berumah tangga. Selalu kita utamakan approach antara ayah ibu dan anak atau suami kepada istri dan sebaliknya. Sekalipun adanya pertengkaran approach akan menjadi bagian dari suatu solusi permasalahan.
Ada satu pendapat dalam usaha terutama hal approach, yaitu Problem Make Money, semakin sulit suatu masalah jika melalui approaching bagus maka bisa menghasilkan uang semakin besar.
Semoga kita selalu membuat perjalanan hidup kita indah melalui approach terhadap sesama kita. Tuhan memberkati sahabat semua.

10 responses to this post.

  1. Memang di dunia ini banyak hal yang kita sebenarnya bisa tempuh tetapi kita sudah putus asa sebelum mencobanya. Itu sebabnya banyak dari kita yang tidak mengetahui banyak sesuatu atau hal yang baru. Untuk itu solusinya adalah kita harus selalu berpikir positif dan mempunyai visi yang tinggi.

    Reply

  2. jika kita akan melakukan sesuatu kita tidak boleh memikir kalau kita itu tidak bisa (I can’t) , impossible (tidak mungkin) dan I know all (saya sudah tau semua),, jika kita sudah berpikir seperti itu, makan pintu otak kita akan berpikir seperti itu juga .. jadi kita harus selalu berpikir positif dan kita harus menerima hasil nya dengan lapang dada dan tulus

    Reply

  3. Posted by frans on March 6, 2013 at 6:23 am

    menerima segala yang terjadi,tidak menyerah dan belajar dari kesalahan itulah kunci untuk kesuksesan…gbu

    Reply

  4. hmm, cukup bermanfaat artikelnya bro adharta..:)
    tapi menurut saya “approach” itu belum tentu dapat menyelesaikan masalah..
    hanya pendekatan tanpa usaha menyelesaikan masalahnya sama saja dengan omong kosong..

    Reply

  5. dalam kehidupan ini, pembelajaran merupakan hal yang paling utama.
    setiap hari informasi selalu baru dan terus bertambah.
    orang yang mengatakan bahwa dia tidak sudah mengerti dan tidak perlu belajar lagi maka dia sudah tidak menjalankan hidup dengan sewajarnya.
    karena informasi yang diperoleh hanya sebatas itu saja.
    dalam kehidupan ini, tidak ada kata “tidak Belajar” karena belajar berarti membuka pintu masa depan yang lebih cerah lagi.

    Reply

  6. selamat malam,
    pendekatan ( approaching ) saya rasa saya sangat setuju dengan artikel ini dan mendapat pelajaran baru tentang pendekatan/approach
    dalam kehidupan nyata pekerjaan saya juga membutuhkan banyak pendekatan dengan orang lain meyakinkan mereka agar tetap bisa bekerja sama dengan kita.
    bagi saya kalau langkah approach itu mau diambil ada baiknya kita selalu berpikir positif trus. apapun yang terjadi coba dlu soal hasil urusan belakangan asal kita coba dulu.
    dan jangan sampai melupakan approach terhadap orang-orang terdekat kita agar kita mempunyai hubungan yang lebih dan bisa saling menopang satu sama lain.
    mari lakukan approach dalam keluarga terlebih dulu, tetangga, tempat bekerja, gereja dan orang-orang sekitar kita.

    Reply

  7. jadi approach itu sangat penting untuk mempermudah kita dalam mengerjakan suatu hal seperti hubungan kepada orang lain

    Reply

  8. saya sangat setuju dengan artikel ini

    Reply

  9. Posted by stefano agung allorante on June 15, 2013 at 12:44 pm

    artikel ini sangat bagus untuk kehidupan kita, coba baca dan maknai lebih dalam

    Reply

  10. Saya setuju dengan artikel ini, dimana saat seseorang menyerah ia sudah kalah dan menutup jalan kemenangan. seperti kata-kata “Percayalah kamu bisa, dan kamu sudah setengah jalan kesana.” -Theodore Roosevelt

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: