Akar Rumput

Gerakan yang dilakukan arus bawah, secara spontanitas, tidak direkayasa sangat dibutuhkan untuk membangun cinta

Paul-Wellstone-quoteDengan melalui suatu gerakan kelompok kecil di arus bawah yang mengagumkan, sebuah gerakan akar rumput mengusung suatu pendekatan baru terhadap pendidikan yang kemudian dikenal sebagai CTL (Contextual, Training and Learning). Gerakan akar rumput ini melihat CTL sebagai suatu cara untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan pada sistem gerakan untuk menghasilkan karya-karya berdayaguna dan dapat dimanfaatkan menjadi pengembangan karya-karya besar, positif, spektakuler, terarah dan mampu mengangkat kekuatan-kekuatan suatu pembangunan.
Kata orang cinta itu dari mata turun ke hati, dari hati menembus sanubari lalu membakar jiwa, tapi kata Santo Martinus bahwa cinta itu sudah ada dari lahirnya, seperti akar rumput yang kelak tumbuh menjadi savana. Kata saya cinta itu membangun dan tidak pernah merusak atau menghancurkan, terlepas dari sifat cinta, yakni sabar, sederhana, murah hati, tidak cemburu, tidak sombong, tetapi sejauh dia membangun kebaikan itulah akar rumput cinta, seperti anak bayi minum susu ibu, itu sudah menyatakan cinta apa lagi kalau dia menangis itu tanda dia menyatakan cinta, sehingga berbahagialah ibu-ibu yang pernah menyusui karena kepadanya sudah merasakan suatu cinta dari akar rumput. Kata temanku senyuman seorang bayi itu adalah ungkapan cinta yang sangat polos yang dinyatakan kepada dunia sebagai suatu solidaritas.
Perusahaan saya menempatkan akar rumput, yaitu seluruh staf dan karyawan, paling bawah sebagai asset utama perusahaan, mulai dari cleaning service, office boy, rigger, operator karena tanpa mereka perusahaan tidak akan tumbuh, bahkan tanpa mereka perusahaan tidak punya wajah.
Seperti halnya gerakan akar rumput, Kristoforus menulis “Gereja” di akar rumput. Kegiatan dan gerakaan yang penuh cinta membuat semua insan harus berbalik wajah untuk menatapnya. Cinta yang dinyatakan oleh gerakan umat memberikan suatu perubahan dunia terutama dalam karya keselamatan.
Mari kita menerapkan gerakan akar rumput sebagai gerakan membangun cinta bukan menghancurkan atau merusak cinta. Karena cinta kita ada.

38 responses to this post.

  1. Posted by chelmizjel on December 13, 2012 at 1:20 pm

    setuju dengan kalimat ‘Perusahaan saya menempatkan akar rumput, yaitu seluruh staf dan karyawan, paling bawah sebagai asset utama perusahaan, mulai dari cleaning service, office boy, rigger, operator karena tanpa mereka perusahaan tidak akan tumbuh, bahkan tanpa mereka perusahaan tidak punya wajah.’ karena sangat minim sekali perusahaan yang berpikir seperti itu. kebanyakan perusahaan malah menganggap enteng orang orang yang ada di bawh sepeti mereka.

    Reply

  2. semuaanya berawal dari cinta. karena adanya cinta tumbuhlah kesabaran, murah hati dan tidak sombong. dengan adanya cinta dunia lebih terasa indah.. Seperti halnya gerakan akar rumput, Kegiatan dan gerakaan yang penuh cinta membuat semua orang tertuju padanya.gerakan yang dibuatnya membuat perubahan pada dunia.

    Reply

  3. 1 Korintus 13 : 4
    “Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.”

    Menurut saya, cinta itu memberikan segala sesuatunya yang terbaik, tidak mau mengecewakan dan tidak ingin berbuat sesuatu yang tidak baik.

    Reply

  4. Posted by mariani purnama on December 13, 2012 at 3:33 pm

    akar rumput sangat mendasar. segala sesuatu kalo memang dari dasar nya sudah ada maka akan bertumbuh. seperti itulah kira2 kesimpulan sederhana yang saya dapatkan setelah membaca artikel anda.

    Reply

  5. Posted by steffanus sasteradinata on December 13, 2012 at 4:10 pm

    kata cinta sebenarnya pada teks asli nya lebih tepat menggunakan kata Kasih, karena di Alkitab tidak mengatakan karena cintaNya kepada umat manusia maka Ia mengutus putraNya yang tunggal.

    tp menuliskan karena kasihNya kepada umat manusia maka Ia mengutus putraNya yang tunggal..

    jadi dasar dari mencintai adalah mengasihi. segala bentuk dimana bilang cinta tanpa mengasihi itu bohong. Godbless🙂

    Reply

  6. menurut saya artikel di atas sangat bagus, mengingatkan kita akan hal-hal yang mendasar seperti akar rumput itu penting dan dapat menjadi hal besar atau sangat mempengaruhi sesuatu. seperti halnya saja yang di bicarakan artikel di atas bahwa suatu perusahaan menempatkan akar rumput, yaitu seluruh staf dan karyawan, paling bawah sebagai aset utama perusahaan, mulai dari cleaning service, office boy, rigger, operator karena tanpa mereka perusahaan tidak akan tumbuh, bahkan tanpa mereka perusahaan tidak punya wajah. lalu di dalam diri kita akar rumput yang paling mendasar adalah cinta dan kasih. kita harus menanamkan nilai cinta kasih dalam diri kita agar kehidupan kita bahagia dan kita juga dapat membahagiakan orang lain.

    Reply

  7. suatu pohon akan kokoh dan kuat jika memiliki akar yang besar dan kuat pula, hal itu belaku pula pada kita, jika kita memiliki keyakinan,semangat yang kuat, tujuan yang akan kita capaipun akan menghasil dengan baik.

    Reply

  8. akar pohon sebenarnya adalah inti dari suatu pohon. jika akar pohon kuat menenpel dengan tanah maka pohon pun akan kuat. akar pohon saya ibartkan sebagai iman untuk manusia, jika iman kita kuat maka kita akan menjdi pribadi yang baik.

    Reply

  9. akar adalah landasan atau kekuatan untuk tumbuh, tanpa adanya akar kita tidak punya landasan untuk melakukan sesuatu, akar juga yang akan menentukan pondasi apakah kuat atau tidak

    Reply

  10. segala sesuatu asalnya memang dari bawah , seperti pohon , tanpa adanya akar , pohon tidak pernah tumbuh , begitu juga dalam kehidupan ini, kita harus menghargai semua orang , baik dy berasal dari kalanga bawah , menengah ataupun kelas atas .

    Reply

  11. segala sesuatu harus ada awalnya, dan harus ada akhirnya. jadi kita jangan melakukan pekerjaan setengah2…..

    Reply

  12. akar merupakan pondasi sebuah pohon, akar yang kuat akan membuat pohon itu juga menjadi kuat.
    Hal ini juga belaku pada kita, jika kita memiliki keyakinan,semangat dan juga harapan yang kuat tujuan hidup yang akan kita inginkan pun akan menghasil dengan baik.

    Reply

  13. Segala sesuatu pasti memiliki akar. Akar yang dimaksud bisa bagian paling bawah atau pusat segala sesuatu berasal. Begitu pula dengan cinta dan uang. Manusia dilahirkan dengan dibekali cinta sejak lahir. Banyak manusia yang tidak menggembangkan cinta dalam dirinya. Uang juga begitu sering dilibatkan dengan akar permasalahan. Uang juga biasanya dikaitkan dengan segala sesuatu yang buruk karena diartikan sebagai akar segala permasalahan.

    Reply

  14. pada dasarnya suatu akar akan tumbuh apabila terus di siram ,,
    bgitu juga dengan kita truslah maju dan terus berkembang agar memiliki tujuan dan harapan yang meyakinkan,,

    Reply

  15. menurut saya akar merupakan hal penting dalam pertumbuhan terutama bagi tanaman ,jikalau tanaman tidak berakar maka tanaman itu tidak dapat bertumbuh dan menjadi sebuah pohon yang kokoh.kita juga memiliki akar untuk tumbuh;dengan semangat,talenta yang Tuhan berikan,takut akan Tuhan,harapan untuk mencapai tujuan hidup kita maka kita dapat bertumbuh subur seperti pohon yang tumbuh di tepi aliran air.

    Reply

  16. “Gerakan yang dilakukan arus bawah, secara spontanitas, tidak direkayasa sangat dibutuhkan untuk membangun cinta ” menurut saya jika memang dngan melalui arus bawah jika nanti kedepannya akan menjadi sangat baik .. kita juga memiliki akar untuk tumbuh;dengan semangat,talenta yang Tuhan berikan,takut akan Tuhan,harapan untuk mencapai tujuan hidup kita maka kita dapat bertumbuh subur seperti pohon yang tumbuh di tepi aliran air.

    Reply

  17. Gereja akan berdiri kokoh jika orang-orang di dalamnya mampu memaknai kasih.Sehingga mampu bertumbuh secara kuantitas maupun kualitas dalam iman,pengharapanm,dan kasih yang dari Tuhan.

    Reply

  18. akar merupakan sebuah penopang kehidupan bagi tanaman…jika akar itu rusak bagaimanakah ia bisa bertahan?sama seperti organisasi,,,apabila kita hanya membangun sistem dan prinsip tetapi tidak membangun hubungan dan komunikasi yang baik maka suatu saat akan terjadi kerusakan pada dasarnya dan merusak semuanya

    Reply

  19. Gerakan akar rumput memang perlu kita terapkan ,terutama dalam diri kita sendiri terlebih dahulu sebagai tiang yang kuat sehingga kita mempunyai iman yang kuat dan tidak terpengaruh dengan hal-hal yang jahat. Akar rumput juga harus diterapkan dalam negara indonesia ini untuk memajukan negara dan negara yang bersih dari koruptor.

    Reply

  20. hal yang terpenting dari suatu perusahaan adalah bukan terletak ketika perusahaan itu menjadi besar,tetapi adalah dari mana dan bagai mana perusahaan itu dapat menjadi besar..di dalam perusaaan yang besar,terdapat akar yang menopangnya

    Reply

  21. setuju, mari kita harus menerapkan gerakan akar rumput ini ke dalam kehidupan sehari hari kita, supaya dapat bermanfaat bagi kehidupan kita masa akan datang.

    Reply

  22. saya sangat setuju dengan artikel di atas
    itu menunjukan bahwa semua staf karyawan di sana di sama ratakan dan adil
    tanaman saja akan kokoh tumbuh berkembang mulai dr akarnya, kalau tidak akar,,gimana dy bisa tumbuh ?

    Reply

  23. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 17, 2012 at 7:49 am

    akar rumput bagaikan cinta yang tumbuh dari kecil hingga tinggi yang selalu kuat , kalau tidak ada akar tidak mungkin ada rumput yang lebat . saya sangat setuju dengan artikel di atas .

    Reply

  24. Akar rumput merupakan suatu asal dari segalanya,seperti halnya pohon yang besar jika tidak disertai akar yang kuat pasti tumbang,,
    Sama halnya seperti perusahaan walaupun perusahaan yang besar dan memiliki pemimpin yang baik apalah jadinya jika karyawan bagian lapangan nya buruk semua,,pastilah perusahaan itu hancur,
    Jadi kita harus memperhatikan hal hal yang kecil karena dari hal yang kecil akan menghasilkan sesuatu yang besar.

    Reply

  25. akar dari segala kejahatan adalah cinta uang . ada awalnya pasti ada akhirnya. sekalipun rumit seperti agak dan sudah menyebar pasti ada titik ujungnya .

    Reply

  26. segala sesuatu yang diawali dengan akar pasti akan bertumbuh sangat tinggi, akar pun pasti akan rapuk jadi cepat atau lambat jadi artinya semuanya tidak ada yang kekal.

    Reply

  27. saya setuju dengan Santo Martinus bahwa cinta itu sudah ada dari lahirnya, seperti akar rumput yang kelak tumbuh menjadi savana.
    cinta yang datang dengan ketulusan hati pasti akan menjadi kuat, seperti cinta ibu kepada anaknya yang tak pernah lekang oleh waktu🙂

    Reply

  28. akar rumput merupakan sebuah pribahasa yang sangat baik untuk mendatangkan cinta dan kasih, yang berupa akar dari segalanya, maka dari itu hidup kita harus mempunyai akar yang kuat agar segala halangan dan kebencian dapat tertahan oleh akar yang kuat

    Reply

  29. Posted by Elia Cristin on December 19, 2012 at 1:23 am

    cinta sudah ada dari kita lahir akan tetapi cinta harus d pupuk agar tumbuh dan berbuah. pada awalnya kita dapat dapat beranggapan bahwa cinta itu seperti akar rumput saperti cinta ibu kepada kita yang dari akar rumput kemudian tumbuh dan berbunga hingga dapat menghasilkan buah cinta yang baik buat kita.

    Reply

  30. menurut saya kita harus mulai membangun akar rumput laut dalam diri kita karena akar rumput laut itu akan terus bertumbuh. seperti itulah kita mencintai seseorang harus dengan tulus agar terus berkembang semakin baik. bukan untuk menghancurkan sebuah cinta.

    Reply

  31. jika cinta kita sudah seperti akar rumput, ia akan mengakar dan tidak mudah goyah. begitu juga cinta kita kepada Tuhan. jika cinta kita tidak mudah goyah dan semakin bertubuh, kita akan memetik buahnya nanti

    Reply

  32. jika kita sendiri memiliki suatu pendirian seperti akar rumput yang kuat di tanah , maka diri kita juga harus memiliki akar rumput yang kuat dan kokoh , dan kita harus lebih mengutamakan akar rumput tersebut dalam diri kita . agar tetap tumbuh dengan kokoh dan kuat tidak mati atau tumbang.

    Reply

  33. sesungguhnya, artikel ini mengajarkan kita bagaimana menghargai orang – orang kecil yang berada disekitar kita. Tanpa kita sadari, seringkali kita meremehkan orang- orang yang berada dibawah kita karena kita merasa lebih sukses dibandingkan mereka. sesungguhnya, jasa-jasa yang telah mereka lakuka, telah banyak membantu kita dalam mencapai kesussesan kita. bayangkan jika tidak ada office boy di kantor. kantor kita akan terlihat kotor dan orang yang berkunjungpun memberikan kesan yang negatif yang pada akhirnya menghambat kesuksesan kita. dan dengan adanya mereka, kita bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kita lebih fokus sehingga mencapai hasil yang maksimal.

    Reply

  34. semua berawal dari akarnyaaa, jd akarnya pun harus bagus dan kuat …

    Reply

  35. cinta itu tidak direkayasa. cinta itu berasal dari diri kita sendiri. cinta itu diibaratkan seperti akar rumput yang kuat dan kokoh yang bertumbuh begitu juga dengan cinta. akar rumput itu pertama-tama harus dikembangkan dan ditumbuhkan sehingga akar itu berbuah dan berbuah begitu juga dengan cinta, cinta itu harus kita kembangkan didalam diri kita sendiri.cinta itu penuh sabar,penuh kesederhana tanpa memandang harta. dan untuk mengembangkan cinta itu butuh perjuangan dan cinta itu juga berkah buat kita.

    Reply

  36. Seperti tanaman, jika akarnya tak kuat maka dia akan tumbang. Sama dengan cinta Kalau memiliki akar yang kuat maka takkan mudah goyah dan tetap pada pendiriannya

    Reply

  37. akar rumput adalah suatu yang sangat dasar sehingga jika kita ingin bertumbuh maka siram dan rawatlah hingga menjadi pohon yang kuat dan besar. dalam kehidupan kita sekarang kita semua hanyalah akar rumput tapi,bagaimana usaha dan tekad kita menjalani hidup sehingga kita bisa menjadi pohon yang kuat dan besar.

    Reply

  38. Kata orang cinta itu dari mata turun ke hati, dari hati menembus sanubari lalu membakar jiwa, tapi kata Santo Martinus bahwa cinta itu sudah ada dari lahirnya, seperti akar rumput yang kelak tumbuh menjadi savana. Kata saya cinta itu membangun dan tidak pernah merusak atau menghancurkan, terlepas dari sifat cinta, yakni sabar, sederhana, murah hati, tidak cemburu, tidak sombong, tetapi sejauh dia membangun kebaikan itulah akar rumput cinta, seperti anak bayi minum susu ibu, itu sudah menyatakan cinta apa lagi kalau dia menangis itu tanda dia menyatakan cinta, sehingga berbahagialah ibu-ibu yang pernah menyusui karena kepadanya sudah merasakan suatu cinta dari akar rumput. Kata temanku senyuman seorang bayi itu adalah ungkapan cinta yang sangat polos yang dinyatakan kepada dunia sebagai suatu solidaritas.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: