Australia

Benua Australia memiliki sumber daya alam besar sekali

Saya menikmati penerbangan Qantas Airline QF 42 menuju Melbourne, transit di Sydney. Terbang malam walaupun hujan deras sekali tapi pesawat tidak mengalami turbulent, mendarat tepat waktu di Sydney, sambil menunggu di Lounge aku menulis tentang Australia.
Alkisah, kata orang Ambon itu kata Australia dari bahasa Ambon. Suatu hari ada ekspedisi menuju selatan, dibawa oleh para kapten kapal Eropa, lalu bertanyalah Kapten Cook kepada Martinus, pulau apa di depan itu? Martinus bilang “Ose tra lia?
Oooh Australia! Ok, kata kapten Cook. Sejak saat itu Benua itu dinamakan Australia.
Beta seng tau cerita asli!
Australia memang pantas dipuji karena dalam pergolakan ekonomi Global, banyak negara blok barat mengalami goncangan, apalagi campur tangan raksasa Cina, tentu banyak mengalami kesulitan, tetapi Australia mendapat berkat karena AFTA, mendorong negara barat mengalihkan transaksi Asia Pacific melalui Australia. Di sini keuntungan besar diraihnya, mata uang Australian dollar melejit seperti roket. GDP naik pesat dan tingkat dan nilai ekspor meningkat tapi tentu banyak juga masalah dalam negeri.
Cuaca panas luar biasa menyerang Australia Selatan sampai 47 derajat Celcius, membuat industri tambang sebagian lumpuh, pengaruh terhadap produktivitas negara bagian selatan cukup parah. Tetapi tetap Australia memang Ose tra lia, karena tidak terlalu diperhitungkan justru mendapat keuntungan besar.
Saya menikmati transit di airport, walau tidak sempat bertatap muka, dengan teman-teman, tetapi saya baca saja beberapa bacaan dan news paper pagi ini. Airport juga padat sekali. Bayangkan pesawat yang saya tumpangi tidak ada satupun seat yang kosong, sebagian besar penumpangnya adalah orang Indonesia.
Kita patut melihat kondisi Australia. Bagi pribadi saya, menatap masa depan dengan keyakinan memang perlu, menetapkan visi dan misi yang jelas, sehingga kita bisa meraih cita-cita kita. Demikian juga kehidupan rohani kita. Apa visi dan misi yang kita bawa untuk menuju surga? Semoga Tuhan melindungi, menyayangi dan memberkati kita semua dengan Kasih setia-Nya. Salam damai sejahtera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: