Konflik

Konflik itu sebenarnya adalah sarana membangun asalkan bisa di manage dengan baik (Collins).

Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul atau saling melukai. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
Tidak satu kelompok pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok lainnya. Konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya kelompok itu sendiri. Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. Perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya.
Dengan dibawa sertanya ciri-ciri individual dalam interaksi sosial, konflik merupakan situasi yang wajar dalam setiap kelompok. Tinggal sekarang bagaimana kita menyikapi kehadiran konflik itu sendiri yang bertentangan dengan suatu integrasi yang kita harapkan sehingga dengan memanaje secara baik kita justru menghasilkan kelompok yang solid.
Di perusahaan kami, untuk antisipasi dan memanaje adanya konflik maka dilakukan beberapa proses, antara lain adanya peraturan rumah tangga (PRT) dan anggaran dasar yang jelas (bagus sekali) kemudian dibantu oleh tim penyelesaian kasus dan dikawal oleh HRD yang solid. Namun, itu saja tidak cukup, masih diperlukan adanya leadership yang berkemampuan, wibawa dan konsisten. Karena menurut saya, kepemimpinan yang tegas wibawa dan konnsisten itu baik sekali.
Bagaimana kalau konflik itu terjadi sebulan yang lalu, tetapi β€œaura”nya hal ini masih terjadi karena adanya interest pribadi (conflict of interest). Kesemuanya diselesaikan dengan bijaksana, penuh damai dan saling memaafkan. Jangan lupa juga dikembalikan kepada peraturan yang mengatur kita.
Saya mengharapkan kita semua bisa menghindari adanya konflik. Namun, apabila kita berhadapan juga dengan konflik, baik dalam keluarga, kelompok, perusahaan, dan antargolongan, maka kita harus bisa menyelesaikan dengan bijaksana, terutama dalam pimpinan Roh Kudus yang diperoleh dari doa kita.

82 thoughts on “Konflik

  1. Darwin Wijaya

    saya setuju dengan pendapat anda, tapi berdasarkan pengalaman saya bila sebuah konflik sudah terselesaikan sering kali hubungan antara anggota yang berkonflik akan sedikit renggang (tidak seperti sebelum terjadi konflik) biarpun konflik itu sudah terselesaikan dengan baik.

    tapi seringkali juga dengan adanya konflik kita dapat memahami dan mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam sebuah kelompok sehingga menjadi sebuah pengalaman untuk dapat mengatasi konflik yg akan terjadi selanjutnya, dan tidak lupa terkadang konflik yang sudah teratasi bisa membuat setiap anggota lebih dekat dengan anggota lainnya asalkan jalan keluar yang di ambil tidak merugikan salah satu dari anggota yang berkonflik..

    Reply
  2. Dewi Susanti

    saya sangat setuju dengan pengertian konflik menurut collins, dengan adanya konflik dapat menguatkan kepribadian seseorang dan juga dapat menemukan jati diri kita. tetapi menurut saya konflik tidak akan ada didalam kehidupan apabila setiap diri manusia ditanamkan kasih dan saling pengertian. kasih harus ditanamkan dalam diri manusia sejak dini agar pada saat dewasa nanti nilai saling mengasihi terhadap sesama ataupun makhluk hidup lain sudah menjadi suatu kebiasaan. saling pengertian juga sangat penting untuk mencegah konflik itu muncul, dengan adanya saling pengertinan kita dapat memahami, mengerti kondisi seseorang, ikut merasakan apa yang sedang dilalami seseorang dan dengan kasih kita dapat membantu seseorang yang sedang mengalami masalah melalui perbuatan nyata.

    Reply
  3. Lianeu Scui Francizca

    Saya setuju dengan pendapat dari Collns tentang konflilk. tidak semua konflik berdampak sesuatu yang buruk. kadang dengan adanya konflik sesuatu akan menjadi lebih baik. tapi bukan berarti kita harus mencari masalah dengan orang lain untuk mendapatkan suatu konflik. tidak semua orang dapat merespon konflik dengan baik. mungkin mereka tidak akan terima saat kita mencari masalah dengan dirinya. mungkin saat itu anda ingin menyelesaikan konflik itu, tapi ia tidak dapat memaafkan anda. jadi kita sebisa mungkin menghindari konflik. tapi apabila kita mendapat suatu konflik kita harus menanggapinya dengan kepala dingin sehingga menghasilkan sesuatu yang baik

    Reply
  4. Mega Aprilia

    Seharus nya konflik itu menguatkan seseorang satu sama lain. Karna dengan timbul nya konflik, berarti ada perbedaan antara kita. Seharusnya dapat di sikapi secara dewasa. Dapat di selesaikan secara baik-baik, harus menjunjung tinggi “toleransi”. Dengan toleransi, konflik dapat di selesaikan.

    Konflik harus di selesaikan, jangan di biarkan. Semakin konflik yang muncul di biarkan, akan menimbulkan konflik yang semakin menumpuk. Yang mungkin suatu saat akan “meledak” & akan menimbulkan akibat yang lebih parah. Konflik akan selalu muncul, Tapi harus di hadapi dan di selesaikan.

    Ambil makna, konflik untuk perkembangan agar menjadi pribadi yang lebih baik.

    Reply
  5. Novi Andryani

    Saya sangat setuju dengan pendapat anda. Didalam kehidupan manusia, pasti mengenal istilah konflik. Didalam situasi konflik, terdapat penyimpangan nilai seperti kurangnya toleransi, kurang pengertian,kurang hubungan baik,dan kurangnya kerja sama antar kelompok. Dalam mengatasi konfllik,hendaknya kita rendah hati untuk saling memaafkan dan mengatasi masalah dengan sebijak mungkin, agar terciptanya solidaritas antar kelompok.

    Reply
  6. officialmevina

    menurut saya konflik itu bisa terjadi di dalam keadaan apapun, saya sangat setuju bahwa konflik itu perlu dalam kehidupan ini, karena dari konflik itu sendiri masing – masing individu dapat mendapat pengalaman yg nanti nya akan menjadi guru yg hebat, untuk belajar menjadi lebih dewasa, belajar untuk tidak jatuh pada masalah dan keadaan yg sama.

    Reply
  7. richardagustian

    saya sangat setuju karena konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
    konflik juga bisa terjadi karena salah paham, kurang komunikasi antara individu dengan individu yang lain nya. konflik ini bisa di hindari dengan sering nya komunikasi antara individu tersebut

    kita harus salign pengertian terhadap sesama, supaya tidak jdi konflik. jika ada org melakukan kesalahan kecil jgan d buat konflik karena kalo konflik tersebut bisa merembet ke masalah yang lain. jdi kita harus saling mengerti terhadap sesama

    Reply
  8. olyvia Angdreas

    saya sangat setuju dengan artikel ini,
    Tidak satu kelompok pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok lainnya. Konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya kelompok itu sendiri. Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi.

    Dengan adanya konflik individu itu bisa melatih kedewasaan nya dari cara menghadapi konflik-konflik dalam hidupnya. Tanpa ada nya konflik seorang manusia tidak akan pernah dewasa karena konflik lah yang mendewasakan kita. namun konflik juga dapat di atasi dengan saling pengertian, perbedaaan memang menjadi salah satu faktor terjadi nya konflik namun denga adanya perbedaan kita tau bahwa kita istimewa, kita berbeda dengan yang lain. Bila hal ini di terapkan dalam kehidupan semua manusia tidak akan ada terlalu banyak konflik dalam hidup πŸ™‚

    Reply
  9. evielsianah

    dalam kehidupan pasti ada kebahgian juga ada penderitaan, ada kesedihan juga ada kesenangan. konflik pasti ada dan banyak terdapat konflik yang membuat hubungan baik individu maupun kelompok menjadi tidak harmonis atau tidak menjadi baik lagi. perbedaan salah satu faktor dari konflik yang bisa menjadi masalah yang besar. dalam diri manusia emosional mejadi faktor pendorong yang membuat kita merasa tidak sadar menyelesaikan konflik secara kekerasan sehingga konflik pun menjadi sulit di selesaikan. tetapi indonesia adalah negara hukum. dengan adanya pemimpin dalam keadilan maka dapat diselesaikan secara kekeluargaan juga itu lebih baik karena berasal dari hati untuk saling menyelesaikannya. saya setuju banget dengan artikel ini banyak masukan bagi pembaca betapa pentingnya rasa memafkan dan pikiran yang dingin yang sangat penting dalam suatu konflik

    Reply
  10. Desmonda lienardi

    saya sangat setuju dengan artikel diatas. konflik tidak membawa dampak yang baik bagi orang melainkan membawa dampak yang negatif. saya yakin setiap kita pasti pernah memiliki konflik sama orang dan dari konflik yang pernah kita alami kita harus belajar dari konflik itu dan membuat pikiran kita lebih dewasa lagi. jika kita mendapat konflik dengan seseorang kita harus menyelesaikan konflik itu dengan cara baik-baik bukan dengan melalui kekerasan.

    jika kita juga memiliki konflik sama orang, maka kita tidak boleh menghindarinya tetapi kita harus menghadapi dan menyelesaikan konflik yang kita miliki.

    konflik itu muncul karena banyak perbedaa di sekitar kita, jika kita terlibat dalam konflik maka kita harus menyelesaikan konflik itu dengan cara yang bijaksana dan saling memaafkan.

    Reply
  11. susanti_9411

    menurut saya hidup kita saat ini atau pun di masa depan tidak akan terlepas dari konflik karena kita adalah orang yang berbeda-beda dan mempunyai pemikiran yang berbeda-beda juga, konflik itu baik adanya jika kita bisa mengaturnya dengan baik bukan malah memperkeruh konflik itu sendiri. konflik yang kita alami lebih baik segera di selesaikan tanpa harus menunda-nunda yang mengakibatkan konflik menjadi berlaru-larut dan bahkan bisa tidak di temukan penyelesaian.

    Reply
  12. Eka Prillia

    terdapat 2 faktor dari timbulnya konflik itu sendiri

    yang pertama adalah faktor manusia
    1. Ditimbulkan dari seorang pimpinan atau atasan karena gaya dan cara kepemimpinanya.
    2.Timbul karena ciri-ciri individual, seperti tempramental, egois, fanatik dan sikap otoriter.

    Lalu ada juga faktor organisasi
    1. Perbedaan Pendapat
    2. Perbedaan Persepsi
    3. dan terhambatnya komunikasi antar individu

    jika terjadi suatu konflik, baiknya di hadapi dengan kepala dingin, jangan tersulut emosi, karena emosi tersebut dapat memicu perkelahian di antara masing-masing pihak.

    Reply
  13. cynthia aileen

    Dalam bersosialisasi pasti akan menemukan konflik. Kadang konflik dapat meregangkan pertemanan, kadang dengan konflik kita dapat membantu kita memahami satu dengan lainnya. Dengan konflik kita dapat mengetahui apa yang diri kita tidak disukai orang lain maupun sebaliknya. Yang artinya ada suatu perbedaan diantara semua orang. Konflik dapat diatasi dengan menekan ego kita dan saling memahami dan melengkapi satu dengan yang lainnya. Konflik juga dapat diatasi dengan bekerja sama dalam menemukan pendapat atau jalan yang terbaik yang sama – sama menguntungkan

    Reply
  14. lina

    dalam kehidupan pasti kita akan mengalami konflik.kita harus menghadapi konflik tersebut dan mencari jalan keluarnya agar masalah dari konflik tersebut dapat terselesaikan dan tidak semakin berlarut-larut sehingga mengakibatkan pecahnya suatu kelompok.

    Reply
  15. dessy nineces

    saya sangat setuju dengan artikel ini , saya juga sangat setuju dengan penyataan collins. menurut saya konflik bisa membuat kita belajar banyak . konflik juga bisa lebih mendewasakan pemikiran kita , berfikir bagaimana cara kita untuk bisa menyelesaikan konflik yang ada. konflik bisa membuat hidup kita berubah , yang tadi nya keras kepala dan tidak mau mendengarkan orang lain menjadi seseorang yang mau menerima pendapat dan saran dari orang lain.

    Reply
  16. liayanti

    saya sangat setuju dengan artikel di atas yang menyebutkan bahwa konflik adalah suatu proses sosial yang terjadi antara dua orang atau lebih dimana satu pihak dibuat tidak berdaya.

    Reply
  17. linda

    konflik adalah hal yang paling umum yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Konflik identik dengan rusak nya hubungan seseorang dengan orang yang lainnya, tapi tanpa kita sadari bahwa sesungguh nya konflik adalah suatu ujian bagi kita khusus nya dalam berkelompok untuk bisa semakin saling bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan itu bukan malah terpengaruh untuk pecah. Konflik juga mengajarkan kita tentang arti solidaritas atau kesetiakawanan.

    Reply
  18. Jeffry Hanafi

    Saya setuju dengan pendapat dari Collins. Konflik adalah hal yang biasa munculk di dunia ini, kita semua pasti pernah mengalaminya dan mencari cara untuk menyelesaikan konflik tersebut. Konflik sering terjadi karena adanya perbedaan pada diri seseorang atau karena adanya rasa keirian atau ketidaksenangan kepada kita sehingga menyebabkan konflik. Jika kita menghadapi konflik, lakukanlah dengan sabar dan kepala dingin. Jika kita melakukan tergesa-gesa maka konflik itu sendiri yang akan menguasai kita dan kita akan hancur termakan oleh konflik itu.

    Reply
  19. Lia Damita Sari

    Konflik tidak dapat dihindari. Hal ini disebabkan banyak faktor, antara lain struktur organisasi, perbedaan tujuan, persepsi, nilai – nilai, dan sebagainya. Konflik dapat mengurangi kinerja organisasi dalam berbagai tingkatan.
    tetapi konflik tidak selamanya membawa dampak buruk, tetapi juga memberikan pelajaran dan hikmah di balik adanya perseteruan pihak – pihak yang terkait. Pelajaran itu dapat berupa bagaimana cara menghindari konflik yang sama supaya tidak terulang kembali di masa yang akan datang dan bagaimana cara mengatasi konflik yang sama apabila sewaktu – waktu terjadi kembali.

    Reply
  20. esternovalin

    konflik akan selalu terjadi di dalam kehidupan kita. konflik dapat membangun jika kita menghadapinya dengan kepala dingin. dengan adanya konflik kita akan mengetahui apa kekurangan kita, dan akan berubah menjadi lebih baik lagi.

    Reply
  21. vicaris8997

    Konflik adalah suatu hal yang pasti akan kita hadapi didunia ini.Bila kita sudah terkena konflik , sebaiknya pecahkanlah dengan kepala dingin dan bicarakanlah baik-baik secara kekeluargaan untuk menemukan solusi yang baik bagi konflik yang kita alami.

    Reply
  22. Renaldi Noerdjaja

    tidak mengherankan jika konflik sering terjadi antara hubungan manusia, biasanya terjadi karena adanya kesalahpahaman, berbeda pendapat, tidak suka satu sama lain, dan sebagainya. terkadang juga konflik membuat orang yang merasakannya mempunyai hubungan yang renggang, bahkan tak jarang untuk menyelesaikan suatu konflik dengan menggunakan kekerasan. ada indahnya, jika konflik ditangani dengan kepala dingin dan akal yang baik, bukan dengan otot dan perkataan kasar πŸ™‚
    God Bless Us πŸ™‚

    Reply
  23. Raisa Tamara Himawan

    Konflik dapat memperkokoh fondasi suatu kelompok dan menempa pribadi yang berada dalam kelompok tersebut. Konflik dapat memberikan arti yang positif apabila orang-orang yang mengalami konflik dapat menjadikan konflik sebagai pelajaran hidup. Melalui konflik kita dapat mengetahui pribadi masing-masing orang dan berjalan beriringan dengan pola pikir yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Timbulnya konflik merupakan suatu proses adaptasi penyesuaian, dan dengan meredamnya konflik berarti kita mampu untuk menyesuaikan diri kondisi dan keadaan yang ada.

    Reply
  24. Steward

    Konflik adalah hal yang biasa dalam kehidupan kita. Sebagai seorang mahasiswa, saya sudah sering melihat konflik yang terjadi, baik di keluarga, sekolah, lingkungan masyarakat dan diri sendiri. Konflik yang paling sulit diatasi adalah konflik diri sendiri, dimana suatu sisi kita ingin melakukan hal tersebut dan disisi lain kita malas. Sampai saat ini perbedaan pikiran dan hati juga masih menjadi konflik yang tidak mudah untuk diselesaikan. Oleh karena itu, konflik pasti akan dihadapi oleh setiap orang, sekalipun orang tersebut jarang berinteraksi dengan orang lain. Konflik juga membawa dampak yang baik jika bisa kita ambil maknanya, seperti saat kita mengalami sebuah konflik kita nantinya akan belajar dari pengalaman masa lalu/konflik tersebut dan akhirnya mendapatkan pelajaran yang baik.

    Reply
  25. Julio Hansen

    Tidak semua orang dapat mengartikan suatu konflik menjadi suatu hal yang positif, karena suatu konflik perlu diselesaikan dengan kepala dingin dan pemikiran yang jernih, jika tidak maka konflik tersebut akan berdampak buruk bagi hubungan orang – orang yang memiliki konflik tersebut. Namun menurut saya, konflik merupakan hal yang dapat mendewasakan pikiran setiap orang. Tapi kembali lagi kedalam kepribadian setiap orang yang menghadapi konflik, apakah dia dapat menerimanya sebagai pengalaman dan pelajaran atau tidak.

    Reply
  26. danielwahyu

    konflik adalah suatu permasalahan yang terjadi akibat adanya perselisihan antar individu baik dalam memberikan pendapat atau tindakan suatu individu,namun konflik tersebut berfungsi sebagai kritik untuk memberikan kita koreksi diri agar kita memperbaiki kesalahan kesalahan yang terjadi di dalam diri kita

    Reply
  27. danielwahyu

    konflik adalah suatu permasalahan yang terjadi akibat adanya perselisihan antar individu baik dalam memberikan pendapat atau tindakan suatu individu,namun konflik tersebut berfungsi sebagai kritik untuk memberikan kita koreksi diri agar kita memperbaiki kesalahan kesalahan yang terjadi di dalam diri kita dan sebaiknya dalam suatu konflik kita mengalah jika lawan bicara kita mempunyai karakter emosional,karena dapat memicu yang namanya dendam!

    Reply
  28. agnesvinansia23

    Konflik dapat terjadi jika kita sendiri tidak bisa mengontrol diri kita , menahan emosi kita , mengalah bukan berarti kita ingin menghindar dari konflik tersebut , tetapi kita mengalah karena tidak ingin memperpanjamg masalah / konflik yang sedang kita hadapi. tetapi dengan adanya konflik tersebut , kita/ diri sendiri bisa mengetahui kekurangan kita dimana , dan kesalahan kita dimana yang harus kita perbaiki , dapat mengkoreksi diri, dan juga dapat memberikan kita masukan/ kritikan disaat konflik itu berlangsung , memberikan motivasi yang positif untuk diri kita di kedepannya .

    Reply
  29. chara kitti

    konflik adalah masalah yang ada dipertingkaian oleh 2 orang atau lebih. biar tidak ada konflik jangan berbuat jahat dan menghina orang lain

    Reply
  30. melinda fransiska

    konflik terjadi karena adanya perbedaan pendapat antar individu. konflik pasti selalu ada dalam hidup kita maka kita tidak boleh lari dari masalah (konflik) karena dengan adanya konflik kita bisa belajar untuk mengatur emosi,menerima pendapat orang lain, berpikir untuk mendapatkan solusi atau pemecahannya dan yang pasti konflik dapat kita jadikan sebagai pengalaman hidup kita.

    Reply
  31. Verdy Saputra

    Konflik memang memiliki 2 sisi, yaitu sisi positive dan negative,
    dalam kelompok, positivenya adalah dalam satu kelompok hubunganya semakin solid karena adanya persamaan pendapat yang ingin mencapai tujuan bersama,
    dan pada sisi negativenya adalah terjadinya perpecahan yang sangat destructive.

    Menurut saya, lebih baik tidak ada konflik yang harus dibuka, dan lebih baik menggunakan cara yang sosialis dengan tidak ada perpecahan sama sekali,
    Jika terlanjur didalam konflik, selesaikan masalah tersebut dengan cara yang bijaksana.

    Tuhan Menyertai kita

    Reply
  32. meldawati

    Konflik yang berarti saling memukul atau saling melukai. Semua oramg atau kelompok pasti akan mengalami konflik, baik konflik dalam menjalankan usaha maupun konflik dalam pekerjaan. Dengan adanya konflik dapat menguatkan kepribadian seseorang dan dapat menemukan jati diri kita. Konflik bisa terjadi apabila orang tersebut melakukan kesalahan yang tidak diduga, jika tidak ada konflik akan merasa tenang karena diantara mereka tidak ada salahpahaman melainkan saling adanya pengertian satu sama lain.

    Reply
  33. Michelle Elizabeth Jocom

    Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti akan berjumpa dengan konflik, entah di sekolah, di pekerjaan, di rumah, di jalan. Jika kita mendapat konflik, janganlah kita lari atau bersembunyi tetapi hadapilah konflik yang terjadi.
    Saya setuju dengan sistem perusahaan peraturan rumah tangga (PRT), karena jika ada konflik dalam suatu perusahaan, konflik itu tidak akan berlarut-larut.
    Kebanyakan orang tidak suka membuat konflik, tapi lebih banyak orang yang suka mencari masalah, dan membuat konflik. Jika kamu mendapat konflik dalam kehidupan sehari-hari anggaplah itu sebagai cobaan ringan yang akan menguatkan kamu di kemudian hari.

    Reply
  34. yohanesxgunawan

    konflik memang bisa membuat kita dewasa..tapi terkadang konflik dapat membawa perpecahan…meskipun kita ada konflik kita harus belajar untuk me manage akan emosi kita supaya kita tidak lepas kendali dari kesadaran

    Reply
  35. hendry8940

    Semua orang memiliki konflik dalam hidup mereka. Kita harus melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan konflik. Selesaikan konflik yang ada dengan kepala dingin.

    Reply
  36. vicky chandra

    setiap orang pasti memiliki konflik dalam hidup nya, pada saat konflik datang,sebagai manusia, kita harus menghadapi konflik itu secara berani dan musyawarah , kita tidak perlu memakai kekerasan dengan bertengkar.

    Reply
  37. dewina sari

    konflik itu selalu terjadi dalam kehidupan kita, tetapi konflik itu bisa membuat hidup kita lebih baik apabila kita menghadapi konflik itu dengan baik dan dengan kepala dingin dan jangan hadapi konflik itu dengan kekerasan. konflik itu bisa membuat pikiran kita lebih dewasa dan dapat membuat hidup kita berubah menjadi lebih baik. jadi hadapi konflik itu dengan pikiran dingin agar konflik itu dapat mengubah kita menjadi manusi yang lebih baik lagi. πŸ˜€

    Reply
  38. julyandri

    Dalam kehidupan kita selalu mengalami yang namanya konflik mungkin terjadi antar teman,saudara,keluarga dan lain-lain.Hal yang perlu diperhatikan ketika menghadapi konflik adalah tidak dengan cara fisik melainkan dengan cara musyawarah karena setiap permasalahan jika dibicarakan baik-baik pasti ada jalan keluarnya.Saya juga setuju bahwa konflik adalah suatu proses berusaha untuk menyingkirkan pihak lain karena kita tidak merasa nyaman dengan pihak tersebut sehingga ingin menyingkirkan-nya

    Reply
  39. Budi Tan Wijaya

    saya setuju dengan pendapat artikel ini,,
    dimana dalam kehidupan pasti tidak lepas yang namanya konflik,,
    pada dasarnya suatu konflik dapat menguatkan dri kita .
    suatu konflik dapat terselesaikan dengan mudah asal kita mampu menyelesaikan dengan baik tidak di penuhi rasa atau pikiran yang negativ.

    Reply
  40. cathchand

    konflik merupakan sebuah masalah yang sebenarnya dapat membangun kita untuk lebih dewasa dan sabar dalam menghadapi konflik tapi itu tergantung dari bagaimana kita menghandle konflik yang terjadi

    Reply
  41. suryati c

    konflik itu bisa terjadi, karena perbedaan pendapat, tukar pikiran, dan tidak kekompakan dalam kelompok/tim. kita harus berusaha menyelesaikan dan bagaimana cara menahan konflik itu terjadi lagi.

    Reply
  42. Erni Diana

    Menurut saya konflik dapat memberikan dampak positif maupun dampak negatif, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. dampak negatif dari adanya konflik tentunya adalah terjadi permusuhan dan pertengkaran antara yang satu dengan yang lainnya, biasanya konflik terjadi karena adanya perbedaan pendapat dan tidak mau saling mengalah. tetapi jika dilihat dari sisi lain, konflik dapat memberikan dampak positif yaitu seseorang dapat semakin dewasa dalam menghadapi masalah dan dapat belajar untuk menyelesaikan masalah dengan sebaik-baiknya.

    Reply
  43. michelle

    setiap manusia pasti mengalami konflik. entah dengan lingkungan sekitar nya,keluarga ataupun dengan dirinya sendiri. tergantung bagaimana orang itu menyelesaikan konflik yang ada di dalam hidupnya.

    Reply
  44. hendiasim

    Kebanyakan konflik memang berdampak negatif.Seperti dapat memecah belah persatuan dan kesatuan antar individu maupun kelompok,bahkan bisa mengarah pada kekerasan hingga menyebabkan kematian .Tapi tidak selamanya konflik itu berdampak negatif.Ada kalanya konflik itu berdampak positif seperti mengeratkan hubungan antar anggota dalam suatu kelompok.

    Reply
  45. Aan kurniawan

    konflik atau perbedaan pendapat itu di perlukan guna buat menemukan jalan atau titik terang atas suatu masalah..tapi yang tidak baiknya adalah,konflik selalu di kaitkan dengan tindakan anarkis dan kekerasan

    Reply
  46. cremonaliadylova

    Konflik akan terjadi perpecahan antara pihak yang bersangkutan. Kadang konflik hanya karena masalah sepele yang membuat suasana semakin jauh. Terkadang konflik mengeratkan hubungan antar pihak yang terlibat dengan cara menyelesaikan dan mencari solusi yang terbaik untuk semua.

    Reply
  47. Dewi Jayanti

    Dalam kehidupan, pasti kita akan mempunyai banyak konflik. konflik ini timbul dikarenakan kesalahpahaman dari 1 pihak dengan pihak lainnya. konflik bisa juga muncul dari 1 pihak yang menambah dengan memperburuk keadaan menjadi tambah rumit. Maka dari itu, Konflik dapat terselesaikan jika orang yang bersangkutan bisa berbicara dengan pikiran tenang agar konflik tersebut dapat terselesaikan.

    Reply
  48. erwinwiryanto18

    Dalam setiap waktu manusia akan mengalami yang namanya konflik, karena itu sudah hukumnya, konflik adalah pertengkaran yang terjadi antara dua individu karena sebuah masalah yang diperdebatkan, kita harus bisa menyelesaikan konflik dengan dewasa, jangan ditambah dengan pertengkaran, karena itu akan membawakan kita kedalam kehancuran…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s