Lagu

Pujian dan doa, apabila dinyanyikan dalam bentuk lagu manfaatnya berlipat ganda

Selamat Hari Raya Kristus Raja Alam Semesta!

Mazmur 119:105 : ”Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku”

Aku menerima kiriman sebuah video berupa film tentang Christ Warld, seorang cacat, buta sejak lahir tetapi ahli bermain Cielo. Dia memainkan sebuah lagu “Song of Joy” yang sudah tidak asing lagi buat kita saat memasuki suasana natal. Musik dan lagu yang dibawakan sungguh indah. Saat dimainkan di depan sebuah fakultas musik, lama kelamaan hampir semua mahasiswa ikut bergabung dan memainkan lagu tersebut.
Paroki Santo Kristoforus Jakarta sedang menjalankan kegiatan besar, yaitu menulis Alkitab Deuterokanonika, yang terdiri dari lebih kurang 5000 ayat yang akan ditulis. Seluruh umat paroki bergerak tanpa lelah untuk terus menulis. Panitia sudah melatih para pembimbing yang siap membantu para penulis. Setiap kegiatan dimulai denga menyanyikan Mazmur 119 : 105 : “FirmanMu pelita bagi kakiku, terang bagi Jalanku”
Kita semua mengenal ribuan lagu rohani, apalagi lagu Bapa Kami. Lagu Bapa Kami yang saya paling suka ciptaan sahabat saya L. Putut Pudiantoro. Pasti umat semua sudah hafal, tapi sayang tidak semua umat belum ketemu atau berjumpa bertatap muka dengan penciptanya yang luar biasa. Jika ada waktu memungkinkan saya akan ajak beliau dengan groupnya MIA PATRIA (atau artinya My Country).
Mengapa bisa sampai ada statement bahwa doa yang dinyanyikan lebih bermanfaat? Penjelasan secara rohani atau secara liturgis mungkin bisa dibantu para romo khususnya Romo Dr. Bernadus Boli Ujan SVD yang ahli dalam bidang Liturgi. Secara rohani, kalau doa dinyanyikan dia akan menyentuh hati sanubari. Coba bandingkan dengan lagu ”Di Doa Ibuku Namaku Disebut”. Kalau dinyanyikan dan kita teringat ibu kita maka yang pasti airmata kita pasti jatuh.
Demikian pengaruh lagu atau nanyian mempengaruhi psikologi manusia. Kalau emosi pikiran hasrat dan getaran hati kita ikut berdoa, maka doa yang disampaikan sangat bermanfaat dan Tuhan pasti akan berbelas kasih mengabulkan doa kita.
Saat tim penolong menggali reruntuhan akibat gempa bumi di California, USA, ditemukan sekelompok orang yang masih bertahan hidup tanpa makan minum setelah 3 hari tertimbun di bawah reruntuhan bangunan. Waktu ditanya apa yang dilakukan mereka dalam masa penantian sampai mereka ditolong? Jawabnya mereka hanya berdoa dan menyanyi sambil menanti ajal merenggut nyawa mereka. Luar biasa ternyata dengan menyanyi mereka bisa mengatasi dehidrasi, lapar dan haus.
Mari kita membiasakan diri menyanyi, menyanyi dan menyanyi khusus buat lagu-lagu rohani dalam doa seperti Raja Daud yang melantunkan Mazmur dan berkat berlimpah menanti Anda semua.
Semoga kasih karunia memimpin kita menyanyi bersuka cita dalam damai sejahtera.

84 thoughts on “Lagu

  1. erika sufito

    lagu itu menyenangkan untuk didengar , lagu juga merupakan salah satu bentuk atau gambaran atau lukisan dari pemikiran kita yang kita tuangkan dalam musik lagu . lagu bukan hanya didengar dan sebagai penghibur diri kita , kita dapat menuangkan , menciptakan lagu kita dengan TUHAN melalui doa .

    Reply
  2. yohanesxgunawan

    lagu dapat menciptakan sebuah kata-kata yang tidak bisa diucapkan..sedangkan menyanyi dapat memberikan suasana terhadap hati…kita harus belajar tidak hanya menyanyi asal-asalan tetapi kita harus bisa belajar memuji dan menyembah Dia..

    Reply
  3. lisda

    saya adalah salah satu dari sekian banyak orang yang suka sekali dan pecinta musik. bila tidak ada musik,, semua akan terasa sepi dan terasa tidak berwarna
    emosional dan apa yang sedang di rasakan seseorang dapat di alirkan lewat syair – syair lagu yang tlah ada. banyak penyair dan pencipta lagu. semua lagu lagu yg mereka bawakan termasuk salah satu dari kehidupan dan pengalaman mereka

    Reply
  4. patricia tangkumahat

    saya suka dengan artikel di atas,
    lagu itu adalah salah satu gambaran dari pencipta lagu tersebut, kadang-kadang ada lagu yang cocok dengan apa yang sedang kita rasakan 🙂

    Reply
  5. chelmizjel

    lagu dapat membuat suasana hati berubah. misalnya ketika kita sedang sedih dan gelisah ketika kita mendengarkan lagu yang maknanya dapat memberi semangat, jika kita hayati tanpa kita sadari kita akan ikut dalam suasana lagu tersebut.

    Reply
  6. Edwin Stanly

    saya setuju dengan artikel diatas kalo gak ad lagu kita tidak bisa mendengarkan lagu saat kita Galau , Patah hati , sedih , pilu dan Bete … Lagu bisa menenangkan hati seseorang ya mungkin dia sedang galau dan mungkin dia sedang sedih . dan lagu bisa membuka hati kita kepada seseorang yang kita sayangi dan kita cintai..

    Reply
  7. Weny Kurnia Dewi

    terkadang laku yang kita sukai merupakan lagu yang liriknya pas dengan suasana hati kita.. lagu yang kita sukai dapat dikatakan cerminan dari situasi yang kita rasakan saat itu.. lagu juga berfungsi sebagai sarana hiburan dan menenangkan diri.. tanpa adanya lagu, suasana akan terasa hampa.

    Reply
  8. Budi Tan Wijaya

    lagu merupakan hiburan
    hiburan yang dimana diri kita terkadang sedang risau,,dan tidak tau bagaimana untuk menghbur dri ,, hanya lagu lah yang terkadang slalu menemani disaat diri kita sedang galau..

    Reply
  9. Dessy Kristanti

    dalam ruang lingkup kristiani, lagu merupakan salah sutu bentuk pujian syukur dan penyembahan bagi Allah.
    selaian itu menyanyikan lagu puji-pujian dalam keseharian akan membuat sukacita yang luar biasa sepanjang hari.

    Reply
  10. Suriia

    saya setuju dengan cerita di atas. doa yang di ungkapkan dengan nyanyian akan lebih menyentuh hati. karna terkadang dengan menyanyi, hati kita akan ikut terserap dalam kata-kata yang ada. dengan kita mendengar lagu atau bernyanyi. hati kita yang sedang sedih akan langsung terobati. 🙂

    Reply
  11. steffanus sasteradinata

    dari penelitian yang ada. lebih dari 60% orang yang sebelum bekerja mendengarkan lagu akan lebih semangat masuk kantor di banding yang tidak mendengarkan lagu..

    lagu dapat mereaksi atau merangsang enzim untuk memproduksi bagian dalam otak yang membuat otak lebih rilex dan santai. karena itu alasan mengapa musik/lagu dapat menjadi sebuah penyemangat..

    Reply
  12. Eliriani

    Lagu adalah ungkapan hati kita. Dimana terkadang lagu juga dapat menghibur kita di saat qt sedih maka kita akan mendengarkan lagu yang sedih . Lagu terkadang sebuah rangkaian kata yang pernah terjadi pada diri kita.

    Reply
  13. Eliriani

    Kecewa adalah dimana saat semua mulai menghilangkan rasa kepercayaan seseorang. Kecewa terkadang tidak liput dari kehidupan manusia karena dimna kecewaan akan muncul di saat seorang merasa bahwa semua kepercayaan yang kita berikan kepadanya selama ini di sia” kan dan di anggap sepele. Kecewa dapat di artikan sebagai teguran kepada kita agar kita berhati” dalam memberikan kepercayaan kepada orang lain

    Reply
  14. putri indrayana

    sebuah lagu akan lebih mudah menyentuh sanubari seseorang
    lagu juga bisa menyuarakan suara hati

    sebuah lagu atau pujian yang kita lantunkan pun bisa menghadirkan roh kudus ditengah-tengah kita ..
    sebuah lagu bisa membawa damai sukacita untuk hidup kita

    Reply
  15. Sylvia

    setiap orang pasti suka mendengarkan lagu, terutama lagu rohani dimana lagu rohani bisa memberikan kita ketenangan dan kedamaian di dalam hati karena maknanya yang sangat berarti. pujian dan doa pun dapat dinyanyikan sehingga masalah yang kita hadapi bisa didengar dan di tolong Tuhan seperti contoh pada artikel tersebut.

    Reply
  16. brian sisyadi

    doa dan pujian bagai tameng dan sebilah pedang yang kokoh dan perkasa bila digabungkan akan menjadi senjata sekaligus pertahanan kita yang kokoh dan terintegrasi dalam loyalitas percampurannya sendiri yang unik dan menawan , ia akan menjadikan kita semakin kuat akan Iman kepada Tuhan sehingga Tuhan akan selalu ada untuk kita

    Reply
  17. Theresia

    lagu itu adalah salah satu cara yang dapat menghibur kita disaat kita sedih dan murung, tapi kita bisa melepaskan rasa itu semua bila kita dengar sambil menyanyikan lagu Rohani karena lagu rohani itu adalah suatu ucapan syukur kita pada Tuhan dan adanya rasa damai dalam hati kita untuk dapat lebih relax dan lebih enjoy

    Reply
  18. Stefina Angga

    Saya merasa terpesona ketika mendengar kisah orang yang dapat bertahan hidup selama 3 hari hanya dengan berdoa dan bernyanyi. Sungguh dahsyat kekuataan yang ada dalam doa dan lagu telah membuat mereka lupa akan rasa lapar dan haus, sukacita yang timbul ketika mereka bernyanyi telah meruntuhkan ketakutan mereka akan bahaya yang sedang mereka alami.

    Reply
  19. Cynthia Sonialyta

    Banyak diantara kita yang sulit untuk mengungkapkan isi hati kita. lagu merupakan salah satu sarana untuk mengungkapkan isi hati dan terkadang lagu dapat membuat kita merasa nyaman dan tenang.

    Reply
  20. Audia Irena

    Lagu merupakan suatu ungkapan hati yang paling dalam. Dalam bidang rohani lagu mempunyai karakter yang menunjukan sebuah ungkapan hati kita kepada Tuhan. Baik itu ungkapan bahwa kita bersyukur dan bersukacita kepada Tuhan maupun mengingat bahwa Tuhan telah tersalib bagi kita untuk menghapus semua dosa kita. Lagu adalah sebuah sarana bagi semua orang mengungkapkan perasaannya.

    Reply
  21. adeputra

    Lagu menurut saya adalah presentasi suatu hal yg bisa merupakan perasaan, keadaan atau benda baik yang berwujud atau kasat mata dengan menggunakan nada – nada yang membentuk harmonisasi sebagai sarananya.

    Reply
  22. Lowis Louin

    lagu memiliki suatu makna dari dalam hati yang paling dalam ,
    contoh ketika saya menyanyikan lagu rohani , saya meneteskan air mata
    karena makna dari lagu tersebut yang terlalu dalam ,
    dan terkedang
    saya merasa Lagu ini dapat membangun komunikasi saya kepada Tuhan 🙂

    Reply
  23. emilia agustina

    laguu merupakan suatu ungkapan [erasaan seseorang semua lirik yang dinyanyikan dalam ragu megandung makna untuk seseorang yang merasakan

    Reply
  24. emilia agustina

    dengan lagu dan kkita ikut menyanyikan lagu tersebut pun kita akan merasakan kebagaian dan senang dan ada perasaan lega di hati kita

    Reply
  25. kesialaurensya

    saya sangat setuju dengan artikel diatas dengan adanya lagu kita bisa mengungkapkan yang ada pada kita sendiri, bersuka riang mengenai pujian dan doa apabila dinyanyikan dalam bentuk lagu manfaatnya sangat besar. pengalaman saya membuktikannya, puji-pujian yang kita lantunkan untuk Allah Bapa apabila dinyanyikan dengan hati yang tulus dan terbuka untuk menerima Allah hadir maka hati kita akan merasa damai dan merasakan hadirat Allah Bapa hadir di dalam hati kita.

    Reply
  26. cheri meirani

    saya sangat suka dengan artikel ini. saya sangat menyukai lagu-lagu rohani, selain nada atau musik yang bagus, lirik nya pun mempunyai arti yang baik karna lagu rohani sebelum ada di dunia dinyanyikan disorga terlebih dahulu. jadi lagu rohani adalah lagu yang dinyanyikan di sorga.

    Reply
  27. Justman Tan - 1601266186

    Justman Tan /02PNT/ 1601266186

    Salah satu hobby saya adalah mendengarkan musik. Tidak peduli musik dalam bahasa apa, walaupun menggunakan bahasa yang tidak saya mengerti sama sekali, tetapi saya suka dengan irama yang dapat menenangkan hati dan juga mengembalikan mood kita. Menurut saya, musik adalah ciptaan irama yang sangat indah.

    Reply
  28. MICHAEL 04PHJ

    lagu pada dasarnya adalah kata-kata mutiara yang dirangkai dengan nada yang indah. Saya pernah baca suatu penelitian di jepang , katanya jika kita mengucapkan kata-kata yang baik kepada air putih biasa , maka molekulknya jg ikut berubah menjadi terpadu. Dengan kata lain , mnurut saya doa atau ucapan yang baik dapat berdampak sesuatu kepada kita karena tubuh kita juga 80% dari air hehehe

    Reply
  29. Luna Claria Febri

    Lagu bagi saya dapat menghilangkan rasa bad mood. Lagu mencerminkan perasaan seseorang. Memuji dan membesarkan nama Tuhan dapat kita lakukan dengan mengikuti paduan suara atau vocal group bahkan solo di gereja, puji Tuhan berkatNya terus melimpah.

    Reply
  30. Ivan Gunawan (01PA2)

    Lagu adalah seni yang indah. sebuah alunan musik yang berpadu dengan melodi dan kata-kata yang apik yang mampu menyetuh hati manusia. namun saya percaya, doa juga adalah sebuah lagu. Lagu untuk memuliakan nama Tuhan 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s