Sumpah

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
(Naskah asli Sumpah Pemuda)

Baru saja kita memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012. Semangat pemuda begitu besar sehingga kebangkitan Bangsa Indonesia sangat dirasakan. Melalui Sumpah Pemuda sebagai bukti otentik bahwa tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia sudah merencanakan pembangunan Negara yang kuat bersatu padu. Proses kelahiran bangsa yang telah beratus tahun ini menjadi nyata dengan buah Sumpah Pemuda setelah beratus tahun dijajah oleh bangsa asing.
Sedikit sejarah. Konsep Sumpah Pemuda ditulis oleh Mohammad Yamin dan dibuat oleh Soegondo. Pada Kongres Pemuda itu semua setuju menanda tangani sumpah ini, lalu Mohammad Yamin menjelaskan panjang lebar tentang Makna Sumpah Pemuda ini. Kongres Pemuda II dipelopori oleh PPPI pada hari Minggu, 28 Oktober 1928 (Ke-84 tgl 28 Oktober 2012 jatuh hari Minggu juga, kami rayakan di Kramat Raya 106 Jakarta) menjadi tonggak sejarah Bangsa Indonesia.
Pada acara penutup di Jalan Kramat Raya 106, Mr. Soenaryo sebagai Ketua Sidang menjelaskan betapa pentingnya rasa nasionalisme untuk merebut kemerdekaan. Acara lalu diisi denga Wage Rudolf Soepratman yang membawakan lagu Indonesia Raya dengan biola tanpa syair. Lagu ini yang kelak menjadi Lagu Kebangsaan Indonesia (Putri tunggal tercinta WR Soepratman, Ibu Pomiati WR Soepratman adalah sahabat karib saya)
Sumpah menjadi bagian hidup kita manusia. Ia adalah komitmen kita untuk memastikan bahwa kita konsekuen dengan apa yang kita ucapkan. Sumpah. Sekaligus mengajak Tuhan menjadi saksi agar memberikan restu dan berkat kepada kita supaya kuat dan memiliki kemampuan menjalankan hidup dengan sempurna.
Sudah sekian lama Sumpah Pemuda diucapkan. Saya tidak tahu persis bagaimana makna dalam hati pemuda sekarang. Yang pasti setiap saya tanya kepada pemuda-pemuda kita. Semua jawabannya tidak tahu! Apa?

68 responses to this post.

  1. Jaman dahulu berbeda dengan sekarang. Pemuda pemudi sekarang jarang sekali yang bisa membela negaranya, yang ada hanya membuat malu negara sendiri. tapi di satu sisi ada pula pemuda pemudi yang membela negaranya, hanya saja kurang dukungan dari mayarakat setempat. Andai saja pemuda pemudi sekarang seperti jaman dulu, maka negara kita akan maju berkembang pesat🙂

    Reply

  2. Posted by Justman Tan - 1601266186 on May 22, 2013 at 5:04 pm

    Penggunaan kata sumpah di jaman kini sangat berbeda dengan penggunaan kata sumpah kata “sumpah” sekarang. Rakyat sekarang dengan sangat mudahnya menggunakan kata sumpah untuk berbagai hal. Misalnya saja penggunaan kata “SUMPAH POCONG” yang banyak digunakan orang saat ini, padahal seperti yang kita ketahui bahwa itu adalah tindakan yang sangat nekat. Kata “SUMPAH” itu sangat erat kaitan dengan jati diri manusia pada saat manusia pada jaman dulu, tidak seperti sekarang yang mudah digunakan bahkan untuk lelucon.

    Reply

  3. Sumpah merupakan hal yang tidak boleh untuk di ingkari. sumpah berarti kita sudah berjanji untuk hal-hal yang sudah pernah kita nyatakan. sumpah pemuda merupakan hal yang sangat penting bagi para kaum muda karena kaum muda yang akan meneruskan bangsa kita ini untuk kedepannya. kaum muda harus mengetahui makna dari sumpah pemuda sehingga mereka dapat menjalankan bangsa ini dengan sumpah pemuda di pedoman mereka dan tidak keluar dari jalurnya.

    Reply

  4. pemuda-pemudi sekarang terlalu sibuk dengan pergaulannya yang kadang-kadang negatif dan merusak bangsa sendiri maka dari itu kita harus mulai menumbuhkan rasa nasionalisme itu lagi

    Reply

  5. setelah membaca artikel ini saya jadi memikirkan perilaku generasi muda jaman sekarang, yang bukannya mengarah ke persatuan malah ke arah kehancuran, seperti tawuran antar pelajar dsb

    Reply

  6. Posted by Maorel on May 24, 2013 at 5:17 am

    Sumpah Pemuda dapat dikatakan sebagai Persatuan Indonesia untuk mencegah perpecahan bangsa. Jika terjadi perpecahan antar suku bangsa dan agama maka kita harus mengingat isi sumpah pemuda, sebab ini lah yang memersatukan bangsa kita dari beranekaragaman budaya. Tanpa adanya persatuan cita-cita negara tidak akan terwujud.

    Reply

  7. sumpah selalu berbicara tentang prinsip dan kenyataan yang kita percayai,tentang niat dan kekuatan mental untuk memegangnya…jangalah sesekali bersumpah tetapi hanya setengah hati untuk menjalani..

    Reply

  8. Posted by emilia agustina on May 26, 2013 at 4:06 am

    mungkin pemuda pemudi sekarang hanya saja lebih malu untuk mengungkapkan pendapatnya karna mungkin mereka mengangap ini bukan urusan kita ini urusan kepala-kepala tinggi negara saja , mungkin sikap remeh itu yang menjatuhkan sendiri mental pemuda

    Reply

  9. Posted by emilia agustina on May 26, 2013 at 4:07 am

    oleh karna itu marilah kita pemuda pemudi bangkitkan lagi semangat membela negara lakukan lah jal2 yaang berguna untuk negara kita

    Reply

  10. Sumpah adalah suatu hal yang sangat penting, dan tidak boleh sampai ternodai, karena sumpah seperti janji, yang tidak boleh di sebut begitu saja, dan tidak boleh di langgar, sekali di langgar, maka sumpah itu akan menjadi kerugian bagi orang tersebut

    Reply

  11. sumpah harus dijalankan dengan sepenuh hati.. jika hanya setengah2 tidak ada faedahnya

    Reply

  12. Sumpah biasanya di ucapkan apabila kita mengatakan suatu kebenaran namun org lain tidak percaya akan hal itu, dengan adanya ketidak percayaan dari orang lain, maka akan terlontar dari mulut si korban kata sumpah. dan sumpah bukanlah sesuatu mudah d dapatkan.

    Reply

  13. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 10:41 am

    makna sumpah bagi orang-orang yang hidup di abad pertengahan sangatlah dalam. Jika seorang prajurit melanggar sumpah yang telah ia ucapkan , maka kematian akan menantinya . Jika seorang pemimpin kerajaan melanggar sumpah yang telah ia ucapkan , maka ia akan dicemooh dan tidak dipercayai siapapun. berbanding terbalik dengan keadaan sekarang, terlalu banyak orang yang melanggar sumpah bahkan terlalu banyak bersumpah hingga ia terlupa!

    Reply

  14. Posted by yugi p5 ubm on June 21, 2013 at 12:36 pm

    Jaman sekarang pemuda di indonesia sudah jarang sekali memikirkan nasionalisme bangsa ini. Jadi kita sebagai pemuda harusnya bisa membanggakan bangsa kita..

    Reply

  15. Posted by LeonardArden on June 21, 2013 at 3:37 pm

    Pemuda pemudi sekarang memang kurang memperhatikan hakikat sumpah pemuda sebenarnya, mereka melupakan perjuangan orang orang sebelum mereka dan sibuk dengan urusan mereka sendiri. dengan adanya tulisan seperti ini semoga pemuda pemudi sekarang dapat lenih dewasa

    Reply

  16. Sumpah pemuda di jaman sekarang dengan di jaman dahulu berbeda. Jika di jaman dahulu benar-benar dilaksanakan oleh mereka. Beda halnya dengan pemuda di jaman ini, menurut mereka hanya ucapan belaka. Harusnya kita menanamkan akan arti penting dalam sumpah pemuda sehingga bangsa ini dapat semakin maju karenanya.

    Reply

  17. sumpah merupakan janji yang tiak boleh di ingkari, jika seseorang telah mengingkari sumpah berarti dia telah berbuat kebohongan

    Reply

  18. Sumpah adalah sebuah komitmen kita terhadap suatu hal. Sumnpah dapat mencerminkan kepribadian diri kita. Jadi berhati-hatilan ketika anda mengucapkan kata sumpah.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: