Hari Susu Nasional

4 sehat 5 sempurna

Tuhan sangat sayang pada kita manusia. Tuhan memberikan makanan manusia. Sungguh bahagia kita dapat menikmati pemberian Tuhan, terutama Susu, baik susu sapi, susu kambing, susu apa saja, termasuk sejak kita bayi dengan mendapat ASI. Sebagai ungkapan terima kasih, seluruh persada Nusantara memperingati hari susu nasional (HSN). Sayangnya, di belahan bumi lain banyak saudara kita belum bisa menikmati susu.
Sepuluh tahun lalu, aku mengunjungi Tapos, lokasi pemeliharaan sapi, milik mantan Presiden Soeharto. Ada sekitar 1000 ekor, tapi perahnya sudah tidak pakai tangan lagi semua pakai pompa yang dipasang di sapi. Sebenarnya yang asyik itu perahnya pakai tangan. Buat anak-anak bisa mengikuti wisata perah susu di Sukabumi atau di tempat-tempat pemerahan susu di daerah Bogor.
Mengapa makanan sehat 4 macam : nasi, lauk, sayur, buah dan ke-5 susu sangat penting bagi kesehatan kita. Rasanya kita semua tahu begitu pentingnya makanan bagi pertumbuhan kita. Kesehatan kita 70 persen tergantung dari apa yang kita makan dan cara kita makan. Selebihnya faktor eksternal. Bagaimana kita bisa menjaga kesehatan kita. Yang utama adalah atur pola makan kita. Pilih jenis yang dimakan dan jadwalkan vitamin pengganti. Ada pepatah mengatakan : Makan sebelum lapar, berhenti makan sebelum kenyang. Ada juga pepatah Cina bilang : Cao sang zhi hao U sang zhi pao Wan Sang zhi Sao (Pagi makan sehat, Siang makan kenyang, Malam makan sedikit)
Saya punya hobi adalah makan, tapi harus jaga karena kontrol gula darah dan kolesterol, namun kalau kita terlalu ketat jaga juga repot, nasehat dokter adalah jaga makan.
Hari Susu Nasional mengingatkan kita betapa penting pengaruh makanan bagi kehidupan kita, tapi yang penting kita turut merasakan betapa Tuhan begitu sayang dan memperhatikan kita sampai makanan kita.

Makanan Rohani kita juga sangat di perhatikan Tuhan, 4 Sehat 5 Sempurna :
1. Sering beribadah
2. Baca buku-buku rohani (Kitab Suci)
3. Doa
4. Berbagi kasih, berbuat baik/sosial/bantu orang susah

Untuk melengkapi 4 sehat, yang ke-5 beri perhatian kepada orang yang kita cintai, saling memaafkan dan mengayomi dan adem serta penuh suka cita.

45 responses to this post.

  1. menurut saya artikel mengenai hari susu nasional tsb sangat benar, saya setuju masih banyak orang yang tidak dapat mengkonsumsi susu. Tidak hanya di indonesia, namun disebagian belahan dunia lainnya susu dianggap minuman yang mewah, apalagi untuk masyarakat yang perekonomiannya tergolong rendah. padahal susu mempunyai banyak manfaat dalam membantu tumbuh kembang seorang anak. Susu juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, serta membantu tulang untuk tetap sehat. Di ASIA sendiri, Indonesia menempati urutan keenam mengenai konsumsi susu per tahunnya yang terbilang masih sangat minim dibanding negara negara ASIA lainnya. Oleh karena itu, Untuk kita yang mampu, seperti yang diajarkan Tuhan Yesus, marilah kita berbagi. Kita buat pergerakan kecil dengan membagi bagikan susu kepada mereka yang tidak mampu pada hari susu nasional demi perubahan besar kedepannya suatu saat nanti.

    Reply

  2. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. oleh karena itu susu merupakan minuman wajib yang harus diberikan untuk bayi, namun fakta nya masih banyak bayi yang tidak dapat mengkonsumsi susu secara teratur akibat ketidak mampuan orang tua dalam membeli susu yang harga nya relatif mahal. oleh karena itu kita harus selalu bersyukur kepada tuhan karena kita telah diberi kemudahan dalam mencukupi makanan 4 sehat 5 sempurna.

    Reply

  3. Hari susu nasional sangat bagus diselenggarakn. Karena bagi mereka yang dari bayi sudah di tinggalkan ibu nya. Tidak bisa menikmati susu ASI dan kekurangan gizi. Dengan membagi susu kita dapat membantu anak-anak yang kurang gizi tersebut. Bukan hanya susu, makanan-makanan yang bergizi harus perlu di konsumsi agar anti body kita kebal terhadap penyakit.Dan tentunya makanan rohani juga sangat perlu diperhatikan =D

    Reply

  4. saya sangat setuju dengan artikel ini karena masih banyak orang yang tinggal di pedalaman yang tidak meminum susu. susu itu sangat penting bagi pertumbuhan kita, susu juga mengandung vitamin supaya kita tidak sering sakit. lagi pula susu sangat penting buat bayi. jika ASI ibu tidak keluar masih ada pengganti nya susu formula.
    jadi bayi tersrbut tidak kelaparan

    Reply

  5. Makanan seorang Kristiani bukan hanya makanan jasmani, tapi juga makanan rohani. kita bukan hanya harus menjaga pola makan jasmani kita, tapi juga rohani. banyak orang hanya memikirkan makanan jasmani saja tapi tidak makanan rohani. padahal Tuhan ingin agar rohani kita subur dan tidak kelaparan. bagaimana cara memberi makan rohani kita? saya setuju dengan cara yang tertera pada artikel bapak

    Reply

  6. kalau makanan jasmani saya, saya rasa sudah mencakup semuanya karena salah satu hobi saya adalah makan, namun kalau berbicara tentang makanan rohani saya rasa tubuh rohaniah saya seperti kekurangan gizi dan anda tahu sendiri alasannya

    Reply

  7. saya setuju dengan adanya hari susu nasional karena mengingatkan kita pada kesehatan diri kita begitu pentingnya susu pada dalam tubuh. Tuhan memberikan nafas kehidupan bukan saja nafas, panca indera dan lainnya dalam diri kita tetapi tuhan juga memberikan makanan-makanan yang bergizi buat manusia. semua makhluk hidup yang lainnya juga sama seperti manusia.maka kita selalu ucaokan syukur dengan apa yang terjadi pada diri kita. tidak hanya makanan buat diri kita untuk sehat tetapi Tuhan memberika makanan rohani yang membuat kita untuk selalu berada pada jalan-Nya, memberikan kita ketenangan dan memberikan kita pikiran yang jernih.

    Reply

  8. Posted by linda on December 1, 2012 at 7:26 am

    artikel ini sungguh menarik dan menyadarkan saya bahwa kita tahu kesehatan tubuh kita sangat penting dan kesehatan kita di pengaruhi oleh pola makan kita yang harus kita perhatikan dan kita jaga yaitu dengan makan-makanan yang sehat seperti 4 sehat dan 5 sempurna . Maka sama hal nya dengan kesehatan rohani kita juga penting, kita harus memperhatikan makanan rohani yang semesti nya kita santap . Makanan rohani yang harus kita santap adalah makanan rohani yang telah Tuhan sediakan untuk kita. Karena jika kita menyantap makanan yang telah Tuhan sediakan pasti jiwa rohani kita tetap sehat dan berkembang dengan baik.

    Reply

  9. menurut saya artikel diatas sangat bagus dan benar ,saya sangat setuju hari susu nasional karena mengingatkan kita tentang penting nya susu dan kesehatan.susu termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna yang salah satu nya dibutuhkan oleh tubuh manusia.kita harus bersyukur kepada tuhan karena telah diberikan hewan yang dapat menghasilkan susu dan dapat dinikmati oleh manusia.

    Reply

  10. Tuhan memberikan pilihan ingin sehat atau ingin sakit. Saya pikir Tuhan sungguh baik memberikan kita makanan yang layak, sering kali kita (termasuk saya) sering membuang makanan susah padahal sama saja membuang rezeki yang Tuhan berikan. Itu lah kita harus melihat banyak sekali di dunia ini yang untuk makan pun

    Reply

  11. Susu adalah minuman yang kita minum sejak kita bayi hingga tua nanti.Susu merupakan salah satu pemasok utama gizi dalam tubuh kita.Susu juga berguna dalam menguatkan tulang kita.Dan susu juga merupakan minuman yang sangat sehat.

    Reply

  12. Tuhan sudah memberi kita segala yang kita butuhkan tiap2 harinya dari makanan,minuman,pakaian,dan tempat kita berlindung Tuhan sediakan bagi kita. Tuhan juga sediakan kita makanan rohani ini yang membuat saya menyadari betapa besar kasih tuhan untuk umatnya di dunia ini.

    Reply

  13. Tuhan sudah menyediakan makanan yang kita perlukan untuk tubuh. Berikanlah kami makanan kami yang secukupnya, maka Tuhan akan memberikan. tetapi manusia tidak hidup dari dging saja tapi dari Roh, makanan rohani sangat diperukan untuk kualitas iman kita. makanan jasmani sudah Tuhan sediakan, kita berterimaksih kepada Tuhan dengan selalu mencari makanan rohani untuk kita.

    Reply

  14. 4 sehat 5 sempurna adalah pelengkap tubuh kita dan penyokong supaya tubug kita menjadi sehat, sama ibaratnya kita haus dan lapar akan firman Tuhan, maka lakukanlah 4 sehat 5 sempurna seperti yang ditulis dalam artikel ini, niscaya kebutuhan rohani kita akan terpenuhi, dan semuanya berlandaskan dengan niat kita masing2 ..
    God Bless Us🙂

    Reply

  15. Susu memang minuman yang paling bernutrisi dan paling berkhasiat untuk diri kita , tanpa adanya susu tubuh kita ini akan selalu terserang yang namanya penyakit , menurut buku yang saya baca , ternyata susu juga mengandung kandungan yang dapat membuat tubuh kita ini terjaga / seperti halnya daya tubuh yang kuat, dan juga susu mengandung vitamin , dan juga susu bisa membuat tulang-tulang yang ada ditubuh kita ini semakin kuat . nutrisi didalam susu sangatlah baik untuk kesehatan kita.

    Reply

  16. Tuhan telah memberikan makanan dan minuman yang kita perlukan untuk kehidupan kita.makanan 4 sehat 5 sempurna dapat membuat tubuh sehat.masih banyak orang diluar sana yang kekurangan makan dan minum.susu merupakan minuman bernutrisi bagi tubuh agar tetap sehat dan jauh dari berbagai penyakit

    Reply

  17. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 6, 2012 at 4:40 am

    Tuhan itu memang sungguh baik. Ia selalu memberikan apa yang kita inginkan terutama makanan 4 sehat 5 sempurna . Dan menurut saya kalau susu itu sangat penting bagi tubuh . Susu sangat lah berguna untuk menguatkan tulang dan pada saat kita masih bayi susu sangatlah bergizi🙂

    Reply

  18. Benar yang dikatakan artikel ini banyak di bagian dunia ini yang tidak dapat menikmati susu, susu sangatlah sehat karena mengandung kalori, protein, lemak, karbohidrat, calsium dll.
    itu cukup membuktikan bahwasannya susu sangatlah di butuh kan bagi siapa pun apalagi bagi anak anak yang dalam masa pertumbuhan.

    sedikitnya susu yang di produksi pada masakini karena lahan makanan ternak yang mulai terkikis untuk pembangunan berbagai bangunan.

    Reply

  19. Saya setuju dengan isi artikel tersebut, susu adalah gizi penting untuk semua bayi. bukan bayi saja yang memerlukan makanan tetapi orang dewasa maupun anak-anak harus mempunyai makanan 4 sehat 5 sempurna. Dengan semua makanan dan minuman susu adalah berkat dari Tuhan, karna Tuhan sudah menyediakan semua keperluaan seluruh manusia. maka kami bersyukur buat berkat yang Tuhan berikan untuk hari ini dan seterusnya.

    Reply

  20. Kita harus makan, makanan yang bergizi dan jangan lupa minum susu. Kita harus bersyukur karena kita bisa minum susu sapi, sedangkan belum tentu semua orang bisa minum susu sapi. Meskipun kita sudah makan makanan yang bergizi, kita juga memerlukan makanan rohani, agar bukan cuma tubuh kita yang sehat, tetapi jiwa kita juga sehat.

    Reply

  21. Posted by chara kitti on December 7, 2012 at 3:08 am

    su

    Reply

  22. Susu memang minuman yang menyehatkan, dan baik untuk semua manusia. Kita harus bersyukur kepada Tuhan atas berkatNya dan merayakannya.

    Reply

  23. susu adalah minuman yang selalu dibutuhkan setiap manusia , dari balita sampai orang tua, karena susu dapat memberikan kesegaran dan kesehatan dalam tubuh kita.

    Reply

  24. Manusia sebagai makhluk hidup yang memiliki akal budi juga harus memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan gizi dasar manusia adalah 4 sehat 5 sempurna. Susu sebagai pelengkap memang dibutuhkan oleh manusia, namun masih banyak orang diluar sana yang tidak dapat menikmati susu. Hal ini disebabkan tidak mudah untuk mendapatkan susu. Padahal susu dibutuhkan untuk pertumbuhan fisik kita agar lebih baik dan sehat. Jika kita masih bisa meminum susu, kita harus bersyukur, karena kita bisa bertumbuh secara baik, sedangkan saudara-saudara kita masih banyak yang kekurangan gizi, sehingga terhambat pertumbuhannya.

    Reply

  25. Kesehatan Jasmani dan Rohani adalah kesehatan yang harus diseimbangkan dalam kehidupan kita saan ini, karena jika salah satunya jatuh, akan merepotkan bagian yang lain.
    Karena Tuhan telah menciptakan Kesempurnaan, kita harus belajar untuk bisa memanagenya.

    Reply

  26. Tuhan selalu memenuhi kebutuhan setiap umatnya. seperti kisah bangsa israel dalam perjalanannya menuju tanah perjanjian, Tuhan selalu memenuhi kebutuhan mereka dari mulai makanan sampai menjaga mereka melalui tiang api dan tiang awan.
    oleh sebab itu, janganlah kamu kuatir akan hidupmu akan apa yang hendak kamu pakai karena Tuhan selalu besertamu

    Reply

  27. Susu adalah salah satu minuman segar yang memiliki banyak manfaatnya baik itu untuk kesehatan, kecantikan maupun untuk kelembutan kulit. Susu dapat diminum oleh segala usia baik dari bayi hingga orang yang sudah tua sekalipun. Tuhan sangat baik kepada kita manusia, karena menciptakan hewan-hewan yang dapat memberikan susu kepada kita yaitu sapi, kambing, kuda atau hewan lainnya. Jika tidak ada hewan-hewan tersebut, maka kita tidak dapat meminum susu yang memiliki kadar kalsium yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan, untuk itu kita harus bersyukur dan berterimakasih kepada Tuhan atas makhluk hidup ciptaannya, janganlah kita menyakiti makhluk hidup walaupun mereka adalah binatang.

    Reply

  28. susu sangat baik buat pertumbuhan otak dan tubuh..jika otak dan tubuh sehat,maka bisa membangun negara dengan baik

    Reply

  29. Memperingati hari susu nasional memberi keuntungan bagi yang belum pernah mengkonsumsi. Susu termasuk 4 sehat dan 5 sempurna. Dalam rohani juga ada 4 sehat dan 5 sempurna untuk memuji Tuhan. Oleh karena itu kita harus bersyukur dan berterima kasih apa yang diberikan.

    Reply

  30. kita harus meminum setiap pagi supaya kita memiliki badan yang sehat dan gagah untuk kedepan nya. susu penting bagi hidup kita karena mengandung kalsium yang tinggi.

    Reply

  31. sehat itu bukan hanya dari apa yang kita makan saja. tapi tentang apa yang ada di pikiran kita juga. bila asupan yang kita makan sudah cukup tapi pikiran kita masih kacau dan selalu pesimis menjalani hidup ini, itu sama saja kita rentan dengan penyakit. susu adalah pelengkap makanan dari 4 sehat 5 sempurna. hidup yang sehat juga di dukung dengan olahraga yang cukup

    Reply

  32. susu adalah minuman yang banyak gizi, sebaiknya mulai dari kecil seseorang itu sudah banyak di berikan susu agar setelah besaar anak itu menjadi anak yang sehat, sama juga seperti diri kita sendiri lebih baik sejak kecil kita sudah dieri siraman rohani yang baik maka setelah besar kita akan menjadi anak yang baik dan bergua. AMIN!

    Reply

  33. Susu adalah minuman yang sangat bergizi dalam tubuh kita.Susu berperan penting untuk pertumbuhan kita baik itu tulang,otak maupun gigi.Selain itu,kita juga harus bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang telah memperhatikan kita dan menyayangi kita

    Reply

  34. susu sangat berguna bagi pertumbuhan tulang dan tinggi badan kita, jadi kita setiap hari harus minum susu supaya tulang dan badan tinggi kita bisa bertumbuh dengan sehat.

    Reply

  35. susu adalah minuman yang menyehatkan menyegarkan dan mantappp susu juga merupakan gizi tambahan untuk kalsium

    Reply

  36. susu sangat membantu kita dalam proses pertumbuhan , susu juga penting untuk tubuh kita . setidaknya di indonesia sudah sangat banyak yang dapat menikmati susu , tetapi masih ada yang belum pernah menikmatinya . susu juga merupakan 4 sehat 5 sempurna secara jasmani dalam kehidupan .

    Reply

  37. Posted by Eliriani on December 17, 2012 at 1:30 pm

    Saya sangat setuju dengan artikel di atas karena menurut saya susu adalah suatu minuman yang banyak mengandung vitamin, protein, kalsium. Susu sangat penting bagi kesehatan kita terutama bagi ibu hamil, bayi dan balita di mana mereka sedang memerlukan asupan untuk tubuhnya. Rasanya kita semua pasti tahu berbagai macam rasa pun tersedia sesuai kesukaan kita dan begitu juga pentingnya makanan bagi pertumbuhan kita. Dalam kehidupan kita tidak cukup hanya memenuhi kebutuhan tubuh / jasmani sering kali kita lupa akan asupan kebutuhan rohani.
    Yang terkadang dengan tidak sadar kita sering tidak mengkonsumsi kebutuhan tersebut . Kita diingatkan pada Hari Susu Nasional mengingatkan kita betapa penting pengaruh makanan bagi kehidupan kita, tapi yang penting kita turut merasakan betapa Tuhan begitu sayang dan memperhatikan kita sampai makanan kita.
    Makanan Rohani kita juga sangat di perhatikan Tuhan, 4 Sehat 5 Sempurna :
    1. Sering beribadah
    2. Baca buku-buku rohani (Kitab Suci)
    3. Doa
    4. Berbagi kasih, berbuat baik/sosial/bantu orang susah

    Dan Untuk melengkapi 4 sehat, yang ke-5 beri perhatian kepada orang yang kita cintai, saling memaafkan dan mengayomi dan adem serta penuh suka cita.

    Reply

  38. Susu adalah sehat . tiap anak butuh susu , asi , susuk bubuk maupun kaleng adalah salah satu pembantu untuk anak bisa berkembang ,

    Reply

  39. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. oleh karena itu susu merupakan minuman wajib yang harus diberikan untuk bayi dan anak-anak, namun fakta nya masih banyak bayi yang tidak dapat mengkonsumsi susu secara teratur akibat ketidak mampuan orang tua dalam membeli susu yang harga nya relatif mahal. oleh karena itu kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan karena kita telah diberi kemudahan dalam mencukupi makanan 4 sehat 5 sempurna.
    karena dengan minum sususetiap hari itu akan membuat badan kita lebih sehat dan bergizi untuk bisa melakukan aktivitas-aktivitas sehari-hari kita dengan baik dan berenergik.

    Reply

  40. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat.

    Reply

  41. Makan menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia dapat menjadi lemas bahkan bisa mati jika tidak makan, dapat dikatakan bahwa makanan dapat memberikan kekuatan bagi kita supaya kita dapat terus melanjutkan hidup kita dan terus berkarya. Namun, tidak hanya jasmani saja yang perlu untuk diberi makan, tapi rohani juga perlu agar semakin bertumbuh dalam iman. Tubuh kita ibarat bait Allah yang perlu dirawat dengan cara makan makanan yang bergizi.

    Reply

  42. Posted by Maorel on May 24, 2013 at 5:23 am

    Betapa pentignya makanan 4 sehat 5 sempurna. Dia telah menyediakan apa yang manusia butuhkan, sungguh besar kuasa Mu. Thanks God for Your blessing and Your Love.

    Reply

  43. Posted by dwiandra annas putra on May 26, 2013 at 4:09 pm

    Kesehatan Jasmani dan Rohani adalah kesehatan yang harus diseimbangkan dalam kehidupan kita saan ini, karena jika salah satunya jatuh, akan merepotkan bagian yang lain.karena memang Allah telah menciptakan Kesempurnaan, kita harus belajar untuk bisa memanagenya.

    Reply

  44. Susu dalam istilah 4 sehat 5 sempurna, bukanlah sekedar pelengkap dalam makanan tersebut, namun juga merupakan hal wajib dimana susu mengandung zat-zat penting seperti kalsium, fosfor, vit.b 12 dan lain-lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: