Menyesal

Menyesal di kemudian hari sudah tidak ada gunanya.

Ada sebuah danau di daerah kutub utara memiliki batu-batuan indah. Di sudut pandang lebar terdapat sebuah papan bertuliskan: “Yang mengambil batu di sini akan menyesal. Yang tidak mengambil batu Di sini juga akan menyesal”
Ada pengunjung yang malah tertarik untuk mengambil beberapa butir batuan itu untuk melihat apa yg akan terjadi selanjutnya. Beberapa yang lainnya tidak terlalu menggubrisnya. Jadi, mereka tidak mengambil batu-batuan itu, tetapi mereka lebih tertarik untuk menikmati segarnya air danau yang dingin sekali.
Setelah kembali ke Eropa, mereka menyuruh ahli batu-batuan untuk memeriksa batu-batuan yang mereka bawa. Ternyata batu-batuan itu adalah sejenis Safir yang dari luar tampaknya jelek, tapi di dalamnya mrupakan permata yang sangat indah dan mahal harganya. Bagi yang tidak membawa batu itu jadi menyesal karena tidak membawanya, tetapi bagi yang membawanya pun akhirnya menyesal karena tidak membawa lebih banyak.
Sebenarnya memang menyesal itu selalu datang di kemudian hari. Tidak akan ada menyesal dijadual sebelum kejadian. Namun, kalau kita perhatikan perihal tentang menyesal memang seharusnya kita tahu, akan tetapi tidak kita lakukan maka kita menyesal. Ibarat kita mau beli nomor lotere, kita tidak beli dan nomornya keluar dan kita menyesal. Atau sebaliknya kita tahu bahwa pakai helm adalah untuk keselamatan, tetapi kita tidak pakai lalu terjadi sesuatu yang fatal dan kita menyesal selamanya.
Beberapa hal yang perlu kita ketahui dan pelajari agar di kemudian hari tidak menyesal :
1. Mendengar nasehat orang tua dan orang-orang bijaksana (baca Kitab Deuterokanonika, Sirakh)
2. Mengerti arti pentingnya suatu kehidupan dan selalu bersyukur dan berterima kasih.
3. Mencintai segala ciptaan Tuhan dan sesama serta menjalankan aturan main kehidupan di dunia, seperti gereja atau intansi religius yang lain, serta saling hormat menghormati.
4. Banyak beramal, berbuat baik dan membantu sesama yang susah.
5. Menerima keadaan dan tidak mengeluh, tetapi berusaha terus untuk kemungkinan perubahan keadaan.
6. Taruhlah segala rencanamu di kaki Tuhan dan mintalah serta bawalah semua usaha dalam kepasrahan kuasa Ilahi, bukan kehebatan kita. Karena semuanya sudah direncanakan oleh-Nya.

Dalam operasional di perusahaan, kami sering bergelut dengan masalah bahkan bahaya dan aral. Semua staf, direksi dan karyawan harus berjuang mengatasinya. Terkadang hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kami harapkan, tapi satu hal yang saya catat, kami semua bisa nelihat tangan Tuhan bekerja. Untung rugi hal biasa katanya, tapi suka cita merupakan keuntungan yang tidak bisa dinilai dengan uang.
Demikian juga dalam rumah tangga keluarga dan kehidupannya. Segala susah- senang, sehat-sakit, dan untung-malang sudah biasa berulang terjadi, tapi kalau kita berjalan di jalan Tuhan, maka kita bisa melihat tangan-Nya bekerja, sehingga lutut pun tak kuasa berdiri, sebab di sana ada suka cita besar sekali. Tuhan memberkati kita semua. Kasih-Nya membuat aku bahagia.

95 thoughts on “Menyesal

  1. olyvia Angdreas

    Penyesalan memang selalu datang terlambat
    itulah kata-kata yang benar terjadi dalam suatu kehidupan.
    seperti dalam artikel ini “Yang mengambil batu di sini akan menyesal. Yang tidak mengambil batu Di sini juga akan menyesal” ini adalah kata-kata yang akan membuat orang penasaran tapi mungkin sebagian orang tidak menganggap ini adalah hal penting sehingga mengabaikan nya.
    orang yang mengambil maupun yang mengabaikan sama-sama mengalami penyesalan. Kenapa demikian? karena pada dasar nya semua manusia itu Egois, mereka hanya memikirkan keutungan bagi diri nya sendiri. Seperti dalam kasus ini siapa yang tidak akan menolak bila tau itu adalah berlian yang berharga? tentu semua akan berebut untuk mengambil nya namun bila dari luarnya hanya terlihat batu tidak banyk orang yang akan memlihat nya hanya akan mengacuhkan nya

    sebetulnya dalam hidup kita tidak boleh hanya melihat dari fisik saja seperti batu tersebut, batu yang di anggap tidak penting ternyata di dalam nya terdapat berlian berharga.

    Reply
  2. Darwin Wijaya

    kenapa yah kata menyesal itu selalu ada setelah kejadian yang tidak mengenakkan??
    tapi bila kejadiannya menguntungkan kita kenapa tidak bisa di bilang menyesal yah??

    sebenarnya kita harus belajar dari sekeliling kita sehingga tidak menyesal di kemudian hari karena secara tidak langsung kita sedang menginvestasikan pengetahuan dalam diri kita sehingga menjadi pedoman untuk melakukan hal2 yang menghindarka dari rasa penyesalan, juga harus rajin2 bersyukur sama yang kita punyai dan kita dapat karena bila kita tidak dapat bersyukur kita seakan tidak pernah puas yang merasa menyesal karena mendapat sesuatu yang sedikit berbeda dari apa yg di inginkannya..

    mungkin dalam cerita dalam artikel ini, seandainya saya menjadi pengunjungnya, saya mungkin salah satu yang tidak akan mengambil batu2an itu juga, karena saya hanya tahu / berpikir itu sekedar batu biasa ( dikarenakan kurangnya pengetahuan )

    Reply
  3. Mega Aprilia

    Penyesalan selalu ada di akhir. Tidak ada seseorang pun yang dapat menghindari suatu penyesalan. Semua tergantung pada pribadi masing-masing dalam menghadapi nya.

    Seperti kasus di atas, di saat kita mengambil batu, kita akan menyesal karna tidak mengambil lebih banyak. Tetapi saat kita tidak mengambil batu, kita pun akan menyesal saat tau batu itu adalah jenis safir.
    Dengan kata lain, saat kita mengambil atau tidak, sama saja pada akhir nya kita akan menyesal. Tinggal bagaimana nanti nya kita menghadapi penyesalan itu.

    Dekatkan diri pada Tuhan, mohon bimbingan-Nya dalam setiap langkah yang kita ambil. Mudah-mudahan bisa membantu kita dalam menjalani hidup. Sehingga apa yang terjadi, dapat kita sikapi secara positif.

    Reply
  4. Novi Andryani

    Memang kita tak akan tahu,kapan akan terjadi penyesalan ketika kita berbuat sesuatu. Tetapi kita harus menerima keadaan tersebut dan tidak mengeluh. Jangan berpikir negatif, Sebab Tuhan akan memberikan jalan terbaik untuk kita semua.

    Reply
  5. Desy Dahlia

    Banyak sekali manusia yang terpuruk karena penyesalan akan kesalahan yang pernah dilakukannya, akan masa lalunya yang kelam, dan sebagainya. Menurut saya, Orang-orang yang terpuruk karena penyesalan adalah orang yang tak bisa menghargai hidup, sedangkan orang-orang yang bangkit dari penyesalan adalah orang-orang yang luar biasa.
    Segala susah- senang, sehat-sakit, dan untung-malang sudah biasa berulang terjadi, jadi kita harus selalu bersyukur agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

    Reply
  6. Dewi Susanti

    rasa menyesal itu memang selalu datang saat akhir suatu kejadian. saat penyesalan suatu kejadian itu muncul dalam diri kira rasanya kita menginginkan agar waktu dapat berjalan munudur dan kita dapat memperbaiki kesalahan yang kita perbuat agar kita tidak menyesal, sayangnya dunia akan terus berputar dan waktu juga tidak akan bisa berjalan mundur sesuai dengan yang harapkan. bagi orang yang bijaksana akan menjadikan suatu penyesalan itu menjadi pembelajaran berharga agar esok hari tidak mengulang kesalahan yang sama. saya juga setuju dengan pernyataan “My Past is Not About Regrets, There are No Bad Memories. There are Only Lessons Learned That Make Me Grow Stronger For My Future.” kata-kata ini sangat memotivasi kehidupan agar kita tidak terpuruk dalam penyesalan. saya juga setuju dengan tips-tips yang artikel ini berikan, yang penting percaya akan rencana Tuhan sebab Tuhan telah merencakan jalan hidup kita masing-masing, dan Tuhan juga tidak akan memberikan yang buruk kepada kita anak-anaknya. 🙂

    Reply
  7. mariani purnama

    saat kita diharuskan memilih diantara 2 pilihan yg harus diambil, penyesalan selalu datang setelah kita mengetahui sesuatu yang lebih baik akan terjadi apabila kita memilih yang tidak kita pilih tadi. akan tetapi menurut saya ketidaktahuan kita di awal saat memilih pilihan tersebut tidak lantas kita larut dalam penyesalan yg telah kita ambil. melainkan tetap bersyukur kepada Tuhan atas segala yang terjadi. karena ada pepatah yg mengatakan yg kelihatan jelek di awal bukan berarti akan jelek juga diakhir. upayakan optimis akan pilihan yg kita ambil, cari informasi serta nasihat yang baik sebelum mengambil keputusan, dan pilihlah yg terbaik. semoga dengan cara itu dan disertai hati yang ikhlas membuat sebuah penyesalan pun dapat kita syukuri. amin 🙂

    Reply
  8. richardagustian

    memang penyesalan selalu datang nya terlambat. tetapi dari penyesalan tersebut bisa merubah kita menjadi yang lebih baik lagi di kemudian hari.
    kita juga harus saling menghormati satu sama lain.

    Reply
  9. evielsianah

    Tuhan berkata ada sebab pasti ada akibat, rencana Tuhan manusia tidk akan tahu apa rencana kedepannya. tetapi di balik itu semua pasti terdapat hikmah yang membuat kita tersenyum kembali. dengan kita selalu merasakan penyesalan berlarut-larut yang ada cuman membuang waktu yang tidak penting sebaiknya syukuri apa yang terjadi dan syukuri apa yang di beri oleh Tuhan. Tuhan tidak akan membuat ciptaannya menderita tetapi Tuhan akan membantu kita untuk bahagia apabila kita masih berada di jalan yang benar. berpikir positif itu sangat lebih baik daripada berpikir negatif.

    Reply
  10. Vicaris Wen

    penyesalan itu selalu di belakang..oleh karena itu , bila tidak ingin rasa penyesalan datang menghampiri kita , sebaiknya kita lakukan apapun hal yang positif yang kita ingin lakukan selama kita mampu untuk melakukannya. Dan bila rasa penyesalan sudah kita alami , sebaiknya kita melihat apa yang telah kita perbuat di lampau dan kita mulai introspeksi diri.

    Reply
  11. lina

    penyesalan selalu datang di akhir.Dari keputusan yang kita tentukan,kita harus bersyukur dapat menjalani kehidupan yang telah Tuhan berikan kepada kita dengan terus berjuang untuk memperbaikinya.

    Reply
  12. Lia Damita Sari

    penyesalan selalu datang terakhir, kita tidak pernah tahu kapan penyesalan datang di diri kita, terkadang kita selalu mengambil keputusan yang salah itu yang membuat kita menyesal. tapi meskipun sudah terjadi kita harus bersyukur dan jalani saja apa yang tuhan berikan kepada kita dan kita bisa belajar dari penyesalan kita tersebut. terkadang kita sulit memilih dalam 2 pilihan

    Reply
  13. Desmonda lienardi

    penyesalan memang datang terakhir. jika penyesalan itu datang terlambat dan kita ingin memutar itu kembali, kita tidak bisa memutarnya kembali. tetapi kita hanya bisa mengulangnya supaya itu tidak terjadi lagi. untuk mencegah penyesalan itu datang kita harus mendengar nasehat dari orang dan mensyukuri kepada tuhan dengan apa yang kita miliki sekarang ini. dan serahkan seluruh hidupmu kepada tuhan maka dia yang akan merencanakan hidupmu.

    Reply
  14. Felisia

    yang namanya penyesalan memang selalu datang terakhir. Jika datang di awal namanya bukan suatu penyesalan melainkan kita yang bisa meramalkan kejadian di masa datang sehingga kita melakukan hal untuk menghindarkan penyesalan. Padahal, rencana Tuhan tidak ada yang tahu. Kebanayakan orang melihat penyesalan identik dengan hal buruk, akan tetapi, kita harus memandang penyesalan dengan hal positif. Kita harus bersyukur atas apapun yang Tuhan beri, penyesalan yang ada pun pasti memberikan pengaruh baik bagi kita. Karena, kalau tidak ada penyesalan di dalam hidup kita, tidak ada pelajaran hidup yang dapat kita ambil untuk menjalankan hidup lebih baik. Segala kesulitan, kesenangan atau apapun yang terjadi akan membuat kita mengerti arti hidup. Jalanilah hidup sesuai yang kita mau dan jadikan penyesalan sebagai jalan untuk maju.

    Reply
  15. linda

    penyesalan adalah pengalaman dalam hidup kita yang mengajarkan kita untuk bisa memperbaiki diri kita. Hidup memang penuh pilihan dan kita sebagai pemilih nya lah yang harus bisa pintar dalam memilih agar pilihan yang kita ambil tidak salah dan merugikan. Tapi jika salah dalam mengambil sebuah pilihan dan menyesal jadikan lah penyesalan itu sebagai sebuah pelajaran bagi kita untuk bisa memilih dengan baik agar tidak salah lagi dalam memilih saat ke depan nya. Jangan jadikan penyesalan menjadi keputusasaan tapi jadikan penyesalan sebagai guru yang mengajarkan kita untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

    Reply
  16. Eka Prillia

    Terkadang terjadinya penyesalan tersebut karena ketidakpuasan manusia itu sendiri, itulah manusia, tidak pernah merasa puas dengan apa yang tuhan telah berikan, apapun yang telah tuhan berikan pasti ada sebab dan akibatnya, sebab semunusia itu tidak puas lalu menjadi serakah dan berakibat pada kepenyesalan di akhirnya.
    saya setuju dengan artikel ini, rasa penyesalan itu memang tidak enak rasanya seperti mobil kontener yang seketika berada di pundak saya.

    Reply
  17. susanti_9411

    saya setuju dengan artikel di atas menurut saya segala sesuatu yang hendak kita lakukan itu terlebih dahulu dipikirkan secara matang apakah akan berdampak baik atau buruk nantinya terhadap kita dan apakah hal yang akan kita lakukan itu dapat membuat kita menyesal?? atau tidak? maka dari itu pergumulan dengan Allah sang pencipta juga di butuhkan kita bisa memohon petunjuk kepada Allah apakah hal yang akan kita lakukan bener atau salah.

    Reply
  18. cynthia aileen

    Penyesalan itu adalah bagian dari hidup. Tidak ada penyesalan datang diawal, jika penyesalan datang diawal, pasti kita tidak akan berani mengambil resiko. Hidup kita akan berjalan sesuai keinginan kita. Dalam artikel diatas, kita dihadapkan pada 2 pilihan, yaitu mengambil batu atau tidak. Setiap keputusan yang kita ambil akan mengakibatkan suatu resiko atau penyesalan, tergantung kita yang melihat sisi dari resiko itu. Setiap resiko yang kita ambil, pasti memiliki sisi positif, hanya saja biasanya kita melihat dari sisi negatifnya. Kita harus mencari sisi positif dari resiko yang kita ambil sehingga penyesalan itu akan berdampak baik untuk kita

    Reply
  19. Jeffry Hanafi

    Penyesalan selalu datang disaat kita sudah melakukan kesalahan dan kita merasa menyesal telah melakukannya atau tidak melakukannya. Jika kita tidak melakukannya malah kita akan dibuat penasaran. Tetapi ketika kita melakukannya kita merasa menyesal kenapa dan kenapa bisa terjadi. Penyesalan sudah biasa terjadi, sebaiknya janganlah kita mengulanginya kembali, jika kita ingin mengambil tindakan cobalah kita berpikir matang-matang dan tanpa ragu, karena keraguan itulah yang membuat kita merasa menyesal. Dengan kita sudah merasa menyesali perbuatan kita,maka kita secara otomatis akan berpikir untung tidak melakukannya dan menjadikan pengalaman pribadi kita.

    Reply
  20. dessy nineces

    menyesal adalah hal yang selalu datang terlambat dan selalu datang di belakang , penyesalan dan musibah yang terjadi seharus nya bisa semakin mendewasakan kita. menyesal tidak lah harus seumur hidup. tetapi menyesal harus lah membuat kita mencari hikmah di balik musibah yang terjadi di dalam hidup kita..menyesal membuat kita lebih hati hati dalam melakukan sesuatu. menyesal membuat kita lebih berfikir panjang dalam melakukan sesuatu.

    Reply
  21. shintiya apriliyani

    penyesalan akan datang pada waktunya..dan ketika penyesalan datang akan membuat kita tidak bersyukur terhadap hal yang sudah kita lakukan sebelumnya..untuk orang yang membawa batu safir itu mereka menyesal tidak membawa lebih banyak,tapi mereka tidak bersyukur mereka telah berhasil membawa batu itu..dan orang yang tidak membawa batu itu menyesal karena tidak membawa batu safir tetapi mereka tidak bersyukur mereka pernah melihat batu safir yang begitu indah..

    Reply
  22. officialmevina

    semua orang pasti pernah merasakan penyesalan, saya pun pernah pengalaminya dan sering. bahkan setelah kita tau jika kita tidak melakukan sesuatu kita akan menyesal tetapi karena berbagai faktor kita tetap tidak melakukan dan menyesal. Menyesal tidak ada gunanya. lebih baik melihat jauh kedepan berpikir ke arah depan dan tidak mundur dan melihat kebelakang dan terus berlarut larut dalam penyesalan diri sendiri dan esok hari belajar lah dari penyesalan itu

    Reply
  23. Julio Hansen

    Penyesalan itu memang selalu datang diakhir suatu kejadian. Menyesal bukan berarti kita harus sedih dan putus asa, melainkan kita harus bertambah semangat. Penyesalan telah diatur untuk terjadi disetiap akhir kejadian karena kita harus dapat menyimpulkan arti dan mengambil pelajaran dari penyesalan akibat kegagalan tersebut agar tidak terulang lagi dikemudian harinya.

    Reply
  24. Melyana

    Penyesalan adalah sikap manusia atas sikap serakah (menurut saya) saya samangat setuju dengan ibarat tentang membeli lotre. Saat kita membeli lotre karena sikap serakah maka kita akan membeli banyak sekali nomor lotre berharap semua nomor tersebut akan keluar tetapi
    sebaliknya sikap serakah tidak akan menghasilkan apa yang kita inginkan, sebaliknya pun saat kita hanya iseng membeli lotre dan nomor itu keluar kita akan menyesal ‘kenapa tadi tidak membeli lebih banyak nomor lotre’ setelah itu mungkin dia kan membeli lagi lagi dan lagi nomor lotre tersebut karena terlena untuk memenangkan nomor tersebut.
    Tapi penyesalan juga bukan titik dari serakah, penyesalan adalah suatu teguran dari Tuhan untuk sesekali mendengarkan apa kata orang sekitar seperti orang tua, keluarga dan teman.

    Reply
  25. esternovalin

    penyesalan akan terjadi kepada semua pribadi. dengan adanya penyesalan berarti kita akan tau dimana keslahan kita. hari esok pun kita akan berhati-hati dalam melangkah sehingga tidak terjadi penyesalan lagi, ada firman seekor keledai pun tidak akan jatuh ke lubang yang sama.

    Reply
  26. Renaldi Noerdjaja

    penyesalan, merupakan hal yang menyakitkan, karena ia selalu datang terlambat dan tak akan pernah datang di awalnya. namun kita tidak perlu berkecil hati, karena penyesalan yang amat dalam tentu merugikan kita sendiri. masih ada kesempatan di lain hari, dan teruslah mencoba.
    untuk menghindari penyesalan, ada baiknya kita mengikuti tips yang terdapat di artikel, salah satunya turut nasihat orang tua, dan jadikan pengalaman sebagai guru yang baik 🙂

    Reply
  27. Steward

    Setiap manusia pastilah pernah merasa menyesal, tidak ada manusia yang hidup tanpa sebuah rasa menyesal. Sebagai contoh, saat kita mendapatkan nilai buruk, pasti kita akan memikirkannya terus, memikirkannya sudah menjadi sebuah penyesalan. Setelah itu kita pasti akan berusaha memperbaiki diri kita dikemudian hari. Seperti kasus diatas, bahwa kita tidak tahu, tindakan mana yang akan membuat kita menyesal, mungkin saja keduanya akan berujung pada penyesalan. Namun tetap ada suatu pelajaran yang dapat kita ambil dari penyesalan tersebut. Hal itu karena semua orang setelah merasa menyesal akan lebih berusaha untuk maju dan berkembang.

    Reply
  28. danielwahyu

    penyesalan merupakan suatu hal yang telah terlewatkan oleh kita,seperti hal yang diatas sebutkan,
    misalnya dalam sekolah, tidak naik kelas..
    klo sudah terjadi mau diapakan? memangnya bisa kembali kemasa lalu?
    maka dari itu kita tidak perlu menyesalinya,namun kita harus berusaha untuk memperbaikinya dan tidak mengulanginya lagi

    Reply
  29. agnesvinansia23

    ketika kita mau dan dari kita sendiri masih mampu untuk melakukan hal yang kita inginkan , mengapa tidak , karena penyesalan adalah hal yang dapat mengubah diri kita menjadi terpuruk , tetapi jika sudah berusaha untuk lebih baik dalam melakukan hal tersebut , lebih baik jangan menyesal , anggap saja itu adalah hal yang biasa dan yang sudah berlalu dibiarkan berlalu dan dijadikan pengalaman untuk berusaha lg dikedepannya.

    Reply
  30. chara kitti

    sebelum menyesal lebih baik pikirkan baik-baik yang kita lakukan. dari pada kehilangan sesuatu yang ternyata amat sangat penting bagi kita

    Reply
  31. Verdy Saputra

    Jangan terlalu cepat mengeluarkan rasa penyesalan, tetapi dalam segala hal yang kita lalui kiranya dapat belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah dilalui, dan dari sebuah kesalahan itu janganlah diulangi kembali, melainkan jadikan kekuatan untuk waktu selanjutnya.
    Jangan berdiam dalam keterpurukan tapi bangkitlah dan keluar dari lubang penyesalan.
    Agar tidak terjadi penyesalan ada baiknya mengkritisi apa yang akan dilakukan, dan minta Penyertaan-Nya dan bersyukur dalam segala hal.

    God Bless

    Reply
  32. meldawati

    Penyesalan selalu datang terlambat. Penyesalan tidak dapat bisa dihindari tetapi penyesalan harus dihadapi walaupun sulit untuk menhadapinnya. Sepeti artikel diatas: ” Yang mengambil batu disini akan menyesal. Yang tidak mengambil batu disini juga akan menyesal “. Maka kita harus belajar dari sekeliling kita sehingga tidak akn menyesal dikemudian hari, sebab Tuhan akan memberika n yang terbaik untuk kita kelak nanti.

    Reply
  33. Michelle Elizabeth Jocom

    Saya rasa untuk orang yang sudah mengambil batu, dia tidak perlu menyesal karena dia sudah mengambil batu itu meskipun hanya beberapa, dan seharusnya dia bersyukur karena dia bisa membawa pulang batu itu. Kita tidak boleh menjadi orang yang tamak. Karena orang itu tamak, dia menyesal dan tidak bersyukur. Sebenarnya tak ada yang perlu di sesali.

    Reply
  34. Michelle Elizabeth Jocom

    Saya rasa untuk orang yang sudah mengambil batu, dia tidak perlu menyesal karena dia sudah mengambil batu itu meskipun hanya beberapa, dan seharusnya dia bersyukur karena dia bisa membawa pulang batu itu. Kita tidak boleh menjadi orang yang tamak. Karena orang itu tamak, dia menyesal dan tidak bersyukur. Sebenarnya tak ada yang perlu disesali.
    Semua orang akan setuju dengan “penyesalan selalu datang di akhir”, karena tidak mungkin penyesalan datang didepan. –“

    Reply
  35. cremonaliadylova

    Beberapa hal yang perlu kita ketahui dan pelajari agar di kemudian hari tidak menyesal :
    1. Mendengar nasehat orang tua dan orang-orang bijaksana (baca Kitab Deuterokanonika, Sirakh)
    2. Mengerti arti pentingnya suatu kehidupan dan selalu bersyukur dan berterima kasih.
    3. Mencintai segala ciptaan Tuhan dan sesama serta menjalankan aturan main kehidupan di dunia, seperti gereja atau intansi religius yang lain, serta saling hormat menghormati.
    4. Banyak beramal, berbuat baik dan membantu sesama yang susah.
    5. Menerima keadaan dan tidak mengeluh, tetapi berusaha terus untuk kemungkinan perubahan keadaan.
    6. Taruhlah segala rencanamu di kaki Tuhan dan mintalah serta bawalah semua usaha dalam kepasrahan kuasa Ilahi, bukan kehebatan kita. Karena semuanya sudah direncanakan oleh-Nya.

    Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyesal sangat berguna bagi kita untuk melaksankan sesuatu harus dipertimbangkan dulu apa akan bagus untuk ke depan nya jangan hadapi dengan emosi dan semau-maunya.

    Ada perkataan penyesalan selalu datang belakangan. Sekali kita menyesal tidak dapat diperbaiki. Jika waktu masih ada renungi baik-baik apa yang kita mau laksanakan baik untuk kita atau tidak

    Reply
  36. hendry8940

    Penyesalan memang selalu datang belakangan. Kata-kata yang basi. Walau basi, kita tetap melakukannya berulang-ulang kali. Janganlah kita seperti itu, jika kita tidak ingin menyesal, lakukan lah yang terbaik dalam hidup kita. Jika penyesalan datang, mintalah bantuan Tuhan dengan berdoa. Niscaya Dia akan memberikan bantuan.

    Reply
  37. Yessica Permata Harry

    menyesal merupakan kata-kata yang sering terlontarkan dari mulut kita ketika kita gagal melakukan sesuatu hal yang seharusnya dapat kita lakukan .. dan kata penyesalan tersebut selalu dapat ketika hal yang hendak kita lakukan tersebut sudah terjadi atau sudah berlalu alias telat .. namun penyesalan bukanlah akhir dari semuanya .. melainkan jadikanlah penyesalan tersebut sebagai suatu pembelajaran hidup yang kelak dapat menjadi suatu pedoman hidup masa depan agar tidak terlalu cepat menyerah terhadap keadaan ..

    Reply
  38. vicky chandra

    manusia tidak pernah mengerti bahwa selalu ada penyesalan dalam hidup yang selalu kita ulang terus menerus, karena dalam hidup kita setiap penyesalan selalu datang belakangan , tidak ada penyesalan datang pertama, karena setiap penyesalan yang kita lakukan , itu semua karena kita terlalu terburu buru mengambil suatu tindakan tanpa di pikir terlebih dahulu.
    Pesan saya, pikir dahulu sebelum melakukan suatu tindakan!!!

    Reply
  39. dewina sari

    penyeselan itu selalu terjadi belakangan , jadi sebaiknya seseorang itu lebih baik berfikir terlebih dahulu sebelum terjadi penyesalan, karena penyesalan itu rasanya sangat sakit. sebaiknya setelah kita melakukan sesuatu tetapi terjadi penyesalan jadikan penyesalan itu sebagai wujud kekuatan kita dan pandangan kita untuk kedepan agar tidak terjadi penyesalan.

    Reply
  40. serrasepti

    Penyesalan itu merupakan pelajaran dari hidup, dimana belajar untuk bersikap tidak mudah dalam mengambil keputusan, rasa penyesalan itu adalah awal untuk menjadikan diri menjadi lebih baik dan intropeksi diri.

    Reply
  41. julyandri

    Semua orang pasti pernah mengalami penyesalan dan penyesalan selalu terjadi belakangan.Janganlah membuat penyesalan menjadi keputusasaan.Hendaknya kita merenungkan kembali penyesalan tersebut dan berusaha agar tidak mengulangi kejadian tersebut.Dan jangan lupa meminta pertolongan kepada yang Maha Kuasa

    Reply
  42. rosseinty

    penyesalan dapat memberi pelajaran lebih buat diri kita .. agar kita tahu ,, bagaimana perbuatan atau kelakuan buruk kita sendiri .. dan kita dapat memperbaiki perbuatan tersebut .. memang penyesalan itu datang belakangan ,, tapi tidak ada kata penyesalan , jika kita mau berubah ..

    Reply
  43. Budi Tan Wijaya

    kehidupan tidak luput yang namanya dri penyesalan..
    di dalam kehidupan mengapa penyesalan yang selalu datang diakhir hidup??
    begitu juga di dalam penyesalan merupakan ajaran upaya kita tidak salah dalam melakukan sesuatu.

    Reply
  44. cathchand

    seseorang tidak ada yang tidak luput dari kesalahan. betul begitu ? karena setiap orang tidak ada yang sempurna. oleh sebab itu, seseorang yang melakukan kesalahan ia akan selalu menyesal belakangan. itu betul .. karena kalau ia menyesal diawal itu namanya pendaftaran bukan penyesalan.
    artikel ini mengajarkan kita untuk selalu berfikir 2x sebelum bertindak sehingga menghindari yang namanya penyesalan karena penyesalan selalu datang belakangan

    Reply
  45. aryaniyunitaarifin

    menyesal perasaan yang selalu kita rasakan saat kita melakukan kesalahan. rasa menyesal adalah perasaan yang baik, apa lagi kalo kita mau minta maaf dan menyesali perbuatan kita. itu adalah perbuatan menyesal yang sangat baik.

    Reply
  46. michelle

    penyesalan memang selalu datang belakangan. hal ini memang biasa terjadi. terkadang kita lebih egois sehingga tidak memikirkan apa akibat yang akan terjadi nanti. oleh akrena itu sebelum kita menyesal belakangan maka sebaiknya sebelum bertindak kita harus memikirkan dengan matang.

    Reply
  47. hendiasim

    Kita boleh saja merasakan penyesalan,Tetapi kita tak perlu berlarut-larut dalam penyesalan tersebut.Yang terpenting adalah kita mampu bangkit lagi dan bertekad serta mengandalkan Tuhan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s