Lahir

Ia dilahirkan, bukan dijadikan!

merry-christmas-jesus-was-bornBerbahagialah bagi yang menyambut malam Natal. Bila kita bicara Natal, pasti dipikiran kita ada beberapa hal yang tersirat seperti:

– Keluarga Kudus dan bayi Yesus
– Gembala dan kandang
– Yerusalem tanpa hotel
– 3 Raja dan Bintang Timur
– Pohon Natal dan salju
– dll

Saya sendiri ingin meresapi Natal dengan mencoba menjawab dua pertanyaan dibawah ini
1. Apa pentingnya ARTI-nya Natal buat saya? (Meaningful )
2. Apa arti PENTING-nya Natal buat saya? (mportance )
Menanti jawaban di atas mari kita bicara santai dulu. Kalau kita bicara tentang Lahir, maka kita akan bicara tentang fisik, sedangkan kalau kita bicara tentang fisik maka kita akan bicara tentang penglihatan. “Apapun yang kita lihat, baik buruknya merupakan representatif dari hati kita!”.
Demikian secantik apapun di depan mata kita akan dilihat jelek kalau hati kita sedang galau, tetapi sejelek apapun di depan kita akan berkilau cantik kalau hati kita penuh cinta. Demikian bagi orang benar, Tuhan bercahaya laksana lampu di dalam gelap.
Seorang sahabat baikku mengawini seorang gadis yang “tidak cantik “. Kami teman-temannya sering ngrundeng dan gosip, termasuk seorang sahabatku Henry (nama samaran) yang sekarang sudah menjadi pastor, bisik-bisik itu akhirnya juga sampai di telinganya, sampai suatu saat dalam pertemuan makan bersama dia mengatakan suatu nasihat indah sekali : “Saat kita pacaran atau jatuh cinta kita melihat semua wanita di dunia mirip pacar kita, sebaliknya setelah kita kawin kita melihat istri mirip dengan semua wanita secantik apapun di dunia”
Kita semua malu juga mendengar nasihatnya, artinya semasa pacaran kita di kasih kesempatan memilih gadis yang paling “cantik” menurut hati kita, tetapi kalau kita sudah kawin buat apa kita melirik yang lain karena semua yang cantik sudah ada di samping kita (rasanya ini berlaku pula untuk wanita).
Henry tertawa karena dia paling nakal, bagaimana dengan pastor atau suster? Kini, Hendry seorang pastor, dia sudah tidak melirik yang cantik-cantik lagi karena Tuhan paling cantik menurutnya (maaf ya Hendry), demikian juga suster-suster, Tuhan Yesus paling Ganteng nih! Mau dikasih hadiah apa ya besok DIA ulang tahun ke 2012? (Salam buat sahabatku Suster Ludo).
Kini kita menjawab dua pertanyaan tadi di atas. Menurut saya memang tepat kata Ia dilahirkan bukan dijadikan sehakekat dengan Bapa, arti pentingnya bahwa Dia bukan cangkokan. Dia merasakan apa yang kita rasakan.
Sedangkan pentingnya arti Natal adalah kita dibawa dalam suasana “Lahir” yang aku maksudkan mari kita selalu lahir kembali memperbaharui kehidupan kita, khususnya para pemimpin Gereja, Pastor dan Suster, pemimpin negara dan bangsa, dan pemimpin umat. Saatnya memanfaatkan momentum ini untuk berbuat yang baru, semangat baru dan hati yang baru, karena yang baru selalu cantik, maksudnya baju baru atau mobil baru bukan yang lainnya.
Alangkah indahnya persahabatan, selamat mengetik ucapan selamat Natal dan Tahun Baru, selamat membaca SMS, BBM, WA, YM, GT, SKYPE semakin banyak semakin bahagia.
Tuhan memberkati kita semua

5 responses to this post.

  1. Posted by Maorel on May 24, 2013 at 5:19 am

    Natal bagi saya sendiri hari dimana orang orang percaya berkumpul dan bersuka cita karena begitu besar kasih Allah pada kita sehingga Ia telah mengaruniakan sang juruselamat Tuhan kita Yesus Kristus dan kelahirannya adalah awal dari kemenangan.

    Reply

  2. Yesus adalah 100% Allah dan 100% manusia, Saya setuju bahwa yesus dilahirkan bukan dijadikan, karena Ia adalah 100% manusia.. Menurut saya, Natal hanyalah sebuah simbol/peringatan dan perayaan, seharusnya kita merayakan kehadiranNya di hidup kita setiap hari, tidak hanya pada hari natal..

    Reply

  3. Posted by Zunvindri on January 16, 2014 at 10:09 am

    Bagi saya Natal itu sangatlah penting. Bagi saya, Natal berarti memulai hidup yang baru dengan hati yang baru dan bersih.

    Reply

  4. Posted by Eirene caroline on March 22, 2014 at 4:53 pm

    Natal adalah dimana kita juga harus lahir menjadi manusia baru .bukan lada saat natal saja namun pada setiap hari didalam hidup kita .agar Natal tidak menjadi tradisi saja,namun menjadi hal yang sangat penting yang membuat kita menjadi manusia manusia baru yang selalu mempermuliakan Tuhan di dalam setiap ke kehidupan kita .

    Reply

  5. Posted by Kevin Julian on March 24, 2014 at 9:45 am

    Arti penting Natal bagi saya adalah natal adalah hari lahir nya Tuhan kita Tuhan Yesus Kristus.. Dan bagi saya natal adalah hari dimana saya dapat mengucap syukur kepada Tuhan Yesus atas semua yang telah terjadi selama ini, dan natal adalah dimana saya dapat berkumpul dan berbagi kepada semua keluarga tercinta saya..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: